Connect with us
Sungai, Krueng, Binanga, Aek, Air, Aie, Batang, Sei, Way, Batang Banyu, Batang, Danum, Walungan, Susukan, Bengawan, Kali, Tukad, Kokok, Salo/Salu, Kali, Ci, River, Manfaat Sungai, Khasiat Sungai

Geografi

40 Manfaat dan Khasiat Sungai untuk Kehidupan Manusia Sehari-Hari Serta Efek Samping

Sungai, batang air, bengawan, ci, kali, wai merupakan sistem jaringan air yang terbentuk alami di permukaan bumi yang membentuk sebuah aliran. Sumbernya berasal dari air hujan, gletser, maupun dari air tanah. Sedang alur sungai merupakan bagian dari cekungan sungai tempat di mana air mengalir dari dimulainya air tersebut hingga ke hilir. Pada musim hujan, biasanya setiap sungai akan berisi air di alurnya, tetapi saat musim kemarau kemungkinan alur sungai tersebut akan kering.

Sungai, Krueng, Binanga, Aek, Air, Aie, Batang, Sei, Way, Batang Banyu, Batang, Danum, Walungan, Susukan, Bengawan, Kali, Tukad, Kokok, Salo/Salu, Kali, Ci, River, Manfaat Sungai, Khasiat Sungai

Sungai itu sendiri bisa terbentuk secara alami atau sudah bawaan dari alam dan bisa juga dibentuk oleh campur tangan manusia. Untuk kehidupan manusia sehari-hari manfaat sungai sangatlah banyak dan vital. Tapi sayang setiap kali memanfaatkan sungai manusia sering meninggalkan efek samping buruk. Selain manusia, sungai juga dimanfaatkan oleh tanaman maupun hewan. Berikut ini adalah manfaat sungai untuk manusia :

Manfaat Sungai Bagi Kehidupan Manusia :

1. Sungai Sebagai Penampung Air

Manfaat yang pertama dari sungai adalah fungsinya yang mampu menampung debit air yang turun melalui hujan. Air hujan yang turun akan berkumpul dan mengalir ke suatu tempat yang lebih rendah. Tempat tersebut adalah tempat penampungan air hujan yaitu sungai maupun danau.

Batang air juga bisa dikatakan sebagai sumber air bersih dalam jumlah banyak yang bisa dipergunakan untuk memasok air bersih bagi penduduk di sekitar.

2. Sungai Mengalirkan Air ke Hilir

Air akan berpindah dari tempat yang tingginya ke rendah, dan karena sifat inilah sungai mampu mengalirkan air dari sumber air menuju ke hilir yang merupakan tempat di mana kali itu bermuara. Hal inilah yang akan mencegah penumpukan air di hulu yang bisa menyebabkan meluapnya air sungai.

3. Sungai Sebagai Pembangkit Listrik

Manfaat yang tidak kalah penting adalah dapat menjadi salah satu energi yang bisa dimanfaatkan sebagai alat pembangkit listrik yaitu PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air) yang merupakan pemanfaatan sungai sebagai pembangkit listrik alami. Derasnya aliran sungai mampu memutar kincir angin yang menyebabkan aktifnya generator pada pembangkit listrik, kemudian akan menghasilkan listrik yang bisa kita suplai untuk kebutuhan sehari-hari.

Namun sangat disayangkan, di Indonesia sudah banyak k sekali sungai, namun hanya sedikitnya dipakai sebagai pembangkit listrik tenaga air.

4. Merupakan Pusat Ekosistem

Ekosistem biasa diseut sebagai kumpulan tempat tinggal dari makhluk hidup dengan segala pendukungnya. Secara umum telah ada beberapa ekosistem yaitu ekosistem laut, gurun, daratan dan sungai.

Secara biologis, sungai bisa diartikan sebagao rumah makhluk hidup yang tinggal dalam ekosistemnya, contohnya adalah jenis-jenis ikan dan tanaman lain sebagai pusat dari ekosistem yang ada.

5. Tempat Mencari Nafkah

Bukan hal misterius lagi jika sungai mampu memberikan pundi-pundi penghasilan bagi masyarakat sekitar. Hal tersebut dikarenakan keanekaragaman hayati yang begitu melimpah yang menjadikan sungai sebagai sumber rezeki, seperti halnya nelayan yang memanfaatkan sungai sebagai tambak untuk memanen ikan yang nantinya dijual.

Anda juga bisa memilih menambang batu kali untuk menambah penghasilan lewat sungai . Berikut beberapa jenis mata pencaharian dari sungai;

  • Sebagai Penambang Pasir
  • Nelayan ikan, udang, dan lain-lain
  • Penambang Batu Kali
  • Membuat Tambak Ikan
  • Penambang Emas
  • Penambang Timah, Mineral, dan sebagainya
  • Budidaya Tanaman Air

Manfaat Sungai Bagi Kehidupan Lainnya :

6. Sungai Merupakan Bahan Konsumsi
7. Sebagai Tempat Berenang
8. Sebagai Tempat Bermain Air
9. Sebagai Wahana Arung Jeram
10. Sungai Sebagai Tempat Piknik
11. Sebagai Lokasi Yang Bisa Memberikan Relaksasi, Seperti Menghilangkan Stres
12. Sebagai Tempat Mandi
13. Sebagai Tempat Mencuci dan Membersihkan Benda Lainnya
14. Bisa Digunakan Untuk MCK (beberapa sungai diperbolehkan untuk MCL, tidak semuanya)
15. Airnya Bisa Diminum Setelah Direbus
16. Sebagai Penampung Air
17. Sungai Berfungsi Mengalirkan Air Ke Hilir
18. Arus Sungai Sebagai Pembangkit Listrik
19. Merupakan Pusat Dari Ekosistem
20. Mampu Mencegah Banjir Apabila Dalam dan Terawat
21. Sebagai Alat Irigasi

Cara Memanfaatkan Sungai Bagi Kehidupan :

Sungai merupakan keindahan alam yang harus dijaga, karena manusia punya tanggung jawab penuh untuk menjaga sungai, terutama penduduk di sekitarnya. Sungai sangat bermanfaat apabila penduduk di sekitarnya selalu menjaga kebersihan dan meminimalkan kebiasaan membuang sampah ke sungai. Aliran air ini bisa dimanfaatkan sebagai alat pembangkit listrik tenaga air dengan cara membangun kincir, sungai juga mampu memberikan air yang nantinya dipergunakan sebagai air minum dengan cara direbus terlebih dahulu.

Untuk mengalirkan air sungai ke rumah-rumah penduduk, biasanya memakai pipa dan ditenagau oleh listrik. Namun, jika Anda punya rencana untuk tinggal di dekat sungai, maka tentukanlah posisi, fondasi dan saluran air bersih. Setelah itu, lakukanlah kebiasaan disiplin untuk tidak membuang sampah sembarangan terutama di pinggiran-pinggiran sungai untuk mendapatkan udara dan lingkungan yang bersih serta menyehatkan.

Efek Samping Adanya Sungai :

Efek Samping Adanya Sungai

Sungai memang sebuah rezeki bagi penduduk di sekitarnya, bahkan bagi orang lain yang jauh. Namun, membangun rumah di pinggiran sungai bukanlah pilihan baik terutama dalam faktor keselamatan. Berikut efek buruk dari adanya sungai:

1. Berbahaya Untuk Fondasi Bangunan

Bangunan yang menjorok ke arah sungai, atau rumah yang dibangun di pinggiran sungai, kan menjadi sangat berbahaya ketika hujan datang dengan deras sehingga menjadikan aliran sungai naik dengan volume tinggi. Rumah dengan fondasi yang seadanya akan sangat rawan ambruk dan terbawa oleh arus sungai.

2. Kotor

Tentu rumah yang dibangun di pinggiran sungai akan terlihat kumuh dab tidak indah dipandang. Bangunan seadanya dan tidak adanya perencanaan untuk merapikan bangunan-bangunan tersebut akan membuat rumah-rumah di dekat sungai menjadi tidak rapi.

3. Kebiasaan Mengotori Sungai

Sebab sungai sangat dekat, akan tidak jarang banyak penduduk yang menumpahkah sampah-sampahnya ke sungai. Banyak di antaranya seperti sampah rumah tangga, makanan, sampah dari cucian ataupun kotoran bayi yang dihanyutkan ke sungai. Lama-lama, sampah tersebut akan menumpuk dan merugikan penduduk di sekitarnya sendiri. Bahkan sungai yang awalnya indah pun akan menjadi tidak terurus dengan jumlah sampah yang amat banyak. Bukan hanya mencemari lingkungan, tapi sampah yang menyumbat aliran sungai akan menyebabkan bencana banjir.

Selain itu, karena banyaknya sampah maka banyak juga zat-zat yang dapat merusak ekosistem di sungai. Sungai yang tercemar tentu mudah menimbulkan berbagai penyakit. Padahal tidak sedikit penduduk hang bergantung pada sungai untuk memperoleh rezeki, bel lagi jika air sungai yang sudah mencemari tersebut digunakan untuk mencuci sayuran atau buah, pasti akan menimbulkan berbagai masalah pencernaan hingga penyakit kronis.

4. Juga Rawan Terkena Banjir

Hal ini terjadi jika sungai tidak terlalu dalam dengan dibarengi kondisi sekitar yang buruk oleh sampah-sampah, sehingga saat hujan lebat secara terus-menerus akan sebabkan permukaan air sungai menjadi naik, begitu pun debit airnya. Banjir tentu sangat membahayakan masyarakat sekitar dan yang paling buruk adalah tidak jarang menelan korban jiwa.

Terlebih jika banjir yang secara tuba-tiba tanpa adanya prediksi tentu membuat banyak penduduk yang lengah tanpa mengetahui adanya bencana tersebut.

5. Berkurangnya Jumlah Air Bersih

Karena sungai merupakan sumber pangan dan rezeki yang raksasa, maka tidak sedikit orang yang memilih tinggal di dekat sungai. Jika semakin banyak penduduk di sekitar sungai tersebut, tentu semakin banyak orang yang memasok air dari sungai hingga pada saat musim kemarau berisiko kekurangan air bersih.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air untuk Manusia, Hewan Serta Tumbuhan

Itulah manfaat sungai bagi manusia, lingkungan sekitar dan efek samping yang perlu kita pahami. Marilah kita selalu menjaga sungai agar tetap bersih. Intinya jangan membuang sampah di sungai.

Continue Reading

Lainnya dari Geografi

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top