Connect with us

55 Manfaat Laut untuk Manusia, Hewan,Tumbuhan Serta Keseimbangan Ekosistem Bumi

Geografi

55 Manfaat Laut untuk Manusia, Hewan,Tumbuhan Serta Keseimbangan Ekosistem Bumi

Manfaat Laut – Laut, Lautan atau Samudera adalah salah satu bentang alam yang ada di bumi, selain daratan.  Lautan di planet ini jauh lebih luas daripada daratannya, sebagian di antaranya membeku karena suhu ekstrim,  misalnya lautan di dekat kedua kutub bumi. Manfaat laut untuk kehidupan tentu saja sangat banyak,  baik untuk manusia,  hewan, tumbuhan maupun keseimbangan planet bumi sendiri.

Laut, Lautan, Pantai

Jika tidak ada laut, kemungkinan besar kehidupan planet bumi akan musnah karena siklus hujan berhenti dan cadangan air serta makanan lenyap perlahan-lahan. Oleh karena besarnya manfaat lautan, maka sudah selayaknya manusia menjaga agar tidak terjadi bencana alam dan bencana kemanusiaan yang diakibatkan human error.

Kemudian, jika ditinjau dari sisi geofisika, bilamana tidak ada lautan, maka planet bumi akan kiamat karena bencana alam datang tiada berhenti, mulai dari kekeringan, badai, hingga gempa bumi dan jatuhan benda-benda angkasa. Manusia tidak akan pernah bisa tinggal di bumi yang tanpa samudera.

Ekosistem dan Zona Laut :

Pengertian ekosistem laut adalah sebuah mekanisme pertautan antar unsur-unsur alam biotik dan abiotik, di mana di dalamnya makhluk hidup tinggal dan berkembang-biak. Lautan adalah sebuah ekosistem bagi manusia pesisir, hewan dan tumbuhan tertentu yang saling bekerjasama dengan berbagai unsur-unsur alam samudera. Sepintas, semua lautan itu sama, namun ternyata secara garis besar terbagi menjadi 3 zona, yaitu:

Loading...

I.  Zona Litoral

Merupakan perairan laut dalam yang gelap dan sinar matahari tidak dapat tembus ke dalamnya.  Masih ada kehidupan makhluk hidup seperti ikan,  hanya saja sudah jarang.  Siklus hidup dan mati hewan di sini terjadi cepat karena semua hewan berlaku seperti predator.  Lautan yang masuk zona litoral biasanya jarang terjamah manusia, kecuali oleh para pelaut yang menggunakan kapal-kapal besar pelayaran longline. Apalagi ikannya juga sedikit, sehingga ekspedisi perburuan di sini menjadi kurang diminati

II.  Zona Neritik

Ini adalah zona laut dangkal yang menyimpan keindahan terumbu karang dan biota laut.  Ditemukan pula banyak alga, ganggang dan rumput laut. Neritik adalah kawasan pantai yang Indah yang sering dijadikan spot snorkeling. Namun sayangnya, zona neritik inilah yang kerap rusak karena ulah manusia, misalnya menangkap ikan dengan bahan peledak dan jaring berbahaya yang membuat terumbu karang malah jadi patah.

III.  Zona Oceanik

Oceanik menjadi zona lepas pantai atau area laut bebas dan dalam.  Di laut lepas ini,  matahari tidak dapat menyentuh dasar laut sehingga laut jadi sangat gelap.  Ada lapisan batas  antara laut yang masih disinari matahari  dengan yang  tidak,  disebut lapisan  thermoklin,  di sinilah habitat  ikan terbesar yang hidup  di lautan lepas. Di thermoklin ini, antara air laut jernih dengan air yang keruh (di dekat dasar laut) tidak bisa bersatu karena perbedaan kadar garam maupun suhunya.

Komposisi Senyawa Kimia Air Laut :

Apa saja kandungan  senyawa kimia yang ada di dalam air samudera? Dengan rasanya yang asin sudah tentu mengandung garam natrium yang melimpah. Namun tentu saja masih banyak kandungan lainnya yang perlu diketahui. Inilah zat-zat kimia yang terkandung , yang membuat air ini berbeda dengan air tawar pada umumnya :

•    Klorida
•    Kalsium
•    Kalium
•    Natrium
•    Fosfat
•    Nitrogen
•    Oksigen Terlarut
•    Magnesium

Manfaat Laut untuk Manusia :

1. Untuk Memudahkan Pelayaran dan Transportasi

Khasiat laut bisa untuk memudahkan pelayaran dan transportasi. Tentu saja karena di lautan, kapal berlalu-lalang, baik kapal penumpang, barang maupun ikan. Bayangkan jika tak ada samudera, tentu pengangkutan barang akan menjadi lebih rumit karena hanya mengandalkan jalur udara dan darat. Pelayaran dan transportasi lintas negara pun jadi lebih mudah.

2. Menjadi Sumber Ekosistem Energi dan Pangan Alternatif

Ada banyak flora dan fauna yang hidup di lautan lepas, bisa menjadi sumber energi pangan untuk manusia. Bahkan air laut pun dapat diolah jadi garam yang bergizi untuk manusia. Kalau tak ada lautan, tentunya sumber makanan hanya berasal dari daratan. Tentu sangat tidak memungkinkan untuk kelangsungan hidup jangka panjang. Apalagi kalau tak ada lautan siklus air di bumi bisa mandeg yang bisa mempengaruhi kesuburan tanah.

3. Menghidupkan Ekonomi Maritim dan Perikanan

Ekonomi maritim dan perikanan pun bergerak melalui samudera. Bayangkan jika tidak ada lautan, bagaimana poros perikanan dan maritim akan bergerak? Sektor kelautan memang memegang peranan dalam ekonomi di Indonesia dan seluruh negara di dunia. Tentu saja negara yang memiliki laut jauh lebih makmur daripada yang tidak memiliki laut sama sekali.

4. Membuka Lapangan Pekerjaan

Untuk memperoleh lapangan kerja di era sekarang memang sulit. Namun ada celah-celah lapangan kerja yang luas dan mendunia, macam di bidang pelayaran, perikanan dan kelautan. Jumlah lautan di seluruh dunia sangatlah banyak, di mana masing-masing lautannya tentu saja memiliki kesibukan dan aktivitas ekonomi masing-masing. Apalagi di samudera luas seperti pasifik dan hindia, tentunya aktivitas penangkapan ikannya amat banyak yang menyerap tenaga kerja.

5. Mencegah Kepunahan Manusia

Bayangkan apabila tidak ada laut sama sekali? Sudah tentu kehidupan bumi akan punah, sebab suhu udara meningkat dan siklus air berhenti. Inilah mengapa planet bumi menjadi ideal ditempati manusia karena mampu menunjang kehidupan mereka. 2/3 wilayah bumi adalah lautan dan ini sudah tentu Tuhan menciptakannya agar spesies manusia tak punah.

Manfaat Laut untuk Manusia Lainnya :

6. Memutar roda ekonomi negara

7. Meningkatkan stabilitas politik

8. Mencegah perang regional

9. Mengembangkan IPTEK di bidang maritim

10. Memungkinkan kerjasama di bidang kelautan

11. Kerjasama di bidang perikanan

12. Membuka pariwisata berbasis lautan

13. Menambah devisa negara

14. Menjadi sumber pendapatan negara

15. Meningkatkan pertahanan dan keamanan bangsa dan negara

16. Menjadi aset negara

17. Menguatkan poros maritim

18. Meningkatkan gengsi dan citra di mata internasional

19. Memperkuat sistem navigasi

20. Mencegah spionase

Manfaat Laut untuk Hewan :

1. Menyimpan Ekosistem Laut

Lautan menjadi ekosistem yang luas sebagai tempat tinggal binatang air. Dibandingkan dengan ekosistem yang ada di daratan, tentu saja samudera jauh lebih luas dan kompleks komponennya.  Ekosistem lautan yang terdiri dari banyak unsur ini menjadikan samudera sebagai tempat tinggal dari mayoritas hewan yang ada di planet bumi.

2. Menjadi Tempat Tumbuh Terumbu Karang

Tentu saja, terumbu karang adalah hutan lautan yang amat penting keberadaannya. Terumbu karang muncul dari akumulasi fosil hewan laut yang mengeras selama berjuta-juta tahun. Kerusakan terumbu karang kerap menimbulkan duka bagi pemerhati alam, sebab manusia sama sekali tidak bisa membuat terumbu karang buatan, namun hanya sekadar bisa memicu tumbuh lagi yang tentunya amat lama.

3. Mencegah Kepunahan Spesies Satwa Laut

Bila menginginkan kelestarian satwa air, maka jalan satu-satunya adalah melestarikan laut sendiri. Sebab lautan sebagai habitat terbesar dari satwa air yang menyimpan berjuta spesies sejak pertama kali bumi diciptakan oleh Tuhan. Telah banyak pula samudera menjadi saksi dari kepunahan spesies tertentu. Di era yang semakin modern dan canggih, di mana kesadaran manusia akan pelestarian satwa makin tinggi, harusnya lautan tetap dijaga.

4. Menjadi Habitat Ikan Terluas

Tentu saja jumlah ikan laut lebih banyak dibandingkan ikan sungai. Maka lautan pun dapat disebut sebagai habitat ikan terluas. Bayangkan jika habitat ini rusak, tentu saja ikan-ikan pada mati dan ini sangat mengancam eksistensi ikan. Padahal ikan menjadi salah satu sumber pangan manusia, apalagi ikan laut yang mana tergolong halal semuanya, kecuali bilamana beracun.

5. Menjamin Kelangsungkan Hidup Satwa Laut yang Langka

Ada banyak hewan laut yang sudah langka kini masih berenang-renang di samudera yang jauh. Lautan lepas sana memang menyimpan kehidupan rahasia banyak spesies yang ternyata masih hidup. Kalau samudera dijaga dengan baik, sehingga tidak kotor, tentunya ini sama saja sedang menjamin kelangsungan hidup hewan langka itu.

Manfaat Laut untuk Hewan Lainnya :

6. Mempengaruhi migrasi ikan-ikan

7. Menjadi habitat paus

8. Mencegah kepunahan lumba-lumba

9. Meredam perburuan liar

10. Ikan bisa berkembang biak secara alami

11. Melindungi habitat terumbu karang

12. Mencegah punahnya ikan

13. Menjadi spot memancing

14. Laboratorium penelitian alami

15. Menjadi taman marga satwa lautan

Manfaat Laut untuk Tumbuhan :

1. Menjadi Habitat Alga, Ganggang dan Rumput

Ada banyak alga, ganggang dan rumput laut di dunia ini, semua kehidupannya sangat bergantung pada lautan yang jernih dan tidak mengandung zat-zat limbah berbahaya. Memang kini pencemaran lautan sudah tak terkendali. Ada banyak sekali sampah yang berenang-renang di samudera, tentunya semua ini salah manusia dan sudah saatnya dihentikan.

2. Mencegah Kepunahan Spesies

Jika lautan terus dibiarkan rusak, bisa jadi akan banyak spesies tumbuhan laut yang mati dan punah. Padahal tanaman lautan bisa menjadi salah satu sumber pangan bagi manusia, serta bagi ikan-ikan herbivora samudera sendiri. Keberadaan ganggang dan rumput lautan bisa menjadi perlindungan pula bagi ikan-ikan kecil untuk sembunyi dari predator ikan besar.

3. Memberikan Nutrisi Melalui Komposisi Kimiawinya

Sudah tentu air laut memiliki struktur kimiawi yang berbeda dibandingkan air tanah dan air sungai. Komposisi kimiawi ini pula yang menunjang kehidupan banyak tanaman lautan. Ada banyak jenis tanaman samudera yang hanya bisa tumbuh di air yang asin. Sedangkan di air tawar mereka akan mati. Ini menunjukkan betapa pentingnya untuk menjaga kemurnian air samudera, supaya tidak terkontaminasi zat bahaya.

4. Mencegah Eksploitasi Tanaman Lautan untuk Manusia

Tentu saja keberadaan laut lepas bisa mencegah terjadinya eksploitasi besar-besaran akan tanaman laut. Misalnya ganggang biru-hijau yang dikenal dengan nama spirulina, ini juga banyak sekali diburu karena manfaatnya sebagai bahan baku kosmetik. Keberadan lautan lepas secara tak langsung mampu menekan laju eksploitasi spirulina. Agar ganggang ini tetap mamou hidup liar dan bebas di alam.

5. Membantu Proses Simbiosis dan Kelangsungan Hidup Tanaman

Ganggang laut terkadang bersimbiosis mutualisme dengan ikan-ikan kecil. Namun proses ini tentunya sangat melibatkan arus dan gelombang laut. Manusia memang tidak bisa mengendalikan arus dan gelombang, namun manusia bisa mencegah terjadinya kerusakan dasar laut dangkal, tempat di mana ganggang dan ikan kecil tinggal. Misalnya dengan menghentikan penggunaan alat tangkap ikan yang berbahaya, yang dapat merusak dasar laut dan memecah belah terumbu karang.

Manfaat Laut untuk Tumbuhan Lainnya :

6. Menjaga kelestarian sayuran lautan

7. Menjaga bumi agar tetap berair

8.  Mencegah kekeringan yang menyebabkan tanaman mati

9. Mengembangkan spesies tanaman air

10. Penelitian di bidang flora lautan

Manfaat Laut untuk Keseimbangan Planet Bumi :

1. Mempengaruhi Siklus Air dan Hujan

Tanpa lautan, siklus air dan hujan di planet bumi akan berhenti. Sebab tidak akan terbentuk awan sebagai proses penguapan air lautan. Bayangkan jika bumi mendadak kering karena tiadanya hujan, sudah tentu kehidupan akan kiamat seketika.

2. Mencegah Kekeringan

Air laut jumlahnya sangat melimpah dan meskipun jenis air ini tidak bisa diminum oleh manusia, namun air lautan sangat mempengaruhi kelancaran siklus air planet bumi. Bencana kekeringan yang dasyat dan mengerikan akan terjadi bilamana tiada samudera di bumi. Manusia, hewan dan tumbuhan akan mati. Selain itu, planet bumi pun bisa jadi akan terpental dan bertabrakan dengan planet lain karena ketidakseimbangan gaya gravitasi akibat tiadanya lautan.

3. Menjadi Pilar Penyangga Pangan dan Energi

Sudah tentu lautan adalah salah satu pilar penyangga pangan dan energi global. Sumber-sumber pangan dan energi terbarukan dapat diperoleh dengan memanfaatkan gelombang pasang surut air dan ekosistem laut. Kalau laut rusak, maka manusia hanya akan mengandalkan apa yang ada di daratan dan ini bisa cepat habis.

4. Mencegah Military dan Civil War

Percayalah bahwa laut juga menjadi semacam garis pencegah konflik. Wilayah yang tidak dibatasi lautan secara teritorial menjadi lebih rawan terjadi perang militer dan sipil. Keberadaan lautan mencegah adanya mobilisasi massa dan senjata yang terlalu cepat atau terlalu mudah, sehingga perang menjadi lebih sulit. Tentunya sebuah perang terjadi juga sering memikirkan budget transportasi, meskipun kini teknologi serangan jarak jauh yang mampu menembus jarak antar samudera pun sudah sangat canggih dan banyak.

5. Mencegah Kenaikan Suhu Bumi

Ya, khasiat samudera akan mampu mencegah kenaikan suhu bumi. Jika tidak ada lautan di planet ini, niscaya bumi menjadi sangat panas, sepanas gurun semua. Suhu rata-rata bumi tiap harinya bisa mencapai 70 derajat celcius dan ini sangat-sangat panas dan menyebabkan heatstroke. Fungsi samudera memang mampu menyerap panas di bumi hingga 40 derajat celcius. Jika fungsi ini mati, jangan harap bumi bisa ditinggali.

Manfaat Laut untuk Keseimbangan Planet Bumi Lainnya :

6. Menjaga kemiringan bumi

7. Kenaikan pasang surut air lautan

8. Membuat bumi layak ditinggali dalam jangka waktu lama

9. Mencegah tabrakan antar planet

10. Membuat bumi selalu bergerak di lintasannya dengan baik

Efek Samping Laut :

Meskipun memiliki kegunaan yang besar, namun eksistensi lautan pun memiliki sisi berbahaya. Sebuah negara atau wilayah yang memiliki lautan menjadi rentan mengalami:

1. Banjir Rob

2. Tsunami

3. Tumbukan antar lempeng benua dan samudera

4. Badai

5. Angin topan

6. Gempa bumi

7. Kapal tenggelam

8. Manusia tenggelam

9. Konflik tenurial

10. Konflik perbatasan

11. Percobaan nuklir seperti di Bikini Attoll

12. Aktivitas militer

13. Eksploitasi sumber daya lautan

14. Ekspedisi penjelajahan ke daerah-daerah jauh yang belum terjamah

15. Perjanjian internasional di bidang kelautan dan perikanan

Sebuah wilayah yang memiliki lautan akan mendapatkan perlindungan secara teritorial dari berbagai konflik politik dan militer, seperti perang. Bayangkan jika Indonesia dan Malaysia tidak dibatasi lautan? Atau antara Amerika dan Rusia ternyata satu daratan besar? Kemungkinan besar konflik akan terjadi.

Baca Juga: Proses, Model, Jenis dan Manfaat Gunung dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Beragam efek samping samudera di atas tidak serta merta menjadikan lautan sebagai ancaman bagi kehidupan manusia. Namun justru memberikan kewaspadaan bahwa sebuah negara yang memiliki lautan mesti memiliki kebijakan strategis di bidang maritim, baik dari sisi politik, ekonomi, sosial, hukum, pertahanan,  keamanan, maupun IPTEK.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Geografi

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top