Connect with us

45 Manfaat dan Khasiat Undur-Undur untuk Pakan Burung, Kesehatan, Pengobatan Alternatif Serta Efek Samping

Hewan

45 Manfaat dan Khasiat Undur-Undur untuk Pakan Burung, Kesehatan, Pengobatan Alternatif Serta Efek Samping

Manfaat Undur-Undur – Antlion, Semut Singa, Rot-Rotan, Undur Gentong atau Undur-Undur adalah larva serangga dari keluarga Myrmeleontidae. Tidak banyak orang yang tahu bahwa ternyata hewan yang berjalan mundur ini tergolong serangga bersayap. Rupanya, larva yang suka tinggal di dalam tanah berpasir ini belumlah memasuki fase dewasa. Ketika mereka dewasa, maka tubuhnya akan mirip dengan capung kecil, lengkap dengan kedua sayap transparan yang berjala.

Undur Undur, Manfaat Undur Undur, Khasiat undur Undur

Jika Capung biasanya mampu terbang dengan cepat, dengan kepala yang membulat seperti memakai helm, beda dengan undur-undur yang terbangnya lambat sekali dan tidak mampu tinggi. Ukuran kepalanya kecil dengan sepasang antena tentakel yang tipis, runcing memanjang dan agak melengkung di ujungnya. Serangga antlion ini memang agak susah dijumpai, mereka biasanya terbang rendah di rerumputan dan semak-semak.

Larva undur-undur jauh lebih dikenal dan akrab dengan manusia, dibandingkan serangganya yang telah sempurna mampu terbang. Sebab, larva ini seringkali dipakai sebagai bahan pengobatan alternatif untuk menyembuhkan berbagai penyakit dan menunjang kesehatan tubuh. Tentu sudah pernah mendengar tentang khasiat makan undur-undur yang bisa mengobati penyakit diabetes atau gula darah tinggi?

Selain dikenal untuk kesehatan, undur-undur pun merupakan larva yang bergizi untuk pakan burung. Memang burung adalah tipikal hewan penyuka larva dan serangga. Jangan salah, meskipun antlion hidupnya di dalam tanah, namun sejatinya binatang yang punya kemampuan menggali tanah ini adalah seekor serangga yang sempurna dengan sayap. Memberikan rot-rotan kepada burung peliharaan juga akan efektif dalam menekan budget pakan, apalagi kalau pelihara burungnya dalam jumlah banyak.

Daftar Isi Manfaat

Loading...

Jenis Undur-Undur :

Membicarakan tentang jenis spesies undur-undur tentu saja amat banyak di dunia ini karena binatang ini terdiri dari kurang lebih 2000 spesies berbeda. Namun dari semua spesies itu, hanya ada 12 sub family, yaitu:

  • Acanthaclisinae
  • Brachynemurinae
  • Dendroleontinae
  • Dimarinae
  • Echthromyrmicinae
  • Glenurinae
  • Myrmecaelurinae
  • Myrmeleontinae
  • Nemoleontinae
  • Palparinae
  • Pseudimarinae
  • Stilbopteryginae

Cara Menemukan Undur-Undur :

Bagaimana cara menemukan antlion? Di mana rot-rotan biasanya hidup? Untuk menjawab ini semua, tergantung pada kondisi binatang ini sendiri. Jika masih berbentuk larva, carilah di tanah yang gembur mengandung pasir dan debu yang melimpah. Berikut adalah langkah mencari undur-undur:

a) Carilah tanah yang kering, tidak basah dan lembab

b) Berdebu dan berpasir, ditandai dengan teksturnya yang gembur, tidak liat dan padat

c) Pada permukaan tanah nampak buih-buih tanah yang seperti tumpukan debu yang berlubang-lubang cekung

d) Gali perlahan-lahan tanah yang berlubang-lubang halus itu dengan telapak tangan, cukup disapu-sapu saja, jangan terlalu ditekan supaya undur-undurnya tidak kabur dan masuk lebih dalam ke tanah

e) Segera tangkap undur-undurnya jika sudah kelihatan. Biasanya di dalam satu cekungan tanah itu ada beberapa ekor

f) Masukkan undur-undurnya ke dalam kantong plastik yang diberi sedikit tanah, supaya tidak mati. Sebab biasanya untuk tujuan pakan burung maupun pengobatan, dibutuhkan yang kondisinya masih hidup

Manfaat Undur-Undur untuk Pakan Burung :

1. Alternatif Pakan Lovebird

Lovebird menjadi salah satu burung yang sangat digemari oleh para mania burung. Ini karena bulunya yang cantik dan kicaunya yang merdu. Jika sedang bingung memberikan pakan apa untuk burung berbulu dominan hijau ini, cobalah berikan undur-undur saja.

2. Bisa Diberikan Pada Murai Batu

Murai batu adalah salah satu burung kontes yang juga banyak peminatnya. Meskipun warnanya tidak seindah lovebird, namun murai memiliki kemampuan berkicau yang unik. Bahkan menjadi salah satu burung cerdas yang mampu menirukan suara burung lain. Supaya murainya jadi gacor, cobalah beri makan undur-undur.

3. Membuat Kicau Burung Lebih Bagus

Tentu saja manfaat undur-undur terkenal ampuh dalam memicu suara burung jadi lebih baik. Kicau burung memang dilombakan dan menjadi salah satu perlombaan yang bergengsi bagi seluruh kalangan ekonomi, baik bawah, menengah maupun atas. Ada rasa bahagia tersendiri kalau burung peliharaan berhasil memenangkan lomba, meskipun hadiahnya tidak seberapa.

4. Membuat Tubuh Burung Jadi Sehat dan Gemuk

Jika ingin memiliki burung yang bertubuh sehat, gemuk dan selalu ceria, cobalah beri asupan nutrisi dengan pakan undur-undur ini. Hasilnya akan didapatkan dalam tempo waktu relatif cepat. Selain itu, burung juga tidak gampang kena penyakit yang menyebabkan cepat mati dan tidak mampu lagi diikutkan dalam lomba.

5. Meningkatkan Birahi Burung

Birahi burung dapat diartikan sebagai nafsunya untuk berkawin. Untuk para burung yang sudah usia matang memang kerap menunjukkan tanda-tanda demikian. Tidaklah mesti birahi membuat burung jadi lebih aktif, terkadang justru merugikan karena burung jadi galak bahkan sakitan. Ini tentunya sangat mempengaruhi performanya kala sedang ikut lomba.

Manfaat Undur-Undur untuk Pakan Burung Lainnya :

6. Mencegah penyakit flu burung

7. Membuat burung selalu aktif

8. Mencegah kerusakan sayap burung

9. Menjaga pertumbuhan bulu burung

10. Mencegah kerontokan bulu

11. Membuat warna burung lebih terang dan indah

12. Meningkatkan nafsu makan

13. Menghemat biaya pakan burung

14. Meningkatkan ketangkasan burung

15. Menghindari gangguan pada bola mata burung

Cara Memanfaatkan Undur-Undur untuk Pakan Burung :

Tidak ada cara khusus untuk memberikan undur-undur pada burung kesayangan. Sebagaimana memberikan larva serangga pada umumnya, maka antlion ini mestinya dimatikan dulu, supaya tidak jalan-jalan terus. Namun bisa pula diberikan dalam kondisi hidup-hidup yang justru kerap membuat burung jadi lebih bernafsu buat memakannya.

Manfaat Undur-Undur untuk Kesehatan :

1. Menurunkan Tekanan Darah

Di bidang kesehatan, khasiat undur-undur dikenal efektif untuk upaya menurunkan tekanan darah tinggi. Penyakit tekanan darah tinggi memang kerap melanda orang tua maupun dewasa muda yang memiliki gaya hidup buruk seperti jarang olahraga dan makan makanan berminyak dan bergaram tinggi. Untuk menghindarkan dari hipertensi dan menurunkannya jika sudah kena, cobalah makan semut singa ini.

2. Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Antlion baik sekali diolah sebagai bahan alternatif menyembuhkan radang tenggorokan. Ada banyak penyebab terjadinya radang tenggorokan, paling sering adalah karena bakteri. Untuk mengatasinya, cobalah mengonsumsi daging undur-undur secara rutin hingga benar-benar sembuh. Biasanya dalam tempo 7 hari sudah sembuh.

3. Menurunkan Panas Demam

Panas demam tidak mesti harus disembuhkan dengan obat. Apalagi kalau demam ringan. Istirahat yang cukup, makan makanan bergizi dan minum yang banyak saja bisa menyembuhkan. Serta jangan lupa cobalah makan undur-undur, bisa direbus maupun digoreng sesuai selera.

4. Menurunkan Trigliserida

Trigleserida dikenal sebagai lemak darah, untuk menurunkan kadarnya bisa dengan mencoba konsumsi undur-undur. Perlu diingat bahwa trigliserida merupakan lemak darah yang bisa menyebabkan diabetes sehingga keberadaannya perlu diatur dan ditekan jumlahnya supaya tidak berlebihan. Apalagi diabetes termasuk penyakit yang menurun, tidak bisa sembuh dan mematikan.

5. Menambah Nafsu Makan

Telah banyak orang yang membuktikan bahwa undur-undur bagus sekali untuk menambah nafsu makan. Biasanya mereka yang berhasil dengan cara ini adalah yang memakan antlion dengan cara direbus dulu. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 10 ekor saja sudah sangat bagus mengatasi nafsu makan yang sedang menurun. Jangan lupa menambahkan nasi supaya rasanya lebih nikmat.

Manfaat Undur-Undur untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menurunkan berat badan

7. Mengatasi gangguan paru-paru

8. Mengobati nyeri persendian

9. Mengatasi masuk angin

10. Membantu meningkatkan massa otot

11. Mengatur kadar gula darah agar normal

12. Menambah zat besi

13. Mencegah anemia

14. Mencegah kanker darah

15. Menguatkan tulang

Cara Memanfaatkan Undur-Undur untuk Kesehatan :

Biasanya undur-undur dimakan mentah, setelah dicuci bersih. Sebab ukurannya yang kecil seringkali menyulitkan untuk direbus maupun digoreng. Memakan mentah boleh saja asalkan sudah disterilkan, misalnya dengan menyiramnya dulu dengan air mendidih, supaya tidak ada bakteri yang menempel.

Manfaat Undur-Undur untuk Pengobatan Alternatif :

1. Obat Hipertensi

Pengobatan alternatif memang kerap menggunakan hewan sebagai perantara penyembuhannya. Salah satu hewan yang sering dipakai adalah undur-undur. Hipertensi menjadi salah satu gangguan tekanan darah yang banyak sekali diidap oleh masyarakat kontemporer, oleh sebab salahnya gaya hidup dan pola makan yang buruk. Semut singa ini memang ampuh sekali sebagai obat tekanan darah tinggi, silahkan dicoba saja!

2. Obat Asam Urat

Asam urat atau yang dikenal dalam dunia medis sebagai gout adalah sebuah penyakit radang atau nyeri sendi dan tulang yang diakibatkan oleh penumpukkan zat purin (semacam garam). Tanda paling khas dari gejala awal asam urat yakni nyeri pada lipatan (sendi) jempol kaki dan tungkai tangan. Untuk sembuhkan asam urat memang susah-susah gampang, namun jangan khawatir sebab undur-undur bisa menjadi alternatifnya.

3. Obat Diabetes

Yang paling dikenal oleh masyarakat adalah undur-undur sebagai obat herbal diabetes. Memang kini pengobatan gula darah lebih banyak menggunakan cara-cara holistik, herbal dan alternatif begini. Sebab orang yang kena diabetes tipe 2 maupun 1 sudah lelah dengan pengobatan medis yang tidak menuai hasil.

4. Obat Batuk

Sedang mencari obat batuk alami yang ampuh? Maka undur-undur adalah jawabannya. Biasanya orang menggunakannya untuk mengobati batuk yang kronis, menahun dan tidak sembuh-sembuh. Misalnya karena adanya gangguan paru-paru dan penyakit TBC.

5. Obat Penyakit Jantung

Ada beragam penyakit jantung mulai dari jantung koroner hingga gangguan klep atau katup jantung. Buat mengatasinya, cobalah pengobatan alternatif dengan memakan undur-undur. Tidak perlu banyak-banyak, cukup 5-6 ekor saja dalam sehari sudah sangat membantu menyembuhkan. Sebab larva serangga ini akan mampu memperbaiki ritme detak jantung dan aliran darah.

Manfaat Undur-Undur untuk Pengobatan Alternatif Lainnya :

6. Obat diabetes tipe 1

7. Obat diabetes tipe 2

8. Obat sembelit

9. Obat pencahar alami

10. Obat hipotensi

11. Obat anemia

12. Obat kanker

13. Obat osteoporosis

14. Obat sakit kepala

15. Obat pegal linu

Cara Memanfaatkan Undur-Undur untuk Pengobatan Alternatif :

Umumnya, kepercayaan yang beredar di masyarakat adalah undur-undurnya harus dimakan mentah-mentah selagi masih hidup. Namun tentu saja ini sangat menggelikan dan resiko kena penyakit lain, seperti infeksi cacing karena hewan ini hidupnya di dalam tanah. Untuk itu, cucilah saja dulu semut singa ini, kemudian direbus. Setelah steril, barulah dimakan dengan menambahkan sedikit garam, gula atau kecap.

Efek Samping Undur-Undur :

Meskipun memiliki banyak manfaat untuk pakan burung, kesehatan dan pengobatan alternatif, namun tidak menutup kemungkinan tentang adanya efek samping penggunaan daging antlion, seperti:

1. Jijik

2. Mual

3. Muntah

4. Pusing

5. Infeksi cacing

6. Diare

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Semut Jepang untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Untuk meminimalisir terjadinya dampak di atas, sebaiknya sterilkan dulu undur-undurnya dengan cara dicuci dengan air yang mengalir hingga bersih. Merebus dulu undur-undurnya juga jauh lebih baik, dibandingkan dengan memakannya mentah-mentah. Serta alangkah baiknya agar konsultasikan dulu kepada pakar pengobatan alternatif tentang dosisnya, agar khasiatnya bisa lebih cepat terasa.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Hewan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top