Connect with us

35 Manfaat Udara Bagi Makhluk Hidup, Manusia, Tumbuhan dan Hewan

Geografi

35 Manfaat Udara Bagi Makhluk Hidup, Manusia, Tumbuhan dan Hewan

Manfaat Udara – Walau tidak dapat kita lihat, tapi sebenarnya udara mampu memberikan banyak sekali manfaat kepada manusia, hewan, serta tumbuhan. Udara sendiri merupakan suatu campuran gas yang terdapat pada permukaan bumi, ia sendiri tidak memiliki bau serta tidak memiliki rasa apapun. Kehadiran nya yang dapat kita lihat ketika adanya angin yang mampu menggerakan suatu benda.

Udara, Manfaat Udara, Khasiat Udara, CO2

Karena memiliki banyak fungsi terhadap makhluk hidup, oleh karena itu udara mampu termasuk ke dalam salah satu jenis sumber daya alam di bumi. Tanpa kehadiran nya di permukaan bumi ini, kita tidak akan bisa mampu bertahan hidup. Walaupun memang ini tidak bisa kita lihat, namun dapat kita rasakan banyak manfaat nya. Nah, ketika makhluk hidup melakukan pernafasan, maka karbon dioksida akan bertambah. Begitu pula pada tumbuhan ketika menjalani sistem fotosintesis, maka oksigen akan dibebaskan kembali.

Manfaat Udara Bagi Kehidupan Manusia di Bumi

1. Membantu dalam Pernafasan

Bayangkan jika di permukaan bumi ini tidak memiliki udara sedikit pun, pastinya kita tidak akan mampu untuk bertahan hidup di permukaan bumi ini. Itu karena mampu membantu kita dalam sistem pernafasan, karena mempunyai kandungan oksigen, karbondioksida, serta uap air.

Oleh karena itu, udara merupakan salah satu hal penting yang mampu membantu kita semua. Terutama manfaat dari oksigen itu sendiri yang dapat membantu kita untuk bernafas, jika di permukaan bumi ini tanpa oksigen itu sendiri maka secara otomatis kita tidak akan dapat bertahan hidup seperti yang saya katakan diatas.

Loading...

2. Membantu untuk Membangkitkan Listrik

Jika anda pernah melihat kincir di negara belanda, tentunya anda tidak akan asing saat mendengar angin mampu membantu untuk membangkitkan listrik. Itu disebabkan karena udara yang mampu bergerak atau biasa kita sebut angin mampu memberikan pergerakan yang nantinya dimanfaatkan sebagai salah satu sumber energi listrik yang alami dari tenaga angin.

Kelebihan dari pembangkit listrik tenaga angin ini ialah tidak menimbulkan polusi, menghasilkan daya yang besar, tidak mengeluarkan suara yang berisik, serta tak lupa ramah lingkungan. Oleh karena itu, tenaga angin hingga sekarang masih dipakai untuk membangkitkan listrik. Walaupun cara nya yang cukup kuno, tenaga angin mampu mengalahkan pembangkit listrik modern melalui segudang manfaatnya.

3. Mampu Menyerap Radiasi pada Sinar Matahari

Matahari sendiri mampu menghasilkan radiasi yang cukup berbahaya, yaitu radiasi dari sinar ultraviolet. Jika anda terkena sinar radiasi tersebut maka bisa terjadi beberapa hal yang tidak di inginkan, seperti kulit menjadi kering, hitam, resiko kanker kulit, ataupun katarak pada mata.

Itulah mengapa manfaat nya sangat penting sekali terhadap radiasi yang dihasilkan sinar matahari. Itu disebabkan karena ia mampu untuk menyerap radiasi dari sinar ultraviolet yang dihasilkan dari matahari. Maka, kadar sinar ultraviolet akan berkurang sebelum mengenai tubuh kita.

Manfaat Udara Bagi Kehidupan Manusia di Bumi Lainnya

4. Mampu menjadi perantara antara uap air

5. Membantu dalam melindungi bumi

6. Membuat gelombang radio

7. Mampu mengolah makanan

8. Mampu menyejukan badan

9. Pemanfaatan pada energi yang dihasilkan

10. Membantu dalam perantara gelombang suara dan bunyi

11. Mampu mengantarkan cahaya

12. Meningkatkan tekanan pada darah

13. Mempengaruhi denyut jantung yang baik

14. Mampu menguatkan sistem pada kekebalan tubuh

15. Membantu dalam hal membersihkan saluran fungsi paru-paru

16. Mampu Menghilangkan stres jika memang sejuk

17. Membantu otak untuk lebih optimal

18. Memudahkan mengeringkan pakaian

19. Membantu menerbangkan burung serta pesawat

20. Dapat menentukan iklim, cuaca, serta musim

21. Membantu dalam membawa uap air saat turun hujan

22. Mampu menjaga keseimbangan suhu siang dan malam

23. Mampu dijadikan sebagai penyala api

24. Membantu dalam menjaga temperatur udara.

Manfaat Udara Bagi Tumbuhan

1. Membantu Menyebarkan Spora

Spora merupakan salah satu sel yang terdapat oleh lapisan pelindung. Fungsi spora sendiri yaitu sebagai alat untuk menyebarkan hampir sama seperti layaknya fungsi pada biji. Umumnya, beberapa jenis pada tanaman seperti bunga atau jamur memiliki proses perkembang biakan yang bisa dibilang cukup unik.

Nah, salah satu manfaat udara yaitu mampu dijadikan sebagai penyebaran spora serta benih-benih tanaman yang tumbuh ataupun berkembang biak. Dengan udara, tumbuhan dapat tumbuh dan mendapatkan kelestarian serta tidak akan mengalami kepunahan.

2. Membantu Proses Fotosintesis

Proses fotosintesis merupakan hal unik yang didapatkan pada tanaman, dengan proses itu tanaman mampu memasak makanannya sendiri. Proses ini sendiri mampu melibatkan manfaat dari matahari, klorofil, serta manfaat  yang mampu mensuplai beberapa nutrisi yang memang dibutuhkan oleh tanaman tersebut.

Oleh karena itu, udara sendiri sangat dibutuhkan untuk proses fotosintesis pada tumbuhan. Karena jika tanpa ada udara, tanaman-tanaman tersebut tidak akan mendapat beberapa nutrisi yang seharusnya mampu disuplai dari udara tersebut.

3. Membantu Penyerbukan pada Tanaman

Salah satu manfaat nya itu sendiri mampu membantu penyerbukan pada tanaman. Itu disebabkan karena udara mampu membantu penyerbukan pada tanaman yang dimana saat jatuhnya serbuk sari ke kepala putih hingga saat nanti mampu menghasilkan buah-buahan. Oleh karena itu, peristiwa tersebut membutuhkan bantuan udara bersih untuk melakukannya.

Manfaat Udara Bagi Tumbuhan Lainnya

4. Membantu dalam memproduksi makanan, bernafas, serta tumbuh.

Manfaat Udara Bagi Hewan

1. Membantu dalam Pernafasan

Tidak hanya untuk manusia, oksigen juga sangat berguna untuk membantu pernafasan bagi hewan. Elemen pada ini merupakan elemen yang terpenting dalam kehidupan makhluk hidup. Itu disebabkan karena mampu memberikan oksigen demi keberlangsungan hidup bagi seluruh makhluk hidup yang ada di dunia.

2. Tidak Membuat Hewan Mudah Depresi

Tidak berbeda jauh seperti manusia, hewan sendiri pun bisa stres atau depresi layaknya manusia. Saat hewan stres, biasanya saat itu juga ia akan mengamuk dan berlari untuk kabur. Oleh karena itu, jika memang sejuk maka akan mampu meringankan depresi pada hewan sehingga tidak akan mudah terjadi stres atau depresi.

3. Membersihkan Fungsi Saluran Paru-Paru

Hewan mamalia baik darat maupun laut, mereka menggunakan paru-paru nya untuk bernafas layaknya manusia. Untuk cara bernafas mereka hewan mamalia di laut bisa dibilang cukup unik, yaitu dengan mengeluarkan kepala mereka kepermukaan air hanya untuk membuang yang lembab, lalu menghirup yang segar kembali.

Manfaat Udara Bagi Hewan Lainnya

4. Membantu burung untuk terbang

Diatas merupakan beberapa unsur serta manfaat itu sendiri, yaitu seperti oksigen, uap air, karbondioksida, ataupun nitrogen. Nah, setiap unsur tersebut memiliki kandungan, fungsi, serta manfaat nya tersediri saat bekerja. Walaupun beberapa dari unsur tersebut tidak dapat kita lihat, namun untuk manfaat nya dapat kita rasakan hampir setiap hari.

Baca Juga: Manfaat Hutan Mangrove dari Segi Ekologis, Ekonomi Serta Upaya Melestarikan

Terutama pada unsur oksigen yang mampu membantu kita dalam hal pernafasan. Namun, itu semua mampu berbahaya jika teman-teman menghirup yang kotor, berpolusi, dan sebagainya. Oleh karena itu, kita harus melestarikan alam agar mampu mendapatkan oksigen yang bersih, tidak berpolusi, serta terjaga dengan baik ya.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Geografi

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top