Connect with us
Bauksit, Manfaat Bauksit, Khasiat Bauksit

Geologi

33 Manfaat dan Khasiat Bauksit Dalam Semua Bidang Serta Efek Sampingnya

Bauksit merupakan bijih utama pembentuk alumunium. Bijih ini pertama kali ditemukan pada tahun 1821 oleh seorang geolog bernama Piere Berthier, nama pembentuk aluminium ini sendiri berasal dari nama salah satu desa di Prancis, Les Baux. Bijih ini menghasilkan aluminium oksida dan aluminium hidroksida. Mineral tersebut tersusun dari mineral anorganik dan senyawa kimia yang terbentuk secara alami.

Bauksit, Manfaat Bauksit, Khasiat Bauksit

Aluminium sendiri merupakan bahan utama pembuatan perabot rumah tangga, transportasi, mesin industri, dan lainnya. Proses pengolahan mineral ini menjadi aluminium melalui 2 tahap yakni proses bayer atau lebih dikenal dengan proses pemurnian yang menghasilkan aluminium oksida dan proses Hall-Heroult atau lebih dikenal dengan nama proses peleburan yang menghasilkan aluminium siap pakai.

Detail Bauksit :

Bauksit merupakan mineral dengan kandungan aluminium hidrat, gibbsit AI (OH)3, boehmite y-ALO (OH), dan diaspora α-ALO (OH), oksida besi goethite, kaolonit, dan sejumlah anatase Tio 2. Kepadatan bauksit 2,7 g/cm-3 pada suhu 20 0c. Bauksit memiliki titik lebur 660,4 oC dan titik didih pada 2467 oC. Titik didih yang tinggi tersebut menyebabkan aluminium bauksit memerlukan tegangan listrik yang tinggi.

Mineral bauksit memiliki ciri cokelat kekuning-kuningan hingga orange. Jika diteliti menggunakan mikroskop, bauksit akan menyerupai Kristal hitam. Bauksit termasuk bebatuan sedimen sehingga tidak memiliki satuan rumus kimia yang tepat. Negara produsen aluminium bauksit adalah Australia dan menjadi eksportir aluminium bauksit terbesar dunia dengan tujuan ekspor terbesar ke Jepang.

Loading...

Sifat Bauksit :

1. Sifat Fisik

Bauksit termasuk mineral yang sangat lunak, itulah alasan mengapa bauksit mudah diolah sebagai aluminium murni siap pakai. Angka kekerasan bauksit hanya mencapai antara 1-3 skala Mohs. Selain itu, bauksit sangat mudah patah, rapuh, tidak bisa larut dalam air dan tahan api sehingga aluminium bauksit sering digunakan sebagai bahan pelapis peralatan yang identik berkontakan langsung dengan api.

Akan tetapi bauksit mampu menghantarkan panas dengan optimal dan merata. Peralatan aluminium bauksit juga mudah dibersihkan, ringan namun memiliki partikel yang cukup padat dan anti karat. Sifat fisik aluminium bauksit tersebut menjadikan aluminium sebagai bahan alternatif sebstitusi bahan lainnya seperti kayu yang mudah terbakar, besi yang mudah berkarat dan sulit dibersihkan.

Mineral bauksit sangat mudah ditemukan karena keberadaannya yang tidak terlalu dalam dibandingan jenis mineral lainnya. Diindonesia sendiir jumlah bauksit sangat melimpah bisanya ditemukan di daerah dengan hutan biomas yang luas seperti pulau Sumatera dan Kalimantan. Hingga kini penggunaan bauksit yang diolah sebagai aluminium masih populer digunakan diseluruh negara di dunia.

2. Sifat Kimia

Buksit mengandung gibbsit yang mudah larut, diaspora yang tidak dapat larut dan bohmit yang sangat susah larut sehingga sifat kimia yang paling dominan pada mineral ini yaitu sifat tidak mudah larut dalam air. Komposisi kimia rata-rata mineral penyusun aluminium ini adalah 45%-60% gibbsit, bohmit, diaspora dan 20%-30% besi. sisanya terdiri dari kaolinit, kuarsa, karbonat, kalsedon, magnesit dolomit, titanium dioksida dan air.

Manfaat Bauksit di Bidang industri :

1. Pembuatan aluminium

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa mineral ini meruapakan bahan utama pembuatan aluminium. Mineral penyusun aluminium ini memang tidak sepenuhnya mengandung aluminium oksida dan aluminium hidroksida. Akan tetapi, kedua jenis senyawa aluminium tersebut merupakan senyawa dominan pembentuk mineral ini. Oleh karena itu, sifat kimianya dengan aluminium hampir sama.

2. Pembuatan badan pesawat

Meskipun keberadaan bauksit cukup mudah ditemukan karena bumi memiliki cadangan mineral ini yang cukup banyak dan harga bijih aluminium yang siap pakai hasil peleburan mineral ini cukup murah, sampai saat ini masih populer digunakan sebagai bahan pelapis badan pesawat terbang, bahan pelapis transportasi darat lainnya, bahkan bisa digunakan sebagai bahan pelapis badab roket.

Meskipun tergolong bahan baku yang cukup diremehkan karena sifatnya yang lunak dan mudah patah, namun transportasi secanggih pesawatpun menggunakan aluminium bauksit sebagai bahan pelapisnya. Halt tersebut bukan tanpa alasan. Keistimewaan aluminium dari mineral ini yakni anti api menjadi alasan mengapa penggunaan mineral tersebut bisa sampai sebagai bahan pelapis badan pesawat terbang.

3. Bahan pembuatan Calcined alumina

Calcined Aalumina merupakan bahan yang digunakan sebagai bahan pembuatan pasir abrasive seperti amplas oksida, polishing bubuk, dan polishing suspension. Kekerasan calcined alumina mencapai skala 9 Mohs. Dalam pembuatan calsined alumina tidak lepas dari keterlibatan mineral tersebut sebagai bahan baku di dalamnya. Pasir abrasive juga digunakan sebagai bahan peledak.

4. Pembuatan proppant

Proppant merupakan partikel tersuspensi yang digunakan untuk menutup rekahan batuan reservoir dalam proses pengeboran minyak dan gas alam. Batuan reservoir sering mengalami keretakan akibat tekanan tinggi di dalam sumbur bor ketika proses pemompaan. Salah satu bahan baku pembuatan propant yakni sintered bauxite atau partikel mineral tersebut.

5. Pemisah kotoran pada bahan tambang

Dalam proses penambangan mineral bumi, minyak, dan gas alam tentunya beberapa partikel yang tidak diinginkan ikut tercampur di dalam partikel minyak bumi, mineral atau gas alam tersebut. untuk memisahkan partikel yang diperlukan dengan partikel yang dianggap kotoran bisa menggunakan mineral bauksit agar memperoleh bahan yang benar-benar bersih.

Manfaat Bauksit di Bidang Industry lainnya :

6. Sebagai bahan baku pembuatan besi
7. Sebagai bahan baku pembuata kramik
8. Sebagai bahan pembuatan peralatan sand-blasting (pasir peledak)
9. Sebagai bahan dasar pembuatan pita kaset rekaman
10. Sebagai bahan pembuatan komponen otomotif
11. Sebagai bahan pewrana cat dikarenakan partikel aluminium yang sangat halus dan mampu menguatkan bahan cat lainnya.

Manfaat Bauksit dalam Kehidupan Sehari-Hari :

1. Pembuatan kemasan makanan

Kita sering menemukan bagian dalam bukus makanan ringan atau makanan kaleng berwarna perak mengkilau. Sifat mineral tersebut yang lunak, mudah rapuh akan tetapi memiliki tingkat kepadatan yang cukup baik sehingga aluminium dari mineral ini sangat tepat digunakan sebagai pelapis bahan makanan yang tidak mudah larut dalam air dan kedap udara. Sehinga makanan yang dibungkus aluminium akan lebih awet.

2. Bahan pembuatan atap rumah, pabrik, gedung, dan bangunan lainnya

Aluminium bauksit menjadi alternatif pembuatan atap dikarenakan masa aluminium yang ringan sehingga mudah dipasang. Selain itu, yang terbuat dari aluminium akan lebih awet dan tahan api sehingga meminimalisir risiko kebakaran atau bencana lainnya. Proses pembuatan atap menggunakan aluminium juga cukup mudah sehingga berimbas pada harga atap aluminum yang relatif murah.

3. Peralatan memasak

Aluminium bauksit merupakan bahan utama pembuatan peralatan memasak. Hampir semua peralatan dapur terbuat dari aluminium karena sifat aluminium tersebut yang tahan api sehingga aman untuk bagi peralatan dapur yang langsung berkontakan dengan api seperti panci, wajan, spatula aluminium, sendok, garpu dan lainnya. Aluminium juga memiliki sifat anti karat sehingga aman digunakan.

4. Sebagai kertas aluminium

Sekarang ini banyak dijumpai peralatan memasak yang berbahan aluminium seperti aluminium foil atau kertas aluminium . Kertas aluminium sering digunakan karena praktis untuk membakar makan tanpa takut makanan tersebut terkontaminasi racun ketika dibakar secara langsung. Selain itu bahan aluminium foilsangat tipisa san mengantarkan panas dengan optimal sehingga masakan matang merata.

5. Pembuatan furniture rumah tangga

Kini semakin majunya teknologi dan progress inovasi manusia yang semakin unggul sehingga mampu menciptakan alternatif lain sebagai subsitusi penggunaan bahan-bahan alam yang tidak ramah lingkungan. Salah satu inovasi yang kini kita jumpai adalah pembuatan lemari atau perabot rumah tangga lainnya menggunakan aluminium dari mineral yang satu ini.

Bukan tanpa alasan, lagi-lagi penggunaan aluminium sebagai bahan peralatan perabot rumah tangga dikarenakan menggunakan kayu sudah dianggap tidak ramah lingkungan karena penebangan liar yang merajalela. Harga rata-rata lemari kayu dengan lemari aluminium juga berbeda yakni lemari aluminium relatif lebih murah dan anti api, rayap, maupun anti lembab.

Manfaat Bauksit untuk kehidupan Ssehari-Hari Lainnya :

6. Produk listrik
7. Reflector cahaya bolalampu
8. Bahan saluran telepon
9. Pelindung kabel baik kabel saluran bawah tanah maupun udara
10. Bahan anti prespirant pembuatan parfum
11. Kemasan obat-obatan

Efek Samping Bauksit Bagi Lingkungan :

1. Mencemari air laut

Limbah dari mineral ini yang dibuang ke laut dapat mencemari perairat laun dan menyebabkan kerusakan ekosistem pada laut seperti terumbu karang, rumput laut dn ikan-kan. Air laut yang tercemar limbah tersebut akan menyebabkan perubahan fisik air seperti rasa dan warna keruh serta berlumpur. Tentu saja hasil laut yang tercemar limbah ini sudah tidak aman dikonsumsi manusia.

Air laut yang terecemar limbah tersebut juga tidak dapat diolah menjadi garam. Pencemaran limbah dari mineral ini yang melebihi batas akan menyebabkan kematian pada ikan-ikan dan makhluk hidup di dalam laut lainnya. Hal tersebut tidak hanya merusak ekosistem tetapi juga merugikan para nelayan ikan dikarenakan mata pencahariannya mulai berkurang.

2. Mencemari hutan mangrove

Hutan mangrove merupakan tanaman yang berfungsi mencegah erosi tanah akibat pasang surut air laut dan ombak. Tidak hanya itu, mangrove menjadi habitat berbagai mcam mahluk hidup seperti kerang laut, ikan, dan sebagainya. Jika hutan mangrove sudah tercemar oleh limbah bauksit makan akn menyebabkan hutan mangrove tidak dapat berfungsi optimal dalam mencegah erosi.

3. Mencemari lahan pertanian dan sumber air warga

Limbah bauksit yang terbuang sembarangan dapat mencemari lahan pertanian di sekitar pabrik bauksit. Lahan pertanian merupakan sumber makanan berupa sayur , padi, dan buah bagi manusia. Jika lahan pertanian sudah tercemar, otomatis akan mengurangi hasil panen bahkan berkhir pada gagal panen. Hasil panen yang tercemar limbah dari mineral ini cukup berbahaya sehingga tidak aman di konsumi.

Air juga merupakan salah satu sumber kehidupan manusia. Air menjadi kmoditi utama yang sangat dibutuhkan dan merupakan elemen bumi yang paling sering digunakan. Air sangat mudah terkontaminasi racun disebabkan sifatnya yang mudah melarutkan zat atau partikel. Oleh sebab itu, air yang tercemar limbah dari mineral ini menjadi berbahaya baik utuk diminum maupun digunakan untuk mandi.

Efek Samping Bauksit Bagi kesehatan :

Mineral ini yang sudah diolah menjadi aluminium dapat menyebabkan :

1. Menyebabkan fibrosis paru dan masalah kerusakan paru-paru lainnya.
2. Kerusakan pada sistem saraf pusat di otak
3. Menyebabkan kerusakan ginjal
4. Penyebab penyakit Alzheimer
5. Tubuh bergetar
6. Limbah bauksit menyebabkan gatal-gatal dan kulit melepuh
7. Kanker
8. Alergi

Baca Juga: Manfaat Batu Bara Untuk Kehidupan Sehari-Hari dan Efek Samping

Manfaat bauksit atau bahan utama pembuatan aluminium memang sangat banyak membantu dalam kehidupan sehar-hari. Peralatan dari aluminium dari mineral ini sangat praktis, aman dan nyaman. Akan tetapi dibalik itu semua, bauksit menyimpan sejuta dampak buruk bagi lingungan dan kesehatan. Bahkan seorang pembuat film asal hongaria mendokumentasikan dampak buruk mineral ini di Brazil. Anda dabat belajar manfaat geologi lainnya.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Geologi

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top