Connect with us
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo

Kecantikan

30 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami dan Cream Serta Efek Sampingnya

Cara Menghilangkan Komedo – Selain jerawat, masalah kulit lainnya yang paling sering terjadi pada kulit wajah ialah komedo. Komedo adalah suatu benjolan kecil menyerupai jerawat yang terdapat pada kulit, terutama pada bagian hidung, dagu, dahi dan bagian wajah lainnya. Tak hanya di wajah saja, komedo juga bisa muncul di lengan, bahu, leher dan punggung.

Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo

Komedo paling sering dialami wanita, terutama yang memiliki wajah berminyak. Disamping itu, pria berusia 16-19 tahun hampir 100 persen juga mengalami komedo. Meskipun tidak menyebabkan nyeri, namun komedo bisa berada pada kulit dalam jangka waktu yang lama dan sulit dihilangkan dan dapat mengurangi rasa percaya diri seseorang.

Jenis-Jenis Komedo

1. Komedo Hitam

Komedo hitam adalah jenis komedo terbuka yang terjadi karena tumpukan sel kulit mati dan sebum. Pada komedo jenis ini serta folikel rambut yang terbuka lebar sehingga mengalami oksidasi dan berwarna hitam.

2. Komedo putih

Komedo putih adalah jenis komedo tertutup yang terjadi karena folikel rambut tersumbat sepenuhnya. Jenis komedo ini berwarna putih dan sering terjadi pada area T-zone.

Loading...

3. Makrokomedo

Makrokomedo adalah jenis komedo putih yang berukuran besar sekitar 2-3 mm.

4. Mikrokomedo

Kebalikan dari makrokomedo, mikrokomedo adalah jenis komedo yang tergolong kecil sehingga tidak terlihat oleh mata.

5. Komedo raksasa

Komedo raksasa adalah sejenis kista yang ujungnya terbuka serta berwarna hitam.

6. Komedo solar

Komedo solar adalah salah satu jenis komedo yang kerap ditemukan pada area dagu dan pipi. Komedo ini biasanya terjadi pada lansia dan disebabkan poleh sengatan sinar matahari.

Penyebab Komedo

1. Mengonsumsi Makanan Berminyak

Makanan yang dikonsumsi setiap ternyata berpengaruh terhadap kondisi kulit kita. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa komedo umumnya terjadi pad bagian wajah, terutama pada kulit yang berminyak. Makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat tinggi dapat merusak kulit. Itu sebabnya, orang-orang yang sering mengonsumsi makanan seperti gorengan akan lebih mudah mengalami komedo dan jerawat.

2. Wajah kotor

Bagi yang memiliki aktivitas padat terutama diluar ruangan, maka wajah akan terkena debu, kotoran bahkan sengatan sinar matahari. Saat kondisi tubuh lelah setalah beraktivitas seharian, sebagian orang lebih memilih untuk langsung beristirahat tanpa membersihkan wajah terlebih dahulu.

Hal ini jika dibiarkan terus-menerus akan memicu timbulnya komedo, terutama bagi wanita yang kesehariannya tidak lepas dari make up. Dengan kotoran dan make up masih melekat saat tidur, pori-pori wajah akan tersumbat dan membuat komedo menumpuk.

3. Kurang mengonsumsi air putih

Mencukupi kebutuhan air putih sangat penting bagi kesehatan. Para pakar kesehatan menganjurkan kita minum air putih minimal 8 gelas atau sebanyak 2 liter per hari. Selain berperan untuk menjaga tubuh dari dehidrasi, air putih juga sangat bermanfaat untuk menjaga kelembaban kulit.

Dengan mengonsumsi air putih yang cukup setiap harinya, kesehatan akan terjaga dari dalam sehingga dapat mencegah berbagai masalah yang seering terjadi pada kulit seperti komedo.

4. Hormon tidak seimbang

Kadar hormon pada setiap orang berbeda-beda, sebagian memiliki hormon yang tidak seimbang. Orang yang hormon testosteronnya tinggi akan cenderung mudah mengalami komedo dan jerawat. Hal ini disebabkan oleh adanya rangsangan kelenjar sebaceous yang meningkat sehingga menyebabkan produksi sebum berlebihan.

5. Mengonsumsi kafein dan alkohol

Orang yang gemar mengonsumsi minuman berkafein dan mengandung alkohol akan merasakan efek yang buruk bagi kesehatan dan kulit. Minuman yang mengandung kafein tinggi seperti kopi jika dikonsumsi terus menerus akan membuat kulit rusak karena dapat merangsang produksi kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Begitu juga dengan alkohol, orang yang sering mengonsumsinya akan mengalami pola tidur yang tidak teratur sehingga berdampak buruk bagi kulit.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan Alami

1. Menggunakan Stroberi

Menghilangkan komedo bisa dilakukan dengan memanfaatkan buah stroberi. Caranya sangat mudah, siapkan buah stroberi yang telah dicuci bersih dan haluskan dengan blender. Jangan lupa tambah satu sendok madu dan campurkan hingga merata.

Kemudian oleskan pada wajah sambil melakukan pijatan lembut dan biarkan hingga mengering. Setelah itu, bersihkan dengan air dingin hingga wajah benar-benar bersih. Lakukan cara ini secara rutin hingga komedo benar-benar menghilang.

2. Uap Air Hangat

Cara berikutnya yaitu dengan uap air hangat. Air uap dapat menghilangkan komedo karena membuka pori-pori sehingga penyumbatan sebum dan kotoran dapat diatasi. Cara penggunaannya yaitu didihkan air dengan menggunakan panci, lalu pindahkan airnya ke baskom.

Dekatkan wajah pada baskom berisi air mendidih tadi selagi mengeluarkan uap. Anda dapat menutup kepala dan baskom dengan kain lebar agar uap langsung mengenai wajah. Lakukan hal ini selama 5 menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin. Jika dilakukan secara rutin, cara ini akan cepat menghilangkan komedo.

3. Menggunakan Baking Soda

Baking soda selain dijadikan bahan pembuat kue, ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan komedo secara alami. Baking soda dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati pada wajah. Dengan begitu, penumpukan sebum dan kotoran pada kulit dapat teratasi sehingga komedo dapat dihilangkan.

Cara menggunakannya cukup simpel, cukup campurkan satu sendok makan baking soda dan campurkan dengan air secukupnya. Oleskan campuran tersebut pad wajah secara merata dan diamkan hingga 15 menit. Setelah itu, bilas wajah dengan air bersih tanpa sabun.

4. Cuka Sari Apel

Selain baking soda, cuka sari apel juga tak kalah ampuh untuk menghilangkan komedo membandel.
Cuka sari apel bersifat antimikroba dan antibakteri yang dapat mengurangi pada wajah. Selain itu cuka sari apel yang bersifat asam berguna untuk mengecilkan pori-pori dan mengurangi produksi minyak pada kulit wajah.

Cara menggunakannya hampir sama dengan baking soda, ambil 2 sendok sari cuka apel dan campurkan dengan segelas air bersih. Kemudian oleskan campuran air dan sari cuka apel tadi ke area wajah yang berkomedo. Diamkan campuran sari cuka apel selama 5-10 menit, kemudian bilas dengan air dingin.

5. Menggunakan Lidah Buaya

Ada satu lagi bahan alami yang dapat membantu menghilangkan komedo yaitu lidah buaya. Lidah buaya bersifat antiinflamasi, dan antibakteri yang sangat bagus untuk mengatasi komedo. Selain itu lidah buaya juga mengandung antioksidan yang sangat baik untuk kulit.

Cara menggunakannya yaitu, kupas lidah buaya dan ambil bagian gelnya. Kemudian oleskan pada wajah secara merata. Biarkan gel lidah buaya tersebut di wajah anda hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air.

6. Lemon

Bahan alami selanjutnya yang bisa menghilangkan komedo ialah lemon. Anda pasti sudah tahu bahwa lemon mengandung Vitamin C yang tinggi. Lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Cara menggunakan Lemon untuk menghilangkan komedo sangat mudah. Cukup peras satu buah lemon, kemudian oleskan air lemon ke seluruh wajah. Diamkan air lemon tersebut 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air biasa.

7. Jeruk nipis

Alternatif lain yang bisa digunakan untuk mengusir komedo selain lemon yaitu jeruk nipis. Sama seperti lemon, jeruk nipis juga tinggi Vitamin C dan antioksidan. Dua kandungan tersebut dapat melindungi kulit dari timbulnya komedo dan jerawat. Tak hanya itu, jeruk nipis juga dapat mencerahkan wajah yang kusam, mengurangi minyak berlebih pada wajah dan juga mengangkat sel-sel kulit mati.

Cara penggunaannya mudah, siapkan satu buah jeruk nipis, lalu peras dan tampung airnya dalam wadah. Kemudian celupkan kapas dan usapkan pada wajah secara merata. Tunggu hingga air jeruk nipis mengering dengan sendirinya dan basuh wajah dengan air.

8. Kulit jeruk

Selain daging buahnya, kulit jeruk juga ternyata berkhasiat untuk menghilangkan komedo. Kulit jeruk terbukti mengandung lebih banyak Vitamin C dari pada buahnya. Kulit jeruk juga sangat baik untuk mengecilkan pori-pori wajah. Cara penggunaannya yaitu dengan menjadikannya sebagai masker wajah.

8. Pepaya

Buah pepaya mengnadung enzim papain yang sangat baik dalam meregenerasi sel kulit. Selain itu, pepaya juga mengandung Vitamin A, C, dan E yang berperan sebagai antioksidan. Adanya kandungan tersebut, akan melembabkan dan menutrisi kulit. Pepaya juga dapat membersihkan wajah dari kotoran dan debu, mengangkat sel kulit mati dan menghilangkan komedo. Selain itu, pepaya dapat menjadi pelindung kulit alami yang mampu menangkal sinar UV.

Untuk mengatasi komedo dengan pepaya, cukup menggunakannya sebagai masker wajah, Anda perlu melakukan perawatan dengan pepaya secara rutin agar komedo bisa cepat hilang.

9. Tomat

Kandungan lycopene yang ada dalam buah tomat sudah terbukti melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, tomat juga dapat membantu mengangkat kotoran dan sel kulit mati sehingga komedo tidak menumpuk. Seperti pepaya, tomat juga dapat dijadikan pelindung kulit dari sinar UV. Gunakan tomat sebagai masker wajah setidaknya 3 kali dalam seminggu untuk menghilangkan komedo.

10. Kacang kedelai

Kacang kedelai dikenal sebagai sumber protein nabati. Selain protein, kacang kedelai juga kaya akan Vitamin A, B, C dan E, fosfor, kalsium, zat besi dan magnesium. Kandungan nutrisi tersebut menjadikan kedelai sebagai antioksidan yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

Selain itu, masker kacang kedelai juga dapat menghilangkan komedo, mengurangi minyak dam mencerahkan wajah. Lakukan perawatan wajah dengan masker kedelai dengan rutin agar komedo bisa teratasi dengan maksimal.

11. Kayu manis

Selain digunakan sebagai bumbu masakan, kayu manis juga bisa menghilangkan komedo. Kayu manis bisa menjaga kecantikan kulit, menjaga sirkulasi darah, dan membuat wajah bercahaya.

Untuk memanfaatkan kan kayu manis sebagai penghilang komedo, anda bisa mencampurnya dengan jeruk nipis. Ambil 2 sendok kayu manis yang sudah dihaluskan, kemudian campur dengan air perasan jeruk nipis.

Oleskan campuran bubuk kayu manis dan air jeruk nipis tadi ke bagian wajah yang berkomedo. Biarkan hingga mengering atau tunggu sampai 15 menit. Basuh wajah dengan air sampai bersih.

12. Kunyit

Kunyit mengandung antimikroba yang berfungsi melawan bakteri yang menyumbat pori-pori sehingga komedo dapat teratasi. Disamping itu, kunyit juga berfungsi sebagai anti inflamasi. Kandungan yang ada didalamnya juga mampu menjaga kulit dari radikal bebas. meningkatkan tekstur dan kesehatan kulit Anda.

Ambil bubuk kunyit satu sendok makan, kemudian tambahkan air secukupnya hingga seperti pasta. Balurkan pada wajah hingga merata dan diamkan 10 sampai 15 menit. Setelah itu basuh wajah dengan air hangat hingga pasta kunyit hilang.

13. Gula dan kopi

Siapa yang menyangka perpaduan kopi dan gula bisa dijadikan bahan alami untuk menghilang komedo. Kopi dan gula bisa menjadi scrub alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel di wajah.

Caranya sangat mudah, Ambil 2 sendok makan bubuk kopi, tambahkan gula sebanyak satu sendok dan air secukupnya. Aduk secara merata hingga berbentuk scrub, kemudian usapkan dengan lembut ke wajah beberapa menit dan bilas dengan air dingin.

14. Fenugreek

Fenugreek merupakan salah satu tanaman obat yang sering digunakan untuk memperlancar ASI. Disamping itu, fenugreek ternyata mengandung antioksidan, emolien dan bersifat anti inflamasi sehingga mampu menghilangkan komedo.

Ambil daun fenugreek sebanyak satu cangkir, kemudian tumbuk hingga halus. Tambahkan air secukupnya dan oleskan secara merata pada wajah.

15. Madu

Madu memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kulit, termasuk menghilangkan komedo. Untuk penggunaannya, anda perlu mencampur madu dengan gula pasir. Campuran kedua bahan tersebut akan menjadi scrub alami yang mampu menghilangkan komedo di wajah.

16. Teh hijau

Teh hijau dikenal kaya akan kandungan antioksidan. Teh hijau juga dapat mengangkat kotoran sekaligus membersihkan komedo. Dalam penggunaannya, anda bisa menyiapkan teh hijau celup, lalu celupkan pada air hangat. Gunakan air teh hijau tadi untuk membasuh muka. Lakukan secara rutin hingga komedo hilang.

17. Minyak kelapa

Walaupun mengandung minyak, tetapi minyak kelapa justru sangat ampuh menghilangkan komedo. Hal ini karena minyak kelapa bersifat anti bakteri yang dapat mengangkat kotoran penyebab komedo pada kulit wajah. Gunakan beberapa tetes minyak kelapa dan usapkan secara lembut ke wajah selama beberapa menit. Lakukan hal tersebut sebelum tidur setiap harinya, komedo akan berangsur menghilang.

18. Minyak jojoba

Selain minyak kelapa, minyak jojoba juga perlu dicoba untuk menghilangkan komedo. Minyak jojoba dapat mengurangi sebum yang menghambat pori-pori wajah. Minyak jojoba juga dapat membantu membuka pori-pori sehingga jenis komedo tertutup dapat dikeluarkan.

Usapkan minyak jojoba secukupnya pada wajah sambil melakukan pijatan ringan pada wajah selama beberapa menit. Setelah itu basuh wajah dengan air hangat hingga bersih.

19. Air garam

Air garam bersifat anti bakteri dan mampu menghilangkan kotoran dan sel kulit mati pada kulit. Komedo juga cukup ampuh dalam memberantas komedo.

Basuhlah wajah dengan air garam beberapa kali dalam sehari. Dengan begitu, produksi minyak berlebih penyebab komedo akan berkurang. Jangan lupa memakai pelembab wajah setelah mencuci wajah dengan air garam agar wajah tidak kering.

20. Minyak jarak

Minyak jarak telah banyak digunakan sebagai bahan alami pembersih kulit. Minyak jarak mampu mengangkat kotoran yang menyumbat pada pori-pori sehingga komedo dapat teratasi.

Siapkan minyak jarak secukupnya, kemudian oleskan pada wajah, pijat selama beberapa menit. Setelah itu bersihkan wajah dengan air, jika masih terasa lengket diwajah, anda bisa membasuh wajah dengan sabun wajah hingga bersih.

Cara Menghilangkan Komedo dengan Obat atau Cream

1. Brevoxyl Cream

Brevoxyl Cream adalah salah satu obat berbentuk cream yang telah dipercaya dapat menghilangkan jerawat ringan. Seperti yang kita ketahui, komedo bisa dikategorikan sebagai jerawat ringan, jadi cream ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan komedo.
Berdasarkan aturan pemakainan, Brevoxyl Cream dapat digunakan sebanyak 2x setiap hari. Akan tetapi jika terjadi iritasi kulit saat pemakaian, sebaiknya penggunaan dihentikan.

2. Vitacid

Obat komedo selanjutnya yang bisa digunakan yaitu Vitacid. Vitacid tak hanya mampu mengatasi komedo tapi juga jerawat. Banyak sekali beauty blogger yang meriview keberhasilan mereka memberantas jerawat dan komedo dengan menggunakan vitacid ini.

Vitacid mengandung vitamin A dan tretinoin yang membantu mengeluarkan komedo pada kulit wajah, baik komedo putih maupun komedo hitam. Tak hanya itu, Vitacid juga dapat membantu menghilangkan bekas jerawat yang menghitam.

3. Quinoderm Cream

Quinoderm ini sebenarnya digunakan untuk menghilangkan jerawat membandel, tetapi dapat juga digunakan untuk menghilangkan komedo.

Quinoderm Cream diproduksi dalam 2 varian. Varian pertama mengandung 5% benzoil peroksida, sedangkan varian lainnya yang mengandung benzoil peroksida yang lebih besar yakni 10%.

Untuk menghilangkan komedo yang gejalanya lebih ringan dari jerawat, sebaiknya gunakan Quinoderm yang kandungan benzoil peroksidanya 5%. Quinoderm 5% Cream dapat dioleskan pada komedo 2x sehari.

4. Cream Pratista

Tidak seperti cream sebelumnya, cream yang satu ini memang dibuat khusus untuk menghilangkan komedo. Cara pemakainnya saam seperti cream pada umumnya, oleskan saja pada area wajah berkomedo. Cream ini dapat dipakai di malam hari menjelang tidur sebagai pengganti cream malam.

5. Cream Yashodara

Cream Yashodara dibedakan menjadi 2 macam layaknya cream kecantikan, yaitu cream siang dan cream malam. Cream ini mengandung kojic acid, arbutin, glycolic acid yang sangat baik untuk kecantikan kulit. Dengan kombinasi kandungan tersebut, Cream Yashodara dapat membantu mengangkat sel kulit mati, menghilangkan komedo dan menghilangkan bekas jerawat.

Efek Samping Menggunakan Cream Penghilang Komedo

1. Memicu reaksi alergi

Efek samping penggunaan cream penghilang komedo yang paling sering terjadi ialah timbulnya reaksi alergi pada kulit wajah. Reaksi alergi tersebut jika dibiarkan akan menyebabkan komedo bertambah banyak dan parah. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kulit sensitif.

2. Memicu peradangan

Seperti penjelasan sebelumnya, banyak cream penghilang jerawat yang digunakan untuk menghilangkan komedo. Cream jerawat biasanya mengandung bahan yang cukup keras bagi kulit sehingga dapat menyebabkan peradangan. Untuk mengobati komedo harus dilakukan tahap demi tahap agar tidak terjadi infeksi.

3. Membuat kulit melepuh

Efek lain yang mungkin ditimbulkan saat menggunakan cream penghilang komedo adalah kulit melepuh. Hal ini bisa terjadi karena pemilihan cream yang kurang tepat atau konsentrasinya terlalu tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan cream yang berbahan ringan dengan dosis yang rendah.

4. Memicu kulit kering

Bahan yang terkandung dalam cream penghilang komedo biasanya akan membuat kulit kering. Pada umumnya cream tersebut berfungsi untuk mengurangi kadar minyak pada wajah sehingga kulit akan menjadi kering. Jika dibiarkan hal ini akan berlanjut pada proses penuaan dini.

5. Menyebabkan pelepasan kulit

Saat kulit wajah menjadi kering, jika tidak segera diatasi maka akan terjadi pelepasan kulit. Karena kulit kering lama-kelamaan akan mengelupas dan terangkat. Untuk mengatasinya, segera gunakan pelembab yang cocok dengan kulit wajah agar kulit yang kering dapat kembali normal.

Baca Juga: Cara Memutihkan Kulit dengan Bahan Alami dan Produk Pemutih Kulit Serta Efek Sampingnya

Itulah pembahasan lengkap mengenai cara menghilangkan komedo, baik dengan cara alami maupun dengan menggunakan cream dan obat penghilang komedo di apotek. Mengingat adanya beberapa efek samping yang bisa timbul saat menggunakan cream penghilang komedo, sebaiknya anda menggunakan cara alami agar kesehatan kulit tetap terjaga.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Kecantikan

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top