Connect with us

41 Manfaat dan Khasiat Hutan untuk Manusia, Hewan, Tumbuhan Serta Cara Menjaga

Geografi

41 Manfaat dan Khasiat Hutan untuk Manusia, Hewan, Tumbuhan Serta Cara Menjaga

Hutan adalah sebuah ekosistem yang berisi banyak makhluk hidup, mulai dari tumbuh-tumbuhan seperti pohon, semak belukar, jamur, rumput liar dan hewan seperti beruang, gajah, harimau, kelinci, ular, ulat, dan masih banyak lagi lainnya. Semua komponen di dalam kawasan hijau ini saling berhubungan satu dengan yang lainnya dan tidak dapat dipisahkan. Apabila salah satu komponen rusak atau hilang, maka akan mempengaruhi kelangsungan hidup komponen lain.

Hutan, Manfaat Hutan, Khasiat Hutan

Manfaat hutan adalah sebagai paru-paru bagi dunia. Karena banyaknya pencemaran udara, udara di bumi ini banyak tercemar dengan karbon dioksida yang tidak baik bagi kesehatan manusia. kawasan hijau ini berfungsi untuk menyerap karbon dioksida. Pohon-pohon yang ada di sana akan mengubah karbon dioksida yang ada di udara menjadi oksigen melalui proses fotosintesis.

Manfaat Hutan Untuk Manusia :

1. Sebagai paru-paru dunia

Hutan sering disebut sebagai paru-paru dunia karena pepohonan yang ada di sana akan menyerap polusi udara terutama karbon dioksida hasil dari pembakaran bahan bakar fosil. Selanjutnya pepohonan di kawasan tersebut akan menggunakan karbon dioksida sebagai salah satu bahan fotosintesis, dan akan menghasilkan hasil berupa oksigen. Inilah manfaat kawasan pepohonan dan hewan liar tersebut sebagai paru-paru dunia.

2. Sebagai sumber penghasilan bagi manusia

Hutan memiliki banyak sekali sumber daya alam baik tanaman maupun hewan. Sumber daya alam yang ada di sana harus dikelola secara bijaksana oleh manusia. Sumber daya yang ada di sana bisa juga menjadi sumber penghasilan bagi manusia. Contohnya dengan penebangan pohon yang sudah tua yang kayunya bisa dimanfaatkan untuk dijual sebagai bahan industri. Namun, tentu saja penebangan pohon harus diikuti dengan gerakan reboisasi.

Loading...

3. Sebagai tempat riset dan penelitian

Hutan terdiri dari banyak sekali komponen yang ada di dalamnya, baik komponen biotik maupun abiotik yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Berbagai komponen dalam kawasan tersebut adalah objek riset dan penelitian bagi manusia. Dengan adanya riset dan penelitian yang dilakukan di sana, manusia akan lebih memahami bagaimana cara untuk mengambil sumber daya dari hutan namun tetap menjaga kelestariannya.

4. Mencegah terjadinya banjir

Kawasan ini berfungsi juga sebagai daerah resapan air. Saat hujan turun, air akan meresap ke dalam tanah dan mengalir ke tempat yang lebih rendah. Jika tidak ada dan semua lahan yang dahulunya hutan telah diubah menjadi kawasan pemukiman yang tidak mempunyai daerah resapan lagi maka air tidak akan meresap ke dalam tanah dan akan mengalir di permukaan dan mengakibatkan terjadinya banjir.

5. Mencegah terjadinya longsor

Akar pepohonan yang ada di hutan berfungsi untuk menahan tanah agar tidak longsor saat kandungan air dalam tanah naik akibat hujan. Jika kandungan air di dalam tanah naik, maka tanah akan menjadi lembek dan mudah longsor. Akar dari pepohonan yang akan menahan gerakan tanah ini sehingga tidak terjadi longsor dan tidak membahayakan manusia yang tinggal di sekitar tempat tersebut.

Manfaat Hutan Untuk Manusia Lainnya :

6. Sebagai sumber makanan
7. Sebagai objek wisata
8. Mengatur perubahan iklim
9. Menjaga kesuburan tanah
10. Mengatur tata air tanah
11. Mencegah intrusi air asin
12. Meningkatkan devisa negara
13. Penyumbang dalam proses pembangunan
14. Tempat olahraga
15. Sebagai tempat konservasi sumber daya alam yang bermanfaat bagi manusia
16. Mencegah terjadinya erosi
17. Sebagai penyeimbang di alam

Manfaat Hutan Untuk Hewan :

1. Sebagai tempat tinggal

Hutan memiliki banyak tempat yang alami untuk tempat tinggal hewan. Contohnya, hewan seperti ikan akan hidup di danau yang ada di sana, harimau akan tinggal di dalam gua, monyet akan tinggal di atas pohon, dan masih banyak lagi yang lainnya. Tentu saja, hewan akan merasa lebih nyaman apabila tinggal di habitat aslinya di alam.

2. Sebagai tempat mencari makan

Hutan tidak hanya sebagai tempat tinggal bagi hewan, namun juga sebagai tempat mencari makan. Menurut jenis makanannya, hewan dibagi menjadi herbivora, karnivora, dan omnivora. Hewan herbivora atau pemakan tumbuhan akan mendapatkan makanannya berupa tumbuhan dalam kawasan tersebut. Hewan karnivora atau pemakan daging akan memakan hewan lain dalam tempat itu. Dan hewan omnivora atau pemakan segala juga bisa mendapatkan makanannya di dalam kawasan tersebut.

3. Sebagai tempat berkembang biak

Hewan yang hidup dengan bebas di habitatnya yaitu alam. Akan mengikuti nalurinya untuk menemukan pasangan dan berkembang biak. Jika hewan tinggal di hutan, maka ia bisa menemukan pasangannya dengan mudah dan tingkat stress yang dialaminya akan kecil dibandingkan jika hewan tinggal di kebun binatang.

4. Sebagai tempat berinteraksi

Hutan juga adalah tempat interaksi makhluk hidup baik antar spesies, antar populasi, maupun antar ekosistem. Hewan memiliki peran sebagai konsumen dalam rantai makanan. Hewan herbivora berperan sebagai konsumen tingkat I, mengkonsumsi tumbuhan dan hewan karnivora berperan sebagai konsumen tingkat II, mengkonsumsi hewan lainnya. Proses rantai makanan harus berjalan dengan seimbang, sehingga tidak ada populasi yang akan terganggu.

5. Sebagai hutan lindung

Manfaatnya sebagai hutan lindung adalah untuk melindungi hewan dan tumbuhan yang tinggal di dalamnya. Jika tempat ini tidak dilindungi, maka manusia yang tidak bertanggung jawab akan melakukan eksploitasi yang berlebihan. Hal itu akan mengurangi sumber makanan bagi hewan dan merusak lahan tempat tinggalnya. Akibatnya hewan akan mencari makanan ke daerah pemukiman atau hewan tersebut akan mati dan punah.

Manfaat Hutan Untuk Hewan Lainnya :

6. Menjaga keseimbangan ekosistem
7. Sumber air bagi hewan
8. Tempat bermain bagi populasi hewan
9. Sebagai tempat yang aman dari gangguan manusia tidak bertanggungjawab
10. Sebagai habitat alami

Manfaat Hutan Untuk Tumbuhan :

1. Sebagai tempat berkembangbiaknya tumbuhan

Tentu saja ketika kita mendengar beberapa hal mengenai tempat ini, yang terlintas dalam pikiran adalah suatu tempat yang ditumbuhi oleh berbagai tumbuhan. Tentu saja hutan merupakan suatu tempat tinggal atau tempat perkembangbiakan berbagai spesies pohon.

2. Sumber makanan

Tumbuhan juga membutuhkan berbagai sumber makanan agar bisa bertahan hidup, tidak hanya membutuhkan sinar matahari saja. Hutan disini dapat berfungsi sebagai sumber makanan, misalnya zat hara yang terkandung dalam tanah tentu saja akan diserap oleh akar tumbuhan.

3. Tempat menyimpan air

Ternyata, tanah dalam tempat ini tidak hanya menampung air hujan saja, namun juga menampung air yang dialirkan oleh tumbuhan. Maka dari itu, tak heran jika tanah dalam hutan selalu subur.

4. Tempat hidup

Selain tempat berkembangbiak, tentu saja ada hal yang lebih penting yaitu sebagai tempat hidup. Hutan dengan segala ekosistem didalamnya merupakan tempat hidup bagi tumbuhan. Oleh karena itu, sudah sepatutnya tempat ini dijaga dengan baik.

5. Penopang struktur tumbuhan

Untuk dapat berdiri kokoh dan hidup, tentu saja harus ada penopang lain diluar fungsi batang. Salah satu penopang struktur tumbuhan di alam ini adalah tanah yang subur dari hutan itu sendiri.

Manfaat Hutan Untuk Tumbuhan Lainnya :

6. Sebagai sumber zat hara
7. Sebagai sumber nutrisi
8. Sebagai habitat alami untuk tumbuhan
9. Sebagai tempat perlindungan tanaman langka
10. Sebagai tempat hidup yang aman

Cara Menjaga Hutan :

1. Tidak mencemari hutan dengan sampah

Hutan yang berfungsi sebagai tempat wisata tentu saja akan banyak didatangi wisatawan. Dan pasti akan banyak orang yang berjualan di sekitar tempat wisata tersebut. Namun, harus selalu diingat bahwa kawasan ini juga adalah habitat alami bagi tumbuhan dan hewan di dalamnya. Jadi kebersihan tempat tersebut harus selalu dijaga agar makhluk hidup yang ada di sana bisa tumbuh dengan baik.

2. Menerapkan sistem tebang pilih dan reboisasi

Penebangan pohon boleh dilakukan di hutan untuk kemajuan dalam bidang industri. Namun penebangan yang dilakukan harus menerapkan sistem tebang pilih. Yaitu hanya menebang pohon yang sudah tua dan berpotensi untuk tumbang. Dan selanjutnya harus diikuti dengan gerakan reboisasi atau penanaman kembali sehingga sumber dayanya tidak habis namun diperbarui.

3. Memberikan sanksi bagi manusia yang merusak hutan

Sering sekali terjadi banyak kasus dimana manusia ingin mengambil keuntungan sebanyak banyaknya tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan. Contohnya melakukan penebangan liar tanpa melakukan reboisasi, mengambil gading gajah untuk dijual dan mengakibatkan gajah mati. Manusia yang melakukan hal tersebut harus ditindak secara tegas, dan diberikan sanksi agar jera.

4. Melakukan seminar dan penyuluhan tentang pelestarian hutan

Hal yang sangat mudah untuk kita lakukan untuk menjaga kelestaian hutan adalah dengan melakukan seminar dan penyuluhan tentang pelestariannya. Tidak harus secara rumit, dengan menempelkan slogan untuk menjaganya atau dengan memposting artikel tentang pelestariannya di sosial media kita masing-masing akan membawa perubahan besar jika banyak orang membacanya. Tidak perlu menunggu hal besar, lakukanlah hal kecil yang dapat kita lakukan sekarang untuk menjaga hutan kita.

Baca Juga: Manfaat Batu Bara Untuk Kehidupan Sehari-Hari dan Efek Samping

Banyak sekali manfaat kawasan tersebut bagi manusia, hewan, dan alam ini. Oleh karena itu, marilah kita menjaga kelestariannya yang kita miliki. Jangan menunggu kawasan rusak dan tercemar, mari kita menjaga kelestariannya mulai dari sekarang. Tidak perlu hal besar, kesadaran diri sendiri untuk menjaganya sudah cukup. Mari sayangi dan jaga hutan kita.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Geografi

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top