Connect with us
Cacing Tanah. Manfaat Cacing Tanah, Khasiat Cacing Tanah

Hewan

45 Manfaat dan Khasiat Cacing Tanah untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Cacing tanah merupakan hewan berbentuk seperti tabung yang mungkin terlihat sangat menggelikan, namun kaya akan manfaat dan khasiat. Banyak yang tidak suka melihat penampakan dari jenis cacing ini, terutama para wanita. Padahal, cacing merupakan sumber energi tinggi yang kaya akan kandungan asam amino. Salah satu jenis cacing yang kaya akan kandungan gizi adalah Lumbricus Rubellus. Cacing tersebut mengandung sekitar 76% protein. Kadar ini memang lebih tinggi daripada ikan yang hanya mengandung 50% protein, atau daging mamalia yang mengandung 65% protein.

Cacing Tanah. Manfaat Cacing Tanah, Khasiat Cacing Tanah

Cacing tanah termasuk dalam golongan hewan tidak bertulang belakang (inverebrata). Ia biasanya hidup di dalam tanah yang lembab dan gembur. Selain mengandung 76% protein, cacing Lumbricus Rebellus juga mengandung nutrisi lain seperti abu sekitar 1.5 %, lemak 45%, dan karbohidrat sekitar 17%.

Dalam sebuah penelitian dinyatakan bahwa cacing tanah mempunyai senyawa aktif yang bermanfaat untuk memerangi bakteri patogen, khususnya bakteri penyebab diare yakini Eschericia coli. Selain mampu mengatasi masalah diare, cacing juga memiliki manfaat penting lainnya untuk kesehatan bahkan untuk kecantikan. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai manfaat dan khasiat cacing tanah, berikut uraian mengenai kandungan gizi dari cacing tanah.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Cacing Tanah :

Didalam 100 gram daging pada cacing tanah mengandung beberapa nutrisi seperti :

  • Asam glutamat 8.98 %
  • Abu 1.5 %
  • Lemak 45%
  • Protein 76%
  • Karbohidrat 17%
  • Lisin 5.16%
  • Treonin 3.28%
  • Glycine 3.54%,

Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan :

Setelah mengetahui kandung gizi dalam hewan ini, berikut beberapa manfaat cacing tanah untuk kesehatan yang mungkin belum kita ketahui:

1. Membantu mengatasi masalah konstipasi

Konstipasi merupakan gangguan BAB dimana feses menjadi lebih keras dibandingkan dengan hari-hari biasa. Jika masalah ini tidak segera ditangani maka bisa mengakibatkan timbulnya luka pada bagian sekitar anus dan bahkan bisa memicu terjadinya ambien.

Selain dapat diatasi dengan mengkonsumsi aneka jus herbal ataupun mengkonsumsi aneka buah, konstipasi juga bisa disembuhkan dengan sangat mudah yakni menggunakan cacing tanah. Hal ini karena adanya kandungan zat dalam obat herbal ini bermanfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Jika sistem pencernaan dalam tubuh kita berjalan dengan lancar maka penyerapan makanan pun akan berlangsung dengan normal. Alhasil, kita akan terhindar dari masalah konstipasi karena BAB menjadi lancar.

2. Membantu menyembuhkan sakit tifus

Manfaat cacing tanah selanjutnya adalah menyembuhkan sakit tifus yang menjadikan banyak orang berburu hewan ini. Bahkan, obat cacing tanah ini juga diproduksi dalam bentuk kapsul untuk memudahkan peminumnya. Kemampuan cacing ini yang ampuh untuk mengatasi sakit tifus adalah karena kandungan zat didalamnya yang berkhasiat melawan bakteri yang menyebabkan tifus.

3. Membantu melancarkan sirkulasi darah

Mengkonsumsi cacing juga memiliki manfaat untuk membantu melancarkan proses peredaran darah. Cacing memiliki kandungan zat yang dapat menyingkirkan lemak jahat yang ada di dalam darah sehingga aliran darah akan menjadi lancar karena darahnya menjadi encer.

4. Sebagai obat penurun demam

Banyak yang sudah membuktikan bahwa cacing tanah sangat berkhasiat untuk membantu menurunkan demam. Sifat antipiretik atau penurun demam dari cacing tanah ini disebut-sebut lebih efektif dalam menyembuhkan demam daripada meminum obat penurun panas.

5. Membantu mempercepat penyembuhan luka

Sama seperti manfaat dari kebanyakan daging pada umumnya, daging cacing tanah juga memiliki manfaat untuk membantu mempercepat penyembuhan luka. Kandungan protein yang terkandung dalam jenis cacing ini diyakini mampu membantu tubuh untuk meregenerasi sel tubuh yang rusak dengan lebih cepat.

Manfaat Cacing Tanah untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengontrol kadar gula darah

7. Meningkatkan energi dalam tubuh

8. Mencegah sinar ultraviolet

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

10. Membantu mengatasi diare

11. Menambah stamina

12. Meningkatkan kejantanan

13. Sebagai obat herbal penyakit kulit

14. Membantu mengobati sakit lambung

15. Menurunkan kadar kolesterol

16. Mencegah infeksi pada sistem pencernaan

17. Meningkatkan nafsu makan

18. Menenangkan sistem saraf

19. Obat herbal untuk pemulihan setelah sakit

20. Mengatasi keluhan reumatik

21. Obat pasca sakit stroke

22. Membantu mengobati lever

23. Obat herbal tekanan darah tinggi

24. Membantu mengobati kanker

25. Obat cacar air

26. Sebagai obta epilepsi (kejan ayan)

27. Mengatasi penyumbatan pembuluh darah

28. Membantu mengobati diabetes

29. Sebagai makanan kesehatan

30. Bahan baku pembuatan kosmetik

31. Mengatasi berbagai penyakit infeksi

32. Mengobati alergi

33. Meredakan radang usus

34. Mengobati batuk

35. Mencegah flu

36. Mengatasi TBC dan bronchitis

37. Mengobati sakit gigi

38. Mengatasi asma

39. Obat sakit gatal-gatal

Cara Memanfaatkan Cacing Tanah untuk Kesehatan :

Sebagai obat untuk mengatasi sakit tifus, cacing tanah dapat diolah dengan cara digoreng menggunakan sedikit minyak hingga gosong. Setelah cacing nampak gosong dan renyah baru haluskan cacing tersebut dengan ditumbuk hingga menjadi serbuk.

Bubuk cacing bisa disimpan di dalam wadah yang tertutup. Saat anda memerlukan bubuk tersebut anda bisa menyeduhkan dengan menggunakan air hangat. Bagi anda yang merasa tidak kuat dengan bau amis dari seduhan cacing ini, anda bisa memasukkan serbuk cacing ke dalam kemasan kapsul. Anda juga bisa mencoba alternatif lain seperti meletakkan serbuk cacing di tengah tapai lalu ditelan bersama dengan air.

Selain itu, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk mengolah cacing tanah sebagai obat herbal. Caranya adalah

  1. Mencuci cacing tanah sampai bersih.
  2. Masukkan cacing ke dalam panci berisi air yang sudah mendidih.
  3. Tunggu sampai cacing mendidih dan air rebusan tersebut mengeluarkan busa.
  4. Setelah itu, minum air rebusan tersebut selagi masih hangat karena apabila airnya sudah dingin akan terasa sangat amis.
  5. Cacing yang sudah direbus tadi kemudian bisa anda ambil dan dikeringkan untuk dijadikan bubuk cacing.
  6. Setelah itu dapat anda langsung bisa mengonsumsinya atau dimasukkan dahulu dalam kapsul lalu diminum.

Manfaat Cacing Tanah untuk Kecantikan :

1. Mengatasi masalah kecantikan

Sangat penting terutama bagi para wanita. Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan, ternyata ada manfaat lain yang sangat penting dari cacing yakni mengatasi masalah kecantikan. Bagi anda yang mengalami masalah elastisitas kulit dan juga penuaan dini, maka bisa mencoba manfaat dari cacing ini.

Cacing juga banyak dipasok ke berbagai perusahaan kosmetik sebagai bahan alami pembuatan produk kecantikan. Bahkan hal ini sudah direkomendasikan langsung oleh beberapa pakar kecantikan. Mereka menyebutkan bahwa ekstrak cacing dapat membantu masalah kecantikan seperti kulit berkerut.

2. Membantu menjaga kesehatan kulit

Kandungan minyak yang cukup tinggi pada daging cacing sangat bagus dan bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Dengan rajin mengkonsumsi cacing ini maka kita akan memiliki kulit yang sehat dan terhindar dari keriput, penuaan dini, dan mempertahankan elastisitas kulit.

Manfaat Cacing Tanah untuk Kecantikan Lainnya :

3. Menghaluskan kulit

4. Mengatasi kulit keriput

5. Anti penuaan

6. Diolah menjadi masker

Cara Memanfaatkan Cacing Tanah untuk Kecantikan :

Cacing tanah sebagai produk kecantikan sudah mulai tersebar di seluruh pelosok negeri. Produk kecantikan berbahan cacing ini bisa didapatkan dalam bentuk masker ataupun toner. Namun bagi anda yang ingin membuat masker alami sendiri maka anda cukup membuatnya dari serbuk cacing tanah dengan campuran sedikit air. Anda bisa menambahkan bahan alami lainnya yang bagus untuk kesehatan kulit seperti putih telur, madu atau minyak zaitun.

Efek Samping Cacing Tanah :

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, namun cacing juga memiliki efek samping terlebih jika dikonsumsi secara berlebihan. Misalnya pemberian ekstrak cacing bagi mereka yang menderita penyakit chron maka disisi lain dapat meningkatkan resiko terkena infeksi cacing di bagian saluran pencernaan.

Ternyata disamping dari perawakannya yang menggelikan, cacing tanah menyimpan banyak manfaat yang bukan hanya untuk kesehatan saja namun juga untuk kecantikan. Namun manfaat dan khasiat dari cacing ini akan maksimal jika didampingi dengan konsumsi bahan makanan bergizi lainnya dan juga pola hidup yang sehat.

Continue Reading

Lainnya dari Hewan

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top