Connect with us

35 Manfaat dan Khasiat Tidur Miring untuk Ibu Hamil dan Bayi Serta Efek Samping

Gaya Hidup

35 Manfaat dan Khasiat Tidur Miring untuk Ibu Hamil dan Bayi Serta Efek Samping

Manfaat Tidur Miring – Tidur Miring Kanan menjadi posisi tidur paling ideal yang disarankan secara medis maupun sunnah Rasul. Ini adalah posisi tidur dengan badan dimiringkan ke kanan, sehingga posisi jantung berada di atas. Sikap tidur begini wajib dilakukan karena memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya tentu saja mencegah gangguan jantung.

Tidur Miring, Manfaat Tidur Miring, Khasiat Tidur Miring, Tidur Miring Ke kanan, Tidur Miring Ke Kiri

Ketika tidur dalam posisi miring, maka jantung bisa bekerja dengan lebih leluasa dalam memompa darah. Ini akan sangat berguna untuk kesehatan tubuh secara total, sebab darah berperan dalam proses metabolisme energi dan zat-zat penting dalam tubuh. Selain itu, khasiat tidur miring pun akan melegakan pernapasan.

Orang yang sedang hamil juga disarankan tidur dalam posisi miring kanan. Selain untuk mencegah kerusakan jantung, tidur miring pada ibu hamil juga akan mencegah sesak napas yang terkadang dialami oleh wanita hamil akibat dari tekanan perutnya yang membesar. Selain pada ibu hamil, tidur dalam posisi miring juga disarankan dilakukan oleh bayi, orang tua dan seluruh individu. Semata-mata untuk memperbaiki kualitas tidur dan organ tubuh.

Dapat disimpulkan bahwa posisi tidur paling ideal adalah miring kanan. Sikap tidur miring kanan haruslah menjadi kebiasaan tidur yang refleks dilakukan orang dewasa maupun anak-anak. Tidak ada cara lain untuk memicu refleks ini selain dengan kebiasaan yang dilakukan sehari-hari. Jadi sejak awal hendak tidur, cobalah buat miring kanan. Jadi pas sudah nyenyak tidurnya, maka akan tetap dalam posisi demikian karena respon refleks dari otak.

Daftar Isi Manfaat

Loading...

Faktor Penyebab Tidur Miring Menjadi Posisi Tidur Terbaik

Mengapa tidur miring menjadi posisi yang terbaik untuk ibu hamil dan bayinya? Ada beberapa faktor penyebabnya, yaitu:

• Membuat jantung berada di atas, sehingga tidak tertekan

• Bayi di dalam rahim ibu sewaktu belum lahir berada pada posisi meringkuk

• Tidur terlentang rawan terkena sleep paralysis dan mimpi buruk

• Tidur tengkurap bisa membuat sesak napas dan meninggal

• Tidur miring kiri (menghadap kiri) tidak disarankan karena akan membuat jantung tertekan

Manfaat Tidur Miring untuk Ibu Hamil :

1. Menghindari Serangan Jantung

Khasiat tidur miring ampuh untuk menghindarkan dari serangan jantung. Posisi tidur terlentang atau miring kiri (menjadikan dada kiri di bawah) memang amat beresiko menekan otot jantung. Yang mana ini bisa jadi malah jadi penyebab serangan jantung. Sebab, serangan jantung itu datangnya mendadak dan bisa terjadi pada siapa saja, tanpa harus ada gejala dan tanda-tanda.

2. Mencegah Sesak Napas

Tidur miring pun bagus buat mencegah sesak napas. Ketika sesak napas melanda, ini pun amat rawan terjadi kematian mendadak. Sebab, napas adalah jalan utama dari kehidupan. Saat terjadi penyempitan saluran napas karena salah posisi tidur, bisa saja seseorang meregang nyawa, padahal sebelumnya sehat-sehat saja. Termasuk ibu hamil pun demikian. Apalagi seorang ibu hamil juga memiliki napas lebih pendek-pendek karena perutnya membuncit.

3. Membuat Perut Lebih Nyaman

Tidur miring kiri kanan bisa membuat ibu hamil lebih nyaman soal perutnya yang membesar. Meskipun memang agak susah memiringkan tubuh, namun posisi inilah yang paling ideal dan bisa membuat janin dalam perut juga semakin nyaman. Sebaiknya pada saat tidur, ibu hamil mengenakan pakaian yang longgar seperti piyama atau daster.

4. Mencegah Masuk Angin

Masuk angin dapat melanda siapa saja, termasuk para ibu hamil. Memang kondisi usus ibu hamil tidak lagi sama dengan wanita yang tidak hamil. Ada tekanan dari rahim yang membesar. Untuk mencegah masuk angin saat tidur yang akan berujung pada morning sickness di pagi hari, cobalah buat tidur miring.

5. Membuat Bangun Tidur Lebih Fresh

Manfaat tidur miring pun bisa bikin badan lebih fresh saat bangun. Coba saja sejak kehamilan usia dini hingga hamil tua, ubah posisi tidur jadi miring kanan. Dengan dada kiri di atas, pastilah jadi lebih nyaman. Bangun tidur pun lebih fit badannya, tidak merasakan gejala morning sickness yang menyiksa itu.

Manfaat Tidur Miring untuk Ibu Hamil Lainnya :

6. Mencegah gangguan paru-paru
7. Mengatasi perut kembung
8. Mencegah morning sickness
9. Mengatasi perut sebah
10. Menghilangkan rasa mual
11. Membuat janin lebih rileks
12. Mencegah keguguran
13. Melancarkan sistem pencernaan
14. Membuat rahim lebih rileks
15. Melancarkan persalinan kelak

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tidur Tanpa BH untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Tidur Miring untuk Bayi :

1. Mencegah Gangguan Jantung

Tidak hanya untuk ibu hamil, tidur miring pun bagus untuk bayi. Meskipun memang sulit memiringkan tubuh bayi, namun jika dibiasakan pastilah nanti bayi bisa melakukannya sendiri. Apalagi kalau sudah berumur di atas 6 bulan. Posisi tidur memiringkan tubuh begini amat bagus untuk bayi karena bisa mencegah mereka dari gangguan jantung.

2. Membantu Melancarkan Pernapasan

Pernapasan pada bayi masihlah belum teratur. Apalagi pada bayi usia 0-3 bulan, mereka cenderung napas pendek-pendek dan keras bunyinya. Memang membuat bayi tidur miring itu sulit, namun jika mereka sudah melakukannya, tentu saja ini akan membuat pernapasan mereka menjadi lebih baik. Sebaiknya lakukan ini saat usia bayi sudah 3 bulan ke atas.

3. Melancarkan Peredaran Darah

Tidak hanya ibu hamil dan orang dewasa saja yang membutuhkan tidur miring agar peredarannya darahnya lancar. Seorang bayi pun membutuhkannya sejak dini. Posisi tidur memang amat mempengaruhi bagaimana darah mengalir. Maka sebaiknya cobalah membuat bayi tidur dalam posisi miring kanan, di kala bayi ini sendiri tidak melakukannya. Namun berhati-hatilah!

4. Mencegah Mimpi Buruk

Manfaat tidur miring pun bisa mencegah mimpi buruk. Memang banyak orang merasa takut tidur dalam posisi terlentang karena ini justru bisa memicu mimpi buruk. Apalagi bagi mereka yang giat dalam spiritualitas, biasanya tidur terlentang bisa melepaskan ruh mereka secara sadar atau yang dikenal dengan fenomena raga sukma. Meskipun bayi tentu tidak paham dengan fenomena macam ini, tampaknya bayi pun bisa memiliki mimpi buruk.

5. Membuat Bayi Lebih Rileks

Bayi harus tidur dalam kondisi rileks, untuk itu coba miringkan tubuhnya ke kanan. Posisi tidur miring untuk bayi membuat mereka bangun tidur dalam kondisi yang lebih sehat dan ceria. Ini akan sangat menguntungkan ibu karena anaknya menjadi tidak rewel dan cengeng lagi, keesokan harinya ketika sang anak bangun.

Manfaat Tidur Miring untuk Bayi Lainnya :

6. Menguatkan jantung
7. Menguatkan paru-paru
8. Membuat napas lebih teratur
9. Membantu melancarkan aliran darah ke otak
10. Melatih koordinasi gerak
11. Menjaga keseimbangan tubuh bayi
12. Membuat mental bayi lebih kuat
13. Melatih tulang
14. Mencegah perut kembung
15. Melancarkan sistem pencernaan dan sekresi

Efek Samping Tidur Miring :

Walaupun ini adalah sikap tidur terbaik, namun tidur miring kanan tetap memiliki resiko atau dampak sebagai berikut:

1. Memunculkan kebiasaan
2. Membuat tidur terlentang dan miring kiri jadi sulit
3. Perubahan bentuk rahang
4. Tulang pipi bisa jadi miring
5. Wajah menjadi asimetris (tidak simetris bentuknya)

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tidur Tanpa Celana Dalam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Namun jangan khawatir, kebiasaan tidur dalam posisi miring kanan ini tergolong kebiasaan baik. Jadi tidak perlu khawatir kalau jadinya menjadi tidak nyaman pas tidur miring kiri atau terlentang. Namun untuk mencegah perubahan bentuk rahang dan miringnya tulang pipi, maka alangkah baiknya buat selang-seling saja posisi tidurnya. Misalnya saat hendak tidur-tiduran saja, tidak sampai pulas, silahkan untuk miring kiri. Ini untuk melatih otot wajah, pipi dan rahang agar senantiasa simetris.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Gaya Hidup

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top