Connect with us
Emas, Manfaat Emas, Khasiat Emas

Kimia

50 Manfaat dan Khasiat Emas Dalam Semua Bidang Serta Efek Sampingnya

Emas adalah unsur kimia selama dikenal sebagai produk investasi, alat menghias diri dan bahan perhiasan. Namun sebenarnya manfaat dari emas lebih dari sekedar dua hal tersebut. Logam mulia ini sudah sejak zaman dahulu dimanfaatkan sebagai dekorasi, alat tukar dan juga perhiasan. Namun karena berkembangnya teknologi yang kian lama kian maju, akhirnya mampu menjadi inspirasi bagi manusia untuk memanfaatkan emas dengan cara yang baru, termasuk dalam bidang kesehatan, kecantikan dan industri.

Emas, Manfaat Emas, Khasiat Emas

Logam mulia ini memang bisa dijadikan sebagai perhiasan sekaligus untuk berinvestasi. Namun, akhir-akhir ini banyak yang sudah mengenal emas sebagai bahan untuk mempercantik kulit. Tren penggunaan logam mulia untuk kecantikan ini sebenarnya sudah ada sejak lama. Bangsa Romawi, Jepang dan Mesir sudah banyak yang memanfaatkan logam mulia untuk kecantikan ini sejak dahulu kala. Bahkan, ada juga yang memanfaatkannya sebagai campuran minuman untuk menjadikan kulit wajah yang awet muda. Selain itu, emas juga bermanfaat untuk berbagai bidang lain yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat.

Manfaat Emas untuk Kesehatan :

Tentu saja banyak yang tidak menyangka kalau logam mulia ini ternyata memiliki manfaat dalam bidang kesehatan. Di dunia kedokteran modern seperti sekarang ini banyak kosmetik berbahan emas yang diracik langsung oleh pakar kecantikan. Logam mulia ini diyakini dapat menjadikan kulit lebih kencang dan bersinar.

Selain itu, ada juga gigi palsu yang terbuat dari emas. Logam ini tidak bereaksi terhadap oksidasi sehingga sangat aman untuk dijadikan sebagai pengganti gigi. Oleh sebab itu, anda tidak perlu heran jika suatu saat anda bertemu dengan orang yang memiliki gigi dari logam mulia ini.

Bukan hanya itu saja, logam mulia juga diyakini dapat melancarkan sistem peredaran darah dan membantu proses pengeluaran racun pada tubuh atau sekresi. Saat racun keluar dengan baik maka kita akan terhindar dari berbagai penyakir khusunya gangguan pada sistem pencernaan.

Manfaat Emas untuk Kecantikan :

1. Mengurangi noda hitam, garis halus dan kerutan

Memiliki kulit yang sehat dan bebas dari masalah noda hitam, garis halus dna kerutan menjadi impian setiap wanita. Logam mulia ini dipercaya mampu mengaktifkan sel-sel penting di dalam kulit. Sel tersebut berperan penting untuk menyamarkan noda hitam, garis halus dan juga kerutan pada wajah.

2. Membantu merangsang sel kulit

Kandungan ion pada logam mulia ini mampu merangsang sel kulit mati di dalam tubuh. Dengan demikian sirkulasi darah akan menjadi lancar dan metabolisme kulit dapat berjalan dengan baik.

3. Mencegah terjadinya penuaan dini

Masalah penuaan dini menjadi gangguan yang amat mengancam para wanita. Menjadi terlihat sebelum waktunya merupakan momok tersendiri yang mengakibatkan wanita kehilangan rasa percaya dirinya. Selain pengaruh usia, tanda-tanda penuaan juga bisa diakibatkan karena kulit yang kering. Logam mulia ini mampu mengatasi kulit kering dan mencegahnya dari resiko penuaan dini.

4. Membantu mencerahkan kulit

Logam mulia yang sangat berkilau ini mampu memberikan efek pemantulan cahaya atau refleksi pada kulit sehingga kulit kita tampak lebih cerah dan bersinar. Dengan demikian kita bisa tampil prima, cantik dan menawan dalam setiap kesempatan.

5. Menghambat penurunan kolagen

Kolagen dalam tubuh bermanfaat untuk menjadikan rambut bercahaya dan kulit yang lembut. Namun saat menginjak usia 25 tahun produksi jumlah kolagen dalam tubuh mengalami penurunan. Manfaat logam mulia untuk perawatan kulit ini mampu membantu menghambat penurunan kolagen dalam tubuh kita.

Manfaat Emas untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mengobati kerusakan kulit

7. Sebagai obat alergi

8. Mengatasi inflamasi

9. Membantu menjaga elastisitas kulit

Manfaat Emas Dalam Bidang Industri :

1. Konduktor dalam android atau ponsel pintar

Emas sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan ponsel karena termasuk konduktor yang ideal. Sifat anti karat yang terdapat dalam logam mulia ini sangat cocok dijadikan sebagai bahan pembuatan barang elektronik canggih. Selain dimanfaatkan dalam pembuatan ponsel, logam mulia ini juga digunakan dalam industri pembuatan kalkulator, PDA, GPS dan sejenisnya.

2. Sebagai penambal gigi

Emas merupakan logam ideal yang cocok untuk menambal gigi. Meskipun memiliki harga yang lumayan mahal namun manfaat dari logam mulia ini melebihi harga yang dipatok. Selain anti karat, logam mulia ini juga tidak mudah tertelan atau terlarut.

3. Sebagai pemantul radiasi cahaya matahari pada kaca

Logam mulia ini juga sering ditambahkan dalam pembuatan kaca khusus seperti kaca tebal dalam gedung bertingkat atau pelindung helm bagi astronot. Dari segi estetisnya, logam mulia yang dicampurkan dalam pembuatan kaca gedung bertingkat dapat memberikan efek rona warna yang melimpah. Selain itu, kaca ini juga bisa dimanfaatkan sebagai pemantul cahaya matahari. Dengan tambahan logam mulia ini, gedung-gedung akan terasa lebih sejuk dan kulit serta mata para astronot dapat terlindungi saat mereka di luar angkasa.

4. Sebagai pelapis bangunan

Pemanfaatan logam mulia ini untuk melapisi bangunan memang sudah dikenal sejak dulu. Hal ini terbukti dengan banyaknya bangunan bersejarah yang lengkap dengan ornamen emas. Selain menjadikan bangunan tersebut nampak indah, lapisan logam mulia ini juga mmebuat bangunan tersebut menjadi indah dalam jangka yang panjang. Sifat logam mulia yang ideal untuk melapisi bangunan ini akan membuat warna tetap indah meskipun sudah bertahun-tahun lamanya.

5. Sebagai perlengkapan pesawat ruang angkasa

Mungkin belum banyak yang tahu bahwa pesawat ruang angkasa ternyata juga memanfaatkan logam mulia ini untuk melapisi awak pesawatnya. Kandungan penting yang terdapat pada logam mulia ini mampu menjadikan pesawat tahan terhadap paparan sinar matahari. Logam mulia ini juga dimanfaatkan sebagai lapisan pelindung kepala para astronot. Meskipun hanya digunakan dalam kadar yang minim, namun logam mulia ini memiliki peran yang sangat besar agar awak pesawat selalu aman dari panasnya sinar matahari di luar angkasa.

Manfaat Emas Dalam Bidang Ekonomi :

Karena merupakan suatu komoditi dengan nilai jual yang tinggi, logam mulia ini banyak bermanfaat di bidang ekonomi. Emas dijadikan sebagai alat tukar pada zaman dahulu saat para masyarakat melakukan transaksi barter. Selain itu, logam mulia ini juga dimanfaatkan sebagai cadangan devisa bagi negara karena nilai jualnya yang semakin lama semakin tinggi. Logam mulia ini bersifat convertible, yakni bisa diterima sebagai alat pembayaran berstandart internasional yang sah di semua negara.

Di zaman sekarang ini juga banyak yang membeli logam mulia ini bukan hanya sebagai perhiasan, namun juga sebagai investasi karena nilai jualnya yang selalu meningkat.

Manfaat Emas Dalam Bidang Sosial :

Sekarang ini sudah tidak asing lagi dengan pemakaian perhiasan dari emas. Banyak yang menggunakan logam mulia ini di beberapa bagian tubuh untuk mempercantik penampilan bahkan ada juga yang memiliki niat sebagai status sosial. Mulai dari anting, kalung, gelang dan perhiasan lain serentak dipakai karena logam mulia ini memang identik sebagai lambang kekayaan. Banyak yang beranggapan bahwa semakin banyak seseorang memiliki logam mulia ini, maka status sosialnya juga semakin tinggi.

Manfaat Emas Dalam Bidang Agama :

Sebagian agama beranggapan bahwa logam mulia ini bersifat suci. Hal ini menjadikan logam mulia ini sebagai barang yang dianggap sebagai lambang keagungan. Banyak berbagai benda keagamaan yang dibuat dengan bahan dasar emas murni.

Bahkan kita juga bisa menemui beberapa barang berbahan emas di beberapa tempat. Misalnya patung Budhadi Vihara Wat Pho, Bangkok, bernama Reclining Budha yang dibuat dari bahan emas. Ada lagi arca peninggalan agama Hindu Budah di Amerika Serikat, Arakat Gallery yang juga berbahan emas.

Agama Islam dan agama Kristen juga memanfaatkan logam mulia ini sebagai hiasan tempat peribadatan. Hal ini bisa dilihat dari bangunan Masjid Sultan Omar Ali Saifuddin di Brunei Darussalam dan Gereja La Compania di Roma, Italia. Kedua bangunan tempat peribadatan tersebut memiliki arsitektur yang berlapiskan emas.

Manfaat Emas Dalam Bidang Elektronik :

Logam mulia juga dimanfaatkan dalam bidang elektronik. Emas menjadi penghantar listrik yang sangat baik sehingga banyak dibutuhkan dalam pembuatan komponen barang elektronik. Namun sekarang ini banyak yang menggantikan emas dengan logam lain atau tembaga yang memiliki sifat sama namun harganya lebih murah daripada emas. Tentu saja hal ini bertujuan untuk menekan biaya produksi dari pembuatan barang eletronik tersebut.

Beberapa contoh barang elektronik yang komponennya terbuat dari logam mulia ini diantaranya monitor, televisi, USB connector, radio dan prosesor komputer. Dan ternyata dalam kartu SIM yang selama ini kita miliki juga terdapat kandungan emas namun hanya dalam kadar yang sangat sedikit. Mungkin jika dihitung hanya sekitar 1/1000 gr saja.

Berbagai barang elektronik seperti TV, komputer, radio dan lainnya menggunakan lapisan emas karena logam mulia ini bersifat tahan korosi. Bahkan kesan glamor dan mewah dari lapisan logam mulia ini juga sering kita temukan pada lapisan handphone yang sering kita genggam.

Manfaat Emas Dalam Bidang Olahraga :

Selain berbagai bidang diatas, emas juga memiliki manfaat di bidang olahraga. Logam mulia ini mampu mempresentasikan barang memiliki nilai tinggi. Kita sering melihat pemanfaatan logam mulia sebagai bahan untuk membuat penghargaan bergengsi sebelum perak dan perunggu. Pemberian penghargaan ini sebagai wujud keberhasilan mereka dalam meraih juara dalam perlombaan olahraga yang secara simbolik membuat pemenang tersebut lebih unggul dari pada yang lainnya. Trofi dan medali merupakan contoh penghargaan yang dibuat dalam bentuk emas.

Efek Samping Emas :

Dalam sebuah riset dinyatakan bahwa pengggunaan emas dapay memberikan efek samping yang tidak baik bagi kesehatan. Orang yang sering memakai perhiasan dari logam mulia ini dapat terkena mual, pusing hingga depresi karena kandungan dari logam itu sendiri.

Selain itu, loga mulia ini juga bisa mempengaruhi fungsi otak. Bagi mereka yang terlalu sering atau menggunakan emas terlalu banyak dapat menyebabkan rasa khawatir yang tinggi. Warna kilau yang dimiliki oleh logam mulia ini juga bisa mengakibatkan para penderita epilepsi sering mengalami kejang-kejang.

Para ahli pun juga menyarankan jika kita ingin menggunakan cincin dari emas maka sebaiknya memilih ukuran yang tidak terlalu kecil karena dapat mengganggi sirkulasi darah.

Baca Juga : Manfaat dan Khasiat Nikel untuk Kehidupan Sehari-Hari Serta Efek Samping

Dibalik efek samping diatas, emas juga akan selalu dibutuhkan oleh masyarakat karena manfaatnya yang sangat banyak. Bukan hanya sekedar sebagai perhiasan, namun logam mulia ini juga bermanfaat untuk teknologi, investasi, bahkan untuk kesehatan dan kecantikan.

Continue Reading

Lainnya dari Kimia

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top