Connect with us

63 Manfaat dan Khasiat Matahari untuk Manusia, Hewan, Tumbuhan Serta Efek Samping

Geografi

63 Manfaat dan Khasiat Matahari untuk Manusia, Hewan, Tumbuhan Serta Efek Samping

Manfaat Matahari – Matahari memberikan sinarnya setiap hari yang bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk hidup terutama manusia, hewan dan tumbuhan. Sinar matahari akan memberikan kehangatan terutama di pagi yang cerah. Tidak bisa dibayangkan jika di bumi ini kita tidak memiliki sinar matahari yang selalu mengiringi hari-hari kita. Sinar surya bukan hanya bermanfaat bagi manusia saja tapi bagi makhluk hidup yang ada di bumi termasuk tumbuhan. Matahari yang memberikan sinar terang sangatlah dibutuhkan untuk bertahan hidup.

Matahari, Manfaat Matahari, Gambar Matahari, Sinar Matahari, Tata Surya

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa matahari merupakan pusat tata surya dan menjadi salah satu sumber energi panas abadi. Sumber energi matahari ini tidak dapat dibuat sendiri maupun dimusnahkan. Namun energi matahari ini dapat dirubah menjadi bentuk energi lain yang bermanfaat bagi setiap makhluk hidup baik bagi manusia, hewan maupun tumbuhan.

Kandungan Matahari :

  • Sinar UVA. Sinar ini adalah komponen yang utama dan terbanyak dari sinar matahari yang tercurah ke bumi. Hal ini karena sinar UVA sangat mudah menembus lapisan pelindung dan pelapis bumi dari sinar matahari yang biasa disebut dengan istilah lapisan ozon.
  • Sinar UVB. Sinar ini menjadi salah satu komponen sinar matahari yang cukup berbahaya. Salah satu penyebab timbulnya kanker kulit ganas yaitu melanoma dianggap sebagai akibat dari paparan hebat dari sinar UVB bagi mereka yang berusia di bawah 20 tahun. Sebagian besar sinar UVB diserap oleh lapisan ozon.
  • Sinar UVC. Sinar ini merupakan komponen dari sinar UV paling berbahaya. Untungnya, sinar ini di blok oleh lapisan pelindung/ ozon sehingga sinarnya tidak sampai ke bumi. Oleh sebab itu, bagi anda yang hendak berpetualang di lapangan atau outdoor, disarankan untuk melindungi kulit anda dari resiko kanker kulit akibat sinar matahari. Terutama bagi anak yang memiliki kulit tidak gelap, memiliki riwayat anggota yang mengidap kanker kulit dan juga mereka yang memiliki tahi lalat.

Manfaat Matahari untuk Manusia :

1. Menyehatkan tulang

Bagi anda yang memiliki bayi dan baru saja menjalani operasi maka anda bisa berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi. Salah satu manfaat energi matahari adalah untuk menjaga kesehatan tulang terutama pada pukul 07.00 hingga 08.30 karena pada jam tersebut matahari menghasilkan energi yang sangat bagus untuk menambah kuantitas vitamin D.

2. Membantu membakar lemak

Manfaat matahari yang lainnya adalah untuk membantu proses pembakaran lemak. Lemak yang dibakar oleh energi matahari ini bukan hanya yang terdapat di bawah jaringan kulit saja, namun lemak yang memicu penyakit kolesterol dan jantung pun akan turut terbakar dengan optimal. Lemak akan luruh secara perlahan dan menjadikan manusia terhindar dari berbagai macam penyakit akibat timbunan lemak jahat dalam tubuh. Disamping itu, saat ini sinar matahari juga sedang dalam masa penelitian karena terdapat asumsi bahwa energi dari sinar matahari mampu memaksimalkan sistem metabolisme dalam tubuh.

Loading...

3. Berperan sebaga pereda rasa sakit atau analgesik

Sejumlah penelitian yang diadakan di beberapa universitas terutama di universitas barat menyampaikan penemuan bahwa salah satu manfaat matahari adalah untuk obat analgesik atau pereda rasa sakit. Study tersebut menunjukkan bahwa pasien yang baru saja menjalani operasi dan mendapatkan paparan sinar matahari di kamar rawatnya mengaku merasa lenih nyaman dan terhindar dari stress. Pasien tersebut juga mengaku merasakan rasa sakit yang lebih sedikit daripada pasien yang kamar rawatnya tidak mendapatkan paparan sinar matahari.

4. Sebagai proses pengeringan

Sudah jelas bahwa manfaat matahari menjadi salah satu sumber energi panas yang efektif untuk mengeringkan sesuatu. Mulai dari menjemur pakaian, ikan yang diasinkan, krupuk dan juga berbagai benda atau bahan lain yang membutuhkan panas untuk dikeringkan. Banyak para usahawan yang membutuhkan energi panas matahari setiap hari, oleh sebab itu tak heran jika banyak barang yang naik harganya saat musim penghujan tiba hal ini mungkin disebabkan oleh kurang adanya sinar matahari untuk mengeringkan bahan tersebut.

5. Sebagai pembangkit tenaga listrik

Pembangkit tenaga listrik tidak hanya didapat dari sumber air saja, namun sinar matahari juga disebut sebagai salah satu pembangkit tenaga listrik. Mungkin sebagian dari kita masih awam dengan sumber pembangkit listrik yang satu ini. Di era global seperti sekarang ini, banyak penemuan yang mengembangkan bidang teknologi. Salah satu diantara penemuan tersebut adalah proses pembentukan energi listrik dari energi matahari. Pembangkit listrik ini sangat bermanfaat bagi manusia untuk menutupi kebutuhan sekunder mulai dari menerangi ruangan dengan lampu, menyetrika, menonton televisi dan kebutuhan lain yang menggunakan energi listrik.

Manfaat Matahari untuk Manusia Lainnya :

6. Sebagai energi tanpa batas

7. Membantu penerangan

8. Mengatur tata surya

9. Membantu mengatur masa hidup manusia

10. Membantu memberikan kualitas istirahat yang baik

11. Mencegah kanker prostat

12. Menyembuhkan depresi dan SA

13. Memperbaiki kualitas tidur

14. Mengontrol kadar hormon kortisol

15. Manfaat matahari untuk membunuh bakteri

16. Mencegah sklerosis ganda

17. Membantu menyembuhkan kanker payudara

18. Meringankan resiko gejala alzheimer

19. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

20. Membersihkan pembuluh darah

21. Meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh

22. Mendongkrak mood

23. Menyembuhkan psoriaris

24. Mengontrol obesitas

25. Meringankan gejala haid

26. Membantu meredakan demam dan flu

27. Mengurangi stress

28. Meningkatkan hasrat seksual

29. Mencegah resiko penyakit autoimun

30. Mencegah resiko bayi lahir prematur

31. Manfaat matahari untuk menurunkan resiko reumatik

32. Membuat aktivitas di luar ruangan menjadi lebih menyenangkan

33. Meningkatkan fungsi ginjal

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Hujan untuk Kesehatan, Kecantikan, Kehidupan Serta Efek Samping

Manfaat Matahari untuk Hewan :

1. Membantu menghangatkan tubuh

Manfaat matahari bagi hewan yang pertama adalah untuk menghangatkan tubuhnya. Banyak hewan yang berusaha untuk mendapatkan kehangatan dari paparan matahari. Mereka membutuhkan energi matahari untuk bertahan hidup. Bahkan ayam petelur yang biasanya di ternak oleh para peternak pun juga membutuhkan energi panas dari sinar matahari untuk mempercepat proses bertelur. Tak heran jika kandang ayam petelur dibuat terang agar ayam selalu dalam keadaan nyaman dan hangat.

2. Membantu mencerna makanan

Tidak sedikit hewan yang hidup di dunia ini yang secara ilmiah memiliki proses cerna makanan yang buruk. Hewan-hewan tersebut merasa kesulitan untuk mencerna makanan dan membutuhkan sinar matahari agar makanan dalam tubuh dapat segera dicerna.

3. Membantu menguatkan tulang

Manfaat matahari bukan hanya untuk menguatkan tulang manusia saja, namun juga penting untuk memperkuat tulang pada hewan. Sama halnya seperti manusia, hewan juga membutuhkan tulang yang kuat karena tanpa tulang maka hewan akan mudah terserang penyakit dan kesulitan untuk mencari makanan.

4. Sebagai sumber vitamin

Manfaat sinar matahari yang banyak dimanfaatkan oleh makhluk hidup adalah sebagai sumber vitamin D yang bagus untuk tubuh. Saat terkena paparan sinar matahari, hati dan juga ginjal dapat bekerja untuk melindungi tubuh dari ultraviolet dengan menambah kuantitas vitamin D.

5. Sebagai sumber kekuatan

Energi dari sinar matahari sangat dibutuhkan untuk menambahkan kekuatan hewan agar tidak mudah punah. Kandungan vitamin E dalam matahari juga sangat diperlukan hewan.

Manfaat Matahari untuk Hewan Lainnya :

6. Manfaat matahari sebagai penerangan

7. Melangsungkan fotosintesis bagi hewan

8. Membantu mencari makanan di siang hari

9. Menjaga temperatur suhu pada hewan

10. Untuk menutrisi tulang hewan terutama di pagi hari

11. Mempercepat proses pertumbuhan bagi hewan

12. Menambah energi dan semangat

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Udara untuk Manusia, Hewan Serta Tumbuhan

Manfaat Matahari untuk Tumbuhan :

1. Menghangatkan biji

Kita bisa mengambil contoh dari bunga matahari. Kebanyakan tumbuhan, salah satunya bunga matahari akan beradaptasi dan mengarah pada datangnya sinar matahari. Hal ini berarti tumbuhan bunga matahari dan juga berbagai tumbuhan lainnya juga akan condong mengarah pada arah datangnya sinar matahari.

Lalu apa tujuannya? Gerak tumbuhan yang mengarah ke arah datangnya matahari disebut dengan gerak fototropisme. Gerak ini terjadi sebagai adaptasi tumbuhan agar mendapatkan sinar matahari untuk mengoptimalkan proses fotosintesis dalam menghasilkan energi dan zat makanan. Dalam bunga matahari, adaptasi gerak fototropisme berfungsi untuk menghangatkan biji. Biji bunga matahari akan membusuk jika terus berada dalam keadaan lembab dan tidak mendapatkan cahaya matahari.

2. Membantu pertumbuhan daun dan bunga

Panjang gelombang matahari memiliki warna merah yang akan diserap oleh tumbuhan untuk mempercepat pertumbuhan bunga. Saat tanaman mendapatkan paparan sinar berwarna merah dari gelombang cahaya matahari maka tunbuhan tersebut dapat tumbuh dengan optimal, bertambah tinggi, lebat dan juga cepat berbunga.

Selain itu, cahaya matahari juga memiliki panjang gelombang berwarna biru yang bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan daun. Ketika tumbuhan mendapatkan paparan panjang gelombang berwarna biru dari panjang gelombang sinar matahari ini maka daun tumbuhan akan tumbuh dengan lebat.

3. Mengeringkan tanah

Beberapa tumbuhan salah satunya bunga matahari membutuhkan paparan sinar matahari untuk membantu proses perkembangbiakan. Dalam kasus ini, cahaya matahari bermanfaat untuk proses pengeringan tanah. Biji bunga matahari yang terjatuh di atas tanah yang sudah kering dapat tumbuh dengan subur. Hal ini bukan berarti biji bunga matahari tidak dapat berkembang dan tumbuh di tanah dengan keadaan lembab. Meskipun di tanah yang lembab biji bunga matahari masih bisa tumbuh namun akan cepat layu bahkan mati.

4. Sebagai proses fotosintesis

Dalam proses fotosintesis, tumbuhan yang berdaun hijau menyerap cahaya matahari melalui klorofilnya. Manfaat matahari untuk tumbuhan ini sangat penting karena proses fotosintesis membutuhkan produksi gula (glukosa) dari cahaya matahari. Gula tersebut selanjutnya dimanfaatkan untuk membentuk senyawa organik yang lain seperti selulosa. Setelah itu akan dirubah menjadi lemak dan protein sebagai sumber makanan bagi tumbuhan. Hasil reaksi fotosintesis selanjutnya akan diedarkan ke seluruh tumbuhan untuk berkembangbiak, bernafas dan juga tumbuh.

5. Membantu pertumbuhan kecambah

Kecambah yang kekurangan sinar matahari akan tumbuh kering, kurus, tinggi dan memiliki daun yang tipis berwarna kuning pucat. Sebaliknya, kecambah yang mendapatkan sinar matahari akan tumbuh hijau, subur, pendek dan memiliki daun yang tebal karena mengalami proses fotosintesis yang maksimal.

Manfaat Matahari untuk Tumbuhan Lainnya :

6. Membantu mengaktifkan klorofil

7. Membantu proses pertumbuhan

8. Menjaga temperatur tumbuhan

9. Sebagai nutrisi yang bagus bagi tumbuhan

10. Memberikan warna hijau pada tumbuhan

Efek Samping Matahari :

Selain memberikan dampak baik, jika terlalu berlebihan terkena paparan sinar matahari juga akan berdampak buruk. Berikut ini adalah dampak buruk terkena paparan sinar surya di bawah ini.

1. Luka bakar

Paparan sinar UV dari matahari dalam kadar berlebih akan mengakibatkan kulit menjadi memerah, gosong atau panas. Hal ini juga dapat berujung pada rusaknya sel kulit. Jika kondisi ini tidak segera diatasi maka dapat menyebabkan kanker kulit.

2. Kanker kulit

Elemen yang terdapat pada radiasi sinar UV merupakan penyebab utama penyakit kanker kulit. Terdapat tiga jenis kanker kulit yaitu melanoma, basal cell carcinoma dan squamous cell carcinoma.

3. Merusak sistem kekebalan tubuh

Sinar matahari yang cukup memang dapat mendongkrak sistem imun dalam tubuh, namun jika berlebihan justru malah melemahkannya. Hal ini karena jika terjadi luka bakar akan mengubah fungsi maupun penyaluran sel darah putih sehingga tubuh menjadi rawan terhadap infeksi.

4. Merusak mata

Terkena paparan sinar matahari yang lama dapat menjadikan jaringan pada permukaan mata menjadi tusak dan kornea meradang.

5. Meningkatkan resiko gangguan kulit

Radiasi komponen sinar UV dapat mengakibatkan actinic keratosis dan juga meningkatkan jumlah tahi lalat.

Efek Samping Matahari Lainnya :

6. Menjadikan kulit nampak lebih tua

7. Menghancurkan jaringan kulit dan kolagen

8. Membuat dehidrasi

Baca Juga: Proses, Model, Jenis dan Manfaat Gunung dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Matahari atau biasanya disebut Surya merupakan salah satu bintang yang ada pada pusat Tata Surya. Bintang tersebut sangat bermanfaat bagi kehidupan seluruh makhluk hidup. Salah satu manfaat matahari bagi makhluk hidup yaitu sebagai proses berkembang biak dan menghangatkan suhu badan.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Geografi

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top