Connect with us
Sarapan Pagi, Manfaat Sarapan Pagi, Khasiat Sarapan Pagi

Gaya Hidup

25 Manfaat dan Khasiat Sarapan Pagi untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sarapan pagi sangat penting bagi kita untuk mengawali semua aktifitas kesehatan tubuh, terutama bagi anak-anak maupun orang dewasa. Setelah selama semalaman perut tak menerima asupan makanan, saatnya pagi hari diberi isi makanan untuk menyediakan energi. Tak hanya memberikan energi, juga manfaat sarapan pagi untuk kesehatan dan kecantikan.

Sarapan Pagi, Manfaat Sarapan Pagi, Khasiat Sarapan Pagi

Untuk kesehatan tentu membuat tubuh lebih segar dan fit. Sedangkan untuk kecantikan ternyata mampu memperindah penampilan sekaligus menambah aura positif. Lebih dari itu, ternyata makan pagi berkorelasi dengan kualitas hidup seseorang. Ini berkaitan dengan kesehatan jiwa dan raga seseorang. Mau tahu apa saja manfaatnya? Simak uraian berikut ini.

Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan :

1. Mencegah terkena maag

Bangun pagi, lambung sudah kosong dari bahan-bahan makanan. Namun, produksi asam lambung tetap terjadi. Dengan makan menu sehat pada pagi hari akan membuat asam lambung ini siap bekerja untuk memproses dan mencerna bahan-bahan makanan. Bila lambung kosong, asam lambung tak sempat mencerna bahan makanan sehingga akan melukai dinding lambung yang tipis dan mudah teritasi. Penyakit maag pun kambuh. Itulah kenapa makan pagi sangat diperlukan.

2. Mencegah terkena diabetes

Menu sehat yang masuk ke dalam sistem pencernaan pada pagi hari akan dirombak sesuai dengan kebutuhan tubuh. Termasuk insulin yang berperan merombak gula dalam darah lebih aktif dan berimbang. Itulah kenapa kadar insulin pada orang yang terbiasa makan pagi cenderung lebih stabil. Ini tentu membuat seseorang jauh dari terkena risiko diabetes.

3. Menambah kecerdasan

Sel-sel syaraf memerlukan energi yang cukup untuk koordinasi. Anak yang kebutuhan nutrisinya tercukupi lebih cerdas dibandingkan anak yang kurang nutrisi. Nutrisi untuk otak terpenuhi dengan baik sehingga lebih mudah fokus dan konsentrasi. Anak ini akan lebih mudah menangkap materi pelajaran.

4. Mempertahankan berat badan tetap ideal dan proporsional

Sarapan pagi tak membuat berat badan bertambah. Apalagi makanan yang disajikan berimbang dan sehat. Karbohidrat sebagai sumber energi akan langsung digunakan untuk aktifitas hari itu sehingga tak sempat ditimbun oleh tubuh menjadi lemak. Justru makan siang yang berpotensi menjadi lemak di dalam tubuh karena biasanya dibarengi dengan menu yang kaya lemak.

5. Membuat tubuh lebih bugar dan fit

Makan pagi akan membuat tubuh terasa lebih bugar dan fit. Aktifitas apapun akan terasa lebih siap. Entah aktifitas fisik maupun pikiran. Orang pun lebih semangat dalam menjalani kehidupan karena kondisi fisik dan psikisnya sehat. Hal ini tidak memandang usia seseorang. Bayi, anak-anak sampai manula akan mengalami kondisi yang sama.

Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Kebutuhan nutrisi terpenuhi

7. Menjamin kesehatan jangka panjang

8. Menyehatkan mental

9. Mengoptimalkan fungsi-fungsi organ tubuh

11. Menjaga kesehatan psikis

12. Meningkatkan semangat beraktifitas

13. Tidak mudah terserang penyakit

14. Meningkatkan konsentrasi

15. Menjaga dan menjamin kerja sistem koordinasi tubuh

16. Meningkatkan kualitas hidup

17. Memperlancar proses metabolisme dalam tubuh

Cara Memanfaatkan Sarapan Pagi Untuk Kesehatan 

Menu untuk makan pagi sebaiknya dominan yang mengandung protein, karbohidrat, sayuran, dan buah-buahan. Proporsi bahan makanan yang mengandung protein sebaiknya lebih besar dibandingkan dengan karbohidrat. Contoh menu makan pagi sehat, telur mata sapi, nasi, irisan wortel, jeruk, dan susu. Jangan terlalu banyak memberi menu nasi yang banyak. Walau sebagi sumber energi, tapi butuh pasokan energi yang banyak untuk merubah nasi menjadi senyawa lebih sederhana sehingga kita merasa mengantuk.

Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan kulit

Menu makan pagi kaya protein akan menyediakan cukup nutrisi cukup untuk jaringan kulit. Regenerasi sel-sel kulit terjadi secara optimal. Seperti kita ketahui bersama, protein merupakan zat pembangun yang akan memperbaiki sel-sel rusak dan jaringan-jaringan kulit yang kurang sehat. Ditunjang asupan lemak yang cukup dari susu akan memelihara globula-globula pada jaringan kulit tetap sehat. Inilah yang menambak kulit terasa halus.

2. Menambah kecantikan dari dalam (inner beauty) seorang wanita

Sarapan pagi merupakan kebiasaan baik yang diakui oleh dunia menunjang kesehatan fisik. Bila tubuh sehat akan akan terbentuk jiwa yang sehat pula. Setelah tampil cantik dan sehat, kecantikan dari dalam akan terpancar keluar. Inilah rahasia kecantikan sesungguhnya dari seorang wanita.

3. Membuat langsing badan

Anggapan yang keliru, makan pagi membuat gemuk badan. Justru dengan makan pagi, nutrisi dari makanan akan terpakai semua untuk aktifitas. Entah itu aktifitas fisik maupun pikiran. Yang banyak menyebabkan kegemukan justru karena makan siang dan makan malam. Makan pagi juga biasannya memilih menu yang sederhana dibandingkan dengan menu makan siang dan malam yang sering cenderung mencari makanan kaya lemak penyebab kegemukan.

4. Membuat wajah berseri-seri

Saat kebutuhan fisik terpenuhi, akan merambat ke suasana mood yang baik. Tak perlu heran kalau wanita yang menyempatkan sarapan, tampak wajahnya berseri-seri. Ia pun lebih bersemangat menjalani aktifitas hari itu. Inilah yang menambah kecantikan dari dalam seseorang.

5. Kebiasaan baik yang selaras dengan irama tubuh

Badan Kesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan seluruh umat manusia membiasakan diri untuk makan pagi secara rutin. Ini kebiasaan baik yang selaras dengan irama tubuh. Ini juga yang membentuk peradaban manusia lebih berkualitas. Tak hanya cantik di fisik, tapi juga di jiwa. Kebutuhan nutrisi yang tercukupi akan membuat sehat tubuh dan tampil cantik, elegan serta menawan.

Manfaat Sarapan Pagi Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menjaga kecantikan fisik

7. Menjaga kesehatan psikis

8. Menu makanan sehat lebih terkontrol

9. Mendukung program-program treatment kecantikan

Cara Memanfaatkan Sarapan Pagi Untuk Kecantikan

Menu makan pagi harus terdiri dari nutrisi lengkap seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Boleh berasal dari bahan makanan nabati dan hewani. Kombinasi keduanya sangat disarankan karena bisa saling melengkapi.

Untuk keperluan kecantikan, menu berbahan dasar nabati sebaiknya lebih dominan dibandingkan dengan hewani. Pasalnya, nabati lebih kaya kandungan antioksidan dan senyawa-senyawa yang bersifat penawar racun. Contoh menu makan pagi yang dianjurkan, kentang, kacang-kacangan, tahu kukus, wortel, jeruk, dan susu.

Efek Samping Sarapan Pagi

Pada dasarnya tak ada efek samping yang berarti pada tubuh kita. Hanya saja, keluhan yang ada pada seseorang seperti merasa eneg di perut, ada kemungkinan pemilihan menu yang keliru. Bila seseorang merasa makan pagi malah membuat tubuh loyo dan mengantuk, ini berarti dalam menunya kelebihan karbohidrat beserta turunannya. Menu makanan kaya kandungan lemak juga mengakibatkan eneg dan mengantuk. Juga jangan memakan buah-buahan yang kaya sitrat karena bisa mengakibatkan iritasi di lambung.

Banyak manfaat sarapan pagi yang bisa kita peroleh. Baik secara fisik maupun psikis. Secara fisik tentu menunjang tubuh kita tetap sehat dan fit. Sedangkan dari psikis, makan pagi mendukung kesehatan mental sehingga memiliki jiwa yang baik dan sehat.

Kombinasi keduanya akan meningkatkan kualitas seseorang. Itulah mengapa suatu seseorang atau keluarga yang menyempatkan makan pagi bersama-sama tampak memiliki kehidupan yang bahagia dan menyehatkan. Jadi, mulai sekarang, biasakanlah makan pagi setiap hari sebelum memulai aktifitas.

Continue Reading

Lainnya dari Gaya Hidup

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top