Connect with us

60 Manfaat Ubi Ungu untuk Wajah, Kulit, Diet dan Ibu Hamil

Kesehatan

60 Manfaat Ubi Ungu untuk Wajah, Kulit, Diet dan Ibu Hamil

Manfaat Ubi Ungu – Salah satu makanan bergizi yang banyak dikonsumsi oleh penduduk Indonesia adalah ubi ungu atau ubi jalar. Selain nikmat, ubi ungu juga punya banyak manfaat bagi siapa saja yang mengkonsumsinya.

Manfaat Ubi Ungu

Tak hanya orang dewasa saja yang bisa mengambil manfaat ubi ungu. Karena ibu hamil dan ibu menyusui juga bisa mengkonsumsinya. Terdapat kandungan nutrisi yang baik bagi janin dan bayi yang disusuinya. Lalu apa saja kandungan gizi ubi jalar?

Kandungan Ubi Ungu :

Jumlah Per 100 g

  • Kalori (kcal) 85
  • Jumlah Lemak 0,1 g
  • Lemak jenuh 0 g
  • Lemak tak jenuh ganda 0 g
  • Lemak tak jenuh tunggal 0 g
  • Kolesterol 0 mg
  • Natrium 55 mg
  • Kalium 337 mg
  • Jumlah Karbohidrat 20 g
  • Serat pangan 3 g
  • Gula 4,2 g
  • Protein 1,6 g
  • Vitamin A 14.187
  • Vitamin C 2,4 mg
  • Kalsium 30 mg
  • Zat besi 0,6 mg
  • Vitamin D 0
  • Vitamin B6 0,2 mg
  • Vitamin B12 0
  • Magnesium 25 mg

Manfaat Ubi Ungu Untuk Wajah

1. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat ubi ungu untuk wajah yang pertama adalah mencerahkan kulit wajah. Hal itu karena dalam ubi ini mengandung vitamin A yang sangat tinggi. Untuk memanfaatkannya, anda bisa membuat masker ubi ungu mentah. Caranya cukup mudah, hanya dengan menghaluskan ubi tersebut lalu menjadikannya sebagai masker.

Loading...

2. Menghilangkan Lingkar Hitam Mata Atau Mata Panda

Hal yang paling sering dialami oleh seseorang yang sering begadang adalah mempunyai mata panda. Lingkar hitam di sekitar mata bisa hilang secara efektif hanya dengan masker dari ubi ungu. Untuk menggunakannya, anda hanya perlu mengiris tipis ubi tersebut dan tempelkan pada mata. Senyawa antosianin pada ubi jalar ini akan mengurangi pigmentasi serta bersifat anti-inflamasi. dengan begitu lingkaran hitam, bengkak pada mata dan keriput akan menghilang dengan cepat.

3. Mencegah Penuaan Dini.

Selain bisa menghilangkan lingkaran hitam, ubi ungu juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini. Namun untuk membuat masker ini anda perlu mencampurkannya dengan susu, madu dan jahe. Sebelum itu kukus terlebih dahulu ubi jalar lalu haluskan dan campur. Campuran berbahan dasar ubi tadi akan memnjadikan wajah lebih segar, mencegah penuaan dini, dan terhidrasi.

Manfaat Ubi Ungu Untuk Wajah Lainnya

4. Menjaga Kulit Wajah Tetap Elastis

5. Mengatasi Masalah Kulit Berminyak

6. Meningkatkan Tekstur Kulit Wajah

7. Menjaga Kulit Wajah Agar Tetap Cantik

Manfaat Ubi Ungu Untuk Kulit

1. Menjaga Kulit Dari Bahaya Radikal Bebas

Bahaya radikal bebas memang sangat mengancam kecantikan kulit seseorang. Oleh karena itulah sangat penting menjaga kulit dari bahaya radikal bebas. Salah satunya dengan menggunakan masker dari ubi ungu. Terdapat sifat antioksidan pada ubi tersebut yang efektif menjaga kulit dari radikal bebas.

2. Memutihkan Kulit

Selain mencerahkan wajah, ternyata manfaat ubi ungu bagi kecantikan juga bisa memutihkan kulit. Terdapat kandungan vitamin E pada ubi tersebut mampu menjadikan kulit lebih putih dan sehat. Anda bisa mengkonsumsi ubi ungu rebus untuk memperoleh vitamin E.

3. Menjaga Kekenyalan Kulit

Di dalam ubi jalar terdapat kandungan betakaroten serta vitamin C yang bermanfaat baik untuk kulit. Yakni mampu menjaga kekenyalan kulit dan memperbaiki sel kulit mati dan menggantinya yang baru. Untuk mengambil manfaatnya, konsumsi ubi ungu rebus atau membuatnya menjadi masker alami.

Manfaat Ubi Ungu Untuk Kulit Lainnya

4. Menyehatkan Kulit Seraca Alami

5. Menjadikan Wajah Lebih Lembut

6. Menjaga Kelembaban Kulit

Manfaat Ubi Ungu Untuk Diet

1. Menurunkan Berat Badan

Ubi ungu sangat bagus untuk program diet yang anda lakukan. Jika anda ingin tubuh yang ideal, konsumsilah ubi tersebut secara rutin. Makanan ini juga termasuk makanan diet terbaik dalam menurunkan berat badan. Hal itu karena ubi jalar mengandung nutrisi dan serat yang tinggi.

2. Menjaga Kestabilan Gula Darah

Ubi ungu mampu mengurangi kadar gula dalam darah serta resistensi ulin. Adapun kandungan serat didalamnya juga mampu menjaga kestabilan insulin, lipid maupun gula darah pada tubuh anda. Maka tak heran jika penderita diabetes sangat disarankan mengkonsumsi ubi jalar.

3. Mengatur Kadar Kolesterol

Selain berguna untuk menjaga kestabila gula darah, ternyata pada ubi ungu juga terdapat serat yang berguna menurunkan kadar kolesterol pada darah. Hal itu karena serat pada ubi ungi cukup memenuhi AKG yang mencapai 33 persen. Sedangkan karbohidrat pada ubi jalar akan bermanfaat dalam menurunkan jumlah kolesterol berlebih yang dapat dijadikan sebagai solusi diet yang sangat bagus.

Manfaat Ubi Ungu Untuk Diet Lainnya

4. Sumber Makanan Sehat Program Diet
5. Mengurangi Sifat Kecanduan Terhadap Makanan
6. Menjaga Konsentrasi Otak Agar Tetap Fokus Menjalankan Diet
7. Mengurangi Pada Komplikasi Penyakit Diabetes
8. Menekan Nafsu Makan
9. Membantu Membuang Lemak Tubuh

Manfaat Ubi Ungu Untuk Ibu Hamil

1. Kandungan vitamin A

Manfaat ubi ungu untuk ibu hamil yang pertama karena didalamnya mengandung vitamin A. Tahukah anda jika kandungan vitamin A tersebut sangat penting bagi calon bayi dan juga ibunya. Berdasarkan American Pregnancy Association, disarankan agar ibu hamil mengkonsumsi 700mg asupan vitamin A per harinya selama masa kehamilan. Jadi, mengkonsumsi 16 sdm ubi jalar setara dengan 1922 mg asupan vitamin A ataupun sekitar 300% nya dari kebutuhan vitamin A yang disarankan per harinya.

2. Vitamin C dan Zat Besi

Ubi ungu mengandung vitamin C dan Zat Besi yang bermanfaat baik untuk ibu hamil dan janin dalam kandungan. Vitamin C akan membantu penyerapan zat besi pada janin yang akan menjaga kesehatan bayi dalam kandungan. Sesuai anjuran National Institutes of Health, ibu hamil harus mengonsumsi antara 80-85 mg asupan vitamin C serta asupan zat besi sebesar 27 mg pada masa kehamilan. 1 cangkir atau 16 sendok makan ubi jalar rebus atau yang dipanggang mengandung vitamin C sebesar 39 mg serta zat besi 1,38 mg.

3. Penuh Dengan Nutrisi Kalium

Nutrisi yang penting bagi ibu hamil salah satunya adalah kalium. Ubi ungu juga mengandung penuh dengan nutrisi kalium sehingga disarankan agar ibu hamil mengkonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Wanita yang berusia mendekati 20-an perlu mengonsumsi potassium 4,7 gram per harinya. Pada ubi jalar terdapat kandungan potassium 950 mg yang penting bagi kesehatan bunda dan janin.

Manfaat Ubi Ungu Untuk Ibu Hamil Lainnya

4. Menghindari Sembelit Ketika Hamil
5. Mencegah Morning Sickness
6. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah Selama Masa Kehamilan
7. Melancarkan Peredaran Darah Ketika Hamil
8. Mencegah Wasir Ketika Masa Kehamilan
9. Melancarkan Pencernaan Dalam Tubuh
10. Mencegah Penyakit Kanker Pada Janin
11. Mencegah Perkembangan Bakteri Dalam Tubuh.
12. Meringankan Gejala Radang Perut

Manfaat Ubi Ungu Untuk Ibu Menyusui

1. Membantu Pertumbuhan dan Perkembangan Bayi

Ketika menyusui, tubuh ibu bayi membutuhkan asupan protein yang lebih. Karena protein sangat penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan dalam tubuh. Tak hanya itu saja, protein juga berperan pada pertumbuhan dan perkembangan bayi pada awal awal masa pertumbuhannya.

2. Membantu Memulihkan Tenaga Setelah Persalinan

Ubi ungu yang mengandung protein juga bisa membantu pemulihan setelah persalinan dan masa kehamilan. Selain dari ubi jalar, anda juga bisa memperoleh asupan protein dari ikan, daging, ayam, seafood, keju, telur, susu, yogurt, maupun sumber protein lainnya. Untuk ibu menyusui membutuhkan 76-77 gr satiap harinya.

3. Membantu Pertumbuhan Tulang Dan Gigi

Bagi ibu menyusui, kebutuhan vitamin C lebih banyak dibandingkan ketika hamil. Fungsi vitamin C tersebut berguna untuk masa pertumbuhan serta perbaikan jaringan pada bayi. Kandungan tersebut juga juga berguna untuk membantu pertumbuhan tulang, gigi serta kolagen.

Manfaat Ubi Ungu Untuk Ibu Menyusui Lainnya

4. Mencegah Anemia Setelah Melahirkan
5. Menjaga Kesehatan Otot Bayi
6. Menjaga Sistem Kardiovaskular Bayi
7. Menjaga System Syaraf Bayi
8. Membuat Bayi Kenyang Lebih Lama

Manfaat Ubi Ungu Untuk MPASI

1. Membantu Pertumbuhan Berat Badan Bayi Secara Cepat
2. Mengoptimalkan Perkembangan Organ Tubuh Bayi
3. Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Bayi
4. Melawan Berbagai Penyakit Yang Menyerang Pada Bayi
5. Meningkatkan Imunitas Tubuh Bayi
6. Mengobati Sembelit Pada Bayi
7. Sumber Antioksidan Terbaik Bagi Bayi
8. Menenankan Gerakan Usus Pada Bayi

Efek Samping Ubi Ungu

1. Menimbulkan Alergi Bagi Penderita Alergi Tertentu
2. Tidak Cocok Untuk Penderita Batu Ginjal
3. Tidak Disarankan Untuk Penderita Diabetes
4. Menjadikan Perut Kembung Jika Terlalu Banyak
5. Akan Mengalami Begah
6. Membuat Cepat Kenyang
7. Gampang Mengeluarkan Gas Udara Atau Kentut
8. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Bisa Mengakibatkan Keguguran
9. Terlalu Banyak Mengkonsumsi Bisa Mengakibatkan Gagal Hati Kongenital

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Ubi Jalar untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah beberapa manfaat dan khasiat ubi ungu untuk kesehatan maupun kecantikan. Selain mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan, ternyata ubi ungu juga memiliki efek samping. Meskipun efek sampingnya tidak terlalu berbahaya, namun konsumsilah dengan jumlah yang wajar.

Ubi ungu juga bisa di gunakan dengan berbagai bentuk. Mulai dari bentuk praktis sampai yang masih segar. Anda juga bisa menyesuaikan kegunaan ubi ungu untuk kebutuhan. Jika dimanfaatkan dari dalam tubuh bisa mengkonsumsi ubi rebus. Namun jika ingin menggunakan sebagai masker, bisa mengambil ubi yang masih segar.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Kesehatan

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top