Connect with us

73 Manfaat dan Khasiat Belerang Dalam Semua Bidang Serta Efek Samping

Kimia

73 Manfaat dan Khasiat Belerang Dalam Semua Bidang Serta Efek Samping

Belerang adalah salah satu unsur kimia yang sering disebut juga dengan Sulfur. Oleh karenanya, dalam tabel periodik, unsur ini dilambangkan dengan huruf S. Unsur non logam ini memang telah diketahui sejak zaman kuno dahulu dan banyak digunakan dalam dunia kesehatan, kecantikan, pertanian dan industri karena banyaknya manfaat belerang yang bisa didapatkan.

Belerang, Sulfur, Manfaat Belerang, Khasiat Belerang

Unsur ini biasanya didapatkan dari kawah gunung berapi yang masih aktif seperti gunung Ijen maupun gunung Merapi. Belerang juga sangat mudah dikenali, biasanya dijumpai dengan wujud batuan berwarna kuning pada beberapa kawah disertai dengan bau yang cukup khas.

Detail Belerang :

Salah satu unsur di dalam tabel periodik unsur ini memiliki bau yang khas dan menyengat. Nomor atomunsur ini adalah 16, dan massa atomnya adalah 32.06. Selain itu, unsur yang digunakan dalam pemutihan gula ini merupakan jenis unsur non logam dan memiliki bentuk alami yang padat berwarna kuning. Sementara di alam, bisa ditemukan sebagai unsurnya yang murni, dan bisa juga sebagai mineral sulfat dan sulfida.

Sifat Belerang :

Adapun beberapa sifat unsur tersebut adalah sebagai berikut:

Loading...
  1. Dalam kondisi yang standar, memiliki warna yang kucing pucat.
  2. Sebenarnya belerang yang murni tidak berbau, karena bau unsur ini yang katanya seperti telur busuk sebenarnya itu berasal dari gas hidrogen sulfida.
  3. Bisa berperan sebagai insulator listrik yang baik.
  4. Unsur non logam tersebut tidak bisa larut di dalam air.
  5. Apabila dibakar, bisa memancarkan api yang berwarna biru.

Manfaat Belerang untuk Kesehatan :

1. Mengatasi Permasalahan pada Kulit

Sudah bukan rahasia lagi kalau unsur ini sangat bisa diandalkan dalam mengatasi masalah kulit. Tak hanya diakui secara tradisional saja, dunia farmasi juga mengamini manfaat belerang yang satu ini. Beberapa masalah kulit yang bisa diatasi oleh unsur ini adalah jamur, kudis, bakteri dan parasit yang lainnya.

2. Mengatasi Radang Sendi

Belerang ini bisa dijadikan sebagai suplemen untuk mengatasi radang sendi. Untuk tujuan ini, Anda bisa menemukan unsur ini dalam bentuk DMSO atau sulfoxide dimetil dan MSM atau methylsulfonylmethane.

3. Membantu Proses Pembentukan Hormon Insulin

Manfaat unsur non logam ini untuk kesehatan yang lainnya adalah bisa membantu proses pembentukan hormon insulin. Hormon ini adalah hormon yang dibutuhkan demi kesehatan tubuh manusia. Yang digunakan untuk tujuan ini adalah sari belerang, tetapi dalam menggunakannya harus dalam takaran yang pas.

4. Membantu Mengatasi Epilepsi

Belerang ternyata juga bisa membantu mengatasi epilepsi. Gunakan saja sari belerang sebagai bahan perawatannya, maka epilepsi akan berangsur-angsur membaik.

5. Membantu Mengatasi Radang Kandung Kemih atau Interstitial Cystitis

Unsur yang juga disebut sulfur ini dalam bentuk DMSO ternyata tidak hanya berguna dalam mengatasi radang sendi saja, tetapi radang kandung kemih juga. Ini sudah banyak digunakan di beberapa negara. Biasanya yang digunakan adalah DMSO yang berbentuk cair, lalu dimasukkan langsung ke dalam kandung kemih dengan menggunakan bantuan kateter.

Manfaat Belerang untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membantu mengobati gatal-gatal yang bisa diakibatkan oleh alergi ataupun gigitan serangga seperti nyamuk
7. Mengatasi alergi entah itu karena perubahan cuaca, bakteri ataupun yang lainnya
8. Mengatasi infeksi karena belerang memiliki sifat anti inflamasi
9. Berguna untuk mengatasi penyakit koreng atau kudis
10. Sari belerang bisa digunakan untuk mengobati eksim
11. Bisa mengatasi panu dan juga kurap
12. Membantu mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi
13. Membantu melancarkan sirkulasi darah
14. Bisa mengatasi beberapa masalah organ kewanitaan seperti mengurangi lendir, mengatasi bau dan rasa gatal
15. Membantu meringankan gejala rematik
16. Membantu mengatasi pegal linu
17. Memperkuat kuku dan rambut sehingga tidak mudah patah
18. Mengatasi pembengkakan yang ada pada kulit
19. Bisa menenangkan pikiran sehingga sangat membantu dalam mengurangi stress
20. Membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh
21. Bisa meringankan gejala pilek atau flu
22. Membantu mengurangi rasa nyeri pada kepala
23. Membantu menurunkan kadar kolesterol yang jahat di dalam darah
24. Mengatasi rasa lelah akibat bekerja berat
25. Bisa dijadikan alat untuk terapi insomnia
26. Membantu mencegah infeksi pada kulit
27. Bisa dijadikan obat kutil

Manfaat Belerang untuk Kecantikan :

1. Membantu Mengatasi Jerawat

Belerang ternyata juga bisa dijadikan alternatif bagi orang-orang yang memiliki masalah dengan jerawat. Hal ini tidak lain karena belerang memiliki sifat antibakterial, sehingga mampu mengusir bakteri penyebab munculnya jerawat

2. Membantu Mengatasi Flek Hitam

Tak hanya ampuh dalam mengatasi jerawat, belerang juga mampu mengatasi flek hitam, baik itu flek hitam yang diakibatkan oleh bekas jerawat, bekas alergi, bekas luka ataupun yang lainnya. Unsur yang mempunyai nama lain yaitu sulfur ini sanggup melakukan hal itu karena memiliki kemampuan untuk mengangkat sel kulit yang sudah mati kemudian meregenerasinya.

3. Membantu Mengatasi Penuaan Dini

Penuaan dini juga termasuk dalam deretan masalah kulit yang tidak menyenangkan. Penuaan dini ditandai oleh munculnya kerutan halus, yang apabila dibiarkan akan terus bertambah. Untuk menghadapi masalah penuaan dini seperti ini, gunakan saja sulfur sebagai masker dan aplikasikan secara rutin karena sulfur juga memiliki kemampuan untuk mengencangkan kulit.

4. Mengatasi Panu

Panu bisa muncul pada bagian kulit yang mana saja termasuk jerawat. Tetapi, dimanapun panu ini muncul, jelas bisa membuat penderitanya merasa tidak nyaman, selain karena menimbulkan rasa gatal, warna belang yang ditimbulkannya bisa menurunkan rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, bisa menggunakan bantuan air belerang, bisa dengan dijadikan bahan untuk berendam dan bisa juga dioleskan.

5. Mencerahkan Kulit Wajah

Manfaat belerang untuk kecantikan yang lainnya adalah membantu mencerahkan kulit wajah. Maka tak heran banyak sekali produk kosmetik yang dijual bebas di pasaran mengandung senyawa dari unsur non logam ini, namun dalam kadar yang sudah disesuaikan.

Manfaat Belerang untuk Kecantikan Lainnya :

6. Belerang bisa membantu meregenerasi kulit yang pada awalnya ditumbuhi oleh jerawat
7. Menjaga elastisitas kulit
8. Bisa dijadikan campuran bahan kosmetik
9. Menyembuhkan infeksi pada kulit
10. Membantu memulihkan bagian kulit yang sebelumnya terkena jerawat
11. Mempercepat keringnya jerawat
12. Berperan sebagai antioksidan bagi kulit, sehingga kesehatan kulit tetap terjaga
13. Merangsang pembentukan sel kulit yang baru
14. Membantu menjaga kelembaban kulit
15. Membantu mengatasi ketombe

Manfaat Belerang Bidang Pertanian :

1. Sebagai Hara Esensial bagi Tanaman

Belerang atau yang mungkin dalam dunia pertanian lebih sering dikenal sebagai sulfur ternyata adalah salah satu hara yang dibutuhkan oleh tanaman.

2. Bahan Dasar Pembuatan Pupuk Pertanian

Jika diamati, pada beberapa pupuk pertanian komposisinya ada yang menggunakan sulfur. Sulfur ini tidak hanya bagus untuk kulit manusia saja, tetapi baik untuk tanaman juga. Makanya bahan ini banyak dijadikan sebagai bahan baku oleh sebagian besar produsen pupuk

3. Bahan untuk Desinfektan

Selain bisa dijadikan bahan dasar pembuatan pupuk, belerang ini juga bisa dimanfaatkan sebagai desinfektan. Hal ini karena memiliki sifat keratolik, dimana dengan sifat ini belerang jadi memiliki kemampuan untuk membunuh virus serta bakteri yang ada pada tanaman.

4. Bisa Dijadikan Pestisida

Lebih lanjut lagi, belerang ini bisa dijadikan sebagai pestisida, karena hama-hama serta serangga ternyata sangat sensitif terhadap unsur non logam ini. Sehingga apabila tanaman disemprot dengan menggunakan bahan ini, hama dan serangga tersebut akan menjauhinya. Tak hanya menjauh saja, ada juga sebagian hama yang justru langsung mati dan ada juga yang gagal bereproduksi.

5. Bahan untuk Pembuatan Natrium Tiosulfat

Belerang juga bisa dijadikan bahan utama di dalam pembuatan natrium tiosulfat. Natrium tiosulfat ini biasanya digunakan untuk industri termasuk juga industri pertanian.

Manfaat Belerang Bidang Pertanian :

6. Berfungsi sebagai komponen utama bagi protein tanaman
7. Berperan di dalam pembentukan klorofil
8. Membantu pembentukan butiran hijau pada daun
9. Menambah kandungan vitamin sehingga hasil panen bisa meningkat
10. Bisa membantu proses pembuatan zat gula
11. Khusus untuk tembakau, unsur tersebut juga bermanfaat dalam memperbaiki kelenturan daun dan aromanya
12. Pada bawang merah serta bawang putih, belerang bermanfaat untuk memperbesar umbi
13. Membantu meningkatkan jumlah anakan yang bisa menghasilkan, biasanya manfaat ini akan tampak pada padi

Manfaat Belerang Bidang Industri :

1. Sebagai Campuran Bahan Pewarna

Warna asli belerang sebenarnya adalah kuning. Tetapi, unsur ini bisa diolah dan diubah menjadi asam sulfat yang merupakan salah satu komponen utama zat pewarna. Biasanya industri yang menggunakan manfaat unsur ini adalah industri tekstil, plastik, serat, kertas dan lain-lain.

2. Membuat Karet Lebih Mudah untuk Dibentuk

Dalam proses pengolahan karet yang murni, biasanya dibutuhkan belerang supaya karet bisa lebih mudah untuk dibentuk. Hal ini karena unsur tersebut mampu menghasilkan panas yang cukup tinggi sehingga karet bisa lebih elastis dan jadi mudah dibentuk.

3. Bahan untuk Membersihkan Air

Industri pengolahan air juga sering memanfaatkan belerang untuk mendapatkan air yang bersih. Unsur non logam ini mampu menetralkan air yang warnanya keruh sekaligus juga menetralkan berbagai kuman yang ada di dalamnya. Namun, yang digunakan untuk tujuan ini bukan belerang murni, tetapi yang sudah diolah menjadi sulfat.

4. Biasa Digunakan dalam Proses Produksi Baja

Dalam proses mengolah baja, dibutuhkan panas yang suhunya mencapai 1500 derajat Celsius. Karena unsur ini memiliki sifat mampu mengeluarkan panas yang cukup tinggi juga. Oleh karena itu bisa dimanfaatkan dalam proses pengolahan ini. Selain itu, baja juga akan lebih mudah dibentuk apabila ditambah dengan bubuk unsur ini.

5. Komponen di dalam Beberapa Produk Rumah Tangga

Belerang yang telah diolah menjadi sulfat ini ternyata juga sangat bermanfaat dalam membuat beberapa produk rumah tangga, seperti cat. Produsen cat akan menambahkan unsur non logam ini sebagai bahan campurannya. Selain itu, sulfat ini juga biasa digunakan oleh industri sabun cuci.

Manfaat Belerang Bidang Industri :

6. Bahan campuran untuk membuat gula
7. Salah satu bahan untuk membuat ban
8. Bahan untuk membuat korek api
9. Bisa dijadikan sarana untuk mengawetkan kayu
10. Dijadikan komponen dalam industri aki

Efek Samping Belerang :

Efek Samping Belerang

Selain memiliki berbagai manfaat di atas, belerang ini juga ternyata memiliki efek samping. Tetapi, efek samping ini akan berlaku apabila yang bersangkutan menggunakannya dengan cara yang tidak benar. Selain itu, efek samping ini juga akan dirasakan oleh orang-orang yang sebenarnya memiliki alergi terhadap kandungan unsur ini.
Beberapa efek samping yang bisa muncul akibat unsur non logam ini adalah sebagai berikut:

1. Bisa menimbulkan iritasi pada mata, bahkan juga bisa menurunkan fungsi indra penglihatan.
2. Asapnya yang sangat kuat bisa menimbulkan gangguan pernafasan.
3. Bisa menimbulkan iritasi pada kulit wajah.
4. Apabila termakan bisa merusak lambung dan mengganggu proses pencernaan.
5. Bisa menimbulkan masalah pada ginjal.
6. Bisa mengakibatkan diare.
7. Bisa menyebabkan seseorang mengalami kelebihan sulfur.
8. Bisa menimbulkan luka bakar pada kulit.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Baking Soda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Sekali lagi, belerang ini bisa bermanfaat apabila digunakan dalam takaran atau dosis yang pas. Tetapi bila takaran atau dosisnya ini kurang sesuai, bisa menimbulkan efek samping seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Hati hati jika meracik salah satu bahan kosmetik ini, karena harus ada pengawasan dari ahlinya. Jika tidak akan menimbulkan efek tidak baik bagi penggunanya.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Kimia

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top