Connect with us
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang

Gaya Hidup

30 Manfaat dan Khasiat Tidur Siang untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Manfaat Tidur Siang – Tidur siang merupakan aktivitas gaya hidup yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Kebanyakan dari kita pasti merasakan sangat malas untuk tidur siang saat usia dini. Waktu siang hari lebih sering dihabiskan untuk bermain bersama teman ketimbang untuk beristirahat. Teriakan orang tua yang menyuruh kita untuk tidur siang pun tidak sedikit pun digubris karena terlalu asyik dengan dunia permainan bersama kawan. Walaupun sebenarnya manfaat tidur siang bagi anak sangatlah baik untuk kesehatan.

Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang

Sementara saat sudah beranjak dewasa, kita kesulitan mencari waktu luang untuk memejamkan mata sejenak. Berbagai aktifitas keseharian seperti sekolah, bekerja, mengurus anak, mengurus rumah dan sebagainya menjadikan kita susah untuk tidur siang. Padahal manfaat tidur siang sangatlah bagus untuk kesehatan. Terlebih bagi kita yang tidak memiliki kualitas tidur malam yang baik, maka tidur siang sangat dianjurkan untuk mengembalikan tenaga dan kesegaran tubuh.

Manfaat tidur siang ternyata sangatlah beragam. Bukan hanya untuk kesehatan tubuh saja namun manfaat tidur siang juga bisa dirasakan untuk mempercantik penampilan. Kebanyakan orang mungkin masih mengabaikan aktifitas istirahat ini. Padahal meskipun hanya 1 jam saja, tidur siang mampu memberikan efek relaksasi bagi tubuh dari segudang aktivitas yang dilakukan. Bukan hanya menenangkan saraf yang tegang saja, namun manfaat tidur siang ini sangatlah beragam.

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan :

1. Membantu meningkatkan fungsi otak

Manfaat tidur siang yang mungkin belum diketahui banyak orang adalah untuk meningkatkan daya ingat otak. Aktifitas ini sangat disarankan terutama bagi lansia. Semakin bertambahnya usia, manusia cenderung melupakan memori yang terjadi di masa lalu. Hal ini juga dipengaruhi karena menurunnya daya ingat.

Bagi anak-anak, tidur siang mampu meningkatkan fungsi otak dalam mengingat sesuatu. Anak akan lebih mudah dalam menghafalkan pelajaran atau peristiwa penting yang terjadi pada dirinya. Ada yang menyebutkan bahwa manfaat tidur merupakan duplikasi dari manfaat air putih yang mampu melancarkan segala hal yang berhubungan dengan kesehatan tubuh.

2. Membantu mengatasi insomnia

Insomnia merupakan gejala susah tidur yang dapat merusak kesehatan. Manfaat tidur siang ternyata juga bisa dirasakan bagi penderita insomnia untuk mendapatkan kualitas tidur yang cukup. Tubuh kita membutuhkan waktu istirahat yang cukup dengan tidur nyenyak agar tidak menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Terlalu banyak beraktifitas tanpa istirahat dapat membuat tubuh kelelahan, sulit berkonsentrasi, menurunnya daya ingat dan bahkan bisa beresiko pada kecelakaan.

Tentu saja hal ini sangatlah berbahaya bukan hanya bagi diri sendiri namun juga orang lain disekitar. Bagi anda yang mungkin mengalami insomnia maka tidur siang adalah obat pengganti terbaik karena dimalam hari anda susah untuk memejamkan mata.

3. Membantu meningkatkan kreativitas dan fungsi indera

Menurut Sara Mednick C, salah seorang ilmuan napologist, aktivitas tidur siang mampu meningkatkan persepsi sensorik sama seperti tidur malam. Dengan tidur siang yang cukup dapat membuka wawasan di otak dan memunculkan berbagai ide baru. Manfaat tidur siang yang satu ini bagus sekali bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Oleh sebab itu, banyak orang tua yang sampai berteriak pada anak susah tidur siang agar mau tidur siang.

4. Mencegah resiko penyakit jantung dan stroke

Manfaat tidur siang lainnya adalah untuk mencegah resiko terkena penyakit jantung. Saat kita sudah lelah dan mengantuk namun tidak segera memejamkan mata atau tidur, maka detak jantung akan menjadi lebih kencang. Terlebih bagi yang terbiasa menghilangkan rasa kantuk dengan meminum kopi, maka kafein yang diminum tersebut bisa memberikan efek negatif. Durasi tidur siang yang singkat adalah antara 20-40 menit per hari.

5. Mengurangi stress

Depresi atau stress merupakan sumber penyakit yang dapat memicu gangguan penyakit lainnya seperti jantung dan gangguan syaraf. Saat tubuh melakukan banyak pekerjaan maka otak akan tegang dan stress. Meskipun kita memiliki segudang aktivitas yang harus dijalani, kita tidak boleh melewatkan tidur siang meskipun hanya beberapa menit saja. Manfaat tidur siang sangat baik untuk mengoptimalkan organ tubuh agar dapat menjalani aktivitas dengan lancar.

Manfaat Tidur Siang untuk Kesehatan Lainnya :

6. Meningkatkan mood

7. Meningkatkan kewaspadaan

8. Meningkatkan produktivias

9. Meningkatkan kesehatan tubuh

10. Meningkatkan Stamina

11. Mengembalikan tenaga yang terkuras

12. Mengurangi risiko pikun

13. Meningkatkan efektivitas dalam bekerja

14. Membuang toxin dalam tubuh.

15. Meningkatkan kebugaran tubuh

16. Melancarkan metabolisme

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tidur Tanpa Celana Dalam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Tidur Siang untuk Kecantikan :

1. Membantu mengatasi masalah jerawat

Munculnya jerawat terutama pada wajah akan sangat mengganggu penampilan. Tingkat kepercayaan diri seseorang biasanya juga menurun saat timbul berjerawat. Salah satu cara yang mudah, murah dan tidak ribet untuk mengatasi masalah jerawat adalah dengan tidur siang. Saat memejamkan mata di siang hari, sel-sel kulit mati akan beregenerasi dan stamina tubuh pun bertambah sehingga jerawat membandel dapat segera musnah.

2. Mencegah terjadinya penuaan dini

Pada dasarnya kita semua pasti akan mengalami yang namanya proses penuaan. Hal ini ditandai dengan gejala kulit yang nampak mengeriput terutama pada bagian sekitar hidung dan mulut. Flek hitam mulai bermunculan pada wajah, bagian atas kelopak mata mulai menurun, adanya lingkaran hitam di bawah mata menjadi tanda-tanda penuaan yang sangat dihindari.

Khasus penuaan ini wajar-wajar saat jika terjadi di masa tua. Namun jika saat usia kita masih cukup muda dan terjadi gejala penuaan ini maka bukan hanya penampilan saja yang terganggu namun mental juga bisa terganggu karena stress memikirkan kulit wajah. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya penuaan dini adalah dengan rutin tidur siang. Manfaat tidur siang untuk menghilangkan stress dan membuat awet muda sudah tidak perlu diragukan lagi.

3. Membantu menjaga keseimbangan hormon

Tubuh kita memiliki berbagai hormon yang berperan penting bagi kesehatan dan kecantikan. Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh sangatlah tidak baik karena dapat mengakibatkan munculnya berbagai masalah kecantikan seperti kulit yang kemerah-merahan dan muncul jerawat.

Tidur siang secara teratur ternyata berkhasiat untuk menyeimbangkan kadar hormon serta menghindari berbagai masalah kecantikan.

4. Membantu meremajakan kulit

Manfaat tidur siang berikutnya adalah meregenerasi sel kulit mati. Saat tidur siang ataupun malam merupakan waktu yang tepat bagi sel untuk melakukan proses regenerasi kulit. Dengan tidur siang yang cukup dapat memberikan kesempatan bagi tubuh untuk beristirahat dan mengganti sel-sel yang telah mati. Hal ini tentunya sangat berpengaruh pada proses peremajaan kulit.

5. Membuat tubuh menjadi langsing

Wajah yang cantik rupawan masih nampak kurang sempurna jika tidak didukung dengan berat badan yang ideal. Kelebihan berat badan akan membuat seseorang merasa minder bahkan sampai rela mengkonsumsi minuman ekstrem untuk melangsingkan badan. Padahal sebenarnya diet bisa dilakukan secara alami melalui olahraga yang teratur disertai dengan tidur sehat.

Bagi anda yang mungkin mengalami masalah kelebihan berat badan, maka anda bisa mencoba untuk mengambil manfaat tidur siang untuk diet dari pada harus meminum obat pelangsing yang belum tentu aman untuk kesehatan. Tidak perlu menghabiskan waktu yang lama, anda bisa melakukan tidur siang antara 20-90 menit per hari.

Tips untuk Tidur Siang :

Tidur siang mungkin akan terasa cukup sulit bagi anda yang tidak terbiasa melakukannya. Bagi anda yang merasa perlu tidur siang untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, anda bisa mencoba tips tidur siang berikut ini.

1. Meminimalisir penerangan

Siang hari yang panas dan terik terkadang membuat kita kesulitan untuk tidur. Apalagi jika ditambah penerangan yang menyilaukan, maka alih-alih tidur siang kita hanya akan menggerutu karena susah memejamkan mata. Kondisikan suasana nyaman dengan mematikan lampu atau menutup gorden agar ruangan anda menjadi gelap.

2. Ciptakan suasana yang mendukung

Kebiasaan mendengarkan musik sebagai pengantar tidur bisa juga menjadi salah satu tips agar anda mudah tertidur. Putar musik yang anda sukai dengan volume rendah agar suasana lebih tenang. Selain itu, anda juga menyalakan kipas angin atau AC agar lebih rileks.

3. Menghilangkan suara yang mengganggu

Tips tidur siang yang nyaman berikutnya adalah dengan meminimalisir gangguan suara seperti TV atau radio. Anda bisa mematikan alat elektronik tersebut agar kondisi lebih tenang. Handphone juga bisa anda setel menjadi mode silent agar anda tidak terpusat pada gadget yang selalu menemani langkah kita tersebut.

4. Berbaring dengan posisi yang nyaman

Posisi tidur juga sangat berpengaruh pada kualitas tidur nyenyak anda. Posisikan tidur anda pada kondisi ternyaman sehingga anda menjadi mudah tertidur dengan pulas.

Efek Samping Tidur Siang :

1. Meningkatkan resiko depresi

Dalam sebuah penelitian tahun 2014 yang dilakukan pada kembar bersaudara, dinyatakan bahwa durasi tidur yang terlalu lama dapat menimbulkan resiko depresi. Mereka yang menghabiskan waktu 7-9 jam untuk tidur cenderung memiliki gejala depresi hingga 27%. Sedangkan mereka yang tidur dengan durasi lebih dari 9 jam memiliki kecenderungan hingga 49%.

2. Menyebabkan nyeri punggung

Kebiasaan tidur dalam waktu yang lama meskipun dengan alasan untuk menghilangkan pegal dan lelah ternyata justru dapat memicu nyeri punggung. Selain itu, bagi anda yang terbiasa tidur-tiduran atau berbaring dalam waktu lama juga bisa jadi merasakan resiko yang sama.

3. Merusak otak

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012, ditemukan bahwa tidur teralu lama bagi wanita lansia dapat memperburuk fungsi otak dalam periode enam tahun. Durasi tidur yang melebihi 9 jam atau kurang dari 5 jam menunjukkan adanya perubahan fungsi oak setara dengan kasus penuaan selama 2 tahun.

4. Meningkatkan resiko diabetes

Studi sederhana yang dilakukan di Quebec menyatakan bahwa aktivitas tidur selama 8 jam lebih semalaman, 2 kali lebih beresiko terkena diabetes tipe 2 selama periode 6 tahun dibadningkan dengan mereka yang tidur dengan durasi antara 7-8 setiap malam.

5. Menaikkan berat badan

Para peneliti di Quebec juga menyebutkan bahwa mereka yang memiliki durasi waktu tidur panjang dan pendek akan lebih berat hingga 6 tahun dari pada mereka yang tidur antara 7-8 jam. Sebanyak 25% kemungkinan mereka yang tidur hingga 10 jam setiap malam untuk mendapatkan tambahan berat badan sebesar 5 kg. Bahkan resiko ini masih bisa terjadi meskipun mereka sudah mengendalikan asupan makanan maupun diimbangi dengan aktivitas fisik.

Efek Samping Tidur Siang Lainnya :

6. Mungkin Menjadikan Lebih Susah Hamil

7. Resiko Gangguan Jantung

8. Mengakibatkan Sakit Kepala yang  Dapat Menggangu Aktivitas

9. Mengakibatkan Kematian Lebih Cepat

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tidur Tanpa BH untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Banyaknya manfaat tidur siang yang bisa kita dapatkan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan diatas, menjadikan kita termotivasi untuk meluangkan waktu sejenak dan beristirahat. Namun kita juga harus mengatur waktu tidur agar tidak menimbulkan efek samping yang justru dapat membahayakan nyawa kita. Walaupun akibat kurang tidur siang juga harus kita minimalisir.

Continue Reading

Lainnya dari Gaya Hidup

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top