Connect with us
Pantai, Manfaat Pantai

Geografi

145 Manfaat dan Khasiat Pantai Dalam Semua Bidang Serta Dampaknya

Pantai merupakan bentuk geografis yang berada di daerah pesisir laut dan kebanyakan terdiri dari pasir. Daerah pantai menjadi batas antara perairan laut dan daratan. Siapa yang tidak suka berlibur ke pantai? Sudah sejak lama tempat menjadi destinasi atau tujuan banyak orang untuk berlibur, bermain air bersama keluarga, bermain papan seluncur di air atau surface, serta mengabadikan foto saat melihat indahnya matahari terbenam atau sunset dan menyelam atau diving. Kebanyakan orang barat senang berjemur di tempat wisata ini karena ingin mendapatkan manfaat pantai secara langsung.

Pantai, Manfaat Pantai

Di Indonesia memiliki banyak tempat wisata alam ini yang indah. Beberapa di antarannya yang ada di Indonesia memiliki pasir yang putih, pemandangan indah, air yang jernih, memiliki karang serta ikan yang indah. Adapun beberapa pantai yang ada di Indonesia yang sudah terkenal di mancanegara, seperti pandawa (Bali), gili trawangan, gili meno dan gili air (Lombok), pink (Pulau Komodo) dan masih banyak lagi.

Daftar Isi Manfaat

Jenis-Jenis Pantai :

1. Pantai Berlumpur

Pantai berlumpur ini biasanya tersebar di wilayah Kalimantan, utara Jawa, selatan Papua, dan timur Sumatra. Ketika air pasang akan tergenang air dan lumpur sehingga dijuluki pantai berlumpur. Jenis pantai berlumpur ini tidak dijadikan sebagai objek wisata karena bentuk dan pemandangan yang kurang indah sehingga jarang orang yang berkunjung.

2. Pantai Berbatu

Pantai berbatu ini memiliki pesisir yang berbatu tidak seperti pada umumnya. Tempat wisata alam jenis ini tidak cocok untuk dijadikan tempat berenang, karena dasar lautnya memiliki banyak batu atau karang sehingga akan sangat berbahaya jika anda berenang di pantai berbatu ini. Serta ombak yang ada di tempat ini akan membenturkan anda ke batu karang.

3. Pantai Berpasir

Pantai berpasir ini memiliki pesisir yang berpasir putih maupun pasir hitam. Tempat wisata alam jenis ini biasanya dijadikan destinasi para wisatawan, karena terdapat pemandangan yang indah serta suara ombak air yang membuat para wisatawan merasa rileks. Tempat wisata alam jenis ini biasanya terdapat pada daerah Sumatra, Sulawesi, Bali dan lain-lain.

4. Pantai Landai

Pantai landai ini relatife meiliki permukaan yang datar. Contoh tempat wisata alam ini yang termasuk dalam jenis ini yaitu seperti, pantai mangrove, estuari, bukit pasir, dan delta. Pantai mangrove misalnya terdapat di wilayah Pulau Sumatra, serta pantai delta ada di wilayah Kalimantan Timur.

5. Pantai Bertebing atau Flaise

Pantai jenis ini merupakan tempat wisata alam yang curam yang berada di muka tebing karena terdapat pegunungan yang melintang tegak lurus terhadap pantai. Pantai tebing atau sering disebut juga flaise ini memiliki laut yang dangkal. Seperti di Indonesia terdapat pembatas lautan yang bertebing di wilayah selatan Pulau Jawa.

Contoh Pantai di Indonesia :

1. Iboih (Pulau Weh, Aceh)
2. Matras (Kepulauan Bangka)
3. Sumur Tiga (Pulau Weh, Aceh)
4. Teluk Penyu (Cilacap, Jawa Tengah)
5. Depok (Yogyakara)
6. Parangtritis (Bertempat di Yogyakarta)
7. Linau (Bengkulu Selatan)
8. Trikora (Bintan, Kepulauan Riau)
9.  Tnajung Setia (Lampung)
10. Sawarna (Desa Sawarna, Banten)
11. Pandawa (Berlokasi di Bali)
12. Pink (Pulau Komodo)
13. Santolo (Garut)
14. Tanjung Gelam (Karimunjawa)
15. Menganti (Kebumen, Jawa Tengah)
16. Indrayanti (Gunungkidul, Yogyakarta)
17. Ngandong (Gunungkidul, Yogyakarta)
18. Sundak (Gunungkidul, Yogyakarta)
19. Nirwana (Buton, Sulawesi Tenggara)
20. Luwuk (Banggai, Sulawesi Tengah)
21. Toronipa (Konawe, Sulawesi Tenggara)
22. Pintu Kota ( Ambon, Maluku)
23. Santai (Ambon, Maluku)
24. Ngurfatur (Maluku Tenggara)
25. Lakey (Sumbawa, NTB)
26. WTC (Raja Ampat)
27. Tanjung Kasuari (Sorong, Papua Barat)
28. Base G (Jayapura)
29. Pulau Merah (Banyuwangi, Jawa Timur)
30. Teluk Hijau (Jawa Timur)
31. Padang-padang (Bali)
32. Suluban (Bali)
33. Tanjung Aan (Lombok)
34. Losari (Makasar)
35. Tanjung Bira (Bulukumba, Sulawesi Selatan)

Ciri-Ciri Pantai :

1. Tanah yang berpasir
2. Terdapat air tanah yang dangkal
3. Memiliki garis yang permanent
4. Terdapat curah hujan yang rendah
5. Dan terdapat ekosistem mangrove di sekitar tempat tersebut

Contoh Fenomena Alam di Pantai :

1. Palung Laut

Kebanyakan masyarakat Indonesia asing dengan kata “palung”. Dalam KBBI palung ini memiliki arti tanah yang berlekuk dalam dan berisi air. Sehingga dapat disimpulkan palung laut ini merupakan sebuah jurang yang berada pada dasar laut. Contoh tempat wisata alam ini yang memiliki palung laut yakni berada di daerah Jogja (baron).

2. Arus Ombak yang Kuat dan Karang

Banyak masyarakat Indonesia yang sangat antusias berselfie atau foto bersama di tempat wisata alam yang memiliki banyak karang, karena karang tersebut dapat membuat foto mereka menjadi bagus. Tetapi ketika kalian foto di  tempat wisata alam yang memiliki karang dan terdapat arus ombak yang kuat dapat membahayakan diri anda sendiri. Seperti contoh kasus yang ada di klayar di Pacitan.

3. Biota Laut (Makhluk hidup)

Untuk kalian yang suka diving atau menyelam dan berselancar di pantai harus berhati-hati seperti yang sudah kita ketahui di laut terdapat banyak sekali makhluk hidup adapun, makhluk hidup yang berbahay seperti hiu, ubur-ubur serta bakteri E. Coli (bakteri pemakan daging). Beberapa berita menyiarkan terdapat wisata yang sedang berenang dilaut dan ia diserang oleh ikan hiu.

4. Heart Stroke

Heart stroke yang berarti sengatan panas. Sebagian dari anda yang sedang berlibur di pantai akan terkena heart stroke, sebab cuaca yang panas serta terik matahari di tempat ini menjadi penyabab utama terjadinya heart stroke. Hal tersebut akan membuat suhu tubuh menjadi panas dan akan mengganggu kinerja otak.

5. Arus RIP Current

RIP Current yakni sebuah arus balik dari gelombang ombak yang akan menuju ke tempat wisata alam ini. Arus RIP Current ini merupakan arus yang akan menyeret anda ke tengah laut. Ketika anda terseret oleh arus ini jangan berenang melawan arus, tetaplah tenang dan berenanglah mengikuti arus dan pertahankan posisi tubuh anda pada permukaan.

Manfaat Pantai untuk Kesehatan :

1. Baik untuk kesehatan tulang

Dengan berlibur ke salah satu jenis tempat wisata alam ini anda bisa berjemur di pagi hari untuk mendapatkan sinar matahari yang baik untuk pertumbuhan tulang. karena sinar matahari di tempat ini lebih terik dan kebanyakan orang barat senang berjemur di tempat wisata alam ini agar kulit mereka menjadi hitam.

2. Paru-paru membaik

Udara yang ada ditempat ini dapat membuat paru-paru anda bernafas dengan baik, sehingga anda akan terbebas dari beberapa penyakit paru-paru seperti asma.

3. Bagus untuk kulit

Air garam yang ada pada laut, dapat mendetoksifikasi kulit serta membunuh kuman. Dan laut ini memiliki manfaat bagi kecantikan.

4. Menghilangkan stress

Dengan cara menghabiskan waktu di pantai bersama keluarga atau orang tercinta dapat menghilangkan stress. Sebab pemandangan, air ombak, angin di tempat ini yang segar dapat membuat kita menjadi rileks

5. Dapat menyembuhkan infeksi

Dengan berendam atau berenang di tempat wisata alam ini, akan membuat infeksi anda menjadi sembuh. Sebab kandungan garam yang ada pada air laut ini mengandung anti-mikroba.

Manfaat Pantai untuk Kesehatan Lainnya :

6. Tidur menjadi nyenyak
7. Badan menjadi rileks
8. Membakar kalori
9. Bagus untuk kulit
10. Menguatkan otot kaki
11. Membuang racun
12. Menyehatkan jantung
13. Melepaskan energi positif
14. Baik untuk sendi
15. Mengaktifkan otak

Manfaat Pantai untuk Perekonomian :

1. Menjadi pemasukan kas daerah

Pantai yang berada di suatu wilayah merupakan salah satu sumber pendapatan utama bagi warga setempat serta menjadi pemasukan kas daerah.

2. Tempat rekreasi

Karena tempat wisata alam ini memiliki pemandangan indah, sehingga pemerintah setempat menjadikannya sebagai tempat rekreasi.

3. Usaha garam

Air di  tempat wisata alam ini yang memiliki kandungan garam tersebut dapat diolah menjadi garam. Sehingga dapat menjadi peluang untuk usaha garam terutama bagi warga sekitar.

4. Lokasi berfoto

Banyak wisatawan berlibur di salah satu tempat wisata alam ini dan mengambil foto di sana Sehingga banyak warga setempat yang menjualkan jasa foto, serta tempat foto yang menarik.

5. Membuka lapangan pekerjaan baru bagi warga setempat

Selain itu, tempat wisata alam ini juga bisa menambah penghasilan penduduk sekitar. Adanya pantai, membuat warga setempat dapat bekerja sebagai nelayan, petani garam, dan membuka pasar ikan.

Manfaat Pantai untuk Perekonomian Lainnya :

6. Sebagai lokasi tempat tinggal para nelayan
7. Pemanfaatan pasir
8. Tempat wisata mancanegara
9. Sebagai lokasi penjual ikan
10. Untuk nelayan mencari ikan

Manfaat Pantai untuk Pendidikan :

1. Sebagai tempat studytour anak TK, SD, SMP dan SMA

Banyak sekolah-sekolah swasta maupun negeri dari mulai TK hingga SMA, memilih destinasi pantai sebagai program studytour sekolah mereka.

2. Pembelajaraan akan kekuasaan tuhan

Dengan berlibur ke  tempat wisata alam tersebut bersama keluarga dan melihat pemandangan indah yang ada, anda akan tersadar betapa indah ciptaan tuhan.

3. Sebagai tempat belajar

Tempat wisata alam ini sangat cocok untuk dijadikan kumpul bersama teman-teman sembari belajar tentang fenomena alam apa saja yang terjadi di tempat ini dan lain-lain.

4. Untuk penelitian

Banyak para peneliti yang pergi kelaut untuk meneliti makhluk hidup yang berada di laut sebagai bahan penelitian mereka.

5. Sebagai tempat diskusi

Banyak para-mahasiswa menjadikan salah satu tempat wisata alam ini sebagai tempat diskusi mereka, sembari bermain air, menikmati indahnya tempat wisata alam ini dan camping bersama.

Manfaat Pantai untuk Pendidikan Lainnya :

6. Sebagai tempat bercamping
7. Untuk meneliti ikan-ikan yang ada di sana
8. Belajar untuk berlayar
9. Untuk belajar diving atau menyelam
10. Sebagai tempat belajar surface

Manfaat Pantai untuk Kehidupan Sehari-hari :

1. Sebagai tempat bekerja

Pantai merupakan tempat bekerja sehari-hari para nelayan, serta para penjual ikan segar.

2. Sebagai perkebunan kelapa

Pasti kalian sudah tidak asing lagi apabila pergi ke tempat tersebut akan menemukan pohon kelapa. Banyaknya lahan yang kosong di sekitar sana yang dijadikan sebagai perkebunan pohon kelapa oleh warga setempat.

3. Sebagai perumahaan nelayan

Pesisir tempat wisata alam ini biasanya dimanfaatkan oleh warga setempat menjadi lokasi perumahaan nelayan. Agara ketika para nelayan tersebut pergi ketempat pencarian nafkah tidak terlalu jauh.

4. Sebagai pengembangan industry khas

Banyak sekali pantai yang menjual beberapa barang yang khas dari tempat wisata alam tersebut seperti kaos yang bertulisan I love pantai parangtritis, gantungan kunci, gelang, topi, kalung dan masih banyak lagi.

5. Sebagai objek wisata mancanegara

Banyak pantai di Indonesia yang membuat turis mancanegara berkunjung. Seperti pantai yang ada di Bali, Lombok, Raja ampat, dan masih banyak lagi.

Manfaat Pantai untuk Kehidupan Sehari-hari Lainnya :

6. Mencari udara segar
7. Untuk tempat berjemur
8. Sebagai tempat menjajakan ikan segar
9. Sebagi tempat bermain pasir
10. Sebagai tempat berkumpul keluarga

Manfaat Pantai Bidang Sosial Budaya :

1. Sebagai tempat berkembang biak ikan dan hewan laut

Laut merupakan tempat ikan dan hewan laut lainnya untuk berkembang biak sehingga sumber daya laut akan melimpah dan hasil laut tersebut dapat dijadikan sumber pendapatan warga setempat dan negara.

2. Karang dan cangkang siput menjadi kerajianan

Dengan adanya karang yang ada di tempat wisata alam ini dapat dijadikan kerajinan tangan yang khas dari tempat indah tersebut.

3. Budidaya rumput laut

Banyak para nelayan yang memanfaatkan laut sebagai budidaya rumput laut. Mereka biasa menggunakan kerangka dari paralon atau besi agar pembudidayaan lebih mudah.

4. Budidaya ikan

Tempal alam ini juga bisa berfungsi sebagai tempat budidaya ikan.Tidak hanya rumput laut saja yang dapat dibudidaya, beberapa nelayan juga mebudidaya ikan, kepiting, lobster dan beberapa ikan hias lainnya.

5. Penambangan minyak, mineral dan gas

Dengan memanfaatkan sumber daya laut yang berupa tambang migas ini merupakan kegiatan yang menggunakan teknologi maju. Dengan adanya penambangan tersebut menjadikan peluang besar bagi pembangunan bangsa.

Manfaat Pantai Bagi Sosial Budaya Lainnya :

6. Pengambilan pasir
7. Pengambilan teripang
8. Pengambilan mangrove
9. Pengambilan batu karang sebagai pembangunan rumah
10. Budidaya hewan laut

Dampak Positif dan Negatif Adanya Pantai :

Dampak Positif Pantai :

1. Sebagai tempat rekreasi
2. Sumber pendapatan ekonomi
3. Keindahan alam
4. Menstabilkan ekosistem
5. Daerahnya mempunyai daya jual
6. Tempat nelayan bekerja
7. Penghasil garam
8. Supaya perahu atau kapal laut bisa beroperasi
9. Memberikan pekerjaan kepada manusia
10. Untuk mengendalikan
11. Tempat lahirnya pulau-pulau
12. Tempat tinggal binatang yang hidup di air
13. Memberikan ketenangan
14. Memberikan efek positif untuk mental manusia
15. Tempat menepi perahu nelayan
16. Bisa dijadikan tempat syuting
17. Tempat romantis
18. Memberikan peluang usaha
19. Destinasi tempat berlibur
20. Bisa membuat masyarakat bahagia
21. Tempat tinggal binatang ampibi
22. Pasirnya bisa dijadikan kesenian
23. Tempat bermain keluarga
24. Bisa menjadi tempat berjemur
25. Meningkatkan perekonomian daerah
26. Memberikan peluang kerja
27. Tempat tahun baruan
28. Tempat wisata kuliner
29. Peluang usaha untuk mendirikan penginapan
30. Bisa memberi peluang usaha untuk membuka arena rekreasi (banana boat)
31. Tempat yang cocok untuk photographer
32. Bisa menjadi tempat prawedding
33. Tempat melakukan adat istiadat
34. Memberikan peluang untuk membuka usaha wisata kuliner
35. Peluang usaha untuk mendirikan perhotelan
36. Dapat memberikan peluang untuk membuka usaha dibidang perikanan
37. Sumber percaharian petani garam
38. Mempengaruhi fenomena alam
39. Tempat indah untuk berfoto
40. Tempat berekreasi dengan keluarga
41. Bisa dijadikan bahan tulisan untuk blog traveler
42. Bisa dijadikan bahan bahasan untuk vlogger
43. Tempat membuat seni dengan menggunakan pasir pantai
44. Akan menghilangkan stress untuk pengunjungnya
45. Tempat bermain anak-anak
46. Ombaknya memberikan ketenangan
47. Bisa dijadikan wahana berlatih untuk olahraga air
48. Tempat awal untuk menyelam
49. Tempat santai bersama kerabat terdekat
50. Bisa membuat warna kulit lebih eksotik

Dampak Negatif Pantai :

1. Bisa menimbulkan bencana alam
2. Jika ada bencana alam dapat menimbulkan kerugian untuk masyarakat yang berada di dekat pantai
3. Ombaknya terdengar berisik untuk orang yang tidak terbiasa
4. Airnya berbahaya untuk penderita tumor
5. Tekstur air lengket
6. Membuat pengunjung kelelahan untuk membersihkan pasirnya karena akan terus menempel pada kulit
7. Jika dijadikan tempat rekreasi, akan menjadi kotor
8. Kotornya pantai akan merusak ekosistem
9. Tempat membuang limbah sembarangan
10. Pantai kotor akan membunuh hewan yang hidup di air
11. Arus ombaknya berbahaya jika terlalu besar
12. Memicu tsunami
13. Memicu gempa bumi
14. Airnya akan menimbulkan alergi
15. Bisa menjadi tempat reklamasi
16. Bisa menimbulkan perpecahan akibat sengketa reklamasi
17. Tempatnya akan tidak aman untuk anak-anak
18. Bisa membuat pengunjungnya tenggelam
19. Dapat membuat pengunjungnya terbawa arus
20. Air pantai akan terasa perih bisa terkena mata
21. Pasirnya dapat menimbulkan alergi
22. Dapat merusak suasana alaminya jika banyak sampah
23. Angin malam pantai sangat berbahaya untuk kesehatan
24. Bisa menimbulkan trauma untuk anak ataupun orang yang takut dengan suara ombak
25. Bisa menjadi tempat prostitusi
26. Bisa menimbulkan mabuk pantai
27. Menimbulkan kebisingan akibat suara ombak
28. Membuat fenomena alam akan terhambat, jika pantainya tidak lagi alami
29. Daerahnya menjadi panas
30. Suhunya tidak beraturan
31. Dapat menimbulkan pertengkaran untuk menentukan daerah kekuasaan nelayan
32. Limbah yang berada di pantai bisa membahayakan makhluk hidup yang hidup disana
33. Tidak cocok untuk orang yang alergi air pantai
34. Airnya berbahaya untuk kesehatan mata
35. Pasirnya bisa membuat infeksi luka di kulit karena bisa masuk kedalam luka
36. Akan menjadi tempat angker
37. Pasirnya berbahaya jika tertelan
38. Pulau daerah dejat pantai akan terlihat angker dan sepi
39. Memberikan kegaduhan untuk masyarakat sekitar
40. Tidak memberikan kesehatan untuk orang yang mempunyai penyakit kulit

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Danau untuk Manusia, Hewan Serta Tumbuhan

Biasanya orang sering memanfaatkan pantai sebagai sarana bertamasya bersama dengan keluarga. Hal ini dikarenakan banyak sekali dampak positifnya. Namun jika anda ada yang mengidap penyakit kulit serta alaergi dengan air asin, maka disarankan untuk tidak pergi ke pantai.

Continue Reading

Lainnya dari Geografi

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top