Connect with us
Tanah, Manfaat Tanah, Khasiat Tanah

Geografi

30 Manfaat dan Khasiat Tanah Untuk Manusia, Hewan, Serta Tumbuhan

Tanah memiliki nama latin solum dan bahasa yunani pedon merupakan yang terbentuk dari bahan organik dan mineral. Manfaat tanah yang langsung kita rasakan tentunya sebagai tempat berpijak di planet Bumi ini. Selain itu khasiat tanah dalam berbagai aspek bidang sangat banyak sekali. Terutama untuk kehidupan manusia, hewan, dan tumbuhan.

Tanah, Manfaat Tanah, Khasiat Tanah

Komponen abiotik ini berperan penting dalam berbagai daur materi fisika, biologi, dan kimia. Hujan yang terbentuk di langit tak terlepas dari perannya. Demikian juga dengan oksigen yang kita hirup setiap hari. Bahkan, perkakas rumah tangga di dapur juga turut melibatkannya.

Proses Pembentukan Tanah :

Tersusun atas materi bahan organik dan anorganik. Proses pembentukannya terkait dengan faktor-faktor bahan pembentuknya. Misalnya saja, tanah gambut, vulkanis, liat, alluvial, dll. Proses pembentukannya mengalami tahapan besar, mulai dari pelapukan batuan, pelunakan struktur batuan, kemunculan tumbuhan pionir, dan penyuburan. Pada tiap tahapan, sudah ada kehidupan, mulai dari mikroorganisme, tumbuhan pioneer, pohon, hewan, dan manusia.

Jenis-jenis tanah :

Jenis-jenis yang terdapat di Indonesia, antara lain: alluvial, andosol, kapur, regosol, gambut, litosol, latosol, grumusol, humus, laterit.

  1. Alluvial berasal dari materi halus endapan aliran sungai.
  2. Andosol berasal dari pelapukan abu vulkanik.
  3. Kapur berasal dari pelapukan batuan kapur.
  4. Regosol berasal dari batuan kasar material gunung berapi.
  5. Gambut berasal dari proses pembusukan tumbuh-tumbuhan.
  6. Litosol berasal dari pelapukan batuan keras.
  7. Latosol berasal dari pelapukan batuan yang kaya unsur besi dan aluminium.
  8. Grumusol berasal dari material halus berlempung.
  9. Humus berasal dari pelapukan tumbuh-tumbuhan yang kaya unsur hara dan mineral.
  10. Laterit berasal dari pelapukan batuan yang kaya kandungan unsur besi dan aluminum.

Manfaat Tanah Untuk Manusia :

1. Sebagai lahan bercocok tanam

Materi dan partikel-partikel halus sampai padat sebagai media tanam berbagai jenis tanaman. Sebut saja sawah untuk menanam padi. Tegalan untuk menanam berbagai jenis palawija. Kebun untuk menanam berbagai jenis tanaman keras.

2. Sebagai lahan pemukiman

Sejak awal peradaban manusia ada, komponen abiotik ini sudah dijadikan lahan pemukiman. Entah dengan sistem berpindah-pindah maupun menetap dengan cara membuat rumah. Untuk jaman modern, lahan pemukiman sudah menjadi kebutuhan pokok. Misalnya saja perkampungan dan perumahan.

3. Sebagai lahan industri

Ketika kebutuhan orang modern semakin meningkat, tanah dibutuhkan untuk lahan industri. Pemanfaatan ini lebih mengedepankan nilai ekonomi yang tinggi. Sebut saja pabrik gula, pabrik besi, kawasan berikat industri, dll. Pemanfaatan seperti ini menimbulkan dampak positif dan negatif. Itulah mengapa pemanfaatannya harus sebijak mungkin.

4. Sebagai bahan baku berbagai material bangunan

Batu bata dibuat dari tanah yang sudah mengalami serangkaian proses. Termasuk juga genteng untuk atap rumah. Gamping menghasilkan kapur. Kapur ini dibutuhkan untuk perekat pasir. Kapur juga dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan semen.

5. Sebagai bahan baku untuk produksi barang seni

Peradaban kuno sudah membuat tembikar yang terbuat dari tanah liat. Sekarang, banyak dibutuhkan untuk pembuatan patung, gerabah unik, seni instalasi, dll. Sebagai bahan baku pembuatan barang seni setelah ada kemajuan dalam budi, rasa, dan  karsa dari manusia itu sendiri.

Manfaat Tanah Untuk Manusia Lainnya :

6. Sebagai komponen utama pembangunan infrastruktur

7. Sebagai lahan bermain

8. sebagai komponen utama budaya

9. sebagai pondasi utama bernegara

10. sebagai pondasi utama dalam urusan sosial kemasyarakatn

Cara Memanfaatkan Tanah Untuk Manusia

Manusia sebagai makhluk yang berintelegensia tinggi mampu memanfaatkan komponen abiotik ini sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Misal untuk tempat tinggal, digali untuk pembuatan pondasi rumah. Untuk membuat material bangunan tinggal diolah dan diproses dengan cara dibakar menjadi batu bata. Dalam hal ini, manusia lebih banyak membuat perubahan yang sangat drastis pada bentuknya. Sampai-sampai bukit yang menjulang tinggi bisa lenyap karena ulah manusia. Itulah kenapa dibutuhkan undang-undang dan peraturan yang mengatur pemanfaatan lahan secara tegas.

Manfaat Tanah Untuk Hewan :

1. Sebagai tempat bersarang

Berbagai jenis hewan hidup di dalam tanah sebagai tempat tinggal. Misalnya saja, kelinci membuat terowongan sebagai tempat tinggal yang nyaman. Jenis-jenis cacing, serangga, reptile membangun tempat tinggal di dalam tanah. Bahkan untuk hewan-hewan yang hidupnya bersifat tersetrial maupun arboreal.

2. Tempat mencari makan

Baik di atas permukaan maupun di dalam tanah, selalu ada rantai makanan hewan. Trenggiling mencari semut kesukaannya dengan menggali sarang semut. Babi mencari ubi-ubian dengan menggali tanaman singkong. Harimau berburu rusa.

3. Sebagai tempat perkembangbiakan

Kelinci berkembangbiak di dalamnya dengan cara membuat terowongan-terowongan yang nyaman untuk melahirkan dan mengasuh anak-anaknya. Bahkan hewan laut pun harus menepi ke daratan untuk berkembangbiak. Misalnya saja penyu yang harus bertelur di sepanjang pantai. Demikian pula dengan burung maleo yang harus mengubur telurnya ke dalam tanah.

4. Sebagai tempat berlindung

Terowongan yang dibuat oleh kelinci juga sebagai tempat berlindung dari para predator. Misalnya saja hyena atau kucing hutan. Kelinci juga membuat terowongan dengan banyak cabang supaya ular terkecoh.

5. Sebagai tempat bersosialisasi

Berbagai hewan saling berinteraksi sosial. Entah itu berperan sebagai simbiosis mutualisme, kompetisi, predator, atau parasit. Misalnya saja, jalak bersimbiosis mutalisme dengan kerbau. Dari situlah maka dapat kita ketahu manfaat tanah sangat penting bagi tempat bersosialisasi hewan.

Manfaat Tanah Untuk Hewan Lainnya :

6. Untuk area bermigrasi

7. Untuk area kekuasaan

8. Untuk area jelajah

9. Sebagai tempat dekomposisi feses

Cara Memanfaatkan Tanah Untuk Hewan :

Hewan terrestrial melakukan sebagian besar aktifitasnya di permukaan tanah. Misalnya saja, rusa, harimau, kambing, gajah, dalam mencari makan, berkembangbiak, dan berlindung. Sebagian lainnya menghabiskan banyak waktu berada di dalam tanah, misalnya cacing, rayap, dan mikroorganisme lainnya.

Manfaat Tanah Untuk Tumbuhan :

1. Sebagai media tempat tumbuh

Perakaran tumbuhan butuh media yang menyediakan tempat menegakan tumbuhan itu sendiri. Dengan demikian, tumbuhan tak mudah roboh. Karena akar dari tanaman dapat tumbuh dengan baik karena adanya media tanah.

2. Penyedia unsur-unsur hara

Tumbuhan memerlukan media yang mampu menyediakan unsur-unsur hara yang dibutuhkan tumbuhan untuk proses sintesa berbagai macam zat.

3. Sebagai bank air

Komponen abiotik ini mampu menyimpan air dalam jumlah banyak yang dibantu oleh sistem perakaran tumbuhan. Tumbuhan memanfaatkan air yang tersimpan ini untuk proses asimilasi dan sintesa berbagai zat.

4. Sebagai tempat dekomposisi

Daun, ranting, cabang, dan batang yang jatuh akan mengalami proses dekomposisi atau penguraian. Hasil dekomposisi yang berupa materi padat akan menjadi humus yang dibutuhkan oleh tumbuhan, sedangkan yang berupa gas akan menguap ke atmosfer.

5. Sebagai media perkembangbiakan

Sebagai media perkembangbiakan berbagai jenis tumbuhan. Contohnya saja, tanaman kacang yang menghasilkan biji di dalam tanah, tanaman jahe yang membentuk rimpang untuk perkembanbiakannya, tanaman sukun yang berkembangbiak dari akar dan lain-lain.

Manfaat Tanah Untuk Tumbuhan Lainnya :

6. Sebagai media pemencaran

7. Sebagai area jelajah

8. Sebagai perlindungan

9. Sebagai tempat berkomunitas

Cara Memanfaatkan Tanah Untuk Tumbuhan

Tumbuhan mengeluarkan akar-akar untuk mengambil unsur-unsur hara sekaligus membuat kosntruksi yang kokoh untuk menopang bagian batang dan tajuknya. Selain itu, tanah dimanfaatkan tumbuhan sebagai tempat perkembangbiakan untuk biji-bijinya, perkecambahan, anakan, rimpang, maupun umbinya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air untuk Manusia, Hewan Serta Tumbuhan

Begitu banyak manfaat tanah bagi kehidupan kita. Baik dilihat dari segi fisika, biologi, dan kimiawi. Terlebih-lebih bagi makhluk hidup di planet Bumi seperti manusia, hewan, dan tumbuhan yang sangat bergantung dengan keberadaannya. Itulah kenapa kita harus bisa menjaga dan melestarikannya. Jangan sampai rusak dan membuat bencana bagi kita semua. Anda dapat melihat dan mencari manfaat dan khasiat ilmu geografi lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Geografi

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top