Connect with us

30 Manfaat Energi Gerak untuk Kehidupan Manusia Sehari-hari

Geografi

30 Manfaat Energi Gerak untuk Kehidupan Manusia Sehari-hari

Manfaat Energi Gerak – Pernahkah anda berfikir kenapa di planet kita ini terjadi siang dan malam? Kenapa adanya bulan pada malam hari dan matahari pada siang hari? Salah satu alasannya karena semua benda yang ada di alam ini mengeluarkan energi berupa energi gerak.

Energi Gerak, Manfaat Energi Gerak, Khasiat Energi Gerak

Energi gerak yang terjadi pada suatu benda yang terjadi di bumi ini dipengaruhi oleh 3 hal yaitu: gravitasi, ukuran serta bentuk benda. Energi ini merupakan energi terbesar di alam dunia, karena hampir semua benda yang ada dialam ini menggunakan konsep energi. Contoh dalam kehidupan sehari-hari yaitu kapal layar yang menggunakan energi gerak angin dan energi air sehingga kapal tersebut mampu berlayar.

Pengertian Energi Gerak

Energi gerak dibedakan menjadi dua yaitu energi kinetik dan energi potensial:

Energi kinetik yaitu energi yang memiliki massa dan kecepatan tertentu dari keadaan diam sehingga bisa bergerak. Salah satu contoh dari energi kinetik ini yaitu ketika ada orang yang satu akan membawa motor dan yang satu akan membawa mobil. Maka kecepatan antara mobil dan motor berbeda, karena motor dan mobil memiliki massa yang berbeda, sehingga motor akan lebih cepat dari mobil.

Loading...

Energi potensial yaitu energi yang menghasilkan suatu benda untuk bergerak. Contohnya, buah mangga jatuh dari pohonnya, jatuhnya buah mangga tersebut karena adanya energi potensial pada buah tersebut.

Manfaat Energi Gerak dalam Kehidupan Sehari-Hari

1. Untuk Transfortasi

Alat transfortasi merupakan alat yang digunakan manusia untuk membantu aktivitas sehari-harinya. Prosesnya yaitu dengan cara memindahkan manusia ataupun barang dari tempat satu ke tempat lain dengan menggunakan kendaraan yang bermesin ataupun yang digerakan sendiri.

Contoh energi gerak yang digunakan dalam bidang transfortasi yaitu kapal layar. Kapal layar memanfaatkan energi dari angin dengan layar kapal sehingga kapal layar bisa bergerak dilautan.Contoh lain yaitu kapal terbang yang dapat bergerak dari tempat satu ketempat yang lain yang jaraknya sangat jauh.

2. Untuk Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA)

Listrik pada masa kini merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan, karna terkadang ketika listrik itu padam manusia tidak bisa melakukan pekerjaanya. Pekerjaan rumah tangga pun pada zaman sekarang sudah serba listrik, baik itu memasak ataupun mencuci. Maka dari itu, listrik merupakan sumber energi yang sangat dibutuhkan.

Listrik yang kita gunakan yaitu memanfaatkan minyak bumi batubara yang merupakan sumber daya alam tak terbarukan, artinya sumber daya alam tersebut akan habis apabila digunakan secara terus menerus. Maka dari itu, untuk mengurangi penggunakan batubara dan tetap menghasilkan listrik maka memanfaatkan potensi air sebagai energi gerak untuk menghasilkan listrik.Contoh lain dari pembangkit listrik air, yaitu pembangkit listrik tenaga angin yang merubah angin dengan baling-baling turbinnya.

3. Untuk Jam

Jam memiliki pergerakan ke arah kanan. Bergeraknya jam bergantung sumber geraknya, yaitu battrey. Namun battey ini memiliki sifat yang mudah habis karena memliki massa pakai tersendiri.

4. Untuk Pengolahan Makanan

Makanan memiliki tekstur yang keras, lembek dan halus. Terkadang makanan yang memiliki tekstur yang kasar ingin dihaluskan, salah satu contohnya beras yang akan dibuat menjadi tepung beras. Proses penghalusannya tersebut yaitu dengan memanfaatkan energi kinetik berupa kincir angin (eind mill). Sehingga dengan putaran kincir angin tersebut, beras bisa dibuat menjadi tepung dengan cara yang mudah dan tak harus ditumbuk.

5. Untuk Permainan

Pernahkah anda bermain bola? Menggelindingkah bola saat ditendang? Jika anda menjumpai benda meggelinding dilantai, maka bola terebut memiliki energi kinetik karena bola berpindah dari tempat satu ketempat yang lain. Bola yang menggelinding saat ditendang yaitu merupakan contoh dari energi kinetik dalam kehidupan sehari-hari. Ketika bola ditendang kuat maka bola akan menggelinding cepat, sebaliknya ketika bola dtendang lemah maka bola akan menggelinding lambat. Dengan adanya energi gerak dari bola tersebut, maka energi ini dapat digunakan sebagai permainan sepak bola.

6. Untuk Hiburan

Kini wahana permainan menjadi hiburan yang sangat menarik yang terus menerus dikunjungi oleh masyarakat. Salah satu contohnya hiburan yang memanfaatkan energi gerak yang bersumber dari listrik yaitu wahana kincir ria. Kincir ria dapat berputar karena adanya aliran listrik yang dikendalikan oleh mesin. Kincir ria ini dibantu juga dengan gaya gravitasi bumi, yang memiliki struktur berbentuk roda yang digantungi dengan kabin penumpang, dan ketika roda berputar kabin dalam keadaan tetap.

7. Untuk Penggiling Padi

Padi merupakan bahan makanan pokok orang Indonesia. Kebutuhan beras dari tahun ke tahun terus meningkat, sesuai dengan jumlah penduduk yang semakin meningkat pula. Zaman ke zaman banyak teknologi untuk mempermudah manusia dalam melakukan aktivitasnya, salah satu contohnya dalam menggiling padi. Dengan adanya mesin penggiling padi tersebut, proses kerjanya menjadi lebih cepat karena dibantu oleh mesin yang menghasilkan energi gerak.

8. Untuk Mengolah Sawah

Pengolahan sawah kini semakin caggih, banyak teknologi untuk mempercepat kegiatan petani salah satunya traktor. Petani dahulu jika ingin menanam padi maka sawahnya di cangkul terlebih dahulu sehingga memerlukan waktu dan tenaga yang lebih banyak, namun saat ini keberadaan cangkul hampir tersisihkan oleh traktor karena pengerjaannya lebih cepat. Traktor ini menghasilkan energi gerak untuk membolak-balik tanah pesawahan degan proses pengerjaan lebih cepat. Traktor ini merupakan energi yang dihasilkan dari sumber minyak bumi.

9. Untuk Memotong Rumput

Kini memotong rumput dapat lebih cepat, yaitu dengan menggunakan mesin pemotong yang sumber energinya menggunakan minyak bumi. Gerakan yang dihasilkannya yaitu berupa gerakan memutar sehingga rumput yang ada diatas tanah dapat terpapas dengan mudah. Namun kelmahan dari mesin ini yaitu tidak dapat memapas tanaman sampai ke akar, sehingga rumput mudah tumbuh kembali.

10. Untuk Penyejuk Ruangan

Suhu dibumi kini semakin panas. Banyak alternatif untuk meyejukan ruangan diantaranya membukakan jendela rumah sehingga udara masuk dan ruangan terasa lebih segar, kemudian menyalakan AC ataupun kipas angin. Salah satu penyejuk ruangan yang menghasilkan energi gerak yaitu kipas angin. Kipas angin merupakan energi kinetik yang memiliki rotasi ataupun putaran. Sumber energinya yaitu menggunakan listrik.

Manfaat Energi Gerak dalam Kehidupan Sehari-Hari Lainnya

11. Pesawat bisa Terang
12. Kereta bisa Melaju
13. Orang dapat berenag
14. Air dapat mengalir
15. Bayi bisa merangkak
16. Elektron dapat mengelilingi inti
17. Untuk kincir angin
18. Untuk aki sehingga kendaraan bisa bergerak

Baca Juga: Manfaat Energi Panas Bagi Manusia, Hewan,Tumbuhan dan Kesehatan

Itulah ulasan mengenai energi gerak ini, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi yang membaca. Dari yang telah dibahas dapat disimpulkan bahwa energi gerak terdiri dari dua yaitu energi kinetik dan energi potensial.

Banyak sekali manfaat yang dihasilkannya, tentunya dengan memanfaatkan energi gerak ini pekerjaan manusia dapat berlangsung degan cepat. Namun disisi lain penggunaan teknologi ini sebetulnya kurang ramah lingkungan, seperti halnya terus menerus menggunakan kendaraan bermotor yang mengeluarkan polusi berdampak pada pemanasan global.

Begitu pula dengan penggunaan traktor di sawah, merupakan hal yang harus diperhatikan pula karena dampaknya mengurangi kesuburan sawah sehingga nanti hasilnya pun akan kurang bagus. Maka dari itu, memasuki perkembangan zaman yang semakin canggih, kita wajib meminimalisir teknologi yang dapat merusak lingkungan kita.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Geografi

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top