Connect with us

23 Manfaat Fosfat untuk Kehidupan Manusia dan Tumbuhan

Geologi

23 Manfaat Fosfat untuk Kehidupan Manusia dan Tumbuhan

Manfaat Fosfat  – Fosfat atau Ortofosfat merupakan senyawa kimia yang ketersediaan-nya melimpah ruah di alam, karena terbentuknya di alam secara alami. Ketersediaan fosfat tersebut berasal dari makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuhan yang termasuk golongan  senyawa organik. Sedangkan yang termasuk golongan fosfat anorganik berasal dari tanah dan air. Sumber ini bisa didapatkan di perairan laut maupun di perairan ter kikis. Sumber ini di perairan laut yaitu sungai. Hal ini karena air laut membawa sampah dari daratan yang bermuara ke sungai. Sehingga di sungai terbentuk sedimen-sedimen atau pun batuan.

Fosfat, Manfaat Fosfat, Khasiat Fosfat

Ketersediaan fosfat alam kini sangat diperhatikan oleh masyarakat luas karena manfaat yang dihasilkannya baik untuk kesehatan maupun kegiatan industri. Selain diperhatikan oleh masyarakat, pemerintah juga mengakui bahwa senyawa kimia anorganik ini merupakan bagian penting dalam kehidupan sehari-hari karena banyak sekali manfaat yang dihasilkannya.

Pengertian Fosfat

Fosfat merupakan senyawa kimia yang terdapat di alam. Golongan senyawa ini dikelompokkan menjadi dua , yaitu fosfat organik dan unsur fosfat anorganik. Senyawa ini organik merupakan senyawa yang terdapat secara alami pada tubuh hewan dan tumbuhan, sedangkan senyawa fosfat anorganik merupakan senyawa yang terdapat pada air dan tanah. Senyawa fosfat yang terdapat pada air dan tanah ini mengendap di sedimen menjadi batuan.

Ciri-Ciri Fosfat

1. Terdapat pada air laut, tanah, limbah, dan tubuh makhluk hidup
2. Di alam memiliki titik didih 2800 C dan titik lebur 44,10 C
3. Senyawa kimia yang bersifat radikal
4. Senyawa kimia yang mengandung mineral dan ion
5. Strukturnya berwarna ataupun kristal

Loading...

Manfaat Fosfat

1. Untuk Keseimbangan Nutrisi Tubuh

Manusia perlu menjaga keseimbangan nutrisi tubuh untuk kesehatannya. Nutrisi di dalam tubuh manusia sudah ada, namun diperlukan nutrisi yang seimbang. Untuk membentuk nutrisi seimbang ini diperlukan fosfor untuk mengikat mineral yang ada didalam tubuh. Mineral yang ada didalam tubuh contohnya seperti magnesium, kalsium dan aluminium. Ketika mineral tersebut sudah diikat oleh fosfor maka akan membentuk suatu garam yang menciptakan tubuh lebih seimbang.

2. Obat Osteoporosis dan Rakhitis

Osteoporosis dan rakhitis merupakan penyakit yang menyerang tulang. Ketika jaringan tulang mengalami degradasi maka akan menyebabkan pengeroposan tulang, sehingga tulang menjadi lemah. Penyakit ini biasanya diderita oleh kalangan orang tua, namun disisi lain banyak anak-anak maupun remaja yang terkena penyakit ini.

Maka dari itu untuk menghindari degradasi kualitas jaringan tulang, perlu mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung unsur fosfor sebagai penguat tulang. Salah satu minuman yang mengandung unsur ini yaitu susu, karena susu kaya akan kalsium dan fosfat.

Selain mengkonsumsi susu, baiknya juga mengkonsumsi suplemen yang juga mengandung fosfat dan kalsium. Namun untuk konsumsi kalsium harus diperhatikan dosisnya, karena apabila dikonsumsi dalam jumlah yang banyak tidak baik untuk kesehatan ginjal.

3. Penguat Gigi dan Tulang

Salah satu alasan manfaat untuk tulang dan gigi yaitu fosfat mengandung suatu mineral yang disebut fosfor. Fosfor inilah yang berfungsi untuk menguatkan gigi dan tulang. Namun untuk pembentukan tulang dan gigi mineral fosfor tidak bekerja sendiri yaitu dibantu dengan vitamin seperti vitamin D.

Kadar unsur ini didalam tubuh berhubungan dengan kadar kalsium. Semakin tinggi fosfat dalam darah, maka semakin tinggi pula kalsium. Ketika jumlah kalsium banyak, maka tulang dan gigi akan lebih kuat.

4. Penghasil Energi Bagi Tubuh

Makhluk hidup dalam melangsungkan kehidupannya memerlukan energi untuk sumber tenaganya. Telah diketahui sebelumnya bahwa turunan dari fosfat yaitu unsur fosfor, unsur fosfor inilah yang menghasilkan energi bagi tubuh. Bagaimana fosfor menghasilkan energi bagi tubuh? Fosfor ini dalam reaksinya membantu proses metabolisme tubuh dengan memindahkan energi ATP sehingga membentuk Karbohidrat. Karbohidrat inilah yang berfungsi sebagai penghasil energi untuk tubuh.

5. Penyubur Tanaman

Manfaat fosfat untuk pertanian yaitu dapat menyuburkan tanaman. Tanaman memerlukan unsur zat hara yang diperlukan tanaman, salah satunya unsur ini yang diperlukan dalam jumlah yang besar (makronutrien). Seperti halnya penghasil energi bagi tubuh manusia, yang perannya itu adalah senyawa fosfatnya yang berupa fosfor.

Fosfor ini di ibaratkan sebagai kunci dalam kehidupan tumbuhan, hal ini karena jika melihat manfaat fosfor dapat merangsang pembentukan akar terutama pada awal pertumbuhan. Selain itu fosfor ini mempercepat proses perbungaan, biji dan buahnya pun cepat tumbuh dan masak.

6. Bahan Baku Pembuatan Pupuk

Tumbuhan mendapatkan nutrisi yang terdapat dari tanah dan air, namun untuk mendapatkan hasil yang bagus, maka tanaman tersebut harus membutuhkan sumber nutrisi lainnya yaitu pupuk. Pada zaman sekarang pupuk jumlahnya sangat melimpah ruah, dan bahan-bahannya pun sangat beragam. Salah satu bahan untuk pembuatan pupuk yaitu fosfat.

Pupuk yang menggunakan bahan baku ini cocok untuk tanah yang memiliki kadar kalsium yang tinggi karena membutuhkan banyak nitrogen dan fosfor. Tanaman yang kekurangan fosfat maka proses pertumbuhannya lambat, ukurannya kerdil, dan daunnya berwarna keabuan. Maka dari itu, ketika tumbuhan ditambahkan pupuk pertumbuhannya akan bertumbuh cepat, ukurannya besar dan daunnya berwarna hijau segar.

7. Pengolahan Air

Dalam pengolahan air digunakan untuk mencegah warna merah dari oksida besi dan warna hitam dari unsur mangan dari air. Selain itu ketika ditambahkan pada air akan menahan pembentukan endapan mineral dan korosi, sehingga dihasilkan air yang berkualitas baik dan dapat dimanfaatkan untuk air minum.

8. Dibuat untuk Produksi Keramik

Keramik yang digunakan oleh masyarakat luas, salah satu bahan utamanya yaitu fosfat. Hal ini membantu proses munufaktur dan memberikan sifat fungsional pada keramik. Bahan yang digunakannya yaitu polifosfat yang berbentuk lempung cair.

Manfaat Fosfat Lainnya

9. Menyehatkan saluran pada sistem pencernaan
10. Mencegah terjadinya kelelahan otot
11. Mengatasi pada masalah seksual
12. Menjaga kesehatan pada organ ginjal
13. Membantu pengoptimalan fungsi sel dalam tubuh
14. Mendukung proses biokimia didalam tubuh
15. Mengendalikan hormon agar tetap seimbang
16. Pemadaman Api
17. Untuk Industri Cat dan Pelapis
18. Dibuat untuk Pembuatan Korek Api

Itulah beberapa manfaat fosfat bagi kehidupan manusia sehari-hari. Baik bermanfaat untuk kesehatan, kebutuhan makhluk hidup dan kebutuhan dalam kegiatan industri. Fosfat yang didapatkan tersebut diambil dari sumber daya alam yang ada.

Potensi unsur fosfat di Indonesia keberadaanya cukup banyak ditemukan, umumnya ditemukan di daerah pegunungan karang, batu gamping atau dolotimik yang merupakan deposit gua. Deposit unsur ini di Indonesia sendiri yang memiliki deposit paling banyak yaitu di Pulau Jawa sebesar 66%, di Sumatra Barat sebesar 17%, di Kalimantan sebesar 8%, di Sulawesi sebesar 5%, di Papua, Aceh, Sumatra Utara dan Nusa Tenggara depositnya sebesar 4%. Namun di sisi lain ketika penggunaan fosfat tidak memenuhi standar secara teknis atau secara ekonomis akan merugikan maka diperlukannya pengawasan dari pemerintah mengenai hal tersebut.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Geologi

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top