Connect with us

100 Manfaat Batu Bara Untuk Kehidupan Sehari-Hari dan Efek Samping

Geologi

100 Manfaat Batu Bara Untuk Kehidupan Sehari-Hari dan Efek Samping

Batu bara adalah batuan sedimen yang tersusun dari sisa tumbuhan yang sudah terkubur selama jutaan tahun sehingga hanya menyisakan unsur karbonnya saja. Manfaat jenis batuan sedimen yang satu ini ini utamanya yaitu sebagai sumber energi. Jenis bahan tambang ini akan dibakar sehingga menghasilkan energi kalor yang tahan cukup lama. Penggunaan batu jenis ini sudah dilakukan sejak ratusan tahun. Saat ini penggunaan batu ini masih banyak diminati.

Batu Bara, Manfaat Batu Bara, Khasiat Batu Bara

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil batuan ini dengan cadangan yang cukup besar. Selain dimanfaatkan di dalam negeri juga diekspor ke luar negeri. Umumnya di Indonesia ditemukan pada Pulau Sumatra, Kalimantan, dan Papua. Beberapa daerah penghasil batu ini di Indonesia adalah Ombilin, Bukit asam, Kota baru (Pulau Laut), Sebuku, Berau. Batu bara menjadi salah satu hasil tambang utama Indonesia. Harga bahan tambang ini secara global lebih murah dari pada minyak bumi.

Jenis Batu Bara :

1. Lignit

Lignit kadang juga disebut sebagai jenis batu bara yang berwarna coklat. Lignit adalah jenis batuan dengan tingkat kalori yang paling rendah. Hal ini disebabkan material penyususnnya belum mengalami proses carbonisasi. Keberadaan lignit bisanya masih dekat permukaan. Sehingga penambangannya tidak dalam. Karena kalorinya rendah, lignit jarang diminati di pasar dunia. Malahan di beberapa tambang, jenis lignit di buang karena dianggap sebagai pengotor.

2. Sub-Bituminous

Sub-Bituminous adalah baru bara yang memiliki kandungan kalori lebih tunggi dari lignit. Tetapi kandungan air nya masih banyak. Cirinya biasanya berwarna coklat kehitaman. Sub-bituminous memiliki pemasaran yang lebih diminati dari pada lignit, sehingga batuan jenis ini tidak dibuang atau menjadi limbah. Kandungan karbonnya juga lebih tinggi dari pada lignit. Proses karbonisasi pada jenis sub-bituminous juga belum sempurna. Batu bara jenis ini banyak ditemukan batuan sedimen yang berumur muda.

Loading...

3. Bituminous

Jenis batu bara ini dinamakan bituminous karena mengandung bitumen atau aspal. Kandungan kalori didalam bituminous ini cukup tinggi. Sehingga memiliki pemasaran yang luas dan peminat yang tinggi. Kandungan airnya juga rendah. Warnanya hitam arang dan berat. Kandungan karbon nya mencapai 60% hingga 80%. Proses karbonisasi pada batuan jenis ini hampir sempurna. Hampir disemua tambang yang ada di Indonesia ditemukan jenis bituminous ini.

4. Antrasit

Kandungan karbonnya paling tinggi dapat mencapai 98%. Cirinya adalah berwarna gelap dan mengkilap serta beratnya lebih ringan. Kandungan airnya hampir tidak ada. Proses karbonisasi pada antrasit sudah optimal. Tingkat kalori antrasit paling tinggi diantara jenis batu bara lain. Harganya juga paling mahal. Namun persedian dan cadangan antrasit sangat sedikit. Antrasit disebut juga sebagai jenis batuan dengan kualitas paling bagus dan sangat diminati di pasaran.

5. Grafit

Grafit dapat terbentuk dari batu bara yang mengalami proses metamorfosa. Yaitu batua bara antarsit yang terus menerus terkena tekanan dan suhu yang tinggi. Proses tersebut dapat mengubah struktur mineral pada batu bara sehingga dapat membentuk grafit. Kandungan kalori pada grafit rendah. Grafit belakangan ini juga mulai diminati untuk bahan baku industri.

Kandungan Batu Bara :

Komposisi penyusun batuan ini terdiri moistur (air), abu dan mineral, gas (volatile), dan jumlah karbon. Yang pertama adalah kandungan mineral dan abu. Mineral pada batuan ini umumnya mineral carbon, silikat, aluminat, sulfat, natrium, sulfida, karbonat, magnesium, kalium, kalsium, besi, titanium, dan pirit. Mineral pada batu bara akan menjadi abu, namun ada juga mineral sebagai pengotor seperti pirit, kalkopirit, dan lain-lain. Komposisi gas yang disebut juga volatile matter umumnya berupa H2, CO, CO2, CO4, uap, dan tar. Komposisi dalam batuan ini akan menentukan apa saja manfaat batu bara.

Sifat Batu Bara :

1. Warna dan kilap

Warna tersebut adalah warna tampak pada batubara. Biasanya dari coklat sampai hitam pekat. Tergantung dari jenisnya dan menunjukan tingkat kematangan. Semakin gelap maka semakin baik. Sedangkan kilap adalah sifat memantulkan cahaya dari permukaan batuan tersebut. Misalnya kilap minyak atau kilap arang.

2. Gores

Adalah warna asli suatu material atau mineral apabila ditumbuk hingga halus. untuk mengetahui gores pada batu bara tidak perlu ditumbuk, namum dengan cara menggoresnya pada keping porselin atau kertas putih.

3. Berat Jenis

Adalah perbandingan satuan mineral yang ada pada batubara dengan volume air. Untuk mengetahui perat jenis harus melalui tes laboratorium. Karena setiap jenis dan asal lokasi batu bara memiliki berat jenis berbeda-beda.

4. Bau

Jenis batuan sedimen yang satu ini bisanya memilki bau yang khas. Setiap jenisnya akan memiliki bau yang berbeda-beda. Tergantung dari komposisi mineral dan material pengotornya. Umumnya bau batu bara seperti bau minyak tanah.

5. Indeks gerus dan kekerasan

Kekerasan adalah tingkatan daya tahan batu bara pada goresan. Tingkatan kekerasan material biasanya pada skala 1 sampai 10. Sedangkan indeks gerus adalah daya tahan batuan ini untuk menjadi serbuk abu saat dibakar.

Manfaat Batu Bara :

1. Bahan bakar pembangkit listrik

Sebagai bahan bakar maka batu bara akan menghasilkan panas. Panas batu bara dikonfersi menjadi bentuk energi lain seperti listrik. Yaitu dengan cara memanaskan air hingga menjadi uap. Kemudian uap dialirkan untuk menggerakan turbin pada generator. Proses tersebut umum terjadi pada sistem pembangkit listrik tenaga uap (PLTU).

2. Gas batu bara

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa salah satu komposisi batuan sedimen ini adalah gas atau volatile meters. Gas-gas tersebut dapat ditambang dengan metode khusus. Salah satu yang komersil ditambang adalah CH4 disebut juga gas metan batu bara.

3. Bahan bakar industri baja

Sudah dijelaskan bahwa batu bara menghasilkan kalor dalam bentuk panas. Panas ini juga dimanfaatkan dalam industri baja. Hampir seluruh industri baja di dunia  memanfaatkan bahan tambang yang satu ini.

4. Bahan bakar Industri Semen

Panas atau kalor yang dihasilkan bahan tambang ini juga dimanfaatkan dalam industri semen. Material utama penyususun semen seperti batu gamping perlu harus melalui proses pembakaran. Proses pembakaran tersebut umumnya menggunakan batu bara.

5. Penghasil Metanol

Material gas penyusun jenis bahan tambang ini juga dapat di ubah menjadi berbagai produk kimia. Seperti metanol yang dapat diperoleh dari pencairan gas batu bara yang di tambang dari dalam tanah.

Manfaat Batu Bara Lainnya :

6. Produk naftalen
7. Bahan bakar cair
8. Bahan bakar industri kimia
9. Bahan bakar industri kertas
10. Produk farmasi
11. Produk fenol
12. Produk amoniak
13. Produk benzena
14. Bahan pembuatan sabun
15. Bahan pupuk
16. Pembuatan aspirin
17. Sebagai zat pelarut
18. Zat pewarna
19. Produk karbon aktif
20. Industri tekstil
21. Bahan tekstil seperti nilon
22. Bahan baku plastik
23. Produk silikon
24. Produk asam nitrat
25. Sebagai pemasukan pendapatan negara

Efek Samping Batu Bara :

1. Polusi gas buang
2. Pembukaan hutan untuk tambang
3. Penimbunan material tambang
4. Mengancam kesehatan manusia
5. Pembukaan tambang merusak ekosistem
6. Polusi air tanah
7. Polusi sungai
8. Polusi tanah
9. Polusi suara di sekitar tambang
10. Mengancam satwa liar dan habitatnya
11. Ledakan yang terjadi pada area tambang
12. Dapat menyebabkan polusi laut
13. Ancaman kecelakaan pekerja tambang

Berbagai jenis, kandungan, sifat, manfaat dan efek samping batu bara sudah kami jelaskan secara detail. Manfaatkanlah jenis bebatuan ini sebaik-baiknya bagi kehidupan sehari-hari bermasyarakat. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, anda dapat membaca khasiat dan manfaat batu lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Geologi

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top