Connect with us
Gunung, Pegunungan, Manfaat Gunung, Khasiat Gunung

Geografi

35 Proses, Model, Jenis dan Manfaat Gunung dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Gunung merupakan bentuk tanah dengan tampilan menonjol ke atas dan memiliki permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah di sekitarnya. Biasanya, gunung akan lebih tinggi dan curam ketimbang bukit, namun tetap ada kesamaan dan penggunaannya tergantung dari warga atau adat sekitarnya.

Gunung, Pegunungan, Manfaat Gunung, Khasiat Gunung

Pada beberapa otoritas mendefinisikan gunung sebagai puncak lebih dari besaran tertentu, misalnya saja membutuhkan 200 kaki atau sekitar 610 m agar bisa dia katakan sebagai gunung. Bentuk permukaan bumi ini pada umumnya terbentuk dari gerakan orogenik, gerakan epeirogenik atau gerakan tektonik lempeng. Dan kumpulan atau barisan gunung disebut sebagai “pegunungan“. Iklim di pegunungan bisa lebih dingin saat ketinggiannya naik, hal inilah yang menyebabkan pemanasan di bumi karena matahari secara radiasi.

Proses Terbentuknya Gunung :

Gunung bisa terbentuk karena ada proses gaya tektonik yang bekerja di dalam bumi yang biasa disebut dengan epeirogenesis dan orogenesis.

1. Orogenesis

Adalah proses di mana sedimen yang terkumpul bertransformasi karena mendapat daya tekan dari tumbukan lempeng tektonik, dan tumbukan lempeng tektonik ini ada 3 tipe, yaitu; antara lempeng busur kepulauan dan benua, antara benua dengan benua dan antar lautan dan benua.

Tumbukan lempeng lautan benua akan memunculkan deposit sedimen laut terhadap tepi lempeng benua, sedangkan tumbukan antara lempeng busur kepulauan dengan benua akan membuat lempeng lautan menyusup ke lapisan asthenosfir dan batuan, sehingga sedimen menumpuk pada sisi benua kemudian terjadilah pegunungan Nevada di California. Dan yang ketiga adalah tumbukan lempeng benua dengan benua yang antara kain adalah pembentukan dari Himalaya dan Ural.

2. Epeirogenesis

Dalam proses ini, bisa disimpulkan sebagai gerakan yang membentuk benua yang nantinya berfungsi sepanjang jari-jari bumi. Proses ini bisa juga disebut gerakan radial karena gerakannya yang mengarah atau menjauh dari titik pusat bumi, dan proses ini juga terjadi pada wilayah yang sangat luas sehingga prosesnya lambat dibandingkan orogenesis. Beberapa contoh dari proses epeirogenesis adalah terbentuknya dataran rendah dan dataran tinggi.

Dan proses pembentukan gunung terjadi menurut skala tabun geologi yang bisa berlangsung hingga 450 juta tahun yang lalu. Contohnya saja pegunungan Himalaya uang terbentuk sejak 45 juta tahun yang lalu dan pegunungan Appalachs yang telah terbentuk mulai 450 juta tahun lalu.

Model Terjadinya Gunung :

1. Akumulasi Sedimen

Lapisan-lapisan sedimen dam batuan vulkanik akan menumpuk hingga ke dalaman beberapa kilometer.

2. Perubahan Bentuk Batuan dan Pengangkatan Kerak Bumi

Sedimen yang tadinya terbentuk mengalami deformasi karena adanya gaya kompresi oleh tumbukan yang terjadi antara lempeng tektonik.

3. Pengangkatan Kerak Bumi Karena Gerakan Blok Sesar

Tumbukan antara lempeng uang terjadi mengakibatkan terangkatnya sebagian kerak bumi sebagai lipatan lebih tinggi dari sekitarnya sehingga terbentuklah gunung baru. Sedangkan, apabila terjadi gaya tegangan atau tarikan antar lempeng maka akan dipastikan terbentuklah sebuah lembah.

Jenis-Genis Gunung :

1. Gunung Lipatan
2. Gunung Patahan
3. Gunung Api

Manfaat Gunung Bagi Kesehatan :

1. Mampu Melatih dan Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Hal ini terjadi pada seseorang yang kerap mendaki gunung karena akan merasakan perubahan suhu yang cukup ekstrem, karena semakin tinggi mereka mendaki maka juga akan semakin dingin pula udara yang terasa. Sebab itulah kegiatan mendaki gunung dapat melatih serta meningkatkan daya tahan tubuh yang tentunya baik untuk kesehatan.

2. Mampu Meningkatkan Organ Jantung

Organ jantung akan meningkat kesehatannya karena proses perjalanan mendaki pada medan terjal dengan membawa beban berat maka akan membuat jantung bekerja lebih keras dari biasanya, hal ini tentu akan meningkatkan kesehatan organ jantung.

3. Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Orang yang sudah terbiasa melakukan aktivitas mendaki gunung maka daya ingatnya juga akan meningkat karena kegiatan ini sama saja bisa menambah pengalaman yang bisa diingat seumur hidup.

4. Menyehatkan Paru-Paru

Paru-paru akan senantiasa terlatih ketika seseorang dengan rutin melakukan pendakian gunung sehingga menghasilkan lelah yang sebenarnya bisa menyehatkan organ paru-paru.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Pantai Dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Manfaat Gunung Bagi Lingkungan :

1. Dapat Dijadikan Sumber Tambang

Manfaat gunung bagi lingkungan yang pertama adalah sebagai sumber tambang, untuk manfaatnya yang satu ini tentu kita telah merasakannya. Batu-batuan, belerang serta keperluan seperti pasir bisa dimanfaatkan manusia saat gunung mengalami erupsi, entah berapa ribu ton material yang akan keluar dari perut bumi, semua itu bisa diolah sebagai bahan baku pembuatan obat serta bahan hang berguna untuk pembuatan plastik.

2. Menyuburkan Tanah

Manfaat yang satu ini pun juga tidak bisa dipungkiri karena kesuburan tanah tentu sangat identik dengan tanah yang berada dengan gunung berapi. Contohnya saja Pulau Jawa yang terkenal dengan tanahnya yang subur karena banyaknya gunung yang tersebar di Jawa Barat, Jawa Tengah maupun Jawa Timur.

Abu vulkanik yang dihasilkan karena gunung berapi mengalami erupsi akan menyebar ke beberapa tempat dengan proses hang lama, kemudian menjadikan tanah di sekitarnya menjadi sangat subur.

3. Dapat Mengatur Iklim Bumi

Hal ini pernah terjadi pada masa silam yaitu letusan gunung Tambora yang berada di Pulau Sumbawa pada tahun 1815 dan merupakan letusan terdahsyat dengan skala mencapai 7 Volcanix Explofivity Index dan menyebabkan perubahan iklim di dunia yaitu di beberapa wilayah diselimuti debu hitam. Sebab itulah, keberadaan gunung berapi tentu sangat berpengaruh kepada iklim bumi.

4. Sebagai Tempat Penyimpanan Air

Keberadaan gunung memang dikenal sebagai tempat penyimpanan air yang identik dengan hutan-hutan yang tumbuh di lereng pegunungan. Hutan yang berada di kawasan tersebut bisa menyerap air ketika musim penghujan dan pada saat musim kemarau, dapat mengalirkan air ke tempat-tempat yang punya ketinggian rendah.

5. Gunung Sebagai Penghasil Angin Gunung dan Angin Lembah

Meski tidak terlalu dirasa penting seperti angin darat dan laut, namun angin gunung dan lembah sangat bermanfaat bagi masyarakat di daerah lereng karena fungsinya yang mampu membawa awan penuh uap air yang dapat menyebabkan hujan.

Manfaat Gunung Untuk Lingkungan Lainnya :

6. Sebagai Tempat Rekreasi atau Wisata
7. Dapat Dijadikan Tempat Perlindungan Hewan dan Binatang
8. Gunung Bisa Dijadikan Obyek Penelitian
9. Dapat Menghasilkan Pasir Sebagai Bahan Bangunan
10. Dijadikan Tempat Usaha Perkebunan
11. Sebagai Tempat Berolahraga
12. Sebagai Aset Bangsa

Dampak Adanya Gunung :

Gunung Api :

  1. Saat gunung berapi meletus, maka ia akan mengeluarkan lava pijar yang sangat berbahaya.
  2. Selain lava pijar, dampak dari meletusnya juga mengeluarkan gas panas yang akan bergerak menuruni lereng gunung.
  3. Saat terjadi letusan, lava pijar tadi akan tercampur dengan air yang kemudian menimbulkan danau kawan serta membentuk lahar panas.
  4. Lava yang muncul di Puncak gunung, kemudian hanyut dan turun bersama air hujan sebagai lahar dingin dengan wujud seperti aliran batu, kerikil dan pasir.
  5. Pada daerah yang terdapat bayangan hujan maka curah hujannya menjadi sedikit dan lebih kering.
  6. Letusan yang terjadi di bawah laut bisa mengakibatkan tsunami.
  7. Penerbangan dab tanaman akan terganggu karena banyaknya abu vulkanik di udara.

Gunung Lipatan dan Patahan :

  1. Pada daerah pegunungan punya relief yang kasar, maka tidak dapat menjadi sarana untuk pemukiman.
  2. Pada daerah pegunungan lipatan dan patahan sangat rawan terjadi gempa bumi baik itu tektonik maupun vulkanik.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Danau untuk Manusia, Hewan Serta Tumbuhan

Selain manusia, gunung juga bermanfaat bagi makhluk hidup seperti hewan dan tumbuhan sebagai tempat tinggal. Alangkah baiknya sebagai manusia selalu menjaga ekosistem dan kelestarian yang ada di sana. Selain itu kita dapat bersahabat dengan alam atau bahkan belajar dari bencana yang diakibatkan. Walaupun bisa menimbulkan bencana, pada dasarnya manfaat gunung sangat banyak bagi kehidupan manusia sehari-hari. Anda dapat belajar bentuk-bentuk geografi lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Geografi

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top