Connect with us

26 Manfaat dan Khasiat Getah Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Getah

26 Manfaat dan Khasiat Getah Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Getah Pisang Getah pisang merupakan getah tanaman yang sering dimanfaatkan sebagai obat herbal dan alami. Pisang menjadi salah satu tanaman pohon yang setiap bagian memiliki manfaatnya sendiri, mulai dari atas sampai akarnya. Salah satu bagian pisang yang bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari adalah batangnya. Batangnya bisa dijadikan sebagai bahan pakan hewan ternak seperti sapi atau dijadikan sebagai bahan sayuran yang lezat. Dengan catatan, batang harus dipilih yang muda. Didalamnya ada getah pisang. Manfaat getah pisang untuk kesehatan dan kecantikan sangatlah banyak.

Getah Pisang, Manfaat Getah Pisang, Khasiat Getah Pisang

Karena itulah, getah pisang menjadi salah satu alternatif bahan makanan untuk dijadikan berbagai olahan seperti sup. Apalagi keberadaan pohon pisang sendiri sangat banyak di Indonesia. Bahkan di setiap daerah di Indonesia Anda bisa melihat pohon pisang di mana-mana. Tidak terlihat seperti bentuknya, ternyata kandungan gizi dan nutrisi getah pisang cukup banyak serta sehat untuk kesehatan tubuh manusia.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Getah Pisang :

Getah pohon pisang memiliki kandungan mineral dan vitamin yang tinggi diantaranya adalah vitamin C, vitamin B kompleks, kalium, fosfor, kalsium, magnesium, dan zat besi. Semua kandungan tersebut sangat berkhasiat untuk kesehatan tubuh bahkan kecantikan. Jadi untuk Anda yang belum tahu, jangan sia-siakan getah pisang yang ada.

Manfaat Getah Pisang Untuk Kesehatan :

1. Sebagai Sumber Energi

Saat Anda memakan buah pisang, Anda akan merasa kenyang dan energi terasa bertambah. Kandungan energi yang Anda rasakan setelah memakan pisang berasal dari buah dan getah pisang yang termakan oleh Anda. Getah ini bisa ditemukan dibuahnya dan sehat untuk dikonsumsi. Kandungan energinya terbilang cukup tinggi, karena itulah buah pisang termasuk salah satu buah yang bisa membuat kenyang dan membuat tubuh menjadi lebih energik.

Loading...

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Kandungan vitamin pada getah buah pisang juga membantu dalam meningkatkan kesehatan otak. Hal ini akan membuat otak menjadi lebih bertenaga, meningkat performanya, dan berpikir lebih jernih. Banyak orang yang berpikir bahwa monyet dan sebangsanya bepikir lebih baik daripada hewan lain. Salah satu faktornya adalah mereka hobbi memakan buah pisang yang mengandung getah pisang sehingga meningkatkan kerja dan kualitas otak.

3. Membantu Mengatasi Diabetes

Penyebab diabetes biasanya karena faktor keturunan namun faktor lainnya adalah faktor pola hidup yang tidak baik seperti terlalu sering memakan manisan dan jarang olahraga. Penyakit ini bisa menyebabkan masalah serius karena meningkatkan kadar gula dalam darah, bahkan bisa menyebabkan kematian. Kandungan yang ada pada getah pisang akan membantu dalam mengatasi masalah diabetes.

4. Sehat Untuk Tulang

Tulang menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat penting. Dengan adanya tulang, keseimbangan tubuh untuk tetap berdiri dan begerak bisa lebih seimbang dibantu dengan adanya otot. Kandungan kalsium pada getah pisang akan membantu dalam meningkatkan kesehatan tulang dan gigi. Selain menyehatkan, kalisum akan membantu dalam mengatasi masalah gigi atau tulang seperti tulang retak, gigi berlubang, tulang patah, dan lainnya. Penggunannya bisa dengan cara dimakan, lebih baik dicampur susu yang memiliki kalsium tinggi. Namun dengan porsi yang tepat agar tak menyebabkan overdosis kalsium.

5. Mengatasi Luka Bakar

Kelemahan dari luka yang diakibatkan dari kulit terbakar adalah mengelupas dan susah kering. Karena itulah banyak luka bakar yang memerlukan waktu berbulan-bulan untuk sembuh dan berbekas. Kandungan zat aktif anti oksidan dan anti inflamasi pada getah pisang akan membantu dalam mengatasi masalah luka bakar dan mencegahnya dari infeksi. Penggunaannya cukup sederhana, cukup oleskan getah pohon pisang pada luka bakar Anda sampai kering.

Manfaat Getah Pisang Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Melancarkan peredaran darah

7. Meningkatkan mood

8. Mengurasi rasa sakit saat haid

9. Mengatasi peradangan organ dalam dan luar

10. Mengatasi sembelit

11. Membantu mengatasi anemia

Cara Memanfaatkan Getah Pisang Untuk Kesehatan :

Biasanya untuk masalah kulit luar seperti luka, orang-orang banyak menggunakan getah ini sebagai obat oles seperti luka bakar dan luka lainnya. Sedangkan untuk penyakit-penyakit dalam atau sekedar ingin menyehatkan tubuh, bisa dijadikan sup getah pisang atau dimakan langsung buahnya yang memiliki kandungan getah cukup tinggi.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Jantung Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Getah Pisang Untuk Kecantikan :

1. Membantu Mengatasi Jerawat

Jerawat sering terjadi pada bagian wajah dan punggung. Masalah seperti ini karena terjadinya masalah peradangan ringan pada kulit. Kandungan anti inflamasi pada getah ini akan membantu dalam mengatasi jerawat yang bisa merusak penampilan Anda. Penggunaannya sendiri cukup dengan cara dioles pada bagian jerawat yang ingin Anda hilangkan. Selain mengatasi jerawat, bisa juga membantu menghilangkan bekas jerawat.

2. Menghaluskan Kulit

Karena memiliki kandungan vitamin yang sangat sehat untuk kulit, bisa membantu dalam menghaluskan kulit. Karena itulah getah pisang menjadi salah satu alternatif pengobatan lain dalam mengatasi masalah kulit keriput yang biasanya dialami oleh orang-orang di atas usia 30 tahun. Dengan kulit yang lebih halus, getah pisang juga bisa membantu dalam mengatasi penuaan dini dengan ciri utama yaitu kulit keriput atau kasar.

3. Memutihkan Gigi

Gigi putih dan tidak kuning sangat menjadi idaman untuk orang-orang karena akan menunjang penampilan Anda di mata umum. Karena memiliki kandungan kalsium dan zat mineral tinggi, getah pisang tidak hanya bisa menyehatkan tulang melainkan juga bisa mengatasi gigi kuning dan memutihkan gigi. Hal ini menjadi alasan kuat mengapa buah pisang dijadikan sebagai pencuci mulut setelah makan.

4. Mempercantik Kuku

Kuku menjadi bagian yang penting untuk kaum wanita karena sama dengan gigi, kuku sudah menjadi salah satu bagian tubuh yang harus diperhatikan bagi kaum hawa. Tentu saja kesehatan adalah nomor satu, jadi untuk Anda yang ingin mempercantik kuku Anda, pastikan kuku Anda benar-benar sehat. Kandungan kalsium tinggi pada getah pisang akan membantu dalam menyehatkan kuku dan terhindar dari masalah kuku rusak, kuku kuning, mudah patah, dan lainnya.

5. Menyehatkan Rambut

Rambut ibarat mahkota dari perempuan. Karena itulah kesehatannya juga menjadi hal utama untuk membuat mahkota tetap mengkilap. Kandungan sehat pada getah pisang akan membantu dalam membuat rambut tetap sehat dan menjaga kecantikannya. Selain itu, rambut akan terhindar dari berbagai penyakit seperti rambut kusam, rambut rontok, dan lainnya. Namun untuk penggunaannya anda harus paham, agar rambut anda sehat secara maksimal.

Manfaat Getah Pisang untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah uban

7. Atasi kulit memar

8. Atasi ruam

9. Atasi gatal-gatal

10. Atasi ketombe

11. Menyembuhkan luka

Cara Memanfaatkan Getah Pisang Untuk Kecantikan :

Bisa dengan cara dijadikan sup atau memakan buahnya yang otomatis memiliki kandungan getah pisang didalamnya. Untuk masalah kulit luar seperti jerawat atau sejenisnya, bisa dengan cara dioleskan saja secara langsung tanpa menggunakan bahan-bahan campuran lainnya. Metode seperti dianggap sudah sangat lebih dari cukup untuk mengeluarkan khasiatnya.

Efek Samping Getah Pisang:

Dalam penggunaan yang tidak tepat seperti berlebihan, bisa menyebabkan berbagai efek samping seperti:

1. Lengket

2. Masalah pada kulit

3. Gangguan pencernaan

4. Tidak baik untuk ibu hamil

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Kulit Pisang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Penggunaan yang berlebihan sangat tidak dianjurkan karena akan mengurangi manfaat getah pisang untuk kesehatan akibat ketidakseimbangan gizi. Perhatikan juga getah yang sehat untuk dijadikan sebagai bahan makanan, karena beberapa getah ada yang jelek digunakan. Biasanya terdapat pada buah atau pohon yang sudah membusuk.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Getah

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top