Connect with us

17 Manfaat Hutan Hujan Tropis untuk Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Geografi

17 Manfaat Hutan Hujan Tropis untuk Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Manfaat Hutan Hujan Tropis – Hutan adalah sebuah kawasan dengan berbagai jenis tumbuhan baik pohon maupun tumbuhan yang lain. Hutan sendiri bermanfaat untuk menampung karbondioksida, penghasil oksigen dan juga fungsi penting lainnya.

Hutan Hujan Tropis, Manfaat Hutan Hujan Tropis, Ciri Hutan Hujan Tropis

Hutan juga merupakan bioma yang tersebar di belahan dunia. Mayoritas negara memiliki hutan dengan jenis tumbuhan masing-masing. Baik negara khatulistiwa yang memiliki dua musim maupun negara dengan empat iklim. Jenis hutan sendiri juga terbagi menjadi beberapa macam, mulai dari hutan sabana, hutan musim, hutan hujan tropis dan masih banyak yang lain.

Pengertian Hutan Hujan Tropis :

Hutan hujan tropis adalah jenis hutan yang keberadaannya sangat terancam saat ini. Hal ini karena adanya pembukaan lahan serta aktivitas manusia yang menebang pohon secara liar. Hutan ini terdiri dari berbagai macam pepohonan serta tanaman yang membentuk bioma hutan bersuhu lembab, hangat dan bercurah hujan tinggi.

Hutan hujan tropis berada pada garis khatulistiwa antara 23,5 derajat LU hingga 23,5 derajat LS. Hutan ini berada pada wilayah beriklim tropis seperti di Asia Tenggara yakni Indonesia, Thailand, Malaysia dan Afrika.

Loading...

Ciri-Ciri Hutan Hujan Tropis :

  • Mempunyai pohon tinggi dan berdaun lebat
  • Kelembapan udara tinggi
  • Mempunyai vegetasi tanaman berlapis
  • Sinar matahari tidak mampu menjangkau dasar hutan
  • Terdapat genangan air di dasar hutan
  • Mempunyai daya regenerasi tinggi
  • Tumbuhan epifit menempel di pepohonan

Fungsi Hutan Hujan Tropis :

  • Mencegah polusi udara
  • Sumber oksigen dunia
  • Sumber pengobatan alami
  • Mencegah banjir dan longsor
  • Tempat wisata
  • Lokasi penelitian

Bioma Hutan Hujan Tropis :

1. Curah hujan

Bioma hutan hujan tropis memiliki tingkat curah hujan yang lebih tinggi dibandingkan dengan bioma yang lain. Oleh karena itu bioma hutan ini dikenal dengan bioma basah dan lembab.

2. Banyak pohon tinggi

Pepohonan yang tumbuh di hutan ini bisa subur dan makmur. Bahkan tinggi pohon yang ada di hutan ini bisa mencapai tinggi 20-40 m.

3. Sinar matahari tidak mencapai tanah

Hutan ini mendapatkan penyinaran dari matahari sepanjang tahun. Namun sinar tersebut tidak menembus dasar hutan. Sinar matahari yang ada akan terhalang oleh pepohonan, dedaunan, dahan dan ranting.

4. Pohon berdaun lebat

Karena pohon mendapatkan sinar sepanjang tahun, pertumbuhannya menjadi baik. Tumbuhan tersebut dapat berfotosintesis dengan sempurna karena nutrisi terpenuhi.

5. Memiliki iklim mikro pada lingkungannya

Pohon dalam hutan ini beriklim mikro. Hal ini terbukti dengan permukaan tanah yang ada disekitarnya. Pepohonan yang ada di hutan ini juga nampak berada di bawah kanopi daun.

Manfaat Hutan Hujan Tropis untuk Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan :

1. Sebagai penyeimbang ekosistem dunia

Hutan hujan tropis tidak hanya bermanfaat sebagai penyeimbang ekosistem negara yang menjadi tempat hutan tersebut berada, namun hutan ini menjadi penyeimbang ekosistem dunia. Manfaat hutan ini relatif luas, habitat dan ekosistem alami dari bermacam-macam flora dan fauna akan terjaga dengan baik.

2. Penyuplai oksigen

Hutan hujan tropis juga bermanfaat sebagai penyuplai oksigen terbesar di bumi. Sekitar 80% suplai oksigen dunia berasal dari kawasan hutan ini. Hal ini karena adanya pohon-pohon yang tumbuh subuh dan mampu berfotosintesis dengan baik. Tumbuhan tersebut melepaskan oksigen dalam jumlah besar ke udara. Tentu saja oksigen ini sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup yang ada di bumi.

3. Menjaga siklus air dan sebagai daerah resapan air

Hutan ini dimanfaatkan untuk menyerap air. Daerah kawasan hutan ini mempunyai curah hujan yang tinggi dan menjadikannya tidak pernah kekurangan air. Hutan ini terdiri dari jutaan pohon yang berguna untuk penyarapan air. Selain itu, hutan ini juga bermanfaat untuk menjaga siklus air. Mulai dari turunnya hujan, meresap ke tanah, sungai, danau, menguap dan membentuk awan hingga turun hujan kembali ke bumi.

4. Mencegah bencana banjir dan bencana alam yang lain

Sejalan dengan manfaat hutan ini yang berguna sebagai resapan air, hutan ini juga bermanfaat untuk mencegah resiko bencana alam seperti banjir maupun tanah longsor. Apabila kondisi hutan terjaga dengan baik, maka resiko bencana tanah longsor maupun banjir dapat dihindari.

5. Sebagai tempat berlindung dan tempat tinggal hewan liar

Hutan ini juga bermanfaat sebagai penyeimbang ekosistem. Hutan hujan tropis dimanfaatkan sebagai tempat berlindung dan tempat tinggal bagi satwa-satwa yang masih hidup di sekitar kawasan hutan. Para satwa tersebut berlindung dan bertempat tinggal di hutan tersebut karena hutan tersebut menyediakan segala yang dibutuhkan baik makanan, minuman dan tempat bernaung untuk bertahan hidup.

6. Sebagai tempat tinggal suku pedalaman

Selain dimanfaatkan sebagai tempat berlindung para hewan dan satwa lain, hutan ini juga bermanfaat bagi manusia sebagai tempat tinggal khususnya bagi para suku pedalaman. Di suatu negara beriklim tropis masih ditemukan suku pedalaman yang prmitif dan mengandalkan kekuatan dari alam agar mereka bisa bertahan hidup.

Keanekaragaman hayati yang ada merupakan sumber kehidupan mereka. Hutan ini dijadikan tempat paling nyaman untuk melanjutkan hidup mereka karena segala kebutuhan mereka dapat terpenuhi dari apa yang ada di dalam hutan tersebut.

Di daerah amazon, juga masih banyak dijumpai suku primitif yang bertempa tinggal di dalam hutan tropis Amazon. Beberapa diantara suku tersebut misalnya suku-suku yang kanibal.

7. Sebagai sumber mata pencaharian

Hutan ini juga dimanfaatkan sebagai salah satu sumber mata pencaharian. Bukan hanya bagi para suku pedalaman saja, namun para masyarakat yang bertempat tinggal di sekitar kawasan hutan. Masyarakat modern yang bertempat tinggal di sekitar kawasan hutan ini menggunakan hutan sebagai sumber kehidupan mereka.

Para masyarakat biasanya masuk ke dalam hutan untuk mencari kayu serta tumbuhan yang bisa dimakan. Selain untuk dimakan sendiri beserta keluarga, hasil yang mereka dapatkan dari hutan bisa mereka jual untuk menghasilkan uang. Uang tersebut kemudian dapat mereka gunakan untuk membeli keperluan yang tidak bisa mereka dapatkan dari hutan.

8. Untuk sarana mendekatkan diri dengan alam

Bagi anda yang mungkin sangat cinta akan keindahan dan keberagaman flora dan fauna tentunya akan sangat antusias untuk menelusuri hutan hujan tropis. Anda bisa memasuki hutan ini untuk sekedar menikmati alam dan mendekatkan diri dengan alam. Di dalam kawasan huta ini anda dapat merasakan kebesaran Tuhan YME dalam menciptakan alam semesta beserta isinya. Aktifitas ini juga dapat membuat anda menjadi lebih bersyukur atas nikmat yang sudah anda dapatkan setiap hari.

9. Sebagai tempat wisata

Hutan hujan tropis juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata alam. Biasanya hutan ini dimanfaatkan sebagai tempat menjelajah dan juga berkemah. Pemerintah biasanya juga mengelola hutan ini agar hutan menjadi aman untuk dikunjungi para wisatawan. Tentunya ada batas-batas tertentu agar anda dapat berkunjung ke hutan dengan mengutamakan keselamatan.

10. Lokasi penelitian

Tak jarang, hutan ini juga dimanfaatkan sebagai lokasi penelitian bagi para peneliti yang ingin menemukan hal baru. Para peneliti dapat meneliti kehidupan tumbuhan maupun hewan secara langsung di dalam hutan. Bukan tidak mungkin, mereka bakal menemukan spesies baru yang belum dieksplor sebelumnya.

Manfaat Hutan Hujan Tropis untuk Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan Lainnya :

11. Penyerap dan penyimpan gas karbon

12. Sebagai penyeimbang lingkungan

13. Menyuburkan tanah

14. Mencegah erosi tanah

15. Sarana edukasi

16. Habitat alami flora dan fauna

17. Mengatur iklim suatu wilayah

Baca Juga: Manfaat Hutan Kota untuk Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Hutan hujan tropis merupakan kawasan tumbuhnya pepohonan dan berbagai flora serta fauna yang dapat hidup dengan baik dan lestari. Hutan ini berada di kawasan dengan iklim tropis termasuk salah satunya di Indonesia.

Banyak sekali manfaat hutan hujan tropis bagi kehidupan manusia, hewan dan tumbuhan. Manfaat tersebut bisa dirasakan baik secara langsung maupun tidak langsung. Jika kita memperhatikan manfaat yang dihasilkan dari adanya hutan ini maka kita akan merasa sangat sayang jika tidak merawat kelestarian alam dengan sebaik-baiknya.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Geografi

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top