Connect with us
Air Hujan, Manfaat Air Hujan, Khasiat Air Hujan

Geografi

37 Manfaat dan Khasiat Air Hujan untuk Kesehatan, Kecantikan, Kehidupan Serta Efek Samping

Air hujan merupakan salah satu anugrah dari Tuhan yang bisa dinikmati dan dimanfaatkan oleh setiap makhluknya di alam semesta. Mungkin saat kita masih anak-anak dulu, kita bisa menikmati serunya bermain hujan-hujanan bersama teman-teman. Namun saat sekarang sudah mulai dewasa kita menjadi takut saat terkena hujan, bahkan kita selalu menghindar saat hujan turun karena baju bisa basah saat harus mulai bekerja.

Air Hujan, Manfaat Air Hujan, Khasiat Air Hujan

Biasanya saat tubuh kehujanan dianggap akan mendapatkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Namun sebenarnya air hujan juga memiliki manfaat yang besar baik bagi kesehatan dan juga kecantikan. Air hujan mengandung berbagai nutrisi yang akan membuat kesehatan tubuh terjaga. Selain itu, tampungan air hujan murni yang bersih dan dimasak dengan cara yang benar juga aman untuk dikonsumsi.

Kandungan Air Hujan :

Air hujan memang bersifat menyegarkan tubuh, namun kandungan zat yang terdapat pada air dari langit ini tergantung pada udara serta atmosfer yang menyertainya. Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada air hujan.

  • H2O 99,9 %
  • Asam nitrat dengan pH 6 saat hujan normal, dan pH <5,7 saat hujan asam
  • Bakteri yang bersifat Airbone
  • Asam sulfat
  • Bakteri, jamur dan alga
  • Karbon yang meliputi Fly dan Ash berbentuk butiran halus yang kasat mata
  • Bakteri coliform

Manfaat Air Hujan untuk Kesehatan :

1. Memperkuat tulang

Dalam sejumlah penelitian dijelaskan bahwa bermain hujan-hujanan dapat menjadikan tulang semakin kuat. Kandungan ion negatif dalam air mengalir ini diyakini mampu menghasilkan reaksi kimia yang bermanfaat untuk menangkal radikal bebas yang memicu kerapuhan pada tulang. Air ini juga bermanfaat untuk membuat suhu tubuh selalu stabil dan melancarkan sistem peredaran darah.

2. Menghilangkan stress

Saat bermain hujan-hujanan maka pikiran kita menjadi lebih tenang dan rileks. Air yang mengalir mengenai kepala kita hingga seluruh bagian tubuh akan membuat tubuh menjadi lebih segar dan segala macam permasalahan dapat hilang sejenak.

3. Menghilangkan racun dalam tubuh

Manfaat hujan-hujanan selanjutnya adalah menghilangkan racun yang mengendap di dalam tubuh kita. Efek terkena tetesan air akan membuat racun menjadi hilang bahkan tubuh akan menjadi semakin kebal dengan gangguan penyakit.

4. Mengandung nitrogen yang tinggi

Tubuh kita memerlukan protein yang berfungsi untuk menyusun materi genetik. Kandungan ini biasanya terdapat pada nitrogen yang bisa didapat dari air hujan. Dengan meminum air mengalir ini maka kita bisa memenuhi kebutuhan nitrogen yang dibutuhkan tubuh. Tentunya kita harus memastikan airnya bersih dan aman dari debu atau kotoran lainnya.

5. Baik untuk kesuburan wanita

Bagi wanita yang ingin memiliki keturunan, maka anda bisa mencoba terapi hujan-hujanan karena cara ini bagus untuk kesuburan wanita dan mempercepat anda memperoleh keturunan. Sudah banyak yang mencoba cara alami ini dan terbukti berhasil. Namun jangan sampai anda terlalu memforsis diri untuk bermain hujan-hujanan. Lakukan secara rutin dan wajar serta diiringi doa tentunya.

Cara Memanfaatkan Air Hujan untuk Kesehatan :

  1. Lakukan mandi hujan-hujanan saat musim penghujan agar air tidak mengandung banyak polusi. Tunggulah hujan berlangsung setidaknya 10 menit untuk memulai hujan-hujanan.
  2. Nikmati hujan-hujanan di alam terbuka ini hingga tubuh anda terbasahi oleh air mengalir tersebut.
  3. Sembari hujan-hujanan anda juga bisa menyediakan wadah untuk menampung air hujan yang bersih yang langsung turun dari langit.
  4. Air tampungan tadi bisa anda konsumsi diiringi dengan membaca doa agar selalu diberi kesehatan atau segera diberi keturunan oleh Sang Maha Pencipta.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Putih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Air Hujan untuk Kecantikan :

1. Membuat kulit menjadi lebih cerah

Menurut salah seorang herbalis dan terapis bernama Eko Winisati Roestia Ningsih berpendapat bahwa kandungan mineral yang cukup tinggi pada air hujan berkhasiat sebagai anti aging untuk membuat kulit menjadi lebih cerah.

2. Membantu meregenarasi sel kulit

Tetesan air hujan yang mengalir keseluruh tubuh dan membasahi kulit memberikan efek relaksasi otomatis pada wajah dan membantu meregenerasi sel kulit. Mineral yang terdapat dalam air mengalir ini juga membantu membuka pori kulit. Hal ini bermanfaat untuk membuang bakteri dan toksin pada permukaan kulit.

3. Menyehatkan rambut

Orang-orang pada zaman dahulu banyak yang mempercayai bahwa keramas dengan menggunakan air hujan dapat membuat rambur menjadi lebih indah dan sehat. Menurut sains juga dijelaskan bahwa air ini memiliki kadar kenetralan PH yang baik, bebas mineral dan bebas garam sehingga bagus untuk menyehatkan rambut.

Cara Memanfaatkan Air Hujan untuk Kecantikan :

  1. Terapi hujan-hujanan untuk kecantikan sebaiknya dilakukan di kawasan pedesaan atau pegunungan yang memiliki kualitas air yang bersih dan bagus. Pertama-tama, tampunglah air dalam wadah untuk mengurangi kandungan mineral yang terdapat di dalamnya.
  2. Tunggu air hujan berlangsung setelah 15 menit untuk menghindari tingginya tingkat keasaam udara.
  3. Semakin deras hujan yang turun dan membasahi kulit maka kualitasnya juga semakin baik.
  4. Saat hujan turun semakin deras dan sangat deras usahakan untuk menahannya dan tidak memakai penutup kepala. Air hujan yang bersentuhan langsung dengan kulit kepala sangat bagus untuk efek relaksasi.
  5. Lakukan terapi antara 15-20 menit lalu keringkan dengan handuk.
  6. Setelah 20 menit kemudian, disarankan untuk mandi keramas agar tidak terjadi flu atau demam.
  7. Lakukan terapi ini sebulan sekali atau paling tidak dua minggu sekali untuk mendapatkan efek positif.

Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan :

1. Memberi efek bahagia

2. Bisa membantu ekonomi masyarakat

3. Membuat tanah subur

4. Dapat membantu dalam bidang pertanian

5. Sebagai sarana kebaikan manusia

6. Sumber energi pada pembangkit listrik

7. Membantu dalam bidang perikanan

8. Melestarikan kehidupan lingkungan

9. Menjaga kehidupan hutan

10. Sebagai sumber air tanah

11. Melindungi dari bencana kebakaran

12. Menjaga terjadinya erosi pada tanah

13. Mengatur suhu udara

14. Sumber air minum bagi manusia

15. Sumber Air bersih bagi manusia

16. Menghilangkan bau amis

17. Menghilangkan adanya racun dalam tubuh

18. Bermanfaat bagi hewan

19. Bermanfaat bagi tumbuhan

Efek Samping Air Hujan :

Air dari langit yang membasahi tubuh tapi sebelumnya mengenai pepohonan, talang rumah, genting yang kotor dan benda kotor lainnya menandakan bahwa air tersebut sudah terkontaminasi oleh kotoran. Namun tetesan air hujan yang mengenai tubuh secara langsung juga dapat menimbulkan efek negatif bagi kesehatan. Misalnya:

1. Gangguan pada sistem pernafasan

Air hujan dalam jumlah yang besar dan terus menerus membasahi tubuh dapat mengganggu stabilitas pernafasan kita. Gejala yang biasanya terjadi adalah sesak nafas, tubuh mudah lelah dan dada terasa nyeri. Kondisi ini diakibatkan oleh kandungan partikel gas beracun yang merupakan hasil dari radikal bebas. Selain itu, adanya polusi udara dan kotoran yang sempat berinteraksi saat air mengalir juga berpengaruh besar pada gangguan pernafasan ini.

2. Sakit kepala

Kandungan nitrat dan asam sulfat pada air dari langit ini akan membuat orang mengalami masuk angi disertai dengan sakit kepala. Kandungan zat dalam air yang turun dari langit ini cukup mampu menyumbat pembuluh darah. Kondisi ini dapat mengakibatkan kepala terasa sakit dan pusing.

3. Diare dan sakit perut

Meminum air hujan khususnya bagi anak-anak juga sangat membahayakan. Partikel polutan serta logam yang terdapat pada air yang mengalir dari langit ini mampu menjadi bakteri yang dapat mengakibatkan diare dan sakit perut.

4. Kelainan pada sistem pencernaan

Organ pencernaan seperti usus dan lambung juga dapat terganggu akibat meminum air hujan yang mengandung gas bersifat asam. Gas tersebut memicu terjadinya kerusakan dan iritasi pada usus serta dinding lambung.

5. Mempengaruhi kulit

Kandungan zat karbondioksida, gas beracun dan juga timbal pada air hujan juga dapat mempengaruhi minyak alami yang terdapat pada lapisan kulit. Jika kulit terkena air hujan dengan kadar yang tinggi maka akan menyebabkan alergi dan muncul ruam kemerahan, gatal dan kehilangan kelembaban.

Efek Samping Air Hujan Lainnya :

6. Demam berdarah

7. Munculnya leptospirosis

8. Menurunnya daya tahan tubuh

9. Kelainan pada pembuluh darah

10. Munculnya demam tifoid

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Mani untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Air hujan merupakan anugrah dari Tuhan yang bisa dirasakan oleh semua makhluk di alam semesta. Air dari langit ini tidak sepenuhnya memberikan dampak buruk bagi tubuh, namun banyak yang sudah merasakan manfaat air hujan ini untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Continue Reading

Lainnya dari Geografi

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top