Connect with us

47 Manfaat dan Khasiat Minum Kopi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Gaya Hidup

47 Manfaat dan Khasiat Minum Kopi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Minum Kopi – Kopi adalah sebuah minuman khas yang bisa diminum ketika pagi, siang sore dan malam hari. Minuman ini terbuat dari seduhan biji kopi. Jenis minuman ini ditemukan di benua Afrika. Namun pada saat di Afrika biji kopi belumlah diolah menjadi minuman seperti saat ini. Saat biji kopi berpindah tempat di daerah Arab atau Timur Tengah, mulailah kopi diolah menjadi salah satu minuman. Seduhan biji kopi ini memberikan berbagai manfaat jika dikonsumsi, misalnya manfaat minum kopi dari segi kesehatan dan kecantikan.

Minum Kopi, Manfaat Minum Kopi, Khasiat Minum Kopi

Biji kopi ini sudah dibudidayakan lebih dari lima puluh negara di dunia. Salah satunya Indonesia. Sebagai salah satu produsen biji kopi yang produktif, membuat angka penikmat kopi di Indonesia cukup tinggi. Selain karena produsen biji kopi, manfaat minum kopi bagi manusia juga cukup banyak. Sehingga banyak yang melabuhkan hatinya pada jenis minuman satu ini. Banyak orang secara berperiode mengkonsumsi kopi.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kopi :

Kopi mempunyai kandungan gizi dan zat. Yaitu adalah air, karena kopi kali ini berbentuk minuman. Kafein, salah satu zat psikoaktif. Quanic Acid, merupakan zat yang dapat memberikan cita rasa asam. Quanic Acid selalu ada dalam biji kopi. Putrescine adalah sebuah zat sebagai pembusuk bakteri dalam tubuh. Ethyphenol sebagai zat yang dapat memberikan bau yang khas pada setiap kopi. Trigonelline sebagai zat pemberi rasa manis alami pada kopi.

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan :

1. Mencegah dan Mengurangi Depresi

Depresi adalah masalah psikologis yang banyak dialami oleh masyarakat akibat aktivitas dan tuntutan sosial yang cukup banyak. Menurut laporan jurnal Archives of Internal Medicine” pada tahun 2011, orang yang mengkonsumsi kopi sebanyak dua hingga tiga gelas dalam sehari akan menurunkan resiko depresi. Hal ini karena adanya kandungan kafein dalam kopi.

Loading...

2. Meningkatkan Produktivitas Peforma

Performa fisik sangat diperlukan teturama bagi para pekerja dan para atlit. Performa dan produktivitas mereka harus dijaga dengan baik. Meminum kopi dapat menjadi salah satu cara menjaga performa dan produktivitas tersebut. Hal ini karena kopi memiliki kandungan kafein yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehari-hari para atlit dan pekerja. Sehingga memperkuat tubuh mereka dan mampu bekerj secara maksimal.

3. Membantu Menurunkan Resiko Diabetes

Disebutkan dalam salah satu laporan penelitian pada tahun 2012 pada ‘Journal of Agricultural & Food Chemistry’ bahwa kopi bisa menurunkan resiko diabetes tipe dua pada penggunanya. Hal ini dikarenakan kopi memiliki kandungan zat yang dapat menghambat hIAPP. hIAPP adalah sebuah polipeptidak yang dapat memicu seseorang terkena diabetes. Meskipun mengandung zat yang menghambat, namun konsumsi gula dalam kopi harus tetap dibatasi.

4. Meningkatkan Kemampuan Mengingat Otak

Penggunaan memori otak untuk melakukan berbagai aktivitas dan menyimpan informasi dalam otak sangat penting dan akan berpengaruh pada kinerja produkvitas. Kopi dapat membantu meningkatkan kemampuan mengingat otak. Hal ini disebutkan dalam suatu laman resmi studi Radiological Society of North America. Mereka mengatakan dengan meminum dua cangkir kopi dalam satu hari akan meningkatkan kemampuan memori jangka pendek.

5. Mengurangi Risiko Terserang Kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan yang ingin dihindari semua orang di dunia ini. Manfaat minum kopi lain yang bisa dirasakan adalah mengurangi risiko terkena kanker. Suatu penelitian dan studi di Swedia pada tahun 2008 menyebutkan bahwa dengan mengkonsumsi dua hingga tiga cangkir kopi dalam satu hari akan menurunkan risiko terserang kanker. Bagi wanita secara spesifik akan mengurangi atau menunda timbulnya kanker payudara.

Manfaat Minum Kopi Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Merangsang kinerja jantung
7. Meningkatkan efektivitas pembuangan urin
8. Memberi hambatan pada adenosine
9. Menimbulkan perasaan segar pada tubuh
10. Meningkatkan tekanan darah
11. Meningkatkan fokus
12. Meningkatkan kinerja otak yang kebih tinggi
13. Meningkatkan metabolism tubuh
14. Menurunkan risiko terserah penyakit Parkinson
15. Antioksidan yang tinggi
16. Membantu mencegah terjadinya encok
17. Membantu menurunkan berat badan
18. Menurunkan risiko terserang Alzheimer
19. Menurunkan risiko penyakit stroke
20. Mencegah terjadinya batu empedu
21. Menjaga kesehatan mulut
22. Meningkatkan mood

Cara Memanfaatkan Minum Kopi untuk Kesehatan :

Kopi yang memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan biasanya digukan sebagai perawatan dari dalam. Zat-zat yang dikandung kopi diberikan dalam tubuh melalui konsumsi kopi. Kopi dapat diolah menjadi minuman yang bisa dicampurkan dengan zat lain jika dibutuhkan.

Manfaat Minum Kopi Untuk Kecantikan :

1. Menyuburkan Rambut

Manfaat minum kopi untuk menyuburkan rambut. Rambut yang indah dan kuat juga merupakan aspek penilaian dari kecantikan. Dengan kandungan kafein pada kopi, rambut akan menjadi lebih kuat, sehat, dan indah. Tapi ingat walau sangat baik untuk menyuburkan rambut, perhatikan juga kondisi tubuh kita.

2. Merawat kesehatan kulit

Kopi memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Dengan meminum kopi secara teratur dan rutin dapat menjaga kesehatan kulit terutama kulit wajah. Hal ini karena antioksidan akan melawan radikal bebas yang mengganggu kesehatan dan kecantikan kulit.

3. Mencerahkan Kulit

Kulit yang cerah adalah dambaan pria dan wanita terutama wanita. Dilakukan berbagai jenis perawatan dari kimia hingga alami untuk mencerahkan kulit terutama kulit wajah. Hal ini karena kandungan kafein dalam kopi yang dapat membunuh kuman dan bakteri pada kulit sehingga membuat kulit terlihat cerah dan bercahaya. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan kopi sebagai masker pada wajah, bukan dalam bentuk minuman.

4. Pembersih Muka

Muka kita selalu terpapar debu dan polusi. Sehingga banyak kotoran yang menempel pada kulit terutama kulit wajah. Kopi bisa menjadi salah satu bahan alami dan efektif untuk membersihkan kulit dari berbagai kotoran. Caranya adalah kopi tidak dioleh menjadi minuman, namun bubuk kopi dicampur dengan dua sendok makan gel lidah buaya. Lalu aplikasikan secara merata pada wajah dan bersihkan wajah.

5. Menghilangkan Sel Kulit Mati

Wajah terlihat kusam adalah salah satu masalah. Kulit kusam terjadi karena banyaknya sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Sel-sel kulit mati dapat diangkat secara alami dengan menggunakan scrub yang terbuat dari bubuk kopi yang telah dicampur dan diolah dengan bahan-bahan lain.

Manfaat Minum Kopi Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah bau badan
7. Mencegah kanker kulit
8. Membantu menjaga bentuk badan dan berat badan
9. Menghilangkan bekas jerawat
10. Menghilangkan flek
11. Memperbaiki jaringan kulit
12. Melembuykan kulit
13. Menghilangkan komedo
14. Menghilangkan lingkaran di bawah mata
15. Menghidrasi kulit

Cara Memanfaatkan Minum Kopi untuk Kecantikan :

Untuk manfaat kecantikan, kopi tidak banyak diminumkan. Walaupun diminumkan sesekali untuk menunjang perawat dari dalam. Namun lebih banyak digunakan perawatan untuk bagian luar tubuh. Kopi juga tidak diolah menjadi minuman tapi diolah menjadi masker atau menjadi bahan untuk perawatan tubuh bagian luar.

Efek Samping Minum Kopi :

Segala sesuatu yang dikonsumsi atau dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan efek samping. Begitu pula dengan meminum dan menggunakan kopi. Manfaat minum kopi dan penggunaan kopi akan hilang tergantikan efek samping. Berikut adalah beberapa efek sampingnya:

1. Meningkatkan asam lambung
2. Tidak baik untuk ibu hamil
3. Insomnia
4. Hipertensi
5. Produksi urin meningkat
6. Detak jantung tinggi
7. Merusak gigi
8. Kemandulan
9. Merusak sel mulut
10. Kadar homosistein meningkat

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Minum Air Hangat untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat dan khasiat minum kopi pagi, siang sore serta malam hari sangatlah banyak, namun anda harus memperhatikan efek sampingnya. Jika berlebihan mengkonsumsi kopi juga tidak baik bagi kesehatan jantung serta kurang baik bagi kesehatan bayi pada ibu hamil.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Gaya Hidup

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top