Connect with us
Minum Air Hangat, Manfaat Minum Air Hangat, Khasiat Minum Air Hangat

Gaya Hidup

35 Manfaat dan Khasiat Minum Air Hangat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Minum air hangat memiliki banyak manfaat dan khasiat yang belum banyak orang mengetahuinya. Air yang memiliki rumus kimia H2O adalah senyawa yang penting dan dibutuhkan oleh semua makhluk hidup, salah satunya untuk manusia. Dalam tubuh manusia, air berfungsi untuk membentuk regenerasi sel-sel dalam tubuh, melarutkan, membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Banyak sekali manfaat minum air hangat atau minum air biasa yang akan didapat oleh makhluk hidup khususnya manusia.

Minum Air Hangat, Manfaat Minum Air Hangat, Khasiat Minum Air Hangat

 

Air hangat adalah air yang sudah dimasak dan memiliki suhu 40 sampai 60 derajat celcius. Namun dalam meminumnya, anda tetap harus berhati-hati karena jika suhu terlalu panas, air bisa melukai lidah anda. Banyak sekali manfaat minum air hangat bagi tubuh manusia, diantaranya untuk kesehatan dan kecantikan. Untuk mendapatkan manfaatnya, anda harus mengkonsumsi air hangat secara teratur.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Air Hangat :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Air Hangat

Kandungan gizi pada air adalah Natrium 5 miligram, Magnesium 1 miligram, Zat besi 1 miligram, dan Kalsium 3 miligram. Namun kandungan dalam air juga akan dipengaruhi lingkungan sekitarnya. Misalkan sumur air yang dibuat di daerah yang tanahnya berupa batugamping, airnya akan memiliki kandungan kalsium karbonat atau magnesium karbonat yang tinggi. Jika dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama, garam karbonat akan mengendap dalam tubuh dan menggangu kesehatan.

Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan  :

1. Mengatasi kembung

Perut kembung adalah penyakit yang terlihat sepele namun sangat menggangu bagi penderitanya. Perut kembung adalah gangguan pencernaan dimana perut terasa kencang, penuh, dan seolah terisi oleh gas. Perut akan membesar dan kaku, saat dipukul akan terdengar bunyi. Untuk mengatasinya, bisa dengan meminum air hangat dan menjadikan air hangat sebagai kompres diatas perut.

2. Melunturkan lemak

Lemak di dalam tubuh berguna untuk cadangan energi, proses metabolisme, dan menghangatkan tubuh. Namun jika kandungan lemak dalam tubuh terlalu banyak, maka bisa menyebabkan kegemukan dan memicu banyak penyakit lainnya seperti kolesterol. Kandungan lemak yang berlebih dalam tubuh disebabkan oleh asupan makanan yang berlemak dan kurangnya aktivitas tubuh sehingga tidak ada pembakaran lemak. Air hangat akan membantu melunturkan lemak yang ada dalam tubuh dan dibuang melalui keringat atau feses.

3. Membuang racun dalam tubuh

Tubuh manusia terkontaminasi oleh banyak racun dari makanan yang dimakan, polusi setiap harinya, dan banyak hal lainnya. Racun tersebut tentu saja adalah zat yang tidak berguna bagi tubuh, bahkan bisa membahayakan bagi tubuh. Salah satu cara detoksifikasi atau membuang racun tersebut adalah dengan mengkonsumsi air hangat. Air hangat akan melunturkan racun dalam tubuh dan mengeluarkannya bersama dengan urin.

4. Meredakan pilek dan hidung tersumbat

Pilek adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan penyakit ini bisa menular ke orang lain di sekitar anda. Pilek biasanya akan menyebabkan hidung tersumbat oleh lendir. Kondisi ini akan membuat penderitanya merasa sangat tidak nyaman karena akan sulit untuk bernafas. Untuk meredakan pilek dan hidung tersumbat, bisa dengan minum air hangat. Air hangat akan membuat hidung yang tersumbat perlahan akan terbuka sedikit demi sedikit.

5. Memelihara kesehatan jantung

Jantung adalah organ pemompa darah ke seluruh tubuh. Penumpukan lemak dalam tubuh, salah satunya bisa berada pada daerah sekitar jantung dan menyelubungi jantung. Jika jumlah kandungan lemak melebihi batas, maka lemak akan membungkus jantung dan mengganggu kerja jantung sehingga membuat anda terengah-engah saat berjalan ataupun berlari. Hal ini juga bisa menyebabkan banyak penyakit jantung lainnya. Dengan rajin minum air hangat, lemak akan luntur dengan perlahan dan kesehatan jantung dapat dipelihara.

Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Melancarkan peredaran darah
7. Menjaga kesehatan pencernaan
8. Menghilangkan rasa mual
9. Mengurangi rasa sakit gigi
10. Membuat rilek
11. Menjaga kesehatan syaraf
12. Menghilangkan stress
13. Menghilangkan rasa haus
14. Menghilangkan rasa kantuk
15. Meredakan batuk dan gatal pada tenggorokan
16. Mengurangi nyeri datang bulan
17. Menghilangkan kram
18. Menghangatkan tubuh
19. Menghilangkan bau mulut
20. Mencegah dehidrasi
21. Membersihkan organ intim
22. Menghilangkan rasa pedas dengan cepat
23. Mencegah rematik
24. Mengobati gatal
25. Melancarkan buang air besar

Cara Memanfaatkan Air Hangat Untuk Kesehatan :

Beberapa manfaat minum air hangat seperti yang sudah disebutkan diatas bisa didapatkan jika anda rutin minum air hangat. Namun yang pertama anda harus tetap memperhatikan kualitas airnya, air yang akan anda minum harus berkualitas baik. Setelah itu rebus air sampai matang sampai suhu 100 derajat celcius agar kuman dalam air mati. Setelah itu tunggu air hingga suhunya mencapai 40 atau 60 derajat celcius, barulah anda minum. Saat meminum air hangat, bisa dicampur dengan lemon atau madu.

Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kecantikan :

1. Mencegah penuaan dini

Seiring dengan bertambahnya usia, akan mucul juga tanda tanda penuaan pada wajah. Seperti keriput, flek hitam, dan masih banyak lainnya. Penuaan dini dapat dicegah dengan cara mengurangi stress. Cara ini terbukti efektif untuk mencegah penuaan dini. Salah satu caranya dengan minum air hangat secara rutin. Air hangat akan menimbulkan rasa tenang dan rileks.

2. Mencegah jerawat

Jerawat adalah peradangan pada kulit yang berbentuk bulat dan berwarna merah. Jerawat tidak berbahaya, namun sangat menggangu dan membuat seseorang menjadi kurang percaya diri. Rajin minum air putih dan mencuci muka dengan air hangat akan membuat wajah menjadi bersih dan steril dari banyak kotoran yang menempel di wajah selama beraktivitas dan akan mengurangi timbulnya jerawat.

3. Mengangkat komedo

Komedo adalah gangguan pada kulit wajah berbentuk titik titik hitam pada hidung, disebabkan karena pori pori yang tersumbat. Walaupun tidak menggangu dan tidak menimbulkan rasa sakit, komedo membuat seseorang menjadi tidak percaya diri. Menggunakan uap air hangat bisa mengangkat dan membersihkan komedo.

4. Menjaga kelembaban kulit wajah

Kulit wajah harus selalu dijaga kelembabannya. Karena jika kulit wajah kering, maka kulit ari yang tipis akan mengelupas dan membuat tampilan seseorang menjadi buruk karena kulit wajah yang mengelupas. Salah satu manfaat minum air hangat adalah untuk menjaga kelembaban kulit. Selain itu, menggunakan uap air hangat untuk wajah juga bisa membantu menjaga kelembaban kulit.

5. Menghilangkan sel kulit mati

Sel kulit mati adalah sel kulit lama yang sudah tergantikan oleh sel kulit yang baru. Namun sel kulit mati biasanya tidak akan mudah mengelupas. Sebenarnya sel kulit mati tidak berbahaya, namun sebaiknya dikelupas agar sel kulit baru yang lebih cerah dan bersih akan muncul. Cara untuk menghilangkan sel kulit mati adalah dengan mengusapnya dengan air hangat dan menggosoknya.

Manfaat Minum Air Hangat Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengurangi minyak pada kulit wajah
7. Menjaga kekuatan rambut
8. Mengecilkan pori pori pada wajah
9. Mencegah kerutan pada wajah
10. Membuat wajah menjadi fresh

Cara Memanfaatkan Air Hangat Untuk Kecantikan :

Cara memanfaatkan air hangat untuk kecantikan adalah dengan meminumnya secara teratur, bisa dicampur dengan lemon dan madu. Air hangat akan menimbulkan efek rileks. Selain itu, uap air hangat yang dipaparkan pada wajah akan mampu membuka pori pori wajah dan melembabkan kulit. Air hangat yang digunakan untuk mencuci dan menggosok muka juga berguna untuk mengangkat sel kulit mati dan membuat wajah bersih.

Efek Samping Air Hangat :

Efek Samping Air Hangat

Sebenarnya, tidak ada efek samping yang ditimbulkan karena minum air hangat, namun pastikan air dalam kualitas yang baik. Jangan mengkonsumsi air hangat yang sudah tercemar karena nantinya bisa menyebabkan berbagai penyakit khususnya dalam masalah pencernaan.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Beberapa manfaat minum air hangat untuk kesehatan dan kecantikan diatas tentunya sangat baik untuk diaplikasikan oleh anda. Jagalah kesehatan, karena sehat itu mahal harganya. Tidak hanya mengkonsumsi air hangat saja, namun juga konsumsilah makanan yang sehat, rajin berolahraga, dan pola tidur yang baik.

Continue Reading

Lainnya dari Gaya Hidup

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top