Connect with us

76 Manfaat Cahaya Matahari Bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Alam

Geografi

76 Manfaat Cahaya Matahari Bagi Manusia, Hewan, Tumbuhan dan Alam

Manfaat Cahaya Matahari – Matahari merupakan salah satu sumber energi terbesar bagi makhluk hidup di dunia karena cahaya matahari tidak terbatas. Manusia membutuhkan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk proses pengeringan, sumber tenaga surya menjadi listrik hingga sarana pemulihan penyakit seperti mengidap asma.

Manfaat Cahaya Matahari

Selain manusia, hewan juga sangat membutuhkan cahaya matahari untuk mencerna makanan, menghangatkan tubuh dan juga membantu penyerapan kalsium bagi reptil. Begitu pula dengan tumbuhan yang membutuhkan cahaya matahari untuk membantu proses pertumbuhannya. Dengan demikian, bisa disimpulkan bahwa cahaya matahari memiliki berjuta manfaat bagi makhluk hidup baik manusia, hewan dan tumbuhan.

Manfaat Cahaya Matahari Bagi Manusia :

1. Membantu proses pengeringan

Manfaat cahaya matahari yang pertama adalah untuk proses pengeringan. Manfaat ini memang sudah diketahui secara pasti oleh masyarakat luas. Dengan bantuan panas matahari, kita dapat mengeringkan ikan asin, kerupuk, proses pemanenan garam dan juga mengeringkan pakaian setiap hari.

Matahari juga bermanfaat untuk membantu proses pembentukan awan dengan melakukan penguapan pada bagian permukaan yang berair dan mengkristal menjadi awan. Ketika awan terbentuk, maka matahari akan menyinarinya dan membuatnya kembali menjadi cairan. Peristiwa ini yang dinamakan dengan hujan.

Loading...

2. Membantu membakar lemak

Manfaat cahaya matahari untuk manusia berikutnya adalah untuk membakar lemak. Yang dimaksud lemak disini bukan hanya lemak yang terdapat pada bagian bawah jaringan kulit. Namun semua lemak jahat yang dapat memicu terjadinya penyakit kolesterol dan jantung.

Lemak secara perlahan akan luruh dan berbagai macam penyakit lemak pun akan hilang. Selain itu, juga terdapat asumsi bahwa dengan cahaya matahari maka sistem metabolisme dalam tubuh dapat meningkat. Hal inilah yang menjadi penyebab mengapa banyak orang yang rela berolahraga pada siang hari yang panas.

3. Berperan sebagai pereda rasa sakit atau analgesik

Dalam sejumlah riset ditemukan bahwa cahaya matahari juga dapat dimanfaatkan sebagai obat analgesik atau pereda rasa sakit. Riset tersebut menunjukkan bahwa pasien mendapatkan paparan cahaya matahari di kamar rawatnya pasca operasi mengaku merasa lebih nyaman dan tidak stress dibandingkan dengan mereka yang kamarnya tidak terdapat paparan matahari.

Manfaat Cahaya Matahari Bagi Manusia Lainnya :

4. Membantu kita untuk beristirahat dengan lebih baik

5. Mengatur tata surya

6. Mengatur masa hidup manusia

7. Sumber energi terbesar

8. Menjadi sumber energi listrik tenaga surya

9. Mengandung vitamin D yang tinggi

10. Pencahayaan alami bagi manusia di bumi

11. Membantu menurunkan berat badan

12. Menguatkan tulang

13. Meredakan stress

14. Memaksimalkan sistem metabolisme

15. Menyembuhkan gangguan kulit

16. Menjadikan mood lebih baik

17. Digunakan sebagai rujukan untuk membuat sistem kalender Masehi dan kalender lain

Manfaat Cahaya Matahari Bagi Hewan :

1. Sebagai sumber kekuatan

Bagi hewan cahaya matahari adalah sumber kekuatan karena hangatnya sinar matahari dapat menambah kekuatan bagi mereka untuk bertahan hidup dan tidak punah.

2. Penghasil sumber makanan

Cahaya matahari sangat dibutuhkan untuk membantu proses fotosintesis tumbuhan. Hal ini juga berpengaruh pada kelestarian hewan karena tumbuhan merupakan salah satu makanan bagi hewan. Jika tumbuhan dapat tumbuh dengan subur maka hewan pun memiliki sumber makanan yang cukup.

3. Menyehatkan tubuh hewan

Kandungan vitamin D pada cahaya matahari sangat bagus untuk membuat hati dan ginjal hewan bekerja dengan baik untuk menjaga tubuh dari ultraviolet. Cahaya matahari sangat dibutuhkan tubuh hewan untuk menjaga tubuhnya agar tidak kedinginan saat hujan. Panas dari matahari ini juga bermanfaat untuk mengeringkan tubuh hewan yang basah setelah dimandikan atau diguyur hujan.

Manfaat Cahaya Matahari Bagi Hewan Lainnya :

4. Mempercepat proses pertumbuhan pada hewan

5. Mempermudah mencari makanan karena mendapatkan cahaya dan panas yang cukup

6. Sebagai sumber penerangan

7. Menghangatkan tubuh hewan

8. Menjaga temperatur suhu hewan

9. Memberikan nutrisi yang cukup bagi tulang hewan

10. Menambah semangat bagi hewan

11. Melancarkan sistem pencernaan hewan

12. Melancarkan adaptasi hewan dengan lingkungan

13. Memudahkan mencari mangsa

14. Membantu mempercepat pengeringan rambut dan bulu hewan

15. Penunjuk arah bagi hewan terbang

16. Mengatur sikus tidur bagi hewan

Baca Juga: Manfaat Udara Bagi Makhluk Hidup, Manusia, Tumbuhan dan Hewan

Manfaat Cahaya Matahari Bagi Tumbuhan :

1. Membantu proses fotosintesis

Dalam reaksi fotosintesis, setiap tumbuhan yang berdaun hijau menggunakan klorofil untuk menyerap cahaya matahari. Dengan adanya cahaya matahari ini maka tumbuhan dapat melakukan proses kimia untuk memproduksi glukosa (gula). Setelah itu, gula berguna untuk membentuk senyawa organik lain misalnya seperti selulosa. Selain itu, kandungan ini juga diubah menjadi lemak dan protein sebagai makanan untuk tumbuhan itu sendiri.

Hasil dari reaksi fotosintesis tersebut kemudian diedarkan ke seluruh bagian tumbuhan. Hasil ini digunakan untuk berkembang biak, bernafas, tumbuh dan sisanya digunakan untuk cadangan makanan. Tumbuhan akan menyimpan cadangan makanan di dalam umbi, akar, buah dan juga biji. Dalam reaksi fotosintesis ini, tumbuhan akan menghasilkan zat sisa yang berbentuk oksigen dan digunakan manusia untuk mendapatkan udara bersih saat bernafas.

Bagi tumbuhan yang memiliki warna daun selain hijau, misalnya cokelat, merah dan kuning mereka bisa saja melakukan reaksi fotosintesis. Hal ini karena reaksi fotosintesis tidak bergantung pada pigmen daun yang memiliki warna hijau namun pada klorofil tumbuhan. Jadi tumbuhan apa saja yang memiliki klorofil dapat melakukan fotosintesis meskipun memiliki warna daun berbeda.

2. Menghangatkan biji

Kita bisa mengambil contoh pada bunga matahari. Pada tumbuhan termasuk salah satunya bunga matahari selalu beradaptasi menuju arah datangnya cahaya matahari. Hal ini dapat disimpulkan bahwa tumbuhan condong ke arah datangnya sinar matahari.

Gerak tumbuhan yang condong menghadap arah datangnya sinar matahari dalam istilah sains disebut dengan gerak fototropisme. Gerak ini terjadi pada tumbuhan sebagai adaptasi tumbuhan demi mendapatkan sinar matahari yang lebih banyak. Dengan banyaknya cahaya matahari yang didapat oleh tumbuhan maka proses fotosintesi dapat berjalan dengan maksimal dan hasilpun menjadi lebih banyak.

Bagi tanaman bunga matahari, gerak fotrotopisme yang terjadi memiliki fungsi lain yakni sebagai media untuk menghangatkan bijinya. Jika biji bunga matahari selalu dalam keadaan lembab maka biji dapat membusuk. Oleh karena itu, bunga matahari selalu membutuhkan cahaya matahari untuk tetap bertahan hidup.

3. Memberi warna hijau bagi tumbuhan

Pada dasarnya klorofil tumbuhan menyerap warna biru dan merah pada panjang gelombang sinar matahari. Namun, yang nampak pada mata manusia adalah warna hijau. Jadi, meskipun warna merah dan biru yang diserap pada proses fotosintesis namun bagi mata telanjang manusia warna yang nampak adalah warna hijau.

Manfaat Cahaya Matahari Bagi Tumbuhan Lainnya :

4. Membantu proses pertumbuhan kecambah

5. Mengaktifkan klorofil

6. Mengeringkan tanah

7. Menjaga temperatur suhu tumbuhan

8. Sebagai sumber nutrisi terbaik

9. Membantu proses pertumbuhan

10. Membantu pertumbuhan bunga dan daun

11. Membuat tumbuhan cepat tumbuh tinggi

Manfaat Cahaya Matahari Bagi Alam :

1. Untuk mengatur tata surya

2. Sumber energi tanpa batas bagi alam

3. Membantu siklus hidup semua makhluk hidup

4. Menjadi sumber penerangan bagi semua makhluk hidup

5. Membantu mengeringkan tanah yang basah

6. Sebagai sumber kekuatan

7. Membantu terjadinya siklus air

8. Mencegah kepunahan

Manfaat Cahaya Matahari Bagi Mata :

1. Menurunkan resiko penyakit rabun jauh

2. Mencegah mata minus

Manfaat Cahaya Matahari Bagi Tubuh :

1. Menurunkan gangguan pada hati

2. Membantu mengatasi depresi

3. Menurunkan resiko penyakit kanker

4. Mengurangi rasa sakit dan nyeri

5. Meringankan IBD (inflammatory bowel disorders)

6. Meredakan masalah menstruasi

7. Membantu menghindari MS (multiple sclerosis)

8. Memperbaiki kondisi kulit

9. Membuat bahagia

10. Sebagai sumber energi

11. Memperbaiki kondisi kulit

12. Meningkatkan sistem imun dalam tubuh

Manfaat Cahaya Matahari Bagi Kulit :

1. Mencegah resiko penyakit tuberkolusis

2. Mencegah penyakit rakhitis

3. Menjaga kesehatan kulit

4. Merawat kulit

5. Menyembuhkan jerawat

6. Menangani psoriasis

7. Menangkal penyakit eksim

8. Menyembuhkan sakit kuning

Manfaat Cahaya Matahari Bagi Tulang:

1. Sumber vitamin D

2. Memperkuat tulang

3. Membantu penyerapan kalsium dan fosfor

4. Membantu pertumbuhan tulang

5. Mencegah osteoporosis

6. Mencegah cidera tulang atau patah tulang

Baca Juga: Manfaat Hutan Lindung untuk Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Matahari merupakan pusat tata surya yang mendatangkan panas dan penerangan pada bumi. Cahaya matahari dapat menjadi sumber energi tanpa batas yang memberikan banyak manfaat bagi semua makhluk hidup baik bagi manusia, hewan dan tumbuhan.

Berbagai macam manfaat sinar matahari tersebut bisa kita nikmati dengan cara gratis sebagai anugerah Tuhan YME. Oleh sebab itu, sudah sepantasnya kita mensyukuri nikmat agung tersebut dengan selalu menjaga diri serta makhluk hidup lainnya agar bisa bertahan hidup dengan nyaman dan memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Geografi

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top