Connect with us
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata

Geologi

46 Manfaat dan Khasiat Intan Dalam Semua Bidang Serta Efek Sampingnya

Intan menjadi salah satu jenis mineral yang memiki bentuk kristal dan berasal dari karbon. Selain itu adanya kekuatan menakjubkan yang terkandung di dalam benda berharga tersebut, pasalnya jenis batu ini sangat sulit dihancurkan dan hanya bisa dihancurkan menggunakan tanur listrik yang sangat panas.

Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata

Intan juga terkenal dengan istilah lain seperti berlian atau diamond. Jika dipandang dari segi nilai harga, intan hampir sama bernilainya dengan emas karena juga banyak dipergunakan sebagai perhiasan. Tidak hanya bisa digunakan dalam pertukaran nilai, manfaat intan juga sangat banyak baik itu untuk kesehatan atau keseharian Anda.

Untuk mendapatkan batu cantik ini, bisa ditambang di daerah yang kaya dengan kandungan intan seperti wilayah afrika khususnya afrika tengah dan juga selatan. Penggunaan intan tidak hanya untuk menjadi bahan perhiasan saja, tapi banyak juga dipergunakan untuk kepentingan ekonomi dan lainnya.

Manfaat Intan Untuk Kesehatan :

1. Pencegah Stres

Stres atau depresi bisa terjadi karena kelebihan pikiran dalam otak. Biasanya di derita oleh orang yang memiliki banyak pekerjaan yang melibatkan pikiran. Hal itu akan membuat stres semakin meningkat dan bisa menyebabkan berbagai masalah penyakit meski ini adalah masalah yang spele. Berlian menjadi salah satu alat perihasan yang bisa memberikan efek sejuk dan menenangkan otak karena visual yang dimilikinya. Dalam contoh kecil, melihat jam atau gelam yang terbuat dari berlian bisa memberikan ketenangan tersendiri.

2. Sehat Untuk Kulit

Kandungan intan sebenarnya tidak berbahaya untuk kulit bahkan bisa membantu menyehatkan. Intan sendiri berasal dari mineral yang berbentuk batu. Melakukan kontak langsung dengan kulit akan memberikan efek baik dan tidak akan menimbulkan efek negatif jika Anda tidak memiliki gangguan alergi pada benda-benda seperti intan sebelumnya. Kulit akan tampak lebih kencang dan bisa membantu dalam meningkatkan kecantikan Anda.

3. Melancarkan Aliran Darah

Kandungan intan yang terkena langsung dengan kulit bisa membantu dalam meningkatkan aliran darah. Sangat cocok untuk Anda gunakan jika mengalami gangguan pada aliran darah. Selain itu, aliran darah yang lancar bisa sangat membantu dalam menghindarkan diri dari berbagai macam serangan penyakit berbahya, khususnya pada pembuluh darah.

4. Mencegah dan Mengatasi Kesemutan

Kesemutan sering kali kita alami, biasanya disebabkan karena aliran darah yang terganggu. Masih memiki kaitan dengan aliran darah tak lancar, penggunaan berlian juga bisa membantu dalam mengatasi kesemutan ringan karena khasiatnya bisa membantu dalam melancarkan aliran darah yang menjadi penyebab utama saat kulit tubuh Anda kesemutan. Beberapa daerah tubuh yang sering terkena dampak kesemutan adalah kaki, tangan, paha, dan lainnya.

5. Menenangkan Saraf

Berbeda dengan jenis batu lainnya, berlian bisa membantu dalam mengatasi atau mencegah saraf agar tidak rusak. Selain itu, saraf juga selalu terhubung dengan darah di mana kandungan berlian bisa membantu dalam melancarkan aliran darah. Saraf otak biasanya cenderung mudah rusak daripada saraf pada punggung. Penggunaan berlian pada diri Anda bisa membantu merelaksasi otak.

Manfaat Intan Untuk Kecantikan :

1. Atasi Penurunan Kolagen

Saat tubuh manusia berada dalam fase dewasa sekitar umur 30 tahun ke atas, kandungan kalogen yang berfungsi untuk membuat kulit dan rambut tampak cantik akan mulai menghilang. Kandungan berlian bisa membantu dalam meningkatkan dan mencegah penurunan kolagen ini agar kecantikan kulit Anda tetap terjaga.

2. Mencerahkan Kulit

Zat berlian sangat baik untuk membuat kulit tetap bercahaya meski pada dasarnya kulit Anda kusam. Kandungan mineralnya akan membantu dalam memutihkan kulit dan mencegah masalah kulit hitam.

3. Membantu Mengatasi Penuaan Dini

Penuaan dini biasanya terjadi pada orang yang sudah menginjak umur 30 tahun ke atas. Kulit akan tampak seperti 40 tahun ke atas, namun tidak sedikit juga kasus penuaan dini terjadi pada remaja belasan tahun. Kandungan pada berlian akan membantu dalam mengatasi penuaan dini ini karena memiliki kandungan yang bisa merelaksasi kulit.

4. Merangsang Sel Kulit

Sel kulit biasanya memiliki masanya sendiri. Sel kulit akan mati dan menjadi hitam, hal ini yang biasa disebut sel kulit mati. Sel mati ini akan membuat kulit menjadi kusam. Kandungan berlian atau intan akan membantu dalam merangsang sel kulit yang bisa membantu dalam mencegah kulit kusam dan masalah kulit lainnya.

5. Atasi Noda Hitam

Kandungan yang ada berlian juga bisa membantu dalam mengatasi gangguan noda hitam yang biasanya terdapat pada wajah. Kandungan berlian akan meresap dan mengatasi sumber dari noda hitam tersebut.

Manfaat Intan Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Sebagai bahan gelang

7. Sebagai bahan anting

8. Sebagai bahan cincin

9. Sebagai bahan kalung

10. Membantu dalam mengatasi kerusakan kulit

11. Membantu dalam mengatasi alergi

12. Mengatasi inflamasi

13. Menjaga kulit tetap kencang

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Nikel untuk Kehidupan Sehari-Hari Serta Efek Samping

Manfaat Intan Dalam Bidang Industri :

1. Sebagai Bahan Utama Industri

Penggunaan intan sebagai salah satu bahan pendukung di sebuah industri banyak sekali diterapkan karena fisat intan yang benar-benar kuat dan susah dihancurkan. Beberapa contohnya adalah penggunaan bahan abrasif pada industri mata bor atau gergaji gerindra.

2. Mata Pencaharian Industri

Banyak industri yang menggunakan material intan sebagai pencaharian utama seperti industri tambang berlian. Intan yang telah diola bisa disatukan dan dijual kembali sehingga laba untuk perusahaan tersebut.

3. Industri Penjualan Perhiasan

Penggunaan intan juga bisa digunakan sebagai pembuatan perhiasan seperti kalung, gelang, cincin, jam, dan lainnya. Hal ini bisa menjadi keuntungan besar untuk penrajin intan agar bisa mendapatkan manfaat dari intan tersebut.

4. Pelapis Bangunan

Intan bisa digunakan sebagai pelapis bangunan atau pelapis benda lainnya yang bersifat super privat. Karena memiliki sifat yang sangat keras, penggunaan intan sebagai pelapis dinding ruangan rahasia mungkin bisa saja menjadi pilihan selain penggunaan material baja.

5. Perhiasan Alat Elektronik dan Transportasi

Selain emas, berlian atau intan juga banyak digunakan oleh industri alat elektronik seperti TV, smartphone, dan lainnya sebagai bahan perhiasan untuk memberikan pandangan sosial yang lebih tinggi kepada calon pembeli. Selain itu, penggunaan yang sama bisa juga diterapkan di alat transportasi seperti motor, mobil, kereta, dan lainnya.

Manfaat Intan Dalam Bidang Ekonomi :

1. Mendapatkan Uang

Karena nilai uang dari intan sangat tinggi, penggunaan seperti dijual bisa menjadi solusi dalam mengatasi ekonomi merosot Anda. Harga intan pun berubah-rubah sehingga Anda harus cermat jika ingin menjualnya.

2. Alat Transaksi Barter

Penerapan seperti ini memang sudah jarang dilakukan pada zaman sekarang, berbeda dengan zaman dulu. Namun nilanya masih sama sama dengan uang tapi bedanya memakai sistem barter saling menukar barang dengan nilai yang sama atau lebih tinggi.

3. Sebagai Bahan Penyimpanan Cadangan Devisa

Sama dengan emas, harga intan di dunia saat ini akan terus naik walau tak secepat emas. Namun bisa digunakan sebagai cadangan devisa yang cukup membantu nantinya jika sangat diperlukan mengingat harga intan yang terus berkembang.

Baca Juga: Manfaat Batu Bara Untuk Kehidupan Sehari-Hari dan Efek Samping

Manfaat Intan Dalam Bidang Sosial :

1. Meningkatkan Derajat Sosial

Penggunaan intan bisa menjukkan tinggi rendahnya pandangan sosial dalam lingkungan masyarakat. Mereka yang menggunakan intan atau berlian sebagai perhiasan cenderung memiliki tingkat sosial yang lebih tinggi dibandingkan mereka yang tidak menggunakannya.

2. Alat Ukur Derajat Sosial dalam Masyarat

Sama seperti emas, penggunaan intan untuk niat pamer atau sebagai perhiasan bisa menentukan tingkat sosial pada lingkungan masyarakat karena mencerminkan kekayaan yang dimiliki oleh seseorang.

3. Simbol Ikatan atau Pernikahan

Intan bisa dijadikan sebagai simbol pernikahan menggantikan emas seperti penggunaan intan untuk mas kawin. Selain itu, menggunakan intan sebagai simbol pernikahan juga bisa berarti doa semoga rumah tangga yang dijalani sekeras berlian.

Manfaat Intan Dalam Bidang Agama :

1. Sebagai Bahan Baku Tempat Ibadah

Tempat ibadah seperti Masjid, Gereja, dan lainnya merupakan tempat yang suci sehingga perlu memberikan yang terbaik untuk bangunannya agar nyaman digunakan untuk kegiatan ibadah. Selain emas, penggunaan intan untuk bahan baku tempat ibadah juga bisa diterapkan karena sifat intan yang benar-benar keras dan susah dihancurkan. Selain itu, intan bening juga bisa digunakan sebagai simbol kesucian yang bisa diterapkan pada aksesoris tempat ibadah.

Manfaat Intan Dalam Bidang Elektronik :

1. Bahan Baku Alat Elektronik

Intan merupakan material batu yang keras sehingga sangat cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan alat elektronik yang penggunaannya selalu berurusan dengan penggunaan yang kasar agar tidak mudah rusak nantinya.

2. Sebagai Perhiasan Alat Elektronik

Dalam contoh kecil sebut saja smartphone yang sekarang ini sudah banyak menggunakan material intan untuk pelapis luar dan aksesoris tambahannya. Hal ini bisa memberikan tingkat derajat sosial yang lebih tinggi jika menggunakan alat elektronik berbahan intan atau berlian.

Manfaat Intan Dalam Bidang Olahraga :

1. Perhiasan Atlet

Penggunaan intan untuk perhiasan atlet atau sekedar alat pamer dari atlet tersebut juga bisa dilakukan. Selain memberikan manfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri atlet tersebut, penggunaan seperti ini juga bisa menjadi salah satu menjadi salah satu ajang untuk menciutkan lawan agar bisa memenangkan pertandingan tanpa banyak perlawanan.

2. Sebagai Bahan Baku Alat Olahraga

Biasanya alat olahraga digunakan oleh orang-orang yang keras dan pada dasarnya penggunaannya sangat keras karena itulah banyak industri yang memilih bahan material besi bahkan baja. Karena nilai yang tinggi dan dianggap terlalu berlebihan, penggunaan intan sebagai bahan baku pembuatan alat olahraga tidak banyak diterapkan.

3. Sebagai Bahan Baku Pembuatan Penghargaan

Biasanya piala atau penghargaan dari ajang olahraga bergensi biasanya dibuat dari emas, perak, dan perunggu. Penggunaan intan sendiri tidak banyak diterapkan tapi biasa dijadikan sebagai aksesoris tambahan dari piala atau penghargaan dalam suatu ajang olahraga bergensi.

Efek Samping Intan :

Intan atau berliang merupakan salah satu bahan material yang sangat banyak memiliki manfaat untuk kehidupan sehari-hari. Tapi penggunaan terlalu banyak bisa menyebabkan masalah atau efek samping berbahaya pada tubuh bahkan kehidupan sehari-hari seperti:

1. Masalah mual-mual

2. Masalah pusing

3. Bisa menyebabkan depresi berat

4. Bisa menyebabkan alergi pada berlian

5. berbuah jelek pada pandangan orang

6. Bisa mengakibatkan masalah epilepsi

7. Bisa menyebabkan masalah kejang-kejang

8. Gangguan pada kulit

9. Iritasi kulit

10. Kulit merah

11. Memancing kejahatan sosial

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Timah untuk Kesehatan, Industri, Kehidupan Sehari-Hari Serta Efek Samping

Penggunaan berlian sangat bermanfaat untuk kecantikan seseorang karena manfaat intan pada dasarnya memberikan pandangan yang enak dipandang oleh orang lain dan diri kita sendiri. Namun penggunaan yang berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan bahkan keseharian penggunanya, jadi Anda harus benar-benar bijak dalam menggunakan. Untuk menambah wawasan dan pengetahuan, anda dapat membaca khasiat dan manfaat tentang geologi lainnya.

Continue Reading

Lainnya dari Geologi

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top