Categories: Geografi

30 Manfaat Energi Air untuk Manusia, Hewan, Tumbuhan, Industri dan Wisata

Manfaat Energi Air – Air merupakan kebutuhan primer bagi manusia, hewan dan tumbuhan sebagai sumber kehidupannya. Tanpa adanya air, makhluk hidup tidak dapat melangsungkan kehidupannya dalam jangka waktu yang panjang. Air bagi makhluk hidup merupakan sumber energi yang terbarukan, karena air terus menerus mengisi ulang melalui proses hidrologi bumi.

Selain memiliki manfaat untuk kebutuhan manusia, hewan dan tumbuhan, air juga dapat dimanfaatkan untuk kegiatan industri dan wisata. Indonesia memiliki banyak sungai, danau dan air tawar yang cukup luas untuk dijadikan pengembangan energi air. Namun disamping itu ada hal yang harus diperhatikan, yaitu eksploitasi lahan terutama pada lahan-lahan pertanian.

Pengertian Energi Air

Energi air merupakan sumber energi yang mudah didapatkan karena saat air terjatuh, air mengandung energi potensial, begitu pun saat air mengalir air mengandung energi kinetik. Energi yang dihasilkan oleh air ini dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang kehidupan, baik dimanfaatkan sebagai energi mekanis maupun energi listrik.
Energi ini dimanfaatkan menjadi listrik, pembangkit listrik dan tidak menghasilkan efek rumah kaca. Kerja energi ini berlangsung selama 24 jam setiap harinya, dan memiliki sumber air mengalir tetap seperti sungai atau anak sungai.

Manfaat Energi Air untuk Manusia

1. Penggerak Kincir Angin dan Turbin

Kincir angin merupakan sarana untuk merubah energi menjadi energi mekanik berupa torsi pada poros kincir, sedangkan turbin kini dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk pembangkit listrik dengan memanfaatkan energi air yang mengalir sehingga menghasilkan gerakan turbin untuk pembangkit listrik.

2. Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Listrik secara konvensional biasanya berasal dari pembakaran batu bara. Batubara ketika digunakan terus menerus maka akan habis, karena merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Melihat kebutuhan listrik sangat diperlukan oleh masyarakat dari semua kalangan, maka untuk mengurangi penggunaan batu bara dibuatlah alternatif energi air sebagai sumber pembangkit listrik.

Air merupakan sumber daya alam yang dapat diperbaharui, karena mengalami siklus yang terus menerus. Sehingga energi yang dihasilkan air ini dapat digunakan untuk menggantikan penggunaan minyak bumi. Pergerakan air akan menciptakan per putaran pada generator turbin dan atau kincir, sehingga ketika air menghasilkan energi mekanik maka akan dirubah menjadi energi listrik. Tenaga air ini memanfaatkan energi air yang mengalir dari daerah yang lebih tinggi ke daerah yang lebih rendah. Makin besar jatuhnya air, maka makin cepat pula aliran air yang dihasilkan.

3. Pembuatan bendungan atau waduk

Bendungan atau waduk dibuat berdasarkan potensi yang dimiliki oleh air yang memiliki manfaat yang sangat luas
bagi kehidupan masyarakat. Jumlah bendungan di Indonesia sendiri kini sudah sangat banyak, karena banyak sekali potensi air yang terbuang sia-sia. Manfaat pembuatan bendungan bagi kehidupan masyarakat yaitu:

a. Sebagai irigasi

Irigasi merupakan pengairan lahan persawahan yang bersumber dari bendungan untuk meningkatkan instensitas tanaman. Irigasi ini membantu lahan-lahan persawahan kekeringan saat musim kemarau tiba.

b. Penyedia air baku

Pada musim kemarau kebutuhan air baku bagi masyarakat semakin meningkat. Air baku merupakan kebutuhan primer bagi manusia dalam melangsungkan hidupnya. Air tersebut digunakan untuk kebutuhan minum, memasak atau pun mandi cuci kaktus (MCK). Dengan adanya bendungan pada suatu daerah, ketika mengalami musim kemarau yang berkepanjangan maka tidak akan susah mendapatkan air baku karena adanya irigasi dari bendungan tersebut.

c. Pengendalian banjir

Banjir kini menjadi bencana yang terjadi tiap tahun saat musim hujan tiba. Banyak cara untuk mengendalikan banjir seperti pembuatan bendungan. Dengan membuat bendungan ini, sungai yang memiliki aliran deras akan tersalur berdasarkan aliran irigasi yang dibuat, sehingga banjir pun dapat dikendalikan.

d. Potensi pembangkit listrik tenaga air

Kebutuhan listrik kini menjadi kebutuhan semua kalangan, baik yang tinggal di kota maupun di desa. Begitupun dengan bendungan ini, ketika bendungannya memiliki aliran yang sangat deras maka potensi pembangkit listrik yang dihasilkannya akan semakin besar.

e. Pariwisata

Manfaat lain dari bendungan yaitu terbentuknya daerah wisata. Dengan adanya daerah wisata akan berdampak positif bagi perekonomian masyarakat. Salah satu dampaknya yaitu ketika daerah wisata sudah dibuat maka banyak masyarakat yang datang untuk mengunjungi. Sehingga dengan kondisi seperti itu, masyarakat bisa membuka usaha dagang ataupun memperkenalkan budaya tempat tersebut.

f. Perikanan

Dengan adanya bendungan, dapat meningkatkan perekonomian masyarakat di bidang perikanan. Salah satu perekonomian yang dapat dikembangkan dalam bidang perikanan yaitu pebuatan kolam apung. Namun disisi lain pembuatan kolam apung ini akan berdampak pada pencemaran air.

g. Konservasi air tanah

Air tanah merupakan air yang ada pada batuan dibawah permukaan tanah atau lapisan tanah . Air tanah merupakan sumber air utama bagi makhluk hidup, khususnya bagi manusia. Akan tetapi persedian air tanah dari tahun ke tahun semakin menipis bahkan dikatakan untuk masa mendatang persediaan air tanah di bumi ini akan habis jika manusia terus menerus mengeksploitasi air tanah dengan maksimal tanpa memikirkan pengelolaanya.

Pengelolaan air tanah ini salah satunya yaitu dengan cara konservasi air tanah. Konservasi air tanah merupakan usaha untuk merawat keberadaan serta keberlanjutan keadaan, fungsi, dan sifat  air tanah supaya senantiasa tersedia dalam kualitas dan kuantitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup, baik pada waktu sekarang maupun yang akan datang.

Manfaat Energi Air untuk Manusia Lainnya

4. Sebagai energi alternatif
5. Mikrohidro
6. Mesin penggiling gandum

Manfaat Energi Air untuk Hewan

1. Mengatur tekanan osmosis

Tekanan osmosis yaitu memindahkan molekul air melalui selaput semipermeabel selektif dari bagian yang encer kebagian yang lebih pekat. Sehingga dengan adanya energi air untuk mengatur tekanan osmosis maka darah hewan akan tetap encer.

2. Mempercepat pergerakan tubuh hewan

Hewan berdarah dingin (poikiloterem) merupakan hewan yang memiliki pergerakan tubuh yang cepat karena pergerakannya dibantu oleh energi air. Ketika hewan berada pada air mengalir dan cukup deras maka hewan tersebut akan bergerak lebih cepat daripada hewan yang berada pada air yang tenang.

3. Alat transportasi nutrisi

Daerah pesisir pantai biasanya membawa banyak nutrisi makanan hewan dari daratan ke lautan. Dengan adanya energi air maka nutrisi dari daratan akan terbawa ke lautan bahkan ke sungai-sungai endapan.

Manfaat Energi Air untuk Hewan Lainnya

4. Perkembangbiakan hewan
5. Pertumbuhan fetus

Manfaat Energi Air untuk Tumbuhan

1. Melarutkan zat hara

Zat hara merupakan zat yang diperlukan tanaman untuk melangsungkan kehidupannya. Dengan adanya zat hara yang diangkut oleh air naka tumbuhan akan terlihat segar, tumbuh dan berkembangnya juga cepat.

2. Menjaga stabilisasi suhu

Air pada tanaman berfungsi untuk mengatur panas. Tumbuhan ini melakukan penyerapan panas lebih banyak, namun hanya sedikit merubah suhu tanaman. Karena suhu tanaman dikembalikan lagi ke alam melalui proses penguapan.

3. Alat gerak tumbuhan

Air pada tumbuhan dapat berfungsi sebagai alat gerak, contohnya gerak nasti. Gerak nasti merupakan gerak karena ada rangsangan dari luar, namun tidak memiliki arah. Gerakan nasti disebabkan karena perubahan turgor oleh tekanan air pada dinding sel.

Manfaat lain Energi Air untuk Tumbuhan

4. Media untuk proses biokimia
5. Sebagai sistem hidrolik

Manfaat Energi Air Bagi Industri

6. Mesin penggiling gandum
7. Mesin pemintal benang
8. Mesin gergaji kayu
9. Sumber mineral

Manfaat Energi Air Bagi Wisata

10. Pembuatan air terjun
11. Pembuatan taman rekreasi

Baca Juga: Manfaat Energi Panas Bagi Manusia, Hewan,Tumbuhan dan Kesehatan

Berdasarkan uraian diatas melihat sumber potensi air yang sangat melimpah, banyak sekali manfaat dari energi air yang dihasilkan, baik itu untuk kehidupan manusia, hewan, tumbuhan, kegiatan industri bahkan kegiatan wisata.

Melihat dari manfaat yang dihasilkan, ada yang harus diperhatikan yaitu terjadinya eksploitasi berlebihan terhadap suatu ekosistem sehingga dampaknya akan terjadi ketidakseimbangan lingkungan.

Share

Recent Posts

54 Manfaat Kencur untuk Penyakit, Wajah, Kulit dan Bayi

Manfaat Kencur - Kencur merupakan salah satu jenis tanaman yang termasuk keluarga jahe dan mampu dijadikan bahan obat-obatan serta tergolong…

2 bulan ago

50 Manfaat Air Putih Bagi Pengobatan, Tubuh, Wajah, Diet, Keputihan dan Promil

Manfaat Air Putih - Air putih merupakan sebuah zat cair yang mempunyai molekul hidrogen dan oksigen. Air ini mempunyai warna…

2 bulan ago

20 Manfaat Hewan Bagi Manusia, Lingkungan dan Kehidupan

Manfaat Hewan - Manusia tidak bisa bertahan hidup seorang diri. Dalam upaya memenuhi seluruh kebutuhan hidupnya manusia akan memanfaatkan makhluk…

2 bulan ago

20 Manfaat Facial Wajah, Pengertian, Cara Melakukan, Harga dan Efek Samping

Manfaat Facial Wajah - Facial wajah kini menjadi hal yang sangat penting untuk merawat wajah supaya tampak lebih segar dan…

2 bulan ago

34 Manfaat Air Mani Pria untuk Kesehatan, Kecantikan dan Wanita

Manfaat Air Mani Pria - Air mani atau yang juga disebut dengan istilah semen adalah cairan putih yang keluar saat…

2 bulan ago

99 Manfaat Olahraga di Pagi, Sore dan Malam Hari untuk Kesehatan

Manfaat Olahraga - Manfaat olahraga secara umum sudah banyak diketahui oleh masyarakat, namun masih sangat sedikit yang mengatahui manfaat olahraga…

2 bulan ago