Connect with us

18 Manfaat Hutan Lindung untuk Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Geografi

18 Manfaat Hutan Lindung untuk Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Manfaat Hutan lindung – Hutan merupakan suatu wilayah dengan beranekaragam tumbuhan lebat, misalnya pepohonan, rumput, tumbuhan paku, jamur serta berbagai jenis tumbuhan yang lain. Hutan selalu menjaga, menjaga apa yang ada disekitarnya agar selalu aman. Hutan selalu melindungi, melindungi apa yang terdapat disekitarnya agar bertahan hidup, sebagaimana salah satu jenis hutan yakni hutan lindung yang selalu melindungi wilayah disekitarnya.

Hutan Lindung, Manfaat Hutan Lindung

Hutan lindung adalah hutan dengan lahan besar yang memiliki kumpulan flora dan fauna. Hutan lindung memiliki banyak manfaat bagi makhuk hidup misalnya sebagai habitat fauna, memproduksi oksigen, menjaga keseimbangan alam, melestarikan tanah dan berbagai manfaat penting lainnya.

Pengertian Hutan Lindung :

Hutan lindung merupakan salah satu jenis hutan yang memiliki beragam flora dan fauna di dalamnya. Hutan ini diartikan sebagai jenis hutan yang dilindungi keberadaannya oleh pihak pemerintah. Hal ini karena hutan lindung bermanfaat untuk membantu menjaga keseimbangan ekosistem.

Adapun dalam UU No.41 Th. 1999, hutan lindung bermanfaat untuk mengendalikan erosi, mencegah intrusi air laut, mengatur tata air, serta menjaga tingkat kesuburan tanah. Hutan lindung biasanya terdapat di tengah lokasi hutan adat, hutan produksi, maupun daerah di dekat perkotaan atau pemukiman.

Loading...

Ciri-Ciri Hutan Lindung :

  • Faktor kawasan hutan meliputi jenis tanah, faktor lereng serta intensitas hujan dikalikan dengan angka penimbang menghasilkan jumlah skor minumum 175.
  • Berada pada ketinggian minimal 2000 m di atas permukaan laut
  • Memiliki lereng lapangan 40% atau lebih
  • Kawasan hutan adalah daerah perlindungan pantai
  • Memiliki struktur tanah sensitif terhadap erosi serta luas lereng lapangan minimum 15%
  • Kawasan hutan merupakan daerah resapan air

Fungsi Hutan Lindung :

  • Sebagai kawasan yang khas untuk melindungi kawasan yang ada disekitarnya
  • Kawasan pengelola tata air
  • Kawasan pencegah bencana erosi dan banjir
  • Kawasan pemelihara kesuburan tanah

Manfaat Hutan Lindung untuk Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan :

1. Mencegah bahaya banjir

Hutan lindung bermanfaat untuk membantu menampung air hujan yang turun dalam volume besar. Hutan ini akan mencegah air hujan agar tidak meluap dan menjadi penyebab datangnya banjir.

2. Menyimpan cadangan air di dalam tanah

Hutan ini juga memiliki kemampuan untuk menyimpan air dengan intensitas tinggi di dalam tanah. Dengan adanya pohon besar di dalam hutan ini air dapat tersimpan dengan maksimal karena pohon dapat menampung air meskipun dalam jumlah banyak. Saat musim kemarau tiba maka hutan pun tidak akan mengalami kekeringan karena cadangan air sudah tersedia.

3. Mencegah bahaya erosi

Erosi adalah proses pengikisan tanah yang diakibatkan karena turunnya air hujan dengan deras. Erosi ini dapat mengakibatkan dampak negatif karena sungai yang terdapat di bawahnya akan tertimbun lumpur atau tanah dan menjadi dangkal. Dengan adanya hutan lindung maka resiko erosi dapat dihindari karena pohon dapat menopang aliran air hujan yang begitu deras.

4. Memelihara kesuburan tanah

Hutan ini merupakan kawasan yang penuh dengan lahan bermaterial organik. Material ini bisa dimanfaatkan sebagai pupuk untuk menyuburkan tanah. Oleh karena itu, tumbuhan yang ada di hutan ini dapat berkembang dengan baik.

5. Menyimpan sumber daya genetika

Hutan ini mempunyai plasma nutfah yang cukup tinggi serta keanekaragaman hayati yang bermanfaat sebagai salah satu sumber kehidupan bagi makhluk hidup.

6. Sebagai habitat hidup flora dan fauna

Hutan lindung adalah salah satu jenis hutan yang bermanfaat untuk melindungi serta menjaga kelestarian alam. Oleh karena itu, hutan ini merupakan pilihan yang tepat untuk habitat flora dan fauna.

7. Tempat pendidikan dan sarana pelajaran

Hutan ini juga bisa dijadikan sebagai tempat belajar maupun tempat saat melakukan penelitian ilmiah. Banyak objek yang bisa diamati di dalam hutan untuk menemukan penemuan baru dan mengembangkan ilmu pengetahuan alam.

8. Tempat wisata alam

Selain dapat dijadikan sebagai tempat untuk belajar, hutan juga merupakan salah satu destinasi wisata alam yang memiliki banyak peminat.

9. Menjadi sistem penyangga kehidupan

Hutan ini mampu memberikan kehidupan serta menjamin pemenuhan kebutuhan lingkungan. Pepohonan yang terdapat di dalam hutan ini menjadi sumber oksigen dalam jumlah yang cukup besar. Tentu saja oksigen ini sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup di sekitarnya terutama oleh manusia.

Dengan tumbuhnya pohon dalam jumlah banyak di hutan ini maka maka manfaat air tahan pun juga menjadi maksimal. Pohon dapat meresap air dengan baik dan menyimpannya sebagai cadangan air saat kekeringan melanda.

10. Membentuk ekosistem secara utuh

Di negara Indonesia terdapat beberapa kasus mengenai hewan liar yang masuk dalam lingkungan para penduduk. Tentunya hal ini dapat membuat warga merasa resah dan ketakutan. Hal ini yang menjadi salah satu manfaat dari adanya hutan lindung. Dengan hutan ini maka akan terbentuk suatu ekosistem dengan utuh sehingga makhluk yang bertempat tinggal di hutan tersebut merasa aman dan nyaman tanpa pernah masuk ke pemukiman warga.

Manfaat Hutan Lindung untuk Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan Lainnya :

11. Mengatur tata air

12. Tempat rekreasi melepas penat

13. Mencegah intrusi air laut

14. Tempat mendekatkan diri dengan alam

15. Sumber udara bersih

16. Sebagai tempat mencari nafkah

17. Mengurangi pemanasan global

18. Mencegah terjadinya kepunahan

Dampak Hutan Lidung :

Hutan lindung berperan sebagai paru-paru dunia. Hutan dengan berjuta pepohonan merupakan tempat dunia untuk bebas bernafas, menyuplai udara segar untuk kehidupan manusia. Dengan udara bersih yang dihasilkan oleh hutan tersebut dapat memerangi gas-gas rumah kaca yang menjadi salah satu penyebab pemanasan global. Udara segar tersebut mampu menipiskan lapisan ozon serta menjaga bumi dengan baik.

Selain dari sisi udara, dengan adanya hutan ini mampu menjaga keseimbangan alam akan sumber air. Hutan dapat menyimpan cadangan air dengan baik untuk kebutuhan semua makhluk hidup. Pada saat hujan turun air akan diserap dengan akar pepohonan dan ketika kemarau tiba lingkungan tidak akan mengalami kekeringan karena masih memiliki cadangan air yang cukup untuk bertahan hidup.

Selain itu, hutan juga bisa dijadikan sebagai rumah bagi satwa dan tumbuhan yang ada di dalamnya. Banyak sekali tumbuhan yang bisa ditanam dan dimanfaatkan untuk kepentingan makhluk hidup. Ada pula hewan-hewan langka dan indah yang bertempat tinggal di hutan. Hutan merupakan pembentuk ekosistem sekaligus habitat bagi makhluk yang cocok hidup didalamnya. Bukan hanya sebagai penyeimbang ekosistem alam namun hutan merupakan dunia bagi berbagai macam makhluk hidup.

Hutan lindung adalah suatu kawasan hutan yang ditetapkan dari pihak pemerintah beserta para kelompok masyarakat tertentu untuk mendapatkan perlindungan. Hal ini bertujuan agar fungsi ekologi dari hutan tersebut terutama yang berhubungan dengan tata air maupun kesuburan tanah dapat berjalan lancar. Dengan demikian manfaat hutan tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat luas baik yang bertempat tinggal di sekitaran hutan maupun manfaat secara luas.

Baca Juga: Manfaat Hutan Mangrove untuk Kehidupan Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Manfaat hutan lindung memang sangat luas dan menjadikan kita berkewajiban untuk terus melindungi dan menjaga kelestariannya untuk meningkatkan fungsi hutan secara utuh. Hal ini juga mampu meningkatkan kesejahteraan makhluk hidup yang ada di alam, baik untuk manusia, hewan dan juga tumbuhan.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Geografi

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top