Connect with us

30 Manfaat dan Khasiat Danau untuk Manusia, Hewan Serta Tumbuhan

Geografi

30 Manfaat dan Khasiat Danau untuk Manusia, Hewan Serta Tumbuhan

Danau adalah tempat berkumpulnya air tawar atau asin yang berada di daratan dan areanya cukup luas. Manfaat danau bagi makhluk hidup sangat banyak. Bahkan, semua makhluk hidup banyak bergantung pada keberadaannya. Termasuk manusia. Dari mulai kebutuhan air minum sampai dengan kebutuhan sebagai pencuci mata atau wisata. Keberadaannya sangat vital untuk keseimbangan ekosistem dan biosfer bumi sehingga perlu dijaga dan dilindungi.

Danau, Manfaat Danau, Danau Toba, Jenis-Jenis Danau, Proses Terbentuknya Danau

Jenis-Jenis Danau :

Berdasarkan asal proses pembentukannya terbagi menjadi dua yaitu danau alami dan buatan. Danau alami terbagi lagi menjadi banyak jenis, mulai dari tektonik, vulkanik, karst, glasial, dan gabungan dari beberapa proses. Contoh yang alami yaitu Danau Toba di Sumatera Utara. Sedangkan yang buatan merupakan hasil cipta manusia yang sengaja membuat kumpulan air di daratan untuk berbagai kepentingan. Contoh yang buatan yaitu Waduk Kedung Ombo di Wonogiri.

Proses Terbentuknya Danau :

Proses pembentukan danau secara alami terjadi karena adanya aktifitas alam itu sendiri. Misal aktifitas gunung berapi memunculkan kawah berair atau kaldera yang berisi air. Contoh lainnya, adanya aktifitas berbagai macam aliran sungai yang berkumpul pada suatu tempat dan membentuk hamparan luas perairan seperti pada situ-situ di Bogor. Sedangkan danau buatan dibentuk dengan sengaja oleh manusia. Biasanya dengan membuat bendungan dari suatu aliran sungai besar sehingga menggelamkan area di sekitarnya.

Manfaat Danau Bagi Manusia

1. Pemenuhan hidup sehari-hari

Air melimpah bisa dimanfaatkan untuk apa saja. Mulai dari kebutuhan pribadi sehari-hari seperti minum, memasak, mandi, dll. Apalagi semuanya gratis dan berapapun dipakai tidak ada habis-habisnya.

Loading...

2. Pembangkit energi listrik

Waduk buatan yang dibuat biasanya memang ditujukan untuk berbagai keperluan. Salah satunya sebagai pembangkit listrik tenaga air. Air yang terkumpul dengan volume besar bisa dibuat aliran deras melalui pipa-pipa besar yang diatur debitnya. Aliran air inilah yang akan menggerakkan turbin-turbin pembangkit energi.

3. Pengairan

Nenek moyang kita sudah memanfaatkan air yang berlimpah untuk pengairan pertanian dan perikanan. Lihatlah sawah-sawah dan kolam-kolam di daerah pedesaan akan selalu ada sistem pengairan yang terkelola dengan baik. Hulu sistem pengairan ini bisa saja bersumber dari danau. Misalnya saja Waduk Jatiluhur.

4. Sumber pangan

Berbagai jenis ikan dan hewan-hewan lainnya merupakan sumber pangan manusia. Mulai dari ikan mas, tawes, grasscarp, udang, dll. Tak hanya ikan saja, tumbuhan teratai, kangkung, genjer juga sebagai sumber pangan manusia.

5. Tempat wisata

Air yang bening dan bersih ditambah pemandangan lanskap sekitarnya yang elok menjadikan cocok untuk cuci mata dan melepaskan segala kepenatan hidup. Salah satu tempat wisata yang murah meriah.

Manfaat Danau Bagi Manusia Lainnya :

6. Bahan produksi di industri

7. Budidaya ikan

8. Budidaya hewan ternak

9. Sarana transportasi

10. Tempat penelitian

11. Daerah resapan air

12. Konservasi sumber daya alam

13. Komponen penting pada siklus air di alam

14. Tempat memancing

Manfaat Danau Bagi Hewan :

1. Habitat ikan

Semua jenis ikan memerlukan air sebagai tempat hidupnya. Waduk alami maupun buatan menyediakan habitat yang cocok untuk berkembang biak. Mulai dari jenis ikan yang berukuran kecil sampai dengan jenis-jenis ikan yang berukuran besar.

2. Habitat unggas

Banyak jenis-jenis unggas yang tak lepas dari danau. Misalnya saja jenis unggas pelikan, flaminggo, angsa, bebek butuh perairan yang cukup luas sebagai tempat hidupnya. Jenis-jenis bangau hidup dan berkembang biak di daerah yang perairannya luas. Banyak burung-burung migran yang membutuhkan danau sebagai tempat singgahan sebelum sampai ke tempat tujuan.

3. Habitat hewan ternak kerbau

Ada jenis hewan ternak kerbau yang bisa berenang di perairan dalam. Jenis kerbau rawa salah satunya. Kerbau-kerbau ini lebih senang berjalan dengan cara berenang dibandingkan dengan berjalan di darat. Peternak kerbau rawa membuat kandang di pinggiran danau. Sangat unik bukan?

4. Sumber pakan hewan mamalia

Air danau dibutuhkan oleh semua hewan-hewan mamalia untuk minum. Di hutan Afrika, keberadaan danau sangat penting untuk kelangsungan hidupnya. Mulai dari mamalia yang bersifat karnivora, herbivora, sampai dengan omnivora.

5. Habitat udang dan insekta air

Udang termasuk golongan insekta yang hidup di perairan. Udang bersama dengan insekta renik lainnya merupakan rantai makanan penting yang akan menjaga ekosistem perairan tetap seimbang.

Manfaat Danau Bagi Hewan Lainnya :

6. Habitat reptil

7. Tempat berkembang biak

8. Tempat migrasi hewan

Manfaat Danau Bagi Tumbuhan :

1. Habitat tumbuhan air

Mulai dari perairan dalam, perairan tengah, dan permukaan air pasti terdapat jenis-jenis tumbuhan. Masing-masing jenis tumbuhan ini telah adaptif sesuai dengan sifat tumbuhnya. Misalnya, di permukaan air, jenis-jenis kangkung, enceng gondok. dominan menempati permukaan air danau. Lebih ke dalam lagi, jenis-jenis lumut dan aneka jenis tumbuhan yang hidupnya menempel dan melayang-layang di air.

2. Bahan untuk proses asimilasi

Proses fotosintesis tumbuhan memerlukan air supaya terbentuk zat-zat makanan. Baik itu tumbuhan yang hidupnya di air maupun yang hidup di daratan. Semua membutuhkan air. Tumbuhan-tumbuhan yang berukuran besar memerlukan banyak air. Demikian juga dengan tanaman pangan seperti padi banyak memerlukan air. Ada jenis tumbuhan yang sangat rakus dengan air yang bisa menyebabkan volume air danau menyusut, yaitu pinus.

3. Penyimpan cadangan air

Danau dan tumbuhan saling bekerja sama sebagai tempat ruang menyimpan air yang berukuran raksasa. Adanya tumbuhan ibarat seperti bangunan yang memiliki tulang-tulang kokoh sehingga bisa mampu menahan beban segala isi yang ada di dalamnya. Gambaran seperti itulah yang terjadi pada tumbuh-tumbuhan yang hidup di area waduk maupun situ. Saat paceklik atau kemarau panjang, air yang tersisa biasanya ada di danau.

4. Media pemencaran biji-bijian

Air sebagai media pemencaran biji-biji tumbuhan supaya bisa tumbuh di tempat lain. Contohnya pada buah kelapa yang akan terapung-apung di permukaan air lalu berhenti di tepian daratan dan berkecambah, selanjutnya tumbuh menjadi pohon. Hal yang kurang lebih sama dengan aneka jenis tumbuhan lainnya. Pada jenis teratai, media pemencaran memakai bantuan air karena buahnya bisa mengapung dan terdampar di tempat yang jauh.

5. Penyedia unsur-unsur hara

Air waduk atau situ mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Akibat proses dekomposisi bahan-bahan organik di perairan akan melarutkan nutrisi yang dibutuhkan oleh tumbuhan. Misalnya saja dekomposisi berbagai macam feces hewan air yang akan diurai oleh mikroorganisme pengurai. Hasil penguraian ini berupa nutris yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk perkembangannya.

Manfaat Danau Bagi Tumbuhan Lainnya :

6. Menciptakan iklim makro

7. Menciptakan iklim mikro

8. Penghalang kebakaran

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Sungai untuk Kehidupan Manusia Sehari-Hari Serta Efek Samping

Sudah cukup tahu kan begitu banyak manfaat danau bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan. Itulah kenapa kita harus bisa menjaga keberadaannya. Jangan sampai rusak atau tidak seimbang ekosistemnya yang bisa berakibat bencana bagi manusia.

Longsor dan banjir merupakan salah satu bencana yang diakibatkan ketidakbecusan manusia mengatu tata kelola air di sekitarnya. Semua komponon abiotik dan biotik sejatinya saling bersinergi dan bekerja sama untuk membentuk keseimbangan yang utuh. Demikian juga dengan hewan, tumbuhan, dan manusia. Anda dapat melihat dan membaca tentang geografi lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Geografi

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top