Connect with us
Gas Alam, Gas Bumi, Manfaat Gas Alam, Khasiat Gas Alam

Geologi

45 Manfaat dan Khasiat Gas Alam untuk Kehidupan Manusia Sehari-Hari Serta Efek Samping

Gas alam atau yang lebih dikenal dengan gas bumi, merupakan salah satu bahan bakar berbentuk gas yang terbuat dari metana. Gas ini terbentuk akibat pengendapan fosil makhluk hidup selama ratusan tahun di dalam tanah. Karena membutuhkan waktu ratusan tahun bagi bumi kita untuk menghasilkan gas ini, maka  dikategorikan sebagai sumber daya yang tidak dapat diperbaharui.

Gas Alam, Gas Bumi, Manfaat Gas Alam, Khasiat Gas Alam

Gas alam dapat ditemukan di ladang gas bumi dan tambang batu bara. Gas bumi ini biasanya ditemukan bersamaan dengan minyak bumi. Jika minyak bumi memiliki banyak manfaat bagi manusia, tak terkecuali gas ini. Manfaat gas alam bagi manusia juga banyak sekali. Baik di bidang industri, kesehatan maupun dalam kehidupan sehari-hari lainnya.

Detail Gas Alam :

Zat pembentuk gas alam atau gas bumi yang paling utama adalah metana. Meskipun begitu, gas bumi juga terdiri dari molekul-molekul hidrokarbon lainnya. Selain metana, gas bumi mengandung etana, propana, butana dan sulfur atau belerang.

Kandungan zat alam memang bervariasi. Variasi yang ada ini terjadi karena menyesuaikan tempat atau ladang gas bumi di mana gas alam tersebut ditemukan. Tak heran jika dalam gas ini ada pula kandungan seperti nitrogen, helium, karbondioksida, air dan merkuri.

Sifat Gas Alam :

1. Tidak menimbulkan efek korosi

Gas bumi yang telah melewati tahap pemurnian memiliki sifat yang menguntungkan yaitu tidak akan menjadikan korosi seperti karat pada peralatan pengolahannya.

2. Nilai kalori yang tinggi

Gas bumi memiliki nilai kalori yang tinggi apabila gas ini digunakan atau dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Maka dari itu jenis bahan bakar ini mempunyai nilai kalori yang sangat tinggi sekali.

3. Tidak menimbulkan endapan

Setelah melalui tahapan pemurnian, gas alam atau gas bumi terutama dalam bentuk gas cair tidak akan menghasilkan endapan. Hal ini terutama tidak terjadi di dalam sistem penampungan dan penyimpanan.

4. Tidak menimbulkan asap

Gas alam jika dibakar tidak akan menghasilkan jelaga atau asap. Itulah mengapa gas ini dikenal sebagai bahan bakar yang ramah lingkungan karena tidak mencemari udara.

5. Memiliki tekanan uap yang tidak menimbulkan ledakan

Gas ini setelah selesai dari proses pemurnian dipastikan memiliki tekanan uap yang cukup. Hal ini nantinya penting untuk keselamatan selama proses pengangkutan,penyaluran dan penyimpanan gas bumi.

Manfaat Gas Alam Untuk Rumah Tangga :

1. Gas alam untuk memasak

Meskipun gas bumi sering diidentikkan dengan dunia industri, namun manfaat gas alam juga dirasakan dalam rumah tangga. Salah satu contohnya adalah penggunaan gas LPG yang terbuat dari gas bumi.

2. Gas alam untuk kesehatan lingkungan

Hasil pembakaran gas bumi jika dibandingkan dengan minyak bumi dan batu bara tentu hasilnya lebih bersih. Hal ini menjadikan gas ini mampu mengurangi emisi akibat pembakaran bahan bakar lain di udara. Sehingga, udara akan lebih aman dari polutan berbahaya. Meskipun terkesan remeh, manfaat gas ini untuk kesehatan sangat penting.

Manfaat Gas Alam Untuk Rumah Tangga Lainnya :

3. Sebagai bahan bakar kendaraan rumah tangga
4. Sebagai jaringan gas bumi rumah tangga
5. Sebagai bahan baku pemanas dan pendingin di dalam rumah
6. Sebagai pengering pakaian
7. Pemanas air
8. Sebagai bahan untuk pendingin ruangan atau AC

Manfaat Gas Alam Untuk Industri :

1. Sumber bahan baku pengolahan plastik

Gas bumi atau LDPE (low density polyethylene) digunakan untuk mengolah plastik pada setiap industri plastik. Gas ini merupakan bahan yang cocok untuk membuat plastik, cat, detergen dan pembasmi serangga.

2. Sebagai komoditi atau barang mentah

Gas bumi dari Indonesia dapat dijual ke luar negeri yang kemudian akan menghasilkan penghasilan bagi negara. Hingga kini, gas bumi masih menjadi komoditi favorit bagi negara yang memiliki SDA yang kurang untuk mengimpor dari Indonesia.

3. Penciptaan lapangan kerja

Pengolahan gas bumi dari mulai menemukan di dalam tanah hingga pengolahan memerlukan tenaga ahli yang banyak. Apalagi kebanyakan tambang gas alam dilakukan di spot-spot yang off shore sehingga keberadaan beberapa profesi dianggap sangat penting.

4. Pembangkit listrik tenaga uap

Gas alam memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaatnya adalah untuk menggantikan air sebagai daya pembangkit listrik. Gas ini dapat dijadikan pengganti air untuk daya pembangkit listrik.

5. Digunakan dalam industri pengolahan kertas

Gas alam dapat digunakan untuk sektor industri termasuk dalam industri pembuatan kertas. Gas ini bukan sebagai bahan baku tetap digunakan untuk menyalakan mesin pembuat kertas dan tissue.

Manfaat Gas Alam Untuk Industri Lainnya :

6. Bahan baku pembuatan cat
7. Meningkatkan ekonomi negara
8. Industri rekayasa hujan
9. Bahan baku industri pupuk amonia
10. Untuk industri penghasil detergen
11. Industri pengelasan besi dan baja
12. Digunakan untuk pemadaman api ringan
13. Digunakan dalam industri penghasil cairan pencegah serangga
14. Industri produksi tissue
15. Dimanfaatkan untuk industri besi tuang
16. Sebagai bahan bakar untuk alat dan mesin
17. Digunakan sebagai dry ice
18. Untuk bahan baku minuman soft drink
19. Campuran pembuatan metanol
20. Digunakan dalam kegiatan industri petrokimia

Manfaat Gas Alam Untuk Kehidupan :

1. Sebagai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Gas bumi sebagai sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui tentu sangat sedikit jumlahnya. Maka, sebelum gas ini punah perlu dilakukan kajian atau penelitian yang mendalam mengenai berbagai sektor dari gas bumi itu. Sehingga pemanfaatannya bisa optimal.

2. Sebagai bahan untuk penelitian

Meskpun gas alam sudah banyak dimanfaatkan dalam kehidupan manusia, tapi perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai bagaimana manfaat gas bumi yang mungkin belum diketahui manusia sehingga keberadaan gas ini dapat dioptimalkan pemanfaatnya.

3. Digunakan untuk energi alternatif

Gas bumi dewasa ini menjadi energi alternatif yang dipilih karena sifatnya yang bersih dan tidak menimbulkan polusi yang mengganggu.

4. Meningkatkan ekonomi negara

Dengan keberadaan gas alam, negara kita mampu menyediakan banyak lapangan kerja bagi warga negara maupun profesi dari luar negeri. Selain itu gas bumi dalam bentuk LNG masih menjadi komoditas yang diekspor oleh Indonesia ke negara-negara maju. Dua hal inilah yang menjadi manfaat gas bumi untuk membangun ekonomi negara.

5. Membantu pencegahan pencemaran lingkungan

Seperti yang kita tahu, gas bumi ini merupakan bahan bakar yang bersih dan tidak menghasilkan emisi di udara. Itulah sebabnya penggunaannya sebagai sumber bahan bakar dianggap dapat mengurangi pencemaran lingkungan oleh polutan.

Manfaat Gas Alam Untuk Kehidupan Lainnya :

6. Sebagai sumber kekayaan negara
7. Energi alternatif di rumah
8. Sebagai kontribusi bagi ekonomi dunia
9. Sumber tenaga uap
10. Pengolahan hasil hutan
11. Bahan bakar transportasi
12. Bahan untuk menciptakan listrik
13. Energi pengganti minyak bumi

Efek Samping Penggunaan Gas Alam :

Gas bumi yang padat hidrogen akan mudah menyala dan berbahaya bagi aktivitas manusia. Selain itu eksplorasi gas ini tentunya dapat mengganggu keberadaan makhluk hidup di sekitar tambang gas bumi.

Sebagai salah satu sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui, penggunaan atau konsumsi gas alam perlu diperhatikan. Meskipun banyak sekali manfaat gas alam, tetapi cadangan gas alam di bumi tidak banyak. Menggunakan gas bumi dengan bijak dan tepat sasaran akan membantu mengoptimalkan penggunaan sumber daya alam ini. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, anda dapat membaca khasiat dan manfaat ilmu geologi lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Geologi

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top