Connect with us
Rokok, Manfaat Rokok, Khasiat Rokok, Kandungan Rokok

Gaya Hidup

70 Jenis, Kandungan, Manfaat dan Khasiat Rokok untuk Semua Bidang Serta Efek Samping

Manfaat Rokok – Rokok, Cigar, Sigaret, atau Cigarret adalah benda berbentuk silinder panjang dan kecil yang berisi tembakau, cengkeh, serta bahan alami maupun lainnya yang digunakan dengan cara dibakar agar keluar asapnya, kemudian dihisap melalui mulut. Merokok sifatnya adiktif atau dapat menyebabkan kecanduan karena adanya bahan nikotin yang memang memberikan efek candu sekaligus tenang bagi penggunanya. Manfaat rokok untuk semua bidang kehidupan perlu diteliti agar simpang-siur dan pro kontranya menjadi jelas tertangani.

Rokok, Manfaat Rokok, Khasiat Rokok, Kandungan Rokok

Sejarah rokok sudah dikenal sejak zaman dulu. Tidak dapat diketahui dengan pasti perihal budaya merokok tertua di dunia, namun literatur mengatakan bahwa suku Indian di benua Amerika pada abad ke-16 sudah merokok untuk keperluan upacara adat mereka. Pada abad ke-17 banyak penjajah dari Eropa yang membawa tembakau masuk ke Amerika Latin untuk tujuan gaya hidup dan senang-senang belaka.

Di Indonesia, keberadaan rokok kretek sangat lekat dengan kultur masyarakat pedesaan dan wong cilik. Justru 80% perokok aktif di Indonesia adalah merupakan kalangan masyarakat dengan ekonomi menengah ke bawah. 99% dari mereka berjenis kelamin laki-laki dan berusia di atas 20 tahun.

Di era modern, rokok kretek mulai pelan-pelan terpinggirkan di budaya masyarakat urban perkotaan dan mulai tergantikan oleh jenis rokok elektrik yang dikenal dengan nama Vape maupun tembakau dengan rasa dan aroma buah-buahan yang dihisap dengan tabung khusus yang disebut Hubbly Bubbly atau Shisha.

Kandungan Rokok :

Di bawah ini adalah banyak kandungan rokok yang mesti diperhatikan dan diwaspadai karena beberapa zat-zat aktif di bawah ini sifatnya merusak tubuh, apalagi kalau dikonsumsi dalam jangka panjang.

• Nikotin
• Tar
• Benzana
• Asetilana
• Sianida
• Hidrogen Sianida
• Karbonmonoksida
• Cadmium
• Metil Alkohol
• Amonia
• Formaldehida
• Arsenik

Jenis Rokok :

Ada banyak sekali jenis-jenis rokok yang terbagi ke dalam beberapa kategori, seperti berdasarkan bahan pembungkusnya, isinya, proses pembuatannya hingga penggunaan filternya. Masing-masing jenisnya memiliki pangsa pasar dan penggemar tersendiri. Kalau di Indonesia yang populer adalah jenis Sigaret Kretek Mesin.

Rokok berdasarkan bahan pembungkus

  1. Papir/Sigaret/Kertas: pembungkusnya kertas.
  2. Klobot: pembungkusnya daun jagung.
  3. Cerutu: pembungkusnya daun tembakau.
  4. Kawung: pembungkusnya daun aren.
  5. Nipah: pembungkusnya daun nipah.

Rokok berdasarkan bahan baku atau isi

  1. Kretek: isinya terbuat dari tembakau, cengkeh dan bahan aktif lainnya.
  2. Liquid: isinya adalah cairan khusus yang mengandung aroma.
  3. Putih: isinya daun tembakau yang diberi saos aroma tertentu.
  4. Klembak: isinya berupa daun klembak.

Rokok berdasarkan proses pembuatannya

  1. Sigaret Kretek Manual/Sigaret Kretek Tangan/Lintingan: dibuat secara manual dengan tangan, dengan cara dilinting.
  2. Sigaret Kretek Mesin/Pabrikan: dibuat dengan mesin sederhana maupun mesin berteknologi tinggi.

Rokok berdasarkan penggunaan filter

  1. Filter: memiliki penyaring berupa gabus di salah satu ujungnya.
  2. Non Filter: tidak memiliki penyaring.

Manfaat Rokok untuk Kesehatan :

1. Menghilangkan Kantuk Berlebih

Khasiat merokok untuk hilangkan rasa kantuk yang berlebih. Ini baik untuk para pekerja lemburan yang selalu dilanda Hipersomnia, yakni gangguan berlebihan tidur. Rasa kantuk yang seringkali menyiksa saat sedang bekerja sudah saatnya buat diberantas dengan cara merokok. Disertai dengan seteguk demi seteguk kopi hangat bisa membuat kuat bergadang sampai pagi.

2. Meningkatkan Stamina

Manfaat rokok bagus pula untuk meningkatkan stamina. Orang yang sedang merasa gampang lelah karena padatnya aktivitas, sudah selayaknya segera mencari solusinya. Stamina yang terjaga dan selalu siaga tiap saat sangat mempengaruhi kinerja. Jadi bisa mencoba dengan menyulut sigaret ini.

3. Membuat Mood Jadi Baik

Banyak pria yang bilang bahwa alasannya merokok adalah karena bisa membuat mood mereka selalu baik. Peningkatan mood dari yang tadinya buruk dan lesu, malas ngapa-ngapain, memang bisa berubah dratis. Mendadak seseorang jadi punya mood yang baik, gairahnya dalam aktivitas seakan tiada pernah habis. Untuk itu, banyak pria yang enggan melepas kebiasaannya dari rokok.

4. Membuat Pikiran Tenang

Ternyata manfaat rokok pun bisa membuat pikiran jadi tenang. Cocok untuk mereka yang tiap harinya mengalami tekanan pikiran yang hebat karena beban kerja. Merokok 1-2 batang sehari sudah cukup untuk membuat pikiran jadi tenang. Selain itu jumlah 1-2 batang sehari juga relatif aman untuk kesehatan organ paru-paru dan jantung.

5. Mengatasi Gangguan Mental

Orang yang pernah merokok memiliki kemungkinan kecil buat mengalami gangguan mental. Kerusakan mental atau psikis yang disebabkan karena tekanan hidup bisa dihalau. Sebab ketika merokok, seseorang terkadang seperti sedang membuang beban mental dan psikisnya melalui asap rokoknya. Dalam tiap hembusan napas rokoknya, semua masalah akan hilang.

Manfaat Rokok untuk Kesehatan Lainnya:

6. Membuat awet muda
7. Mencegah kematian di usia muda
8. Mencegah gangguan psikis
9. Membuka aura jiwa
10. Menambah nafsu makan

Manfaat Rokok di Bidang Sosial :

1. Membuka Jaring-Jaring Komunitas

Manfaat merokok bagus untuk membuka jaring-jaring komunitas. Misalnya seperti komunitas rokok elektrik, di mana Vape atau Vapor sebagai produk rokok elektrik telah menjadi gaya hidup sendiri bagi masyarakat urban. Banyak muncul komunitas hobi yang mengatasnamakan Vape sebagai seni karena asapnya bisa dibentuk-bentuk dengan teknik tertentu. Selain itu berbagai liquid yang beraneka rasa juga menambah sensasi akan citra seni ini.

2. Mempererat Persahabatan

Merokok dapat memperat persahabatan, terutama di kalangan para lelaki. Ketika sekelompok pria berkumpul untuk saling berbagi cerita, maka obrolan mereka cenderung lebih akrab dan hangat saat ada rokoknya. Ini sudah bukan rahasia lagi, para lelaki memang senang berkumpul di tempat yang ada rokoknya, apalagi kalau gratisan.

3. Menguatkan Citra Identitas Laki-Laki

Dengan merokok, secara langsung seorang pria akan mengukuhkan identitas dan jatidirinya sebagai pria. Sedangkan para pria yang tidak merokok biasanya dianggap “banci” atau “kacangan”, artinya ia adalah lelaki yang payah, pelit dan miskin, hingga tak sanggup membeli rokok. Citra identitas ini pun pada akhirnya menjadi kebutuhan bagi pria, bahwa mereka akan selalu butuh merokok agar dipandang jantan dan mapan.

4. Meningkatkan Gengsi Sosial

Kemapanan tersebut adalah gengsi sosial. Banyak lelaki yang merasa harus merokok demi gengsinya di mata publik, terutama lingkungan pergaulannya. Agar tidak diolok-olok dan dianggap lembek. Tidak peduli apakah diri bisa merokok ataupun bisa membelinya atau tidak, yang penting kalau sedang berkumpul bareng teman harus selalu bawa rokok untuk menjaga gengsinya.

5. Menunjukkan Status Sosial

Pada akhirnya, merokok memang menunjukkan status sosial seseorang. Yang mampu membeli rokok adalah mereka yang punya strata tinggi di tengah masyarakat, terutama lingkungan pergaulannya. Orang akan dipandang kolot bilamana tidak merokok. Untuk itu banyak orang rela menghabiskan banyak uangnya hanya untuk membakar seonggok kertas berisi bahan kimia itu.

Manfaat Rokok di Bidang Sosial Lainnya :

6. Simbol kompleksitas sosial
7. Menunjukkan kedudukan seseorang
8. Membuat orang terkesan ramah dalam bergaul
9. Memperluas pergaulan
10. Mencegah seseorang jadi kolot dan anti sosial

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Minum Kopi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Rokok di Bidang Ekonomi :

1. Membuka Lapangan Pekerjaan

Khasiat rokok untuk bidang ekonomi bisa membuka lapangan pekerjaan. Pasalnya dalam rantai produksinya banyak pihak-pihak yang terlibat, mulai dari petani tembakau hingga pabrik rokoknya beserta dengan jutaan buruh pabriknya. Tentu saja kehadiran komoditi ini begitu penting dalam membuka lapangan kerja. Makanya ketika ada isu dilarangnya merokok, banyak pihak merasa khawatir akan terputusnya mata rantai pencaharian ini.

2. Menambah Pendapatan Negara

Tidak dapat dipungkiri, rokok adalah sumber pendapatan negara melalui cukai rokok yang memang mahal. Untuk itu, tidak hanya rakyat saja yang diuntungkan dengan benda ini, tetapi negara sebagai sebuah institusi yang membutuhkan pendanaan pun menjadikan sigaret ini sebagai salah satu tombak pemasukan. Negara amat ketat soal cukai rokoknya, sampai-sampai rokok murah tanpa cukai yang biasanya ada di desa-desa, mendadak hilang karena pengawasan dan penyitaan dari pemerintah.

3. Menguntungkan Pedagang Besar Maupun Kecil

Banyak pedagang besar maupun kecil merasa diuntungkan dengan adanya rokok. Mereka mengaku berjualan rokoknya justru merupakan sumber penghasilan yang utama dibandingkan barang dagangan yang lainnya. Memang keuntungan menjualnya cukup banyak hingga membuat pedagang besar skala ritel maupun pedagang asongan kaki lima, selalu menjajakannya dalam beragam merek. Tak jarang pula pedagang kecil yang khusus menjajakan rokok, tanpa barang dagangan lainnya.

4. Menunjukkan Status Ekonomi

Sebagaimana menunjukkan status sosial, manfaat merokok pun menunjukkan status ekonomi. Orang yang merokok identik dengan status ekonomi yang mapan dan jauh lebih baik daripada yang tidak merokok. Pasalnya harga rokok itu mahal, semurah-murahnya sebungkus mencapai Rp10.000. Kalau yang mahal tentu bisa jutaan. Uang untuk membeli rokoknya terkadang bisa jauh lebih besar daripada uang untuk makannya sehari-hari.

5. Menjadi Komoditas Ekspor-Impor

Tidak hanya ada di Indonesia, di luar negeri pun ada rokok. Berbagi negara saling mengimpor dan mengekspor produk rokoknya. Ini tentu saja bisa memutar roda ekonomi internasional. Bisa menjadi salah satu komoditas unggulan yang tidak lekang oleh zaman, meskipun banyak negara sudah meratifikasi perjanjian internasional mengenai larangan tembakau dan rokok. Namun tetap saja produk sigaret ini menjadi komoditi ekspor impor unggulan.

Manfaat Rokok di Bidang Ekonomi Lainnya :

6. Menunjukkan strata ekonomi
7. Membuat seseorang dipandang kaya
8. Membuat akrab dengan klien dan partner bisnis
9. Memicu keluarnya ide brillian untuk mengembangkan karir
10. Memperluas pergaulan dengan komunitas hobi yang menguntungkan profesi

Manfaat Rokok di Bidang Politik :

1. Mempengaruhi Perjanjian Internasional

Manfaat rokok bisa mempengaruhi perjanjian internasional. Misalnya seperti perjanjian di bidang kesehatan yang digawangi oleh WHO, salah satu badan PBB. Di mana perjanjian dan kebijakan yang telah diratifikasi oleh negara anggota WHO wajib diimplementasikan ke dalam kerangka kebijakan publik nasional.

2. Menjadi Isu Menarik dalam Kebijakan Ekonomi Politik Regional Maupun Internasional

Rokok adalah salah satu isu menarik dalam masalah ekonomi politik regional maupun internasional. Keberadaannya yang sarat akan benturan dengan kampanye kesehatan seringkali membuat banyak pihak merasa geram. Industri rokok adalah industri skala besar, kampanye kesehatan dunia tidak serta-merta membuat pabrik sigaret di belahan dunia jadi tutup.

3. Mempengaruhi Politik Anggaran

Khasiat rokok tentu saja mempengaruhi politik anggaran. Misalnya dalam urusan perdagangan bebas, di mana kebijakan proteksi yang dilakukan Amerika Serikat berupa pelarangan masuknya kretek asal Indonesia karena dianggap berbahaya untuk kesehatan karena mengandung tembakau. Tindakan Amerika Serikat ini dianggap sebagai wujud strategi proteksi pasar belaka. Meskipun ini adalah pelanggaran jika merunut dengan perjanjian internasional mengenai perdagangan bebas yang diratifikasi anggota WTO.

4. Mencegah Konflik Perburuhan

Manfaatnya bisa meredam konflik perburuhan. Pabrik-pabrik yang memproduksi komoditi ini memiliki banyak sekali karyawan. Para buruh pabrik ini tentu saja akan turun demo pada pemerintah bila sampai suatu hari Indonesia benar-benar melarang beredarnya sigaret, kretek, vape atau produk yang lainnya. Mereka bekerja untuk pabrik demi sesuap nasi, sama sekali tidak tahu menahu soal kampanye kesehatan global.

5. Menjadi Komoditas Signifikan di Hulu-Hilir Rantai Ekopol

Khasiat merokok adalah sebuah komoditas signifikan dalam rantai hulu-hilir ekopol. Berbagai aspek ekonomi dan politik saling bertautan dalam bisnis sigaret ini. Merokok memang dikampanyekan bahaya untuk kesehatan, namun dari kacamata politik, melenyapkan rokok justru bisa memicu konflik. Maka satu-satunya jalan terbaik adalah negara harus mengawasi dan membuat kebijakan yang paling bijaksana, misalnya larangan merokok di area pelayanan publik seperti transportasi umum, rumah sakit, bandara, pom bensin, tempat ibadah dan bahkan mall-mall.

Manfaat Rokok di Bidang Politik Lainnya :

6. Objek kebijakan publik
7. Peredam konflik kepentingan
8. Mencegah konflik agraria
9. Menjadi simbol ketahanan nasional di era perdagangan bebas
10. Meningkatkan karisma seorang pemimpin

Efek Samping Rokok :

Walaupun memiliki banyak sekali manfaat di bidang kesehatan, sosial, ekonomi dan politik, namun tentu saja rokok memiliki efek samping yang mesti diperhatikan, seperti:

1. Kanker
2. Impotensi
3. Gangguan Kehamilan
4. Gangguan Paru-Paru
5. Serangan Jantung
6. Membuat Badan Kurus
7. Membuat Boros Bangkrut
8. Kecanduan
9. Bibir Menghitam
10. Stain Pada Gigi

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Olahraga untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sekarang keputusan untuk tetap merokok ataupun meninggalkannya tergantung pada kebijaksanaan masing-masing. Merokok adalah sebuah pilihan gaya hidup, maka tak ada yang dapat menghentikan maupun memaksa menggunakannya selain diri sendiri. Tiap orang berhak dan bebas untuk menentukan sikapnya terhadap komoditas ini.

Continue Reading

Lainnya dari Gaya Hidup

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top