Connect with us

33 Manfaat dan Khasiat Udara untuk Manusia, Hewan Serta Tumbuhan

Geografi

33 Manfaat dan Khasiat Udara untuk Manusia, Hewan Serta Tumbuhan

Manfaat Udara – Udara atau atmosfer adalah unsur alam berwujud gas dan merupakan komponen abiotik yang memenuhi planet bumi, selain sinar matahari, air dan tanah. Manfaat udara untuk kehidupan sehari-hari ada banyak sekali. Seluruhnya tergolong pemanfaatannya untuk manusia, hewan maupun tumbuhan. Yang paling utama khasiat udara adalah untuk bernapas ketiga makhluk penghuni planet bumi ini.

Udara, Manfaat Udara, Khasiat Udara

Di era modern seperti sekarang, udara semakin tercemar polusi. Akibat dari penumpukkan zat rumah kaca yang menyebabkan berlubangnya lapisan ozon dan memicu pemanasan global dan penurunan angka kehidupan makhluk. Kampanye perbaikan kualitas udara diharapkan bisa menekan laju kerusakan lingkungan dan global warming. Untuk itu, manusia sebagai makhluk yang berakal dan bijaksana dalam taksonomi kehidupan bumi ini mestinya mulai sadar untuk merawat kebersihan lingkungan, terutama atmosfer.

Ciri-Ciri Udara yang Baik :

Untuk mengetahui bagaimana kualitas, ada indikator-indikator tertentu yang menjadi ciri-ciri yang baik, seperti yang tercantum di bawah ini :

• Memiliki kadar oksigen yang melimpah dan cukup
• Mengandung energi positif
• Tidak berbau
• Tidak berwarna
• Bersih
• Tidak mengandung polutan
• Sejuk dan segar dihirup
• Mampu menunjang kehidupan manusia, hewan, tumbuhan
• Tidak memicu keracunan dan kerusakan organ tubuh
• Terlindungi oleh lapisan ozon
• Mampu menghalangi dari sinar matahari yang mengandung UV berbahaya
• Bisa melindungi dari jatuhnya benda-benda antariksa, seperti meteor

Loading...

Kandungan dan Unsur-Unsur dalam Udara :

Udara itu adalah sebuah materi atau komponen yang terdiri dari banyak unsur. Ada banyak zat-zat yang membentuknya. Selain itu juga mengandung material yang kasar seperti debu misalnya. Jumlah dan komposisi masing-masing unsur kimiawi ini amat mempengaruhi kualitasnya. Berikut adalah unsur-unsur tersebut:

• Nitrogen (78,%)
• Oksigen (21%)
• Argon
• Karbondioksida
• Uap Air
• Aerosol
• Gas-gas lain, seperti: ozon, radon, xenon, hidrogen, krypton, neon, helium, metana

Manfaat Udara untuk Manusia :

1. Membantu Sistem Respirasi

Sistem respirasi disebut pula sebagai sistem pernapasan. Merupakan proses alamiah yang dilakukan makhluk hidup dengan cara menghirup udara, kemudian melepaskannya. Respirasi ini memberikan energi dan daya hidup yang amat penting bagi makhluk hidup. Tanpa pernapasan, mustahil manusia bisa hidup.

2. Mencegah Kematian

Tentu saja manfaatnya adalah mencegah kematian. Seseorang mesti rutin dan menyadari napasnya, sebab napas adalah kunci kehidupan. Orang yang jarang bernapas atau mendapatkan kualitas atmosfer yang buruk di lingkungannya menjadi rentan kena penyakit yang akhirnya berujung kematian.

3. Menyehatkan Sel Darah Merah

Udara itu sangat penting bagi darah, sebab mengandung oksigen. Gas O2 inilah yang berperan dalam pembentukan sel darah merah dan pengikatan hemoglobin, serta pengangkutan (aliran) darah ke seluruh tubuh. Orang yang kekurangan pasokan oksigen cenderung akan kekurangan sel darah merah.

4. Membuat Kulit Segar

Tidak hanya air yang menyehatkan kulit, tapi udara juga demikian, apalagi yang kaya oksigen. Jika seseorang terlalu sering hidup di ruangan hampa udara atau miskin dengan O2, niscaya kulitnya jadi pucat dan jelek.

5. Membuat Pikiran Tenang

Kemudian, manfaat udara juga memberikan stimulus kepada otak dan jiwa agar selalu tenang. Makanya dikenal istilah latihan pernapasan dalam olahraga yoga yang fungsinya untuk mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dari terhirupnya oksigen. Agar O2 ini sanggup memperbaiki tiap kerusakan sel otak yang kerap membuat stress, gampang lelah dan sakit.

Manfaat Udara untuk Manusia Lainnya :

6. Mengatasi anemia
7. Mencegah kanker
8. Membuat awet muda
9. Membuka karisma dan aura
10. Membuat tampil cantik menawan

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Air Hujan untuk Kesehatan, Kecantikan, Kehidupan Serta Efek Samping

Manfaat Udara untuk Hewan :

1. Melancarkan Sistem Respirasi

Sama dengan manusia, manfaat udara untuk hewan pun sangat penting dalam sistem respirasi. Tanpa pasokan oksigen yang cukup, mustahil hewan bisa hidup sehat. Ambil contoh ikan, meskipun di dalam aquarium dan berisi air saja, para pemiliknya mesti memastikan pasokan oksigennya cukup.

2. Membantu Kembang-Biak

Perkembangbiakkan hewan juga amat dipengaruhi oleh udara. Binatang membutuhkan pasokan yang cukup agar sel-sel tubuhnya bisa selalu sehat. Sama dengan manusia, kekurangan oksigen bagi hewan bisa berakibat fatal seperti kematian.

3. Mencegah Kematian

Manfaatnya tentu menjadi upaya mencegah kematian hewan. Ambil contoh lagi pada ikan di dalam aquarium, kalau tidak diberi sirkulasi oksigen, biasanya ikan akan cepat mati. Oleh karena pentingnya unsur abiotik ini, sudah saatnya para pemilik binatang memperhatikan sistem pernapasan binatang peliharaannya.

4. Menyehatkan Tubuh

Sudah tentu manfaat udara bisa menyehatkan tubuh binatang. Membuat mereka tidak gampang kena sakit. Selain itu, oksigen yang terkandung dalam atmosfer atau unsur abiotik ini pun sangat menunjang kelangsungan hidup sel-sel binatang. Jadi lancar regenerasinya dan selalu fresh.

5. Mencegah Penyakit

Manusia yang kekurangan udara bisa kena penyakit anemia, begitu pun dengan hewan yang kekurangan komponen abiotik ini pun bisa kena penyakit anemia pada hewan. Kukurangan sel darah merah serta menurunnya kadar HB pada hewan bisa memicu kematiannya. Sungguh sangat disayangkan!

Manfaat Udara untuk Hewan Lainnya :

6. Mencegah gangguan pertumbuhan
7. Membuat gemuk
8. Membuat daging segar
9. Mencegah sakit-sakitan
10. Membuat bugar

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tanah Untuk Manusia, Hewan, Serta Tumbuhan

Manfaat Udara untuk Tumbuhan :

1. Membantu Fotosintesis

Fotosintesis membutuhkan udara, dalam hal ini adalah CO2. Tanpanya, mustahil terjadi fotosintesis. Dan ketika proses ini berhenti, biasanya tumbuhan akan layu dan mati. Untuk itu, disarankan agar tumbuhan diletakkan di tempat yang kaya dengan CO2 pada siang hari dan O2 pada malam hari.

2. Menunjang Pertumbuhan

Manfaat udara jelaslah menunjang pertumbuhan tanaman. Tumbuhan yang kekurangan CO2 maupun O2 bisa cepat mati dan menguning daunnya. Untuk itu, pastikan bahwa tanaman cukup mendapatkan salah satu unsur abiotik ini.

3. Mencegah Kematian

Kemudian, khasiat untuk tumbuhan akan mencegah kematiannya. Membuat tanaman selalu subur dan segar. Daunnya selalu hijau sebagai wujud dari keberhasilan fotosintesisnya. Selain itu, tanaman juga akan menghasilkan bunga dan buah, jika memang tergolong tanaman berbunga dan berbuah.

4. Membuat Subur

Udara pun memicu kesuburan pada tanaman. Membuatnya selalu tumbuh gemuk dan sehat. Hingga saatnya nanti panen, tumbuhan akan selalu kelihatan bagus.

5. Membantu Penyerbukan

Ini pun sangat penting diketahui bahwa manfaat udara akan membantu proses penyerbukan. Sebab dengan adanya unsur abiotik ini memungkinkan terjadinya angin yang membantu penyerbukan ini.

Manfaat Udara untuk Tumbuhan Lainnya :

6. Mencegah daun layu
7. Mencegah gagal panen
8. Mengatasi tumbuhan kering
9. Mengatasi tumbuhan kerdil
10. Menghilangkan hama

Efek Samping Udara :

Di bawah ini adalah beberapa dampak atau efek samping dari adanya atmosfer di bumi. Efek di bawah ini bisa dibilang menjadi efek utama yang sangat signifikan dan menjadikan alam planet bumi ini sangat proporsional dan sempurna dibandingkan planet lain. Kualitas atmosfer yang terutama mengandung oksigen menjadikan planet bumi aman dihuni makhluk hidup, terutama manusia.

1. Memungkinkan sebuah planet untuk dihuni
2. Membantu makhluk hidup tetap hidup dan berkembangbiak
3. Menangkal paparan radiasi berbahaya, seperti sinar matahari dan sinar kosmik lainnya

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Hutan untuk Manusia, Hewan, Tumbuhan Serta Cara Menjaga

Berbagai penjelasan mengenai manfaatnya untuk manusia, hewan dan tumbuhan seperti di atas seharusnya sudah cukup memberikan pengajaran pada manusia bahwa atmosfer ini sudah selayaknya dijaga. Komponen abiotik ini jangan sampai tercemar dan rusak karena bisa berakibat fatal bagi kelangsungan hidup manusia, makhluk lainnya dan lingkungan secara keseluruhan.

Advertisements

Loading...
Continue Reading

Lainnya dari Geografi

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top