Connect with us

28 Manfaat dan Khasiat Ikan Patin Untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil Serta Efek Samping

Ikan

28 Manfaat dan Khasiat Ikan Patin Untuk Kesehatan, Kecantikan, Ibu Hamil Serta Efek Samping

Manfaat Ikan Patin – Siapa sih yang tidak mengenal ikan patin? Di indonesia jenis ikan yang satu ini merupakan salah satu jenis ikan yang digemari. Ikan patin hidup di air tawar dan kerap disebut sebagai hewan noktural, karena sangat aktif di malam hari. Ikan patin memiliki kumis dan patil seperti ikan lele.

Ikan Patin, Manfaat Ikan Patin, Khasiat Ikan Patin, Ikan Air Tawar

Tak hanya rasanya yang enak, kandungan gizi yang ada didalam ikan patin ternyata memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh, mulai dari anak-anak, orang dewasa hingga ibu hamil. Mengingat manfaat ikan patin yang sangat besar, tak heran jika banyak sekali yang membudidayakan ikan ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Ikan Patin

Sebagian orang mungkin mengonsumsi ikan patin hanya karena rasanya yang memang enak dan lezat. Tetapi sangat jarang yang memperhatikan kandungan gizi yang ada pada ikan patin. Ikan patin mengandung yang rendah dibandingkan dengan ikan lainnya. Asam lemak esensial DHA yang ada pada ikan patin hanya sekitar 4,74% dan EPA sebanyak 0,31%.

Kandungan lemak dalam ikan Patin secara keseluruhan adalah 3,42%, dengan kandungan lemak tak jenuh lebih dari 50%. Selain itu, kandungan asam oleat yang merupakan asam lemak tak jenuh paling banyak pada ikan patin mencapai 8.43%. Kadar protein pada ikan patin juga cukup tinggi, yaitu mencapai 68,6 %.

Loading...

Masih banyak kandungan lain yang terdapat pada ikan patin, diantaranya:

  1.  Vitamin B12
  2. Vitamin A
  3. Selenium
  4. Seng
  5. Vitamin B6
  6. Vitamin D
  7. Zat besi
  8. Yodium
  9. Fluor
  10. Serat protein

Hasil penelitian menyatakan bahwa lemak tak jenuh pada daging ikan patin yang mencapai 50 % sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dan mencegah penyakit kardiovaskular.

Kadar kolesterol dalam ikan patin sangat rendah, yaitu 21-39mg/100gr. Bagi anda yang sedang menjalani program diet dan menghindari makanan berlemak, mengonsumsi ikan patin adalah pilihan diet yang sehat.

Manfaat Ikan Patin Untuk Kesehatan

1. Sebagai Sumber Protein

Manfaat ikan patin yang paling banyak dirasakan ialah kandungan proteinnya. Protein yang ada pada ikan patin dapat membantu pertumbuhan dan pembentukan otot. Protein sendiri mengandung asam amino yang merupakan atom utama penyusun tubuh.

Ikan Patin mengandung asam esensial yang sangat bagus yaitu Omega 3 dan Omega 6 yang sangat bermanfaat dalam proses pembentukan otot. Jika anda sedang menjalani program pembentukan otot, maka mengonsumsi ikan patin secara teratur merupakan pilihan yang mengasyikan.

2. Sebagai Sumber Kalori

Kalori sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme tubuh. Kalori bisa diperoleh makanan yang dikonsumsi. Salah satu makanan yang mengandung cukup kalori adalah ikan patin. Dengan memanfaatkan ikan patin sebagai sumber kalori, tubuh akan menjadi lebih bertenaga, tidak mudah lelah, dan lebih bugar.

3. Mencegah Penyakit Arthtritis

Selain sebagai sumber protein dan kalori, ikan fatin juga sangat bermanfaat dalam pencegahan penyakit Arthtritis. Penyakit Arthritis atau lebih dikenal dengan asam urat ditandai dengan adanya peradangan atau pembengkakan pada persendian. Arthritis biasanya terjadi akibat mengonsumsi makanan tertentu yang membuat persendian mengalami pengapuran. Untuk mencegah penyakit yang satu ini, rajinlah mengonsumsi ikan patin.

4. Melancarkan Peredaran Darah

Manfaat ikan patin selanjutnya adalah melancarkan peredaran darah. Peredaran darah yang lancar sangat penting untuk kesehatan tubuh. Jika peredaran darah terganggu, maka tubuh akan mudah terkena penyakit. Salah satu penyebab terganggunya peredaran darah adalah pengapuran dinding pembuluh darah. Jika anda ingin peredaran darah dalam tubuh tetap lancar, konsumsilah ikan patin.

5. Mengatasi Penyakit Kolesterol

Penyakit kolesterol biasanya terjadi karena pola makan yang tidak sehat. Makanan yang mengandung lemak jenuh seperti junk food dan makanan berminyak sangat tidak baik untuk dikonsumsi karena meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah. Jika anda ingin mengonsumsi makanan sekaligus mencegah kolesterol, maka ikan patin adalah pilihan yang tepat.

Manfaat Ikan Patin untuk Kesehatan Lainnya

6. Mencegah Penyakit Periodontal

7. Membuat Kulit Halus

8. Mencegah Penyakit Jantung

9. Meningkatkan Kadar Hemoglobin

10. Mengatasi Stres

11. Anti Kanker

12. Membangun Imun

13. Menurunkan Kadar Trigliserida

14. Mengatasi Sembelit

15. Anti Depresi

16. Menurunkan Berat Badan

17. Mencegah Stroke

18. Meningkatkan Penglihatan

19. Mengurangi Sakit Kepala

20. Mengatasi Bengkak

21. Sebagai Antibiotik Alami

22. Menguatkan Tulang

23. Mencegah Diabetes

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ikan Cakalang untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Manfaat Ikan Patin Untuk Ibu Hamil

1. Mencegah keguguran

Ikan patin sangat bermanfaat untuk menjaga janin dalam kandungan. Dengan mengonsumsi ikan patin, ibu hamil dapat menghindari resiko keguguran. Kandungan DHA yang ada pada ikan patin dapat mencegah rahim berkontraksi sehingga janin tidak mengalami keguguran.

2. Mengembangkan otot janin

Manfaat ikan patin lainnya jika dikonsumsi ibu hamil adalah mengembangkan otot janin. Sama dengan ikan lainnya, ikanpatin mengandung banyak vitamin dan mineral yang sangat baik untuk menguatkan otot janin sehingga bisa bergerak dengan mudah. Hal ini sangat penting, karena jika otot janin tidak berkembang maka kemungkinan akan lumpuh.

3. Meningkatkan Sistem kekebalan Tubuh

Ikan patin memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi. Dengan kandungan vitamin C tersebut, sistem imun pada ibu hamil akan meningkat dan tidak mudah sakit. Tak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, dengan mengonsumsi ikan patin, calon bayi yang akan lahir nantinya akan memiliki sistem imun yang baik.

4. Mengembangkan dan mencerdaskan otak janin

Kandungan omega 3 dalam ikan patin sangat bermanfaat untuk perkembangan saraf otak pada janin. Dengan demikian, ota janin akan berkembang menjadi cerdas sejak dalam kandungan. Selain itu, asam folat pda ikan patin juga cukup tinggi dan berguna untuk melengkapi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan janin.

5. Mengurangi Kecemasan

Bagi wanita yang menjalani kehamilan pertama, seringkali mengalami kecemasan atau gelisah berlebihan. Hal ini terjadi karena saat hamil, wanita mengalami perubahan hormon. Bisa juga karena ibu hamil tersebut memang belum siap dengan kehamilannya. Untuk mengurangi kecemasan pada ibu hamil, ikan patin bisa dijadikan pilihan yang aman.

Efek Samping Mengonsumsi Ikan Patin

Ikan patin memang memiliki banyak kandungan gizi dan manfaat, akan tetapi tidak ada salahnya jika kita tetap waspada dengan apa yang kita konsumsi setiap harinya. Secara alami, ikan patin tidak memiliki kandungan yang dapat membahayakan. Tetapi ikan patin bisa memiliki dampak yang buruk jika dikembangkan dengan cara yang buruk pula.

Dilansir dari wisata.kompasiana.com, ikan patin yang diekspor dari Negara-Negara lain terutama Vietnam telah tercemar. Hal tersebut disebabkan karena tempat pembudidayakan yang tidak sepadan dengan jumlah ikan sehingga ikan tercemar dengan air limbah, kotoran ikan, belum lagi penyakit yang ada ditempat penangkaran tersebut.

Disamping itu, pemberian phosphat pada ikan patin secara langsung tanpa proses pembersihan terlebih dulu juga sangat berbahaya. Jumlah phospat yang berlebihan pada ikan, jika dikonsumsi oleh manusia akan memicu kerusakan ginjal.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ikan Cakalang untuk Kesehatan, Kecantikan serta Efek Samping

Itulah penjelasan mengenai kandungan dan manfaat ikan patin untuk kesehatan yang perlu anda ketahui. Adapun untuk menghindari efek samping bisa timbul akibat mengonsumsi ikan patin, pastikan jika anda mengonsumsi ikan patin yang sehat dan bebas pencemaran.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Ikan

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top