Connect with us
Sauna, Manfaat Sauna, Khasiat Sauna

Gaya Hidup

40 Manfaat dan Khasiat Sauna untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sauna merupakan treatment yang bisa dilakukan setelah seharian lelah bekerja. Melakukan pekerjaan atau gaya hidup sehari-hari memang sangatlah melelahkan terlebih bagi anda yang mempunyai mobilitas tinggi dan bekerja di bawah tekanan. Selain menguras tenaga, pekerjaan sehari-hari juga dapat menguras fikiran. Banyak cara yang dapat anda lakukan di waktu libur untuk me-refress badan dan fikiran agar anda tetap fit dalam melanjutkan pekerjaan sehari-hari.

Sauna, Manfaat Sauna, Khasiat Sauna

Salah satu cara yang tepat adalah dengan melakukan treatment sauna. Terapi ini sendiri adalah mandi uap di dalam ruangan kecil yang dirancang sedemikian rupa supaya badan dapat mengeluarkan keringat. Bagi kalangan masyarakat modern yang hidup d kota besar, perawatan ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup terutama untuk kaum wanita. Selain untuk memanjakan diri, juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

Jenis-Jenis Sauna :

1. Sauna kayu

Tempat treatment ini sebagian besar dibangun dengan menggunakan material kayu. Sauna jenis ini dapat memberikan tampilan yang alami. Suhu di dalam bangunan kayu ini bisa sangat tinggi, maka dari itu tempat duduknya diberi lapisan handuk tebal agar tidak terlalu panas saat melakukan treatment ini.

2. Sauna basah

Sauna basah ini tak jauh berbeda dengan kamar uap. Pemanas udara di dalam treatment jenis ini berasal dari batu vulkanik. Batu disiram sedikit air, sehingga membentuk ledakan uap yang kemudian menjadi suhu panas di dinding sauna.

Loading...

3. Sauna kering

Metode yang digunakan dalam sauna kering ini tidak menggunakan air. Manfaat dari treatment ini dapat memungkinkan keringat yang terbentuk pada kulit dapat hilang dengan cepat dan kemudian memberi efek pendinginan.

4. Sauna tradisional

Sauna tradisional ini adalah tidak menggunakan listrik. Pemanas yang digunakan adalah kayu bakar dan batu vulkanik. Treatment tradisional ini dapat masuk dalam jenis sauna basah atau sauna kering.

5. Sauna Modern

Tipe perawatan modern ini memakai batu-batuan untuk memanaskan ruangan. Namun untuk memanaskan badan, treatment ini menggunakan infra merah.

6. Sauna Rusia Banya

Tipe perawatan ini hampir mirip dengan ruangan uap, namun menggunakan suhu tinggi dengan kadar air lebih rendah. Ketika anda selesai melakukan treatment jenis ini, anda dapat mendinginkan badan di kolam renang.

7. Herbal Sauna

Perawatan tubuh herbal ini mirip dengan jenis basah yang menggunakan minyak esensial untuk menciptakan wangi aromatik di dalam ruangan. Tipe perawatan ini adalah kombinasi antara uap dan aroma terapi.

8. Barrel Sauna

Tubuh yang dipanaskan dalam treatment ini hanya dari leher dan bagian bawah tubuh. Suhunya berkisar antara 60-80 derajat Celcius dan durasinya sekitar 10 sampai 20 menit.

Cara Melakukan Sauna yang Aman :

Ada beberapa langkah yang harus anda perhatikan dalam melakukan treatment tersebut. Supaya hasilnya lebih maksimal dan tentunya aman untuk tubuh anda.

1. Sebelum sauna

a. Pastikan anda mendapat persetujuan dari dokter jika anda mempunyai penyakit tertentu.
b. Kurangi konsumsi kafein dan pemulihan elektrolit. Banyaklah minumlah air putih.
c. Tidurlah dengan baik dan cukup, jangan sampai kelelahan.
d. Konsumsi minyak yang sehat. Seperti minyak ikan, kelapa, zaitun, dan minyak samin.
e. Tiga hari sebelum melakukannya pastikan anda makan dengan teratur.

2. Menjelang masuk ke dalam sauna

  • Perawatan ini sebaiknya dilakukan beberapa jam sebelum waktu tidur anda tiba supaya tidur anda lebih berkualitas.
  • Makanlah makanan berat selama 30-60 menit sebelum melakukannya.
  • Pastikan anda banyak minum untuk menghindari dehidrasi.
  • Lepaskan semua pakaian dan pakailah handuk atau kaos serta celana dalam yang bahannya katun.
  • Basahi tubuh anda kemudian keringkan. Rendam kaki dengan air hangat jika diperlukan.
  • Pakailah topi khusus untuk melindungi kepala anda dari suhu panas.

3. Saat di dalam sauna

  • Jangan menginjakkan kaki anda di lantai jika lantainya bersuhu dingin. Karena suhu yang kontras sangat tidak baik bagi tubuh ketika melakukannya.
  • Tekan atau garuklah kulit lengan, perut, kaki, dan punggung secara perlahan untuk merangsang pori-pori agar dapat terbuka. Sehingga sirkulasi di permukaan tubuh anda dapat meningkat.
  • Lakukan pernafasan dari perut atau pernafasan penuh.
  • Jangan melakukannya di ruangan yang gelap karena dapat memicu sistem saraf parasimpatik.
  • Hal tersebut akan membuat anda merasa ingin pingsan, terutama apabila anda dalam keadaan berdiri.
  • Apabila anda merasakan pusing saat berdiri, maka berdekatlah dengan tembok secara perlahan.
  • Apabila anda merasa sudah tidak kuat di dalam ruangan, segeralah keluar.
  • Sauna hanya bisa dilakukan paling lama sekitar 20 menit.

4. Setelah melakukan sauna

  • Lakukan teknik kontars yaitu dengan mengejutkan tubuh anda dari suhu panas ke dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka, mengembalikan darah kembali ke organ inti, dan menguatkan pertahanan alami anda. Namun teknik kontras tersebut sebaiknya jangan dilakukan bagi anda yang baru pertam kali melakukan treatment ini, penderita asma dan penyakit jantung.
  • Teknik kontras tersebut dapat dilakukan setelah melakukan 2-3 kali treatment tersebut dalam beberapa minggu.

Manfaat Sauna untuk Kesehatan :

1. Menghilangkan stres

Anda dapat melakukan mandi sauna untuk menghilangkan stres. Treatment ini dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dan melepaskan hormon endorphin. Sehingga badan dan dan fikiran menjadi lebih rileks.

2. Mengeluarkan racun di dalam tubuh

Sauna adalah salah satu cara untuk mendetoksifikasi racun dari dalam tubuh. Bahkan perawatan ini juga mampu mengeluarkan berbagai jenis racun seperti tembaga, merkuri, dan zat-zat asing lainnya.

3. Membuat tidur lebih berkualitas

Bagi anda yang sering mengalami gangguan saat tidur, perawatan ini dapat dijadikan treatment untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Karena saat melakukannya akan mengeluarkan hormon endorfin dari dalam tubuh sehingga dapat meringankan dan menenangkan fikiran.

4. Menyembuhkan sakit sendi dan otot

Panas yang dihasilkan saat melakukan perawatan ini dapat memberi efek menenangkan pada sendi dan otot. Pembuluh darah juga bekerja dengan maksimal dan system peredaran darah meningkatkan.

5. Menyehatkan jantung

Respon uap di dalam ruangan saat melakukan perawatan ini menjadikan kulit tubuh kita lebih panas. Semua bagian tubuh akan menerima uap panas tersebut termasuk memberi respon kepada pembuluh darah. Otot jantung pun bekerja dengan baik dan menjadikan detak jantung stabil.

Manfaat Sauna untuk Kesehatan Lainnya :

6. Tubuh lebih kebal terhadap penyakit
7. Menyegarkan fisik dan mental
8. Meningkatkan kinerja saat olahraga ketahanan
9. Memulihkan dari aktivitas olahraga
10. Mengurangi tekanan seusai olahraga berat
11. Meningkatkan sirkulasi darah
12. Meningkatkan kelenturan
13. Menyembuhkan efek mabuk minuman beralkohol
14. Menyembuhkan luka memar

Manfaat Sauna untuk Kecantikan :

1. Menghaluskan kulit

Saat anda melakukan perawatan ini, pori-pori kulit akan mengeluarkan keringat. Sehingga sel-sel kulit mati di atas kulit dapat keluar. Kulit pun menjadi lebih lembut.

2. Mendukung program diet

Anda dapat melakukan treatment ini untuk mendukung program diet. Treatment ini memberi manfaat untuk membuat reaksi tubuh terhadap uap dan panas. Sehingga dapat membakar kalori dengan baik dan anda pun dapat menurunkan berat badan yang berlebih.

3. Menyehatkan rambut

Kulit kepala mempunyai kelenjar khusus yang disebut sebaceous. Kelenjar tersebut dapat melepaskan senyawa yang membantu untuk melembabkan rambut. Sauna dapat mengaktifkan kelenjar tersebut dan membuat rambut lebih sehat.

4. Membuat kulit awet muda

Saat umur anda beranjak tua, banyak sel-sel kulit mati yang menumpuk di pori-pori, hal ini dapat mengurangi sifat elastis kulit. Dengan melakukan perawatan ini, aliran darah ke kulit dapat meningkat sehingga membantu dalam mengangkat sel kulit mati dan mengganti dengan sel kulit baru yang lebih sehat. Treatment ini juga dapat memobilisasi minyak alami di kulit yang menjadikan kulit lebh lembab dan terlihat awet muda.

5. Membantu membersihkan pori-pori

Perawatan ini dapat membuka pori-pori kulit dan mengeluarkan keringat. Pada saat itu juga racundalam tubuh keluar melalui keringat. Kotoran bekas make up atau debu datap keluar dan pori-pori kulit anda menjadi lbih bersih.

Manfaat Sauna untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencerahkan kulit
7. Menyehatkan kulit
8. Elastisitas wajah meningkat
9. Membantu produksi Kolagen
10. Menyembuhkan jerawat
11. Meregenerasi kulit
12. Menyegarkan kulit

Efek Samping Sauna :

Tipe perawatan ini memang sangat disarankan karena dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehaan dan kecantikan. Namun disamping itu juga memiliki efek samping yang dapat merugikan tubuh.

  1. Bagi anda yang terlalu lelah dan mempunyai masalah tekanan darah, treatment cara ini dapat membuat anda merasa mual, pusing, dan jantung berdegup dengan kencang.
  2. Bagi anda yang sedang menstruasi dan hamil, dilarang melakukannya karena dapat memberi respon buruk bagi tubuh.
  3. Treatment ini juga tidak boleh dilakukan bagi anda yang sedang sakit dan penderita gangguan pernafasan.
  4. Perawatan ini yang dilakukan secara tidak wajar dan berlebihan dapat berujung pada kematian. Mandi sauna yang terlalu lama juga tidak boleh dilakukan karena dapat menghilangkan cairan dari dalam tubuh. Sehingga anda akan susah berkeringat dan mengganggu fungsi kinerja jantung.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Mandi Subuh untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah beberapa penjelaan mengenai salah satu treatment tubuh ini. pada dasarnya mandi sauna sangat baik untuk kesehatan apabila dilakukan sesuai aturan dan tidak berlebihan. Jangan sekali-kali melakukannya terlalu sering dan terlalu lama untuk menghindari efek buruk yang dapat merugikan tubuh.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Gaya Hidup

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top