Connect with us
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang

Ikan

29 Manfaat dan Khasiat Ikan Cakalang untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Manfaat Ikan Cakalang – Ikan cakalang merupakan salah satu jenis ikan yang masih satu kelas dengan ikan tongkol dan ikan tuna. Ikan ini dikenal memiliki daging yang tebal dan rasa yang manis. Ciri fisik dari ikan cakalang ini pun hampir sama dengan ikan tongkol maupun ikan tuna, oleh sebab itu banyak yang menganggap ikan ini sebagai ikan tongkol atau ikan tuna.

Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang

Meskipun dilihat dari namanya ikan cakalang ini kurang populer di mata masyarakat, namun nyatanya tanpa disadari sudah banyak masyarakat yang berburu olahan ikan ini untuk mengambil manfaatnya. Manfaat ikan cakalang sangat beragam untuk menjaga kesehatan dan juga menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Kandungan Nutrisi dan Gizi Ikan Cakalang :

  • Protein 262 mg
  • Energi 13.10 mg
  • Kalsium 8.0 mg
  • Lemak 21 mg
  • Fosfor 220.0 mg
  • Retinol 10.0 mg
  • Riboflavon 0.15 mg
  • Abu 13 mg
  • Besi 4.0 mg
  • Thiamin 0.03 mg
  • Sodium 52.0 mg

Ciri Khusus Ikan Cakalang :

Karena ikan cakalang sering dianggap sebagai ikan tongkol atau ikan tuna, maka keberadaan ikan ini kurang populer di masyarakat. Berikut ciri-ciri fisik dari ikan cakalang :

  • Ikan cakalang hidup pada habitat laut Indonesia bagian timur. Oleh sebab itu, para masyarakat di sekitaran Makassar, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur sudah sangat familiar dengan jenis ikan yang satu ini.
  • Ikan cakalang biasanya diperjual belikan dengan ukuran panjang maksimum 50 cm. Ini karena ikan cakalang yang memiliki ukuran lebih besar akan lebih sulit untuk ditangkap.
  • Ikan cakalang dapat ditangkap pada kedalaman air 250 m ke bawah saat matahari bersinar. Saat malam tiba, ikan ini dapat ditangkap di permukaan air laut dan di dekat pulau.
  • Ikan cakalang hidup dengan habitat perairan bersuhu sekitar 26-29 derajat celcius.
  • Bagian tengah tubuh ikan cakalang atau disekitar perutnya nampak menggelembung dan berbentuk bulat.
  • Ikan ini memiliki 2-4 garis hitam yang terletak melintang pada bagian tubuhnya.
  • Ikan cakalang memiliki bobot maksimal hingga 20 kg.

Manfaat Ikan Cakalang untuk Kesehatan :

1. Meningkatkan daya ingat otak

Kandungan asam lemak omega 3 yang cukup tinggi pada ikan cakalang sangat bagus untuk mendukung daya ingat otak. Inilah mengapa banyak suplemen omega 3 yang dperjual belikan untuk memenuhi kebutuhan asam lemak esensial ini bagi anak-anak dalam masa pertumbuhan.

Secara alami, kandungan omega 3 dalam ikan cakalang ini mampu menstimulasi kinerja otak. Syaraf-syaraf yang dinutrisi ini mampu berfungsi dengan baik untuk menyimpan ingatan dengan memori yang kuat.

2. Mencegah resiko Alzheimer

Manfaat ikan cakalang selanjutnya adalah untuk mencegah timbulnya penyakit alzheimer. Penyakit ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang paling ditakuti saat ini. Keadaan lupa pada seluruh memori dalam otak bisa menyerang siapa saja di usia berapa saja. Oleh sebab itu, sedari dini sebaiknya kita mencoba manfaat ikan cakalang ini agar daya ingat kita selalu meningkat dan melawan gejala penyakit alzheimer yang berbahaya.

3. Bagus untuk program diet

Mengkonsumsi ikan cakalang meskipun dalam jumlah banyak, tidak akan berpengaruh pada naiknya berat badan. Ikan ini termasuk ikan yang rendah lemak dan kalori. Oleh sebab itu, manfaat ikan cakalang yang satu ini sangat cocok bagi anda yang sedang menjalani program diet.

Anda bisa menambahkan ikan ini sebagai menu lauk harian sehat anda selama menjalani program diet. Dengan mengkonsumsi ikan cakalang maka kebutuhan nutrisi harian anda akan terpenuhi tanpa perlu khawatir akan menjadi lebih gemuk.

4. Meningkatkan kecerdasan otak

Kandungan protein yang cukup tinggi pada ikan cakalang bermanfaat untuk meningkatkan kecerdasan otak. Anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan sangatlah membutuhkan asupan gizi yang penting khususnya yang terdapat pada ikan cakalang ini. Dalam masa pertumbuhan nutrisi yang dipenuhi dengan baik akan berdampak positif bagi kecerdasan otak anak.

5. Mencegah masalah ejakulasi dini

Manfaat ikan cakalang yang sangat cocok bagi para pria adalah untuk mengatasi masalah ejakulasi dini. Ikan cakalang yang diolah dengan cara direbus dan ditambahi dengan daun jeruk dapat menjadi obat herbal untuk mencegah sekaligus mengatasi masalah ejakulasi dini.

6. Menambah nafsu makan

Ikan cakalang sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh anak-anak. Selain berperan penting untuk meningkatkan kecerdasan otak, manfaat ikan cakalang juga sangat bagus untuk menambah nafsu makan. Selama ini kita tahu bahwa anak-anak sangat susah sekali saat disuruh untuk makan. Oleh sebab itu, anda bisa mencoba manfaat ikan cakalang ini untuk meningkatkan nafsu makan anak anda.

7. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kandungan vitamin D pada ikan cakalang sangat dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Bagi anak anda yang mungkin sedang dalam masa pertumbuhan tulang dan gigi maka anda bisa mencoba manfaat ikan cakalang ini agar pertumbuhan tulang dan gigi sang buah hati dapat berjalan normal.

Bagi orang dewasa, manfaat ikan cakalang juga dibutuhkan untuk menurunkan resiko patah tulang, tulang retak atau gigi mudah tanggal.

8. Sumber protein hewani

Asupan protein yang cukup sangat penting bagi tubuh manusia. Dengan terpenuhinya kebutuhan protein dalam tubuh maka tubuh kita akan menjadi sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit. Pada umumnya protein dibagi menjadi dua jenis yakni protein hewani dan protein nabati. Protein nabati bisa diperoleh dengan mudah melalui konsumsi aneka sayur. Sedangkan protein hewani salah satunya bisa didapatkan dari kandungan ikan cakalang ini,

9. Membantu pemulihan kolesterol tinggi

Proses pemulihan kolesterol tinggi bisa dibantu dengan mengkonsumsi ikan ini. Hal ini karena salah satu manfaat ikan cakalang adalah untuk mengontrol jumlah kolesterol jahat yang sangat berbahaya bagi tubuh. Untuk mendapatkan hasil pemulihan yang optimal, maka tidak ada salahnya mencoba manfaat ikan cakalang ini dengan cara mengkonsumsinya secara rutin dua kali seminggu.

10. Membantu pemulihan reumatik

Reumati merupakan gejala pegal linu yang terjadi pada bagian tangan dan kaki. Hal ini terjadi karena kondisi pembuluh darah dan tulang persendian yang kurang baik. Pemulihan penyakit ini bisa dilakukan dengan cara memberikan obat. Namun obat keras jika dikonsumsi berlebihan juga akan membahayakan kesehatan.

Salah satu alternatif alami yang bisa anda lakukan dalam masa pemulihan rematik ini adalah dengan mengambil manfaat ikan cakalang. Kandungan vitamin D pada ikan ini sangat bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan pembuluh darah.

Manfaat Ikan Cakalang untuk Kesehatan Lainnya :

11. Membantu pemulihan pembuluh darah yang terjepit

12. Mengatasi depresi

13. Mengurangi rasa nyeri pada saat menstruasi

14. Menurunkan resiko penyakit jantung koroner

15. Mencegah serangan diabetes

16. Menurunkan resiko penyakit tekanan darah tinggi

17. Membentuk jantung dan sel pembuluh darah pada janin

18. Menurunkan resiko kanker darah

19. Membantu prosuksi kolesterol baik

20. Mencegah resiko terjadinya pembekuan darah

21. Baik untuk kesehatan kardiovaskular

22. Menyehatkan mata

23. Mencegah resiko mata rabun atau kebutaan

24. Menangkal radikal bebas

25. Mencegah resiko kanker mulut, ovarium, pankreas, hidung, usus besar, kerongkongan dan ginjal

26. Menopang perkembangan otot

27. Mencegah resiko osteoporosis

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ikan Salmon untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Ikan Cakalang untuk Kecantikan :

1. Menjadikan awet muda

Manfaat ikan cakalang untuk kecantikan adalah untuk menjaga kulit agar nampak awet muda. Kandungan vitamin yang cukup tinggi dari ikan ini sangat bagus untuk menutrisi kulit dari dalam. Oleh sebab itu manfaat ikan cakalang ini sangat bagus untuk anda coba demi mendapatkan kulit yang bebas kerutan, cerah dan anti penuaan dini.

2. Menjaga elastisitas kulit

Kandungan vitamin pada ikan cakalang selain bagus untuk membuat kulit menjadi awet muda juga berkhasiat untuk menjadikan kulit tetap elastis. Kulit akan menjadi lembut dan tidak kaku dengan konsumsi ikan cakalang ini.

Efek Samping Ikan Cakalang :

Untuk sampai saat ini belum ada yang mengetahui atau membahas bahaya setelah mengkonsumsi ikan cakalang ini. Namun biasanya malah yang memiliki efek samping atau bahaya jika dikonsumsi berlebih tersebut kerabat dari ikan cakalang ini yaitu ikan tuna.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ikan Hiu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Ikan cakalang merupakan sejenis ikan yang sering dianggap sebagai ikan tongkol atau ikan tuna karena memiliki perawakan yang hampir sama. Meskipun banyak yang belum menyadari keberadaan ikan ini namun sebenarnya manfaat ikan cakalang sangatlah banyak baik untuk kesehatan maupun kecantikan.

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Ikan

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top