Connect with us
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu

Ikan

35 Manfaat dan Khasiat Ikan Hiu untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Ikan Hiu – Ikan hiu merupakan salah satu jenis ikan laut yang biasanya dianggap sebagai predator. Ikan yang tergolong dalam karnivora ini memiliki tubuh yang besar dan bergigi tajam. Pada umumnya, ikan ini terdapat di dalam laut yang memiliki dasar laut tidak begitu terjang.

Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu

Predator ini memiliki kemampuan mendeteksi getaran suara dengan jarak mencapai 30.000 kaki. Pendengaran ikan hiu sangatlah sensitif terhadap bunyi yang dihasilkan oleh ikan-ikan kecil. Ikan ini juga memiliki insting yang peka untuk mendeteksi tetesan darah di dasar laut. Bukan hanya ikan kecil saja yang menjadi mangsa hewan predator ini, namun manusia pun juga turut menjadi mangsanya.

Ikan hiu yang dikenal sangat ganas ini ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Seluruh bagian tubuh dari jenis ikan ini dapat diambil manfaatnya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan. Hal ini menjadikan eksistensi hewan predator ini semakin terancam punah akibat perburuan liar yang terus dilakukan. Manfaat ikan hiu yang melimpah dapat anda ketahui dari beberapa informasi di bawah ini.

Ciri – Ciri Morfologi Ikan Hiu :

Hiu merupakan jenis ikan Condrichhyes yang bertubuh ramping dan memiliki kerangka tulang rawan. Selain memangsa berbagai macam ikan kecil, hiu memiliki ciri-ciri morfologi yang mudah untuk dikenali. Ikan bertulang rawan ini memiliki jumlah insang yang berbeda berdasarkan spesiesnya. Ikan yang dikenal sebagai predator laut ini, juga mencari makanan di lokasi sekitaran pembuangan sampah dari pelabuhan atau kapal. Untuk lebih jelasnya mengenai wujud dari ikan bertulang rawan ini, berikut beberapa ciri morfologinya:

  1. Ikan hiu memiliki kulit dermal denticles yang berfungsi untuk melindungi dari resiko kerusakan jaringan kulit terluat. Resiko kerusakan ini biasanya disebabkan oleh parasit.
  2. Gigi ikan hiu berderet dan bisa digantikan.
  3. Kerangka tulang rawan ikan hiu ini sangat lentur dan ringan.
  4. Ikan hiu memiliki rahang kuat karena terdapat deposit mineral didalamnya.
  5. Ikan hiu memiliki sisik plachoid kelenjar mucus.
  6. Mulut ventral yang dimiliki ikan hiu ini lengkap dengan deretan email gigi.
  7. Ikan hiu memiliki skeleton dengan vertebrae lengkap namun saling terpisah.
  8. Jenis ikan ini berdarah dingin yang suhu tubuhnya bisa disesuaikan dengan lingkungan hidupnya.
  9. Kepala ikan hiu berbentuk runcing kerarah anterior.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Ikan Hiu :

Karena tingginya permintaan pasar akan hiu, menjadikan ikan ini mulaidieksploitasi secara berlebihan. Daging ikan hiu dapat diolah menjadi berbagai menu lezat dengan cita rasa yang nikmat. Bahkan daging ikan hiu ini juga dimanfaatkan oleh sebagain besar masyarakat untuk menyembuhkan berbagai gangguan penyakit tertentu karena memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Kadungan gizi yang terdapat pada daging ikan hiu diantaranya.

  • Air 73,6 – 79,6 %
  • Protein 16,3 – 21,7 %
  • Lemak  0,1 – 0,3 %
  • Mineral 0,6 – 1,8 %

Manfaat Ikan Hiu untuk Kesehatan :

1. Membantu memulihkan mata pasca operasi

Operasi adalah aktivitas pembedahan yang dilakukan dokter spesialis pada pasiennya dengan tujuan untuk mengobati luka ataupun penyakit. Salah satu panca indera yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup adalah mata. Operasi yang dilakukan pada mata biasanya juga dilakukan dokter jika pasien benar-benar membutuhkan kebijakan operasi tersebut. Bisa saja karena mengalami katarak atau sakit mata yang lain. Pasca operasi pasien bisa mencoba mengkonsumsi kornea mata dari ikan hiu yang bagus untuk memulihkan kesehatan mata. Manfaat ikan hiu untuk memulihkan kondisi mata pasca operasi ini sudah banyak dipercaya oleh para dokter dan juga ahli medis.

2. Menyembuhkan gejala penyakit kanker

Kanker merupakan salah satu jenis penyakit kronis yang bisa menyebabkan kematian jika sudah dalam tahap parah sekali. Namun pasien yang menderita penyakit mematikan ini harus selalu bersemangat untuk mempertahankan hidupnya karena semua tergantung dengan kuasa Tuhan. Bagi anda yang mungkin menemui orang yang divonis menderika kanker, maka anda bisa memberikan motivasi kepadanya dengan menyarankan untuk mengkonsumsi olahan ikan hiu. Manfaat ikan hiu untuk menyembuhkan penyakit kanker terutama terletak pada bagian siripnya.

3. Menstabilkan kadar gula darah pada tubuh

Hal utama yang wajib diperhatikaan agar kadar gula darah dalam tubuh menjadi normal adalah memperhatikan kandungan gizi dan nutrisi makanan yang kita konsumsi. Batasi berbagai makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dan yang manis-manis. Misalnya saja seperti : roti, mie, ketan, nasi dan lain-lain. Manfaat ikan hiu yang mungkin belum banyak diketahui orang adalah mampu menstabilkan gula darah. Anda bisa mengkonsumsi olahan makanan dari daging ikan hiu ini diimbangi dengan olahraga yang teratur untuk menstabilkan gula darah dalam tubuh anda.

4. Membantu menurunkan resiko Hipertensi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan kondisi kronis dimana terjadi tekanan hebat pada dinding arteri. Hipertensi yang tidak segera diatasi dapat berujung pada kematian. Namun bagi anda yang mungkin menderita hipertensi sebaiknya anda segera memberikan penanganan dengan obat medis dan juga menjalani pola hidup sehat. Salah satu manfaat ikan hiu adalah untuk menurunkan gejala hipertensi yang biasanya bisa dikonsumsi dalam bentuk minyak ikan hiu.

5. Sebagai anti Koagulan

Manfaat ikan hiu berikutnya adalah sebagai anti koagulan. Anti koagulan merupakan zat yang mampu mencegah resiko penggumapan darah dengan cara menghambat pembentukan trombin dan mengikat kalsium dalam proses pembekuan.

Manfaat Ikan Hiu untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu meminimalisir resiko gangguan jantung

7. Mencegah trombosit saling menempel

8. Meminimalisir resiko gejala Alzheimer

9. Membantu meningkatkan fungsi otak

10. Melancarkan peredaran darah yang mungkin mengalami penyumbatan

11. Membantu mengeluarkan racun

12. Mencegah resiko rakitis

13. Mencegah terjadinya radang otak

14. Membantu menjernihkan bola mata

15. Menghilangkan lemak jenuh LDL

16. Membantu mencegah hematemesis

17. Menetralkan asam lambung dalam tubuh

18. Mencegah resiko anoreksia

19. Membantu meningkatkan kadar HB

20. Mencegah melena

21. Membantu membuat berat badan menjadi ideal

22. Membantu mencegah penyakit degeneratif

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ikan Salmon untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Ikan Hiu untuk Kecantikan :

1. Membantu menyembuhkan luka bakar pada kulit

Luka bakar pada kulit akan memberikan efek nyeri yang terasa sangat menyakitkan. Selain nyeri, luka bakar juga terasa sangat perih bahkan dapat memberikan bekas meskipun sudah sembuh. Bagi anda yang mungkin secara tidak sengaja mengalami luka bakar, maka anda bisa mencoba manfaat ikan hiu yang berkhasiat untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit.

2. Dijadikan sebagai aksesoris

Aksesoris merupakan salah satu pendukung kecantikan wanita. Biasanya kita menjumpai aksesoris yang diproduksi dari bahan plastik atau perak. Nah, uniknya gigi ikan hiu ternyata juga bisa dijadikan sebagai aksesoris menarik karena memiliki tekstur yang cocok untuk dijadikan cindera mata maupaun aksesoris.

3. Menjadikan awet muda

Siapa yang tidak ingin nampak awet muda. Bahkan banyak yang rela melakukan perawatan berjam-jam demi penampilan yang nampak lebih muda. Tak jarang aktivitas ekstrem pun dilakukan seperti operasi plastik dan semacamnya. Padahal semua usaha tersebut sangat menyakitkandan berbahaya.

Ada baiknya kita melakukan perawatan alami untuk menjadikan penampilan terkesan lebih muda. Salah satu caranya adalah dengan mencoba manfaat ikan hiu yang bisa dikonsumsi untuk menghaluskan dan melembabkan kulit. Dengan demikian kita akan terlihat awet muda dan lebih bercahaya.

4. Membuat badan menjadi lebih segar

Manfaat ikan hiu yang tak kalah pentingnya adalah membuat badan kita menjadi lebih segar. Kandungan nutrisi yang terdapat pada ikan hiu ini sangat bagus untuk menjadikan badan kita lebih berenergi.

5. Membantu melembabkan kulit

Khasiat minyak hati ikan hiu berkhasiat untuk menjaga kelembaban kulit sekaligus membentuk lapisan pelindung kulit. Kandungan vitamin A dan D dalam minyak ikan hiu ini bermanfaat untuk mencegah kulit keriput.

Manfaat Ikan Hiu untuk Kecantikan Lainnya :

6. Melindungi kulit dari bahaya sinar UV

7. Membantu menstabilkan struktur kulit

8. Sebagai obat untuk mengatasi jerawat

Efek Samping Ikan Hiu :

Penelitian World Health Organization (WHO) atau Badan Kesehatan Dunia menyatakan bahwa ikan hiu merupakan jenis ikan yang memiliki tingkat logam berat dan kadar merkuri paling tinggi. Bahkan, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa kandungan merkuri yang terdapat di beberapa spesies ikan hiu sangatlah tinggi dan melebihi batas. Jika dikonsumsi secara berlebihan maka ikan hiu ini dapat memberikan efek samping. Diantaranya :

1. Mengurangi kesuburan pria

Kandungan logam merkuri pada ikan hiu mampu merusak sistem kardiovaskular dan sistem syaraf. Selain iut, ikan hiu juga mengandung merkuri yang berdampak pada kesuburan pria. Parahnya, masyarakat malah mengaggap hal yang sebaliknya. Menurut sebagian besar masyarakat dengan mengkonsumsi ikan hiu dapat membantu meningkatkan vitalitas pada pria. Anggapan manfaat ikan hiu ini sebenarnya hanyalah mitos. Faktanya, efek samping dari mengkonsumsi ikan hiu secara berlebihan adalah dapat mengurangi kesuburan pria.

2. Meningkatkan radikal bebas

Efek samping ikan hiu berikutnya adalah menjadikan radikal bebas meningkat. Hal ini disebabkan oleh kandungan hidrogen peroksida pada tubuh ikan hiu. Kandungan hidrogen peroksidan ini dikatakan sangat berbahaya karena mampu meningkatkan radikal bebas yang jelas sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh.

3. Alzheimer

Meskipun salah satu manfaat ikan hiu adalah mencegah resiko alzheimer, namun jika daging ikan hiu ini dikonsumsi secara berlebihan maka akan berpengaruh sebaliknya. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa kandungan merkuri yang cukup tinggi pada ikan hiu membuktikan adanya zat racun berbahaya lain yang bisa mengganggu kesehatan. Daging ikan hiu mengandung neurotoksin BMAA yang sangat membahayakan kesehatan tubuh. Mengkonsumsi ikan hiu diluar batas aman dapat menyebabkan resiko penyakit penurunan otak pada manusia seperti alzheimer.

4. Merusak ekosistem laut

Karena permintaan ikan hiu yang terlalu tinggi di pasaran, menjadikan banyak terjadi perburuan liar untuk mendapatkan manfaat ikan hiu bagi masyarakat. Hal ini tentunya berdampak pada ekosistem laut. Padahal ikan predator ini berperan penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem laut.

5. Autis

Ikan hiu memiliki kandungan logam berat yang dapat mempengaruhi otak bayi maupun anak-anak dalam masa pertumbuhan. Kandungan logam berat seperti merkuri bisa mengganggu daya konsentrasi, memori, kognitif, motori, kemampuan bahas, ketrampilan spasial dan juga visual. Hal ini sangat berkaitan dengan terjangkitnya anak dengan resiko autis.

Oleh sebab itu, olahan makanan ikan hiu ini tidak disarankan bagi ibu hamil maupun menyusui. Karena dikhawatirkan dapat mengganggu kesehatan janin dalam kandungan serta mengganggu tumbuh kembang si kecil. Bagi ibu hamil yang mengkonsumsi olahan daging ikan hiu ini, dikhawatirkan akan menjadikan bayi lahir dengan menderita autisme.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ikan Gabus untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat ikan hiu ternyata sangat banyak sekali. Bukan hanya untuk menjaga kesehatan namun juga sangat bagus untuk meningkatkan kecantikan. Disamping segudang manfaat yang terkandung pada ikan hiu, olahan masakan daging ini juga dapat memberikan efek samping jadi kita harus berhati-hati jika ini mengkonsumsinya.

Continue Reading

Lainnya dari Ikan

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top