Connect with us
Keanekaragaman Hayati

Geografi

80 Manfaat Keanekaragaman Hayati dari Segi Kecantikan, Kesehatan, Ekonomi dan Budaya Serta Upaya Pelestarian

Manfaat Keanekaragaman Hayati – Keanekaragaman hayati adalah istilah yang menggambarkan suatu kehidupan di bumi dengan berbagai macam makhluk hidup didalamnya, baik hewan, tumbuhan, mikroorganisme, genetika, maupun ekosistem. Indonesia merupakan negara kepulauan yang terletak di daerah tropis sehingga memiliki keanekaragaman hayati yang melimpah ruah.

Keanekaragaman Hayati

Keanekaragaman hayati sendiri memiliki penting yang sangat penting bagi kelangsungan seisi bumi, termasuk manusia. Di Indonesia, tumbuh-tumbuhan yang ada diperkirakan mencapai 25.000 jenis. Sedangkan jenis-jenis hewan diperkirakan berjumlah 220.000 jenis.

Dengan keanekaragaman hayati tersebut, tentunya akan memberi manfaat yang banyak pula bagi semua aspek kehidupan. Pemanfaatannya keanekaragaman hayati di Indonesia berbeda-beda pada setiap wilayah.

Macam-Macam Keanekaragaman Hayati

1. Keaneragaman gen

Keanekaragaman gen merupakan variasi antar individu yang masih satu jenis. Variasi gen juga dipengaruhi oleh lingkungan, oleh karena itu, selain dipengaruhi gen, ciri fenotipe yang tampak dari suatu spesies juga dipengaruhi lingkungan dan perkawinan sehingga susunan gen keturunannya berbeda dengan susunan gen induknya.

Loading...

Sebagai contoh keanekaragaman tingkat gen yaitu perbedaan warna pada bunga mawar, perbedaan rasa antara buah yang manis dengan buah yang asam dalam satu pohon rambutan, perbedaan warna putih, kuning dan merah pada biji jagung.

2. Keanekaragaman spesies

Suatu individu bisa dikatakan satu spesies dengan individu yang lain jika keduanya mampu melakukan perkawinan dan menghasilkan keturunan. Keanekaragaman spesies dapat ditunjukkan dengan adanya hewan, tumbuhan, serta mikroorganisme dengan jenis yang berbeda-beda.

Contoh keanekaragaman spesies yang mudah dilihat yaitu keluarga kucing (famili felidae). Kita dapat menemukan adanya kucing, cheetah, harimau, singa.

3. Keaneragaman ekosistem

Keanekaragaman ekosistem adalah suatu variasi yang terjadi dalam ekosistem karena adanya interaksi antara komponen biotik dan abiotik. Di dalam keanekaragaman ekosistem terdapat pula variasi tertentu pada mahluk hidup. Contohnya pantai, padang pasir, air laut, atau pun hutan hujan tropis yang memiliki perbedaan interaksi antara komponen biotik maupun abiotik di dalam ekosistemnya.

Ekosistem dipengaruhi oleh suhu udara, perubahan iklim, permukaan laut, pola arus laut dan curah hujan. Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi perilaku spesies dan habitatnya.

Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kecantikan

1. Menghitamkan rambut

Rambut yang hitam dan berkilau memang menjadi idaman setiap orang. Secara genetik, orang-orang Indonesia sebenarnya memiliki rambut hitam. Tetapi rambut yang hitam lama-kelamaan menjadi kusam karena beberapa faktor.

Untuk menghitamkan kembali rambut yang kusam bisa dilakukan dengan menggunakan pewarna rambut yang biasanya mengandung bahan kimia. Namun menggunakan pewarna rambut justru akan merusak rambut walaupun hasilnya instan. Untuk itu, kita bisa memanfaatkan bahan alami dari alam untuk menghitamkan rambut, seperti urang aring, lidah buaya, dan minyak kemiri.

2. Pembuat lulur

Lulur merupakan salah satu ramuan alami yang sering dibuat oleh orang Indonesia untuk merawat dan menghaluskan kulit. Masyarakat Indonesia biasanya memanfaatkan keanekaragaman hayati sebagai bahan pembuat lulur. Banyak sekali bahan alami yang bisa dimanfaatkan untuk membuat lulur, diantaranya yaitu kopi, kemuning, bengkoang, madu, alpukat, dan beras.

3. Menghilangkan jerawat

Jerawat bisa muncul karena berbagai hal, mulai dari kebersihan kulit, hormon yang tidak seimbang, pola makan, dan stres. Di Indonesia banyak sekali tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat, diantaranya yaitu tomat, mentimun, madu dan pisang.

4. Memutihkan kulit

Manfaat berikutnya dari keanekaragaman hayati untuk kecantikan adalah memutihkan kulit. Banyak sekali kosmetik berbahan kimia yang dapat memutihkan wajah dengan cepat. Namun, menggunakan bahan alami jauh lebih aman walaupun hasilnya tidak instan.

Untuk memutihkan kulit, kita bisa memanfaatkan hasil keanekaragaman hayati seperti tomat, lemon, bengkoang, pepaya dan masih banyak lagi. Cara menggunakannya bisa dengan menjadikan bahan bahan tadi sebagai masker wajah.

5. Mengencangkan kulit wajah

Seiring dengan bertambahnya umur, tentu kekencangan kulit akan semakin berkurang. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kulit wajah yang kencang, salah satunya adalah dengan memanfaatkan bahan alami yang didapat dari keanekaragaman hayati. Beberapa bahan alami yang bisa digunakan yaitu, putih telur, pisang, gandum utuh, dan lidah buaya.

Manfaat Keanekaragaman Hayati Dari Segi Kecantikan Lainnya:

6. Membuat awet muda

7. Melembutkan kulit

8. Mencegah keriput

9. Menghilangkan flek hitam

10. Menghilangkan selulit

11. Menghilangkan ketombe

12. Bahan pembuat masker

13. menghilangkan kantung mata

14. Menyembuhkan kulit terbakar

15. Proteksi terhadap sinar matahari

16. Mengatasi kulit berminyak

17. Menghilangkan stretchmark

18. Mengecilkan pori-pori wajah

19. Menghilangkan belang pada kulit

20. Mencegah timbulnya uban

21. Lidah buaya Mencegah kerontokan rambut

22. Chamomile merawat kulit sensitif

23. Menghilangkan komedo

24. Menghilangkan bekas jerawat

Manfaat Keanekaragaman Hayati dari Segi Kesehatan

Berkat keanekaragaman hayati, di Indonesia ada 940 spesies tumbuhan yang dapat digunakan sebagai obat dan 250 spesies diantaranya digunakan dalam industri obat herbal lokal. Berikut ini adalah berbagai manfaat keanekaragaman hayati dari segi kesehatan:

1. Menyembuhkan malaria

Salah satu manfaat keanekaragaman hayati untuk kesehatan adalah menyembuhkan penyakit malaria. Dalam hal ini, tumbuhan yang digunakan adalah kina. Pohon kina jarang sekali dijumpai oleh masyarakat karena biasanya tumbuh di hutan hujan tropis.

Untuk mengobati malaria, biasanya yang digunakan adalah kulit kayu dari pohon kina. Kulit kayu pohon kina mengandung alkaloid yang sangat efektif untuk menghambat pertumbuhan parasit malaria. Selain itu, pohon kina mengandung protoplasma yang sangat bagus untuk membunuh protozoa penyebab malaria.

2. Meningkatkan daya tahan tubuh

Madu adalah salah satu bagian dari keanekaragaman hayati yang mempunyai rasa manis dan dihasilkan oleh lebah. Madu dari lebah dapat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia.

3. Mengatasi tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi adalah salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh sebagian masyarakat. Kondisi tersebut dapat membuat tubuh ketergantungan pada obat kimia, karena jika tidak mengonsumsi obat secara teratur akan berakibat fatal. Mengatasi tekanan tinggi bisa dilakukan secara alami dengan memanfaatkan buah mengkudu.

Meskipun banyak yang tidak menyukai buah mengkudu karena berbau tak sedap, tetapi buah mengkudu mengandung zat scopoletin yang berguna untuk melancarkan peredaran darah sehingga tekanan darah akan kembali normal.

4. Sebagai obat diabetes

Manfaat keanekaragaman hayati yang dapat dipetik untuk kesehatan selanjutnya adalah sebagai obat diabetes. Dalam hal ini, spesies yang bisa digunakan adalah daun sambiloto. Daun sambiloto bisa menyembuhkan diabetes karena terdapat flavonoid yang mempermudah pankreas untuk menghasilkan hormon insulin.

5. Mengobati gatal pada kulit

Tidak hanya spesies tumbuhan saja yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan, tetapi ada pula hewan yang bisa menyembuhkan penyakit, salah satu contohnya adalah ular. Ular dipercaya dapat mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal.

Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kesehatan Lainnya:

6. Belimbing wuluh untuk menyembuhkan asma

7. Daun jambu biji menyembuhkan diare

8. Bayam duri sebagai penawar bisa ular

9. Daun Pacar Cina untuk obat bisul

10. Daun seledri untuk menenangkan sistem saraf

11. Daun belantas untuk menghilangkan bau badan

12. Daun kelor untuk meningkatkan fungsi hati

13. Daun saga rambat untuk mengobati sariawan

14. Akar tanaman landep untuk mengatasi cacingan.

15. Daun miana untuk mengobati wasir

16. Jintan hitam untuk mengatasi gangguan tidur

17. Buah blustru untuk menghentikan perdarahan

18. Daun kemuning untuk melancarkan haid

20. Murbei untuk mengobati kencing nanah

21. Wortel untuk mengobati penyakit mata minus

22. Tanaman waru untuk mengatasi buang air kecil

23. Tanaman ngokilo untuk mengobati tumor

24. Tanaman nona makan siri untuk mengobati radang telinga

25. Nanas Kerang untuk mengobati TBC

26. Tanaman nampu hijau untuk memperkuat otot dan tulang

27. Tanaman turi untuk mencairkan gumpalan darah

28. Daun teratai untuk mengobati penyakit beri-beri

29. Temulawak untuk nafsu makan dan mencegah sembelit

30. Tanaman tempuyung untuk mengatasi batu empedu

31. Daun tembelekan untuk mengobati rematik

32. Daun teh untuk mengurangi terbentuknya karang gigi

33. Tebu untuk mengatasi jantung berdebar

34. Daun tanduk rusa untuk mengobati abses

35. Daun sisik naga untuk memperkuat paru-paru

36. Daun sirih sebagai antiseptik

37. Tanaman sereh untuk pereda kejang

38. Tanaman sembung untuk mengobati nyeri haid

39. Rumput mutiara untuk mengobati radang usus buntu

40. Tanaman putri malu untuk mengatasi herpes dan radang saluran nafas

41. Pare mengobati sakit mata merah

42. Daun pandan untuk mengatasi pegal linu

43. Pala untuk mengatasi mual muntah

44. Lengkuas untuk mengobati bronchitis

45. Lada untuk mengobati kolera

46. Kunyit untuk mengobati penyakit lambung

Manfaat Keanekaragaman Hayati dari Segi Ekonomi

Dari segi ekonomi, keanekaragaman hayati dapat dimanfaatkan sebagai sumber pendapatan masyarakat dan meningkatkan devisa negara. Masyarakat dapat memanfaatkan hasil hutan, perkebunan, perikanan, pertanian.

1. Hasil hutan

Untuk hasil hutan, ada beberapa jenis kayu yang dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehari-hari maupun untuk kepentingan ekspor. Kayu yang bisa dimanfaatkan diantaranya gaharu, cendana, ramin, meranti, dan jati. Kayu-kayu tersebut jika di ekspor maka akan menambah devisa negara. Kayu cendana dan gaharu biasanya dimanfaatkan sebagai bahan pembuat kosmetik, sedangkan kayu meranti dan jati dijadikan bahan untuk furniture dan bangunan.

2. Perkebunan

Perkebunan di Indonesia sudah memiliki potensi yang besar sejak zaman penjajahan. Hal ini dibuktikan dengan kejayaan komoditas tanaman cengkeh yang telah diperdagangkan ke benua Eropa sejak abad 16.

Masih banyak lagi hasil perkebunan di Indonesia selain cengkeh, diantaranya yaitu kopi, pala dan tembakau yang menjadi pemasok devisa negara terbesar. Hasil perkebunan lainnya yang bisa dimanfaatkan yaitu tebu, teh, kelapa sawit dan karet.

3. Perikanan

Perairan laut yang ada di Indonesia dikenal sebagai surga perikanan bagi dunia. Ada empat hasil perikanan yang menjadi unggulan Indonesia yaitu rumput laut, kepiting, udang, dan tuna. Rumput laut adalah komoditas perikanan terbesar yang dihasilkan Indonesia dengan angka produksi hingga 10 juta ton.

4. Pertanian

Hasil pertanian di Indonesia selain sebagai sebagai sumber pangan juga dapat dimanfaatkan untuk memperkuat ekonomi baik untuk masyarakat maupun untuk negara. Contoh hasil pertanian yang bisa dimanfaatkan yaitu, padi, bawang, umbi-umbian, kacang-kacangan, dan masih banyak lagi.

5. Pariwisata dan rekreasi

Keanekaragaman hayati bisa juga dijadikan tempat rekreasi atau wisata dan menjadi sumber ekonomi. Banyaknya hutan dan taman menjadi sumber keindahan yang alami. Tak hanya itu, keindahan laut dan pesisir pantai di berbagai daerah juga menjadi favorit banyak orang untuk berwisata. Banyak sekali turis dari berbagai negara yang mengunjungi Indonesia karena keindahan alamnya yang beragam dan unik.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Matahari untuk Manusia, Hewan, Tumbuhan Serta Efek Samping

Manfaat Keanekaragaman Hayati Dari Segi Budaya

Dengan adanya keanekaragaman hayati, maka suku dan budaya juga sangat beragam. Di Indonesia terdapat sekitar 350 jenis suku yang memiliki budaya, adat dan kepercayaan yang berbeda-beda. Masyarakat banyak memanfaatkan hewan atau tumbuhan untuk berbagai ritual adat atau kepercayaan yang mereka yakini. Berikut ini ada beberapa contoh pemanfaatan keanekaragaman hayati dari segi budaya:

1. Untuk upacara kematian

Upacara kematian di daerah toraja menggunakan berbagai tumbuhan seperti pisang, limau, rempah-rempah dan daun kelapa yang dipercaya mempunyai nilai magis yang tinggi untuk memandikan jenazah.

2. Untuk Keperluan Idul Adha

Untuk hari raya Idul Adha, Umat islam menggunakan hewan ternak seperti kambing, sapi maupun kerbau untuk disembelih dan dibagikan kepada masyarakat.

3. Untuk keperluan ziarah kubur

Pada saat menyambut Ramadhan atau Syawal, masyarakat jawa melakukan ziarah kubur atau sering disebut dengan istilah “nyekar” dengan menabur beberapa bunga seperti melati, mawar, kenanga dan bunga lainnya.

4. Perayaan natal

Dalam perayaan Natal, Umat Nasrani menggunakan pohon cemara untuk dihias dan dijadikan pajangan di rumah dan berbagai tempat.

5. Untuk upacara ngaben

Upacara ngaben yang dilakukan Umat Hindu di Bali dengan menggunakan 39 jenis tanaman yang memiliki aroma wangi karena mengandung minyak atsiri seperti pandan, melati, kenanga, sirih dan cendana.

Baca Juga: Manfaat Laut untuk Manusia, Hewan,Tumbuhan Serta Keseimbangan Ekosistem Bumi

Usaha Pelestarian Keanekaragaman Hayati

Karena memiliki banyak manfaat dari segala aspek kehidupan, maka keanekaragaman hayati harus dilestarikan agar tidak punah. Banyak cara yang dapat dilakukan dalam upaya pelestarian keanekaragaman hayati, diantaranya yaitu:

1. Cagar Alam

Cagar alam adalah bentuk upaya perlindungan alam yang didalamnya terdapat berbagai macam hewan, tumbuhan dan ekosistem yang khas. Di dalam cagar alam ini, pertumbuhan dan perkembangan hewan dan tumbuhan berjalan alami seperti di alam bebas. Hewan dan tumbuhan yang ada di cagar alam tidak didatangkan dari luar, melainkan asli dari daerah setempat.

2. Hutan Lindung

Hutan lindung merupakan salah satu jenis hutan yang dilindungi karena berperan penting dalam menjaga kelestarian ekosistem. Hutan lindung berfungsi mengatur tata air, mencegah erosi dan memelihara kesuburan tanah. Selain itu,hutan lindung juga merupakan habitat bagi berbagai jenis flora dan fauna.

3. Taman Nasional

Taman nasional adalah salah satu bentuk pelestarian hayati yang didalamnya terdapat ekosistem asli. Taman nasional bertujuan untuk melindungi tumbuhan dan hewan yang hampir punah. Selain itu, taman nasional juga dimanfaatkan sebagai sarana untuk penelitian, pendidikan, dan pariwisata.

4. Suaka Margasatwa

Suaka margasatwa adalah suatu kawasan yang dijadikan tempat perlindungan bagi berbagai jenis satwa yang khas. Perlindungan pada suaka margasatwa dilakukan untuk satwa-satwa tertentu yang memerlukan perlindungan khusus untuk menjaganya dari kepunahan. Suaka margasatwa tidak hanya melindungi satwa tetapi juga mencakup ekosistem yang ada. .

5. Kebun Raya

Kebun raya adalah suatu tempat yang didalamnya terdapat berbagai jenis tumbuhan dengan kriteria tertentu untuk dijadikan sebagai obyek penelitian dan konservasi. Sebelum ditanam dan dibiakkan, tumbuhan-tumbuhan dalam kebun raya melalui tahapan dan kelengkapan data terlebih dulu.

Baca Juga: Manfaat Hutan Mangrove dari Segi Ekologis, Ekonomi Serta Upaya Melestarikan

Seperti yang dijelaskan diatas, keanekaragaman hayati memiliki banyak manfaat bagi kehidupan. Meskipun demikian, pemanfaatannya harus dilakukan sesuai kaidah agar kelestariannya tetap terjaga. Menjaga keanekaragaman hayati memang tidak mudah, maka dari itu janganlah merusaknya.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Geografi

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top