Connect with us
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder

Kimia

85 Manfaat dan Khasiat Baking Powder untuk Semua Bidang Serta Efek Samping

Baking Powder, Bakpuder, Sodium Bikarbonat atau Natrium Bikarbonat adalah sebuah bahan tambahan kue yang digunakan untuk mengembangkan adonan. Bahan makanan ini memiliki rumus ikatan kimia NaHCO3 Penggunaannya biasanya ditujukan pula agar adonan jadi lembut dan renyah. Manfaat baking powder untuk kehidupan sehari-hari memang lebih dikenal di bidang kuliner saja. Namun sebenarnya ada banyak khasiatnya yang tidak mesti soal makanan dan kue-kue-an.

Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder

Misalnya manfaat baking powder untuk kesehatan dan kecantikan bisa untuk membersihkan dan memutihkan gigi. Biasanya penggunaannya dengan dicampur perasan lemon atau tumbukan strawberry. Efeknya memang bisa langsung dirasakan, gigi menjadi kesat dan kinclong.

Macam-Macam Baking Powder :

Berikut adalah berbagai macam jenis-jenis bahan tambahan makanan NaHCO3. Ternyata bubuk pengembang ini dibagi berdasarkan pada kemampuan bereaksinya ketika dicampurkan ke dalam adonan kuliner. Suhu dan tekanan sangat mempengaruhi reaksinya dalam melepaskan karbondioksida yang berfungsi mengangkat adonan dan mencampurkan berbagai unsur kimianya, agar sempurna hasilnya, empuk, lembut, renyah dan tidak bantat.

  • Single Acting : bereaksi mengembangkan adonan pada suhu normal/suhu ruangan saat adonan sedang diuleni.
  • Double Acting : bereaksi mengembangkan adonan pada suhu normal/suhu ruangan (saat adonan diuleni) dan pada suhu tinggi (saat adonan dipanaskan di atas api atau microwave)

Manfaat Baking Powder untuk Kuliner :

1. Membuat Adonan Martabak Manis Jadi Bersarang

Para pecinta kue-kue an, siapa si yang tidak tau martabak manis. Makanan ini pasti menjadi salah satu menu favorite. Jika kita perhatikan martamak manis itu ada yang unik yaitu berongga-rongga. Ya, yang menyebabkan martabak manis berongga adalah baking powder.

2. Membuat Kue Panggang Jadi Mengembang

Ada beberapa jenis kue seperti kue kukus, kue panggang, dan lain sebagainya. Untuk membuat kue panggang kita memang harus ekstra hati-hati karena sangat berpotensi untuk bantat. Untuk mencegah agar kue panggang tidak bantat salah satu caranya adalah dengan menggunakan baking powder.

3. Melembutkan Cake

Cake adalah jenis kue yang hingga kini banyak peminatnya apalagi membuatnya relatif mudah dan cepat. Tekstur cake ada yang lembut dan juga ada yang kasar. Untuk melembutkan tekstur cake kita bisa gunakan baking powder saat membuat adonan.

4. Merenyahkan Tekstur Kue

Kue kering ada banyak jenisnya. Ada kue kering yang tekturnya lembut dan ada juga kue kering yang teksturnya renyah. Cara membuat kue kering agar renyah adalah dengan menggunakan baking powder saat membuat adonan kuenya. Maka saat sudah di panggang kuenya menjadi renyah.

5. Menjadi Alternatif Bahan Fermentasi

Ada beberapa makanan yang membutuhkan fermentasi terlebih dahulu seperti tape ketan, donat, dan lain sebagainya. Memang ada ragi tersendiri untuk memfermentasikan makanan itu, tetapi jika tidak ada, kita bisa gunakan baking powder sebagai penggantinya.

Manfaat Baking Powder untuk Kuliner Lainnya :

6. Memberikan rasa krispi
7. Memberikan tekstur lembut
8. Mencegah kue bantat
9. Membantu penyatuan bahan-bahan agar padu
10. Membuat kuliner lebih awet
11. Bahan membuat martabak
12. Baik untuk menggoreng kentang
13. Membuat adonan tepung kriuk
14. Mengembangkan muffin
15. Baik untuk campuran cake
16. Mencegah adonan anjlok saat dimixing
17. Membuat kue tampak besar
18. Membuat rasa makanan lebih menyatu
19. Membantu proses pencampuran antar zat makanan
20. Mengikat warna makanan

Manfaat Baking Powder untuk Kesehatan :

1. Mencegah Kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya di dunia saat ini. Kanker bisa timbul karena beberapa faktor seperti gaya hidup yang tidak sehat. Sebelum kanker menyerang, ada beberapa cara untuk mencegah kanker. Salah satunya adalah dengan menggunakan baking powder. Cara menggunakannya yaitu dengan menyeduhnya dengan air. Mungkin rasanya tidak sedap tapi manfaatnya dapat kita rasakan.

2. Mengatasi Asam Lambung

Manfaat baking powder untuk kesehatan yang selanjutnya adalah mengatasi asam lambung. Caranya adalah dengan menyeduhnya dengan air hangat lalu berkumurlah dengan itu. Lakukan itu setiap dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

3. Mengobati Masuk Angin

Masuk angin kadang membuat kita bingung bagaimana menyembuhkannya. Ujung-ujungnya adalah minum obat herbal. Tapi obat itu akan berbahaya jika kita terlalu sering mengonsumsi. Untuk menghindari kita dari obat itu kita bisa lakukan pengobatan alternatifnya yaitu dengan berkumur baking powder

4. Membuat Pikiran Tenang

Khasiat baking powder bisa menenangkan pikiran. Sebab bahan ini melancarkan dalam penyerapan gizi makanan sehingga otak tersuplai energi dengan cukup. Ketika pikiran tenang, niscaya kehidupan menjadi jauh lebih enerjik. Tak lagi gampang jatuh sakit.

5. Mengobati Masuk Angin

Kemudian, kandungan baking powder yang memicu oksidasi bisa membuat gelembung-gelembung gas di perut. Di mana gelembung ini bisa membuat seseorang jadi mudah kentut. Dampaknya, gangguan seperti masuk angin dan perut kembung bisa diobati segera.

Manfaat Baking Powder untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengobati angin duduk
7. Melegakan tenggorokan
8. Membersihkan usus
9. Mengeluarkan racun
10. Mencegah radikal bebas
11. Mencegah perut kembung
12. Membersihkan ginjal
13. Membersihkan saluran pencernaan
14. Mengeluarkan toksin
15. Membuat tidur nyenyak
16. Melegakan perut
17. Meregenerasi sel-sel
18. Menyembuhkan kanker
19. Mengatasi gangguan lambung
20. Menurunkan tekanan darah

Manfaat Baking Powder untuk Kecantikan :

1. Memutihkan Wajah

Wajah putih tentu menjadi keinginan semua orang. Tetapi mahalnya skincare membuat orang-orang kalangan menengah kebawah sulit untuk membelinya. Sebagai alternatifnya, kita bisa menggunakan baking powder untuk memutihkan wajah yaitu dengan cara menggunakannya sebagai masker. Harganya sangat mudah untuk di jangkau

2. Menghilangkan Plak dan Karang Gigi

Plak dan karang gigi timbul karena kebiasaan tidak sehat seperti tidak menggosok gigi setelah makan dan juga bisa karena merokok. Cara untuk menghilangkan plak gigi dan karang gigi adalah dengan menggunakan baking powder. Gosoklah gigi dengan menggunakan baking powder selama 5 menit.

3. Melembutkan Kulit

Manfaat baking powder untuk kecantikan yang selanjutnya adalah melembutkan kulit. Caranya adalah dengan menjadikannya sebagai masker. Gunakan masker secara rutin dua hari sekali. Cara membuatnya pun mudah hanya di campurkan dengan air.

4. Menghilangkan Flek Hitam

Flek hitam diwajah tentu sangat mengganggu penampilan kita. Untuk itu jangan sampai wajah kita timbul flek hitam. Bagi yang sudah terlanjur, flek hitam itu bisa di hilangkan. Caranya adalah dengan menggunakan masker baking powder selama 15 menit setiap hari.

5. Mencegah Jerawat

Manfaat selanjutnya adalah untuk mencegah jerawat. Caranya adalah dengan menggosok secara perlahan wajah kita dengan menggunakan baking powder yang di taruh di sikat gigi lembut. Lakukan treatment ini dua hari sekali untuk hasil yang maksimal.

Manfaat Baking Powder untuk Kecantikan :

6. Menghilangkan ruam merah
7. Mencegah kulit kering
8. Mengatasi komedo
9. Menghilangkan kerutan
10. Mengangkat sel kulit mati
11. Menghilangkan karang gigi
12. Melenyapkan stain bekas rokok pada gigi
13. Membersihkan mulut
14. Mencegah halitosis
15. Membuat kulit kenyal
16. Menghilangkan noda hitam bekas jerawat
17. Mempercepat penyembuhan luka
18. Mengatasi kulit kering
19. Mencegah kerusakan kulit
20. Membuat kulit segar dan cerah

Manfaat Baking Powder untuk Lingkungan :

1. Membersihkan WC

WC jika terus dibiarkan selama beberapa minggu pasti jadi berwarna coklat kekuningan dan ada noda membandel. Jika hanya memakai sabun noda itu akan sulit menghilang, untuk itu diperlukan sesuatu yang bisa memudahkan noda itu cepat menghilang, yaitu salah satunya adalah menggunakan baking soda.

2. Menghilangkan Bau Tidak Sedap Pada Sepatu

Pasti kita pernah mengalami sepatu kita bau tidak sedap karena jarang di cuci atau dalam keadaan lembab. Tapi kita sibuk dan tidak sempat untuk mencuci sepatu yang bau itu. Ada cara yang lebih mudah untuk dilakukan yaitu dengan cara menaruh baking powder di dalam sepatu. Tunggu hingga semalam.

3. Menghilangkan Noda Hitam Panci dan Perabotan

Panci, wajan dan perabotan rumah yang lain yang ada di rumah kita jika terus menerus kita pakai akan berwarna hitam pada bagian bawahnya. Untuk menghilangkan noda hitam itu kita bisa gunakan baking powder untuk menggosok.

4. Membuang Karat di Perkakas

Perkakas yang ada di rumah kita biasanya mengamai masa pengkaratan karena pada keadaan basah. Karat itu akan terus mengikis sehingga kita perlu hilangkan karatnya. Caranya adalah dengan menggosoknya dengan baking powder.

5. Membuat Benda-Benda Terkesan Cerah dan Baru Lagi

Benda-benda di rumah jika sudah lama akan terlihat usang. Apalagi barang-barang yang terbuat dari stainless jika sudah lama akan usang. Kita bisa membuatnya terlihat baru lagi. Caranya adalah dengan menggosoknya dengan baking powder.

Manfaat Baking Powder untuk Lingkungan Lainnya :

6. Membuat kulkas selalu bersih dan tidak bau
7. Membersihkan noda membandel di perabotan masak
8. Mengatasi bau tidak sedap pada perkakas yang baru beli
9. Membuat lantai kamar mandi jadi kesat
10. Membunuh bakteri jahat
11. Menghilangkan kotoran membandel di piring
12. Mematikan kumat penyebab penyakit
13. Menyedot bau-bauan tajam
14. Mencegah bakteri berkembang dalam freezer
15. Membersihkan parit
16. Menghilangkan bau parit
17. Membersihan debu-debu menempel
18. Mencegah benda mudah berkarat
19. Mengatasi noda macet di perkakas
20. Menggantikan fungsi karbol

Cara Menggunakan Baking Powder untuk Kehidupan Sehari-Hari :

Ada beberapa cara untuk menggunakan baking powder di kehidupan sehari-hari, yaitu:

  • Jika digunakan untuk kuliner, maka natrium atau sodium bicarbonate ini dicampurkan ke dalam adonan.
  • Bila digunakan untuk kesehatan, tidak perlu repot-repot. Tinggal memasak saja makanan sehari-hari dengan mencampurkan satu sendok teh sodium bikarbonat ini.
  • Untuk kecantikan, baking powder dicampur dengan air perasan lemon. Kemudian digosok-gosokkan ke wajah dan bagian kulit yang tanpa luka.
  • Kemudian untuk lingkungan, bubuk natrium bikarbonat ini tinggal ditaburkan saja dan digosok-gosok ke area yang diinginkan. Bisa memberikan sedikit air agar liat dan mudah diaplikasikan.

Efek Samping Baking Powder :

Meskipun memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan, kecantikan, kuliner dan lingkungan, ternyata sodium bikarbonat memiliki efek samping yang perlu diwaspadai pula. Biasanya efek ini terjadi karena penggunaan bahan terlalu banyak. Bisa pula karena bahannya sudah kadaluwarsa dan terkontaminasi zat berbahaya. Maka dari itu, memakai bubuk baking ini untuk keperluan konsumsi tidak boleh melebihi batas. Harus sesuai takaran resep.

1. Mual
2. Muntah
3. Diare
4. Perut Sebah
5. Iritasi Kulit dan Mukosa

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Baking Soda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Itulah berbagai manfaat dan efek samping dari baking powder yang sangat banyak untuk kehidupan sehar-hari. Ternyata memang sodium bikarbonat atau natrium bikarbonat ini memiliki begitu banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Tidak hanya kuliner saja, rupanya bahan ini pun bisa untuk kesehatan, kecantikan dan kehidupan sehari-hari rumah tangga. Sudah saatnya menggunakan secara maksimal khasiatnya ini. Apalagi untuk keperluan bersih-bersih perabotan rumah tangga, sungguh bahan ini memang sanggup untuk membuat gerabah jelek jadi nampak seperti baru lagi.

Continue Reading

Lainnya dari Kimia

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top