Connect with us
Air, Cairan, Senyawa, Manfaat Air, Khasiat Air, Manfaat Air bagi Manusia, Manfaat Air bagi Tumbuhan, Manfaat air bagi Hewan

Geografi

100 Manfaat dan Khasiat Air untuk Manusia, Hewan Serta Tumbuhan

Air merupakan sebuah unsur atau senyawa penting di bumi yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup untuk melangsungkan kehidupan. Oleh sebab itu, manfaat air biasa disebut sebagai sumber kehidupan. Jika tubuh kehilangan air hingga 15% maka dapat mengakibatkan kematian oleh sebab dehidrasi. Oleh sebab itu untuk orang dewasa harus minum setidaknya 1,5 – 2 liter per-hari untuk menjaga metabolisme dan keseimbangan tubuh.

Air, Cairan, Senyawa, Manfaat Air, Khasiat Air, Manfaat Air bagi Manusia, Manfaat Air bagi Tumbuhan, Manfaat air bagi Hewan

Dalam air, baik yang berasal dari air sungai atau air laut, mengandung zat berupa karbon dioksida (CO2) 1 sulfur dioksida (SO2) 1 sulfur trioksida ( SO3 ) , oksigen ( O2 ) dan masih banyak lagi kandungan lainnya. Kandungan gas tersebut biasanya bersifat korosif dan penyebab dari oksidasi. Sedangkan zat lainnya yang juga terdapat dalam senyawa ini adalah zat yang bersifat cair juga. Kandungan cair di dalamnya berupa asam, basa dan minyak yang biasanya berasal dari limbah industri.

Manfaat Air Untuk Manusia :

Banyak sumber yang menyebutkan bahwa manusia tidak akan bertahan selama beberapa hari jika tidak mengusahakan minum. Ini sudah menjadi ketentuan mutlak karena 73% zat pembentuk tubuh manusia adalah air.

Manfaat Air Untuk Kesehatan :

1. Mengontrol Kalori dan Berat Badan

Penelitian telah menunjukkan bahwa terdapat sebuah ikatan antara konsumsi air putih dengan penurunan berat badan. Penyebabnya adalah, air akan membantu Anda merasa kenyang dan hasil dari pengonsumsian kalori yang lebih sedikit akan berdampak pada menurunnya berat badan.

2. Bantu Meningkatkan Energi

Air sangat diperlukan bagi tubuh untuk mengganti cairan yang hilang, terlebuh saat Anda sedang berolahraga. Efek pertama yang akan dirasakan jika tubuh kekurangan air adalah lelah dan lemas. Otot yang kekurangan air tidak akan bekerja secara optimal sehingga akan terjadi kelelahan.

3. Bantu Mengeluarkan Racun Dari Tubuh

Air putih dapat membantu mengeluarkan cairan keringat dan melancarkan buang air kecil sehingga akan mengurangi risiko batu ginjal dan infeksi saluran kemih.

Manfaat Air Untuk Kesehatan Lainnya :

4. Bantu Menjaga Fungsi Ginjal
5. Bantu Menjaga Keseimbangan Cairan Tubuh
6. Mampu Menghilangkan Dehidrasi dan Haus
7. Mampu Meningkatkan Produktivitas
8. Mampu Mengembalikan Suasana Hati Yang Buruk
9. Bantu Meningkatkan Fungsi Otak
10. Mampu Mencegah dan Mengobati Demam
11. Bantu Melawan Beberapa Penyakit
12. Mampu Meningkatkan Sistem Peredaran Darah
13. Bantu Mengobati Sakit Kepala
14. Bantu Mengobati Sakit Kepala Sebelah
15. Menjaga Kelembapan Pada Seluruh Organ Tubuh
16. Air Sebagai Keperluan Rekreasi

Manfaat Air Untuk Kecantikan :

1. Membantu Menghaluskan dan Mencerahkan Kulit

Air akan membantu Anda menjaga kelembapan kulit dan membuatnya lebih segar, lembut, bercahaya dan halus. Racun yang bersemayam dalam tubuh bisa mengakibatkan kulit jadi meradang, sebabkan pori-pori tersumbat dan akhirnya menimbulkan jerawat. Maka dari itu, sangat perlu mengonsumsi banyak air untuk mengeluarkan racun lewat keringat dengan lancar sehingga kulit menjadi halus dan cerah.

2. Mencegah Penuaan Dini

Racun yang bisa keluar dari tubuh oleh pengonsumsian air juga dapat mencegah penuaan dini. Minum air dalam jumlah banyak juga akan bantu mengencangkan kulit serta mengecilkan pori-pori. Air putih merupakan obat alami sebagai resep awet muda yang sangat disukai banyak wanita.

3. Air Untuk Terapi Kulit

Air sangat Multi-fungsi bagi kecantikan, antara lain adalah sebagai detoksifikasi sekaligus mengencangkan kulit untuk mendapatkan kecantikan alami. Caranya cukup dengan menggunakan air hangat dan dingin dalam dua wadah yang berbeda. Celupkan handuk pada wajah lalu kompreskan ke wajah, secara bergantian antara air hangat dan dingin, lakukan rutin dan teratur.

Manfaat Air Untuk Kecantikan Lainnya :

4. Membantu Program Diet
5. Untuk Membersihkan Wajah
6. Membantu Mengatasi Masalah Kulit
7. Membantu Melembapkan Bibir

Manfaat Air Untuk Hewan :

Air juga merupakan komponen penting bagi hewan. Seperti halnya manusia, sekitar 3/5 tubuh hewan terdiri dari air. Zat cair dalam tubuh hewan meliputi darah, air liur, air kencing yang semuanya merupakan air. Karena semua bagian tubuh hewan mengandung air, maka kebutuhan air pada hewan juga bisa dikatakan bayak seperti manusia.

1. Mampu Melancarkan Sistem Pencernaan

Lancarnya pencernaan pada hewan sama pentingnya dengan manusia. Tidak jarang hewan juga mengalami masalah pencernaan seperti pada manusia umumnya. Air dapat membantu melancarkan sistem pencernaan pada hewan dengan cara mengonsumsinya lebih banyak. Biasanya hewan yang mengalami maslah pencernaan tersebut diakibatkan karena makan makanan yang terlalu keras hingga tubuh membutuhkan lebih banyak air untuk melumatnya.

2. Bantu Menjaga Suhu Tubuh

Hewan biasanya akan berupaya menjaga suhu tubuh dengan cara berendam pada air saat udara panas dan terik. Dan pada saat hujan biasanya mereka akan menghabiskan waktu untuk tidur. Dengan upaya selalu menjaga suhu tubuh, hewan dapat menghindarkan diri mereka dari risiko sakit.

3. Bantu Mengatur Darah

Air juga bisa mengatur komposisi darah pada hewan. Air yang masuk ke tubuh hewan akan menjaga dan mengatur kekentalan darah dan air juga akan melarutkan darah kemudian membawanya ke seluruh tubuh sesuai kebutuhan organ tubuh hewan.

Manfaat Untuk Hewan Lainnya :

4. Bantu Mengedarkan Nutrisi
5. Menunjang Produksi Pada Jenis Mamalia
6. Untuk Menghilangkan Haus
7. Untuk Keperluan Mandi
8. Sebagai Tempat Tinggal Hewan Air
9. Menjaga Pertumbuhan Fetus
10. Pengatur Tekanan Osmose Darah Agar Darah Tetap Encer

Manfaat Air Untuk Tumbuhan :

Manfaat utama air untuk tumbuhan adalah membantu proses fotosintesis yang terjadi dalam daun. Air adalah komponen utama yang paling dibutuhkan selain cahaya untuk bisa melakukan fotosintesis tersebut.

1. Air Sebagai Pelarut dan Pengantar Zat Hara

Air merupakan alat untuk mengantarkan pemindahan zat hara, barang yang diangkut oleh air berupa mineral dari tanah dan termasuk bahan organik hasil fotosintesis.

‘Zat Hara merupakan mineral yang fungsinya untuk mengerjakan fotosintesis pada tumbuhan. Bentuknya cair karena merupakan sari makanan untuk tumbuhan.’

2. Sebagai Stabilitas dan Pemindahan Panas

Air punya peranan penting dalam kehidupan tumbuhan, terutama sebagai penyangga dalam pengaturan panas tubuh tumbuhan, ini bertujuan agar tumbuhan tidak mengalami kekeringan di batang maupun daun.

3. Air Sebagai Reaksi Biokimia

Air juga berperan sebagai elektron yang difungsikan untuk membantu berlangsungnya fotosintesis l. Air akan dibawa secara langsung oleh akar untuk menuju badan tumbuhan agar sampai pada daun.

Manfaat Air Untuk Tumbuhan Lainnya :

4. Berperan Utama Menyusun Protoplasma
5. Sebagai Pendorong Terjadinya Respirasi
6. Dapat Memelihara Tubuh Tumbuhan

Bisa disimpulkan bahwa air merupakan sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup. Sebab perannya yang amat penting, tanpa adanya air, semua jenis hewan maupun tumbuhan tidak mampu bertahan, terlebih bagi manusia.
Dan tersedianya air melimpah di bumi ini sangat wajib untuk dijaga bagi makhluk yang beraka.

Menjaga air teteap bersih berguna untuk melestarikannya dari limbah yang dapat mencemari, dari sampah-sampah yang bisa menyumbat alirannya, dan dari aktivitas-aktivitas yang bisa merusak ekosistem air. Kesehatan dan kecantikan manusia juga tidak lepas dari air, yang mana air sebagai zat cair untuk membersihkan tubuh agar terhindar dari kuman, keringat dan bakteri.

Continue Reading

Lainnya dari Geografi

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top