Connect with us

Kesehatan

ADHD : Obat, Gejala, dll Gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas

ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) merupakan singkatan dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder. hal inilah yang sering di kenal dengan sebutan hiperaktif. gejala ini merupakan salah satu kondisi yang memang terlihat jelas pada sebagian anak pada saat mereka memasuki usia prasekolah dan usia awal sekolah. Anak yang menderita masalah ini biasanya lebih sulit untuk memusatkan perhatian serta mengontrol perilakunya. Kondisi seperti ini sering menyerang anak-anak, namun akan berlanjut hingga remaja dan bahkan orang dewasa jika tidak segera di atasi.

Maka dari itu ADHD akan menjadi salah satu masalah kesehatan yang wajib diperhatikan. Penyakit ini merupakan gangguan jangka panjang yang menyerang anak-anak dengan beberapa gejala yang bisa berlangsung sampai dewasa. Diperkirakan sekitar 3 hingga 5% pada usia anak sekolah yang mengalami kondisi seperti ini. masalah ini bisa menimbulkan beberapa akibat yang buruk jika tidak segera di atasi dan ditangani dengan tepat. Beberapa akibat buruk seperti kegagalan di sekolah atau pekerjaan, susah berinteraksi sosial, mal-prestasi (under-achievement), depresi kronis, sering tidak percaya diri dan memiliki prestasi yang kurang memadai.

Anak yang menderita ADHD lebih cenderung pada anak laki-laki jika dibandingkan dengan anak peempuan. Seperti contoh anak laki-laki memang umumnya memiliki perilaku yang tidak bisa diam atau hiperaktif, sedangkan pada anak perempuan lebih cenderung diam namun sulit untuk berkonsentrasi.

Gejala ADHD

Ada beberapa gejala dalam perilaku yang dialami ADHD. Gejala tersebut umumnya terlihat semenjak usia dini sebelum mereka berumur 6 tahun. Akan semakin jelas pada saat terjadi perubahan pada situasi yang ada di sekitar anak tersebut, misalnya pada saat mulai belajar. Sebagian kasus Attention Deficit Hyperactivity Disorder terdeteksi pada usia anak sekitar 6 hingga 12 tahun. Adapun gejala yang meliputi seperti:

  1. Tidak bisa diam
  2. Sulitnya berkonsentrasi
  3. Sulitnya mematuhi instruksi
  4. Bertindak gegabah tanpa berpikir panjang
  5. Selalu bergerak
  6. Sangat aktif secara fisik
  7. Kurang memahami bahaya yang buruk
  8. Cenderung tidak mendengarkan
  9. Gelisah
  10. Gampang bosan
  11. Tidak sabar
  12. Sering lupa
  13. Seringnya memotong pembicaraan orang lain
  14. Sering tidak menyelesaikan tugas dengan baik
  15. Kesulitan dalam mengatur dirinya sendiri

Gejala-gejala ADHD pada anak-anak dan remaja masih mudah dikenali. Sedangkan gejala pada orang dewasa sulit untuk dikenali. Para ahli beranggapan bahwa gejala masalah ini diawali ketika masih kanak-kanak. Pada umumnya gejala yang dialami oleh anak-anak sama dengan orang dewasa namun dengan intensitas yang berbeda. Ketika dewasa biasanya perilaku hiperaktif akan berkurang dengan sendirinya, sementara itu gejala sulitnya berkonsentrasi cenderung akan semakin parah seiring meningkatnya tekanan hidup ketika di usia dewasa.

Orang yang menderita ADHD akan mengalami masalah dalam hal pendidikan serta pekerjaanya dan kemungkinan besar hal itu terjadi karena kurangnya bersosialisasi dengan orang sekitarnya dan tidak dapat menentukan prioritas mereka sendiri. Selain itu dalam hubungan sosial dalam kehidupanya akan terhambat seperti contoh mereka yang menderita ADHD akan sulit memiliki teman atau pasangan hidup. Jika terdapat beberapa gejala seperti di atas pada anak anda, sebaiknya anda segera berkonsultasi kepada dokter untuk melakukan serangkaian pemeriksaan fisik serta psikologis agar dapat mendiagnosis jenis gangguan dan juga untuk mengevaluasi pemicunya.

Loading...

Penyebab ADHD

Penyebab ADHD belum diketahui dengan pasti karena apa. Tapi para peneliti mefokuskan objek penelitianya pada kinerja serta perkembangan otan anak. Ada juga beberapa faktor yang juga bisa mempengaruhi kondisi ADHD, yaitu seperti:

  1. Faktor keturunan / genetik, Penyakit ADHD bisa ditimbulkan karena keturunan dimana salah satu keluarga pernah mengalami hal tersebut. Baik itu dari ayah, ibu, kakek, nenek, atau saudara lainya.
  2. Ketidakseimbangan kimia, Para pakar juga menyebutkan bahwa ketidakseimbangan kimia pada otak juga dapat mempengaruhi perkembangan gejala ADHD seperti kelahiran prematur dan kelainan pada struktur fungsi otak.
  3. Kinerja otak, Pada anak yang menderita masalah ini biasanya pada area otak yang mengontrol perhatian terlihat tidak terlalu aktif jika dibandingkan dengan dengan anak-anak yang tidak menderita.

Cara Pengobatan ADHD

ADHD kemungkinan besar tidak dapat disembuhkan secara total. Namun ada beberapa jenis obat dan terapi  untuk penyakit ini yang bisa anda pilih. Nah, beberapa penanganan untuk mengatasi ADHD meliputi obat-obatan, terapi perilaku, dan juga terapi interaksi sosial. Penanganan tersebut guna untuk memperingankan beberapa gejala sehingga si penderita bisa menikmati hidup yang normal seperti halnya anak-anak lainya.

Walaupun tidak bisa menyembuhkan secara total, namun obat-obatan ini bisa mengurangi gejala-gejala ADHD yang terjadi pada anak. Nama obat tersebut yaitu dexamfetamine, lisdexamfetamine, atomoxetine, dan methylphenidate.

Selain menggunakan obat-obatan, anda juga dapat mengatasinya dengan cara terapi. Adapun jenis-jenis terapi yang dilakukan adalah terapi perilaku kognitif atau CBT, terapi psikologi, dan pelatihan interaksi sosial. Penyakit ADHD memang tidak bisa disembuhkan secara keseluruhan, namun jika ada penanganan dengan tepat sejak usia dini akan mampu membantu penderita dalam beradaptasi dengan kondisi dirinya sendiri.

Advertisements

Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Kesehatan

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top