Connect with us

100 Manfaat dan Khasiat Ikan Gabus untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Ikan

100 Manfaat dan Khasiat Ikan Gabus untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Ikan Gabus adalah jenis ikan predator yang hidupnya di air tawar. Selain dinamakan ikan gabus, juga dikenal dengan bocek di Riau, haruan, kocolan, bayong serta ikan kutuk di Jawa dan masih banyak lagi. Sementara bahasa inggrisnya disebut dengan common snakehead, chevron snajehead, aruan, striped snakehad, snakehead murrel. Sementara nama ilmiahnya yakni Channa Striata. Manfaat ikan gabus untuk tubuh sangat banyak sekali, sehingga banyak yang memburunya.

Ikan Gabus, Manfaat Ikan Gabus, Khasiat Ikan Gabus, Ikan Kutuk, haruan, kocolan, bayong

Kepala ikan gabus besar, agak gepeng mirip seperti kepala ular, karena itulah dinamai dengan snakehead. Sisik-sisik di kepalanya juga besar, tubuhnya bulat gilik memanjang bagaikan peluru kendali. Ikan ini bisa ditemukan di rawa, danau, sungai dan juga di sawah-sawah. Makanan ikan gabus adalah berbagai ikan kecil, serangga, berudu sampai kodok. Ikan ini mempunyai beberapa jenis dan tersebar di Pakistan Barat, Nepal, India, Indonesia dan beberapa negara lainnya.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Ikan Gabus :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Ikan Gabus

Sama seperti ikan-ikan lainnya, ikan gabus atau ikan kutuk juga mempunyai kandungan gizi dan nutrisi yang baik untuk tubuh. Diantaranya mengandung protein yang lebih tinggi dibandingkan dengan ikan bandeng. Lebihnya lagi kaya akan albumin yakni jenis protein yang berguna dalam penyembuhan luka-luka. Selain itu, juga mengandung lemak, kalori, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin B1, bdd dan air. Sehingga, tak heran bila manfaat ikan gabus sangat besar untuk tubuh.

Loading...

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan :

1. Pembentukan Otot dan Pertumbuhan

Sebagaimana telah disebutkan diatas, kalau ikan kutuk mengandung protein lebih tinggi daripada kadar protein yang ditemukan pada ikan lele dan ikan mas atau nila. Dari 100 gram ikan ini anda bisa mendapatkan 25,2 gram protein. Kandungan protein tinggi yang menjadikan manfaat ikan gabus untuk membantu proses pembentukan otot di tubuh.

2. Mempercepat Penyembuhan Luka

Anda perlu tahu bahwa albumin adalah salah satu jenis protein yang sangat penting dalam proses penyembuhan luka pada tubuh. Albumin ini terdapat pada daging ikan gabus. Makan ikan ini pasca operasi atau setelah mengalami luka.

3. Mempertahankan keseimbangan cairan dalam tubuh

Zat albumin juga berfungsi menjaga kestabilan kadar cairan dalam tubuh. Jika tubuh mengalami dehidrasi, dengan mengkonsumsi ikan ini maka, cairan tubuh bisa kembali ke tingkat normal.

4. Menambah Pasokan Energi

Kandungan dalam snakehead fish juga berfungsi untuk meningkatkan pasokan energi dalam tubuh. Kandungan kalori ikan ini tinggi. Makan 1 kilogram saja setara dengan 2 piring nasi atau sekitar 690 KkaL. Tentu membuat tubuh tidak lemas lagi.

5. Meningkatkan Berat Badan

Satu-satunya cara untuk menggemukkan tubuh adalah dengan makan banyak. Banyak makanan protein hewani sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Kombinasi karbohidrat dan protein bisa memicu pertumbuhan sel. Tapi hati-hati dengan lemak alias kolesterol jahat. Nah, cobalah untuk mengambil manfaat ikan gabus ini sebagai solusi meningkatkan berat badan tanpa lemak berlebih.

6. Mendorong Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Kalsium dan Fosfor adalah dua mineral yang dibutuhkan tubuh manusia untuk mencapai pertumbuhan tulang dan gigi maksimal. Snakehead fish mengandung banyak kalsium dan fosfor. Karena itu, daging kutuk sangat cocok untuk dimakan oleh anak balita dan lansia, sehingga pertumbuhan dan kepadatan tulang tetap terjaga.

7. Meningkatkan kekebalan tubuh

Kekebalan atau daya tahan seseorang bisa diraih saat memperhatikan diet dan suplai nutrisi dalam tubuh. Salah satu vitamin yang sangat berguna untuk kekebalan tubuh adalah Vitamin B1. Ternyata vitamin B1 juga terkandung dalam manfaat ikan gabus.

Manfaat Ikan Gabus untuk Kesehatan Lainnya :

8. Membantu Pengobatan Gagal Ginjal

9. Menjaga Kesehatan Mata

10. Sebagai sumber kalori yang baik bagi penderita Diabetes

11. Bagus untuk Kesehatan Ibu Hamil dan Janinnya

12. Menjaga Kesehatan Pencernaan

13. Membantu Kesembuhan Penyakit Infeksi Paru-Paru

14. Membantu Mengatasi Hepatitis,

15. Mendukung Pengobatan Tipus

16. Membantu Proses Penyembuhan Diabetes

17. Mendukung Proses Pengobatan Stroke

18. Memperbaiki Gizi Buruk

19. Mendukung Proses Pengobatan Autis

20. Meredakan Pembengkakan Pada Tubuh

21. Membantu Menurunkan Kolesterol Tinggi

22. Mengobati Penyakit Asam Lambung

Cara Memanfaatkan Ikan Gabus untuk Kesehatan :

Untuk mengambil manfaat ikan gabus adalah dengan cara mengkonsumsinya. Anda bisa memasak ikan kutuk dengan cara direbus atau dikukus. Usahakan tidak digoreng agar kandungannya tidak berkurang. Selain dengan memasaknya, anda juga bisa dapat membuat jus ikan gabus. Bersihkan ikan dulu, lalu pisahkan antara tubuh dan tulangnya. Setelah itu jus dagingnya, tambahkan sedikit air jeruk nipis untuk menghilangkan amisnya.

Manfaat Ikan Gabus untuk Kecantikan :

1. Mempercepat Penyembuhan Luka Bekas Jerawat

Luka bekas jerawat bisa sangat menyakitkan, terlebih lagi jika ukurannya besar dan meradang. Jika sedang dalam kondisi ini anda bisa menggunakan ikan kutuk untuk mengatasinya. Berkat kandungan albumin di dalamnya, mampu dengan cepat menghilangkan luka bekas jerawat.

2. Mencegah Peradangan Pada Jerawat

Jerawat terkadang bisa meradang, memerah dan butuh beberapa lama untuk pecah. Itu akan membuat anda begitu tidak senang dan mengganggu penampilan. Nah, cobalah manfaat ikan kutuk untuk mencegah terjadinya peradangan pada jerawat.

3. Menjaga Kelembaban Kulit

Seperti yang diulas diatas bahwa ikan kutuk ini memiliki mengandung kadar air dan bisa menjaga keseimbangan kadar cairan dalam tubuh. Jika cairan terpenuhi, kulit akan selalu lembab. Dengan begitu, anda tidak akan memiliki wajah kering dan kusam.

4. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan

Kandungan protein yang berupa kolagen dalam ikan kutuk ini mampu mencegah munculnya tanda-tanda penuaan dini. Ikan gabus sangat cocok dikonsumsi oleh wanita yang sudah mengalami menopouse. Fungsi kolagen ini menggantikan sel-sel yang sudah mati dengan sel-sel yang baru. Dengan mengkonsumsi ikan ini secara rutin bisa bisa mencegah terbentuknya keriput, kulit menjadi halus dan lembut.

5. Menjaga Kesehatan Kulit

Ikan kutuk dipercaya mampu menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh. Menurut pakar penggunaan minyak albumin ikan gabus bisa menjadikan kulit tetap sehat. Bagi yang cocok selama ini memiliki masalah kulit, bisa mengkosumsi ikan kutuk secara teratur.

Manfaat Ikan Gabus untuk Kecantikan Lainnya :

6. Menghilangkan Jerawat

7. Mencegah kulit keriput

8. Menghaluskan kulit

Cara Memanfaatkan Ikan Gabus untuk Kecantikan :

Anda bisa memanfaatkan ikan kutuk ini dengan cara mengambil minyaknya. Kukus atau tim ikan gabus kurang lebih selama 1 jam atau sampai keluar minyaknya. Setelah itu, saring minyaknya masukkan kedalam gelas. Untuk menghilangkan bau amis, tambahkan sedikit air jeruk nipis. Konsumsi minyak ikan ini dua kali sehari atau terapkan minyak ke wajah secara teratur. Selain mengambil minyaknya, bisa langsung memakan rebusan atau kukusan ikan kutuk.

Efek Samping Ikan Gabus :

Efek Samping Ikan Gabus

Sebelum memutuskan untuk mengambil manfaat ikan gabus secara rutin, ketahui juga efek sampingnya. Disamping kadar albuminnya yang tinggi, ikan ini juga mengandung protegold. Jika anda alergi terhadap ikan gabus maka, akan muncul dampak buruk seperti :

1. Gatal dan Ruam di Kulit

2. Sesak napas

3. Pembengkakan pada wajah dan bibir

Sebaiknya konsultasikan dulu pada dokter sebelum menggunakan ikan kutuk sebagai pengobatan. Minta saran pada dokter anda apa yang terbaik bagi tubuh. Demikianlah ulasan tentang manfaat ikan gabus untuk kesehatan dan kecantikan beserta efek sampingnya. Dapatkan pengetahuan lebih banyak lagi dengan membaca informasi tentang manfaat ikan lainnya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Ikan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top