Connect with us
Baking Soda, Manfaat Baking Soda, Khasiat Baking Soda

Kimia

100 Manfaat dan Khasiat Baking Soda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Baking soda atau soda kue merupakan bubuk yang terasa kesat apabila diremas dan memiliki rasa. Baking soda sendiri memiliki nama ilmiah yaitu natrium bikarbonat serta rumus NaHCO3.  Baking soda atau soda kue memiliki rasa pahit dan getir dari bentuknya yang menyerupai Kristal putih halus dan sifatnya yang larut dalam air. Soda kue berasal dari hasil penambangan bijih trona yang dilarutkan dalam air sebelum direaksikan dengan karbondioksida.

Baking Soda, Manfaat Baking Soda, Khasiat Baking Soda, natrium bikarbonat

Meskipun pada umumnya bahan ini digunakan untuk pembuatan kue, namun dibalik fungsinya sebagai pengembang adonan ini memiliki manfaat lain yang berguna bagi kesehatan dan kecantikan. Bahan dengan bentuk alami yang disebut nahcolite ini dapat dijadikan referensi utama untuk perawatan tubuh dan wajah dengan harga yang relative murah.

Kandungan Baking Soda :

Kandungan Baking Soda

Baking soda mengandung sifat basa (alkaloid) yang terbukti dapat melumpuhkan kuman. Kandungan natrium bikarbonat di dalamnya berperan penting sebagai metabolisme tubuh. Senyawa antasida yang terdapat dalam natrium bikarbonat ini juga larut dalam air dan dapat bekerja dengan cepat sehingga efek penyembuhan hanya memakan waktu yang relatif singkat.

Loading...

Manfaat baking soda untuk kesehatan :

1. Mengobati jamur

Sifat antijamur yang terdapat dalam bahan pembuatan kue ini tidak hanya menjadi alasan para pembuat kue memanfaatkan bahan ini pada adonan mereka supaya tahan jamur. Antijamur di dalamnya juga dapat diaplikasikan nyata untuk mengobati infeksi jamur pada saluran kandung kemih dan kulit atau panu.

2. Membantu mengatasi gangguan pencernaan

Sebuah studi dari Amerika mengungkapakan bahwa soda kue mampu menetralisir asam lambung dengan memberikan reaksi sakit perus hingga maag. Penggunaannya cukup dengan mencampurkan air dengan ½ sendok bahan ini untuk diminum. Namun pemakaiannya tidak boleh melebihi takaran tujuh sendok teh dalam satu hari.

3. Sebagai proses purifikasi dalam tubuh

Purifkasi merupakan proses pemberihan tubuh dari mikroorganisme. Campuran baking soda dan lemon tidak hanya berfungsi sebagai alkalizing, namun juga sebagai proses purifikasi yang membantu membersihkan hati dan membantu meningkatkan memberikan vitamin C, potassium dan antioksidan dari perpaduan keduanya.

4. Sebagai regulator dalam tubuh

Perpaduan air dan baking soda mampu mengatur kadar kolesterol jahat dan LDL serta menghindarkan tubuh dari resiko penyakit jantung. Soda kue yang mudah larut dalam air juga dapat melancarkan darah dari dan menuju jantung. Selain itu, natrium bikarbonat sendiri memiliki peran untuk mencegah kerusakan pembuluh darah artileri pencegah jantung koroner.

5. Menjaga otot dan saraf berfungsi normal

Meskipun hanya terdapat sedikit magnesium hasil olahan dengan bahan lain, namun perannya dapat mengembalikan fungsi otot yang meregang akibak kelelahan. Selain itu, magnesium juga dapat mengendalikan dan mengatur saraf yang lelah kembali berfungsi normal melalui membran-membran yang memiliki reseptor penerima senyawa magnesium.

Manfaat Baking Soda untuk Kesehatan Lainnya :

6. Menyembuhkan flu dan masuk angin
7. Meredakkan sakit tenggorokan
8. Mempertahankan keseimbangan pH dalam tubuh
9. Mengurangi iritasi pada kulit
10. Meredakkan penyakit maag
11. Membantu menyembuhkan tukak lambung
12. Sebagai obat bagi penderita asidosis tubulus renalis (ATR)
13. Menurunkan kadar asam urat
14. Meredakkan gatal
15. Mengobati bekas gigitan serangga
16. Mengurangi kejang eklampsia
17. Membantu mengobati asma
18. Meredakkan nyeri punggung
19. Membantu pencegahan penyakit jiwa
20. Membantu proses penyerapan mineral
21. Memproduksi kolagen
22. Sebagai alkalizing
23. Mencegah penyakit batu ginjal
24. Mencegah konstipasi

Cara Memanfaatkan Baking Soda untuk Kesehatan :

Memanfaatkan baking soda untuk kesehatan biasanya dicampur dan diolah dengan bahan lain. Campuran paling umum penggunaan ini adalah air. Disamping air, campuran lemon dengan bahan makanan ini juga terbukti ampuh untuk membentuk senyawa dan system baru sebagai penyokonng tubuh. Contoh saja kegunaan dari perpaduan lemon + soda kuesebagai alkalizing dan proses purifikasi.

Cara termudah dan terlezat adalah menikmati bahan makanan ini yang telah bercampur dengan adonan tepung, telur, mentega, susu, vanilla dan berbagai topping lain tanpa harus merasakan sensasi pahit dan getir. Baking yang terdapat dalam olahan kue pun masih terbilang wajar, karena konsumsi baking soda berlebihan justru dapat berbahaya mengingat bubuk ini bukanlah bahan makanan alami.

Manfaat baking soda untuk kecantikan :

1. Mencegah kaki kering dan retak-retak

Tingkat asam-basa yang cukup tinggi mampu memperbaiki kulit rusak dan pecah-pecah. Dengan menambahkan dua sendok makan ke dalam air hangat, dapat mengurangi intensitas kekeringan dan keretakan pada kaki. Rendam kedua kaki di dalamnya selama 15-20 menit kemudian gosok dan bilas dengan air dingin. Terapi rutin dapat memberikan hasil yang maksimal.

2. Membantu menjaga kesehatan gigi

Keefektifan baking soda dalam membunuh bakteri steotococcus mutans dalam mulut dan gigi menjadikannya sebagai pasta gigi yang murah dan konvensional. Menyikat gigi menggunakan soda kue sebanyak dua kali sehari mampu menjadikan gigi tampak lebih putih, gusi lebih sehat serta mencegah tumbuhnya karang gigi, gingivitis dan gusi berdarah.

3. Sebagai deodoran alami

Kadar asam dalam bahan makanan atau soda kue ini membantu menetralisir bau yang dihasilkan bakteri pada ketiak dengan melumpuhkannya. Penggunaannya cukup dengan mengoleskan soda kue pada ketiak setelah mandi.

4. Mengilangkan komedo

Tingkat keasaman dan fungsinya sebagai exfoliator menjadikan baking soda sebagai bahan penghilang komedo. Dengan pH asam yang cukup tinggi, bintik komedo menjadi mudah terangkat dan cepat hilang.

5. Membersihkan minyak di wajah

Baking soda tidak hanya membantu membersihkan komedo dan jerawat, namun juga dapat membersihkan minyak di wajah karena dapat menetralkan pH sehingga produksi minyak dapat berkurang.

Manfaat lain baking soda untuk kecantikan :

6. Mengangkat sel kulit mati
7. Melindungi kulit dari sinar UV
8. Memperindah rambut
9. Membersihkan kuku
10. Menghilangkan bintik hitam
11. Mengurangin uban dalam rambut

Cara memanfaatkan baking soda untuk kecantikan :

Pemanfaatan soda kue untuk kecantikan lebih digunakan pada pemakaian luar. Umumnya, bentuk bubuk saja sudah dapat digunakan untuk membersihkan gigi. Namun untuk perawatan wajah dengan bentuk masker, soda kue harus dijadikan adonan yang kental agar mudah untuk dioleskan.

Cara pembuatan masker menggunakan soda kue adalah dengan mencampurkan tiga sendok teh bahan makanan ini ke dalam air yang sedikit, lalu aduk hingga kental kemudian oleskan secara menyeluruh. Masker soda kue ini memiliki efek dan sensasi yang sama dengan scrub. Penggunaan rutin dapat memberikan hasil yang maksimal.

Efek Samping Baking Soda :

Efek Samping Baking Soda

Meskipun bahan makanan ini memiliki banyak manfaat bagi tubuh dan perawatan kecantikan, namun bubuk ini merupakan bahan olahan yang berasal dari penambangan bijih trona. Olahan ini tidak berhenti sampai disitu, setelah proses penambangan, bahan kemudian dilarutkan dalam air sebelum akhirnya direaksikan dengan karbondioksida. Jadi, secara garis besar, soda kue bukanlah bahan alami.

Penggunaan berlebihan soda kue pada wajah justru akan merusak wajah itu sendiri dimana kandungan alkaline di dalamnya dapat mengikis lapisan luar kulit yang digunakan sebagai pelindung sinar matahari. Selain itu, penggunaan baking soda selama empat hari berturut-turut dapat membuat kulit lebih cepat kering. Penggunaan soda kue sering sangat tidak dianjurkan. Anda dapat membaca manfaat atau khasiat zat dan senyawa kimia lainnya.

Advertisements

Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Lainnya dari Kimia

RSS Khasiat terbaru

Terbaru

Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Menggunakan Jilbab, Manfaat Menggunakan Jilbab, Berjilbab, Berhijab
Pasar Modal
Puasa Arafah, Manfaat Puasa Arafah, Khasiat Puasa Arafah
Bunga Kamboja, Manfaat Bunga Kamboja, Pohon Kamboja, Khasiat Bunga Kamboja, Bunga Kamboja Kuning, Bunga Kamboja Putih
Puasa Mutih, Manfaat Puasa Mutih, Khasiat Puasa Mutih, Dalil Puasa Mutih
To Top