Connect with us
Garam, Manfaat Garam, Khasiat Garam, Garam Dapur

Kimia

67 Manfaat dan Khasiat Garam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Garam merupakan senyawa ionik yang terdiri dari ion positif dan negatif, sehingga terbentuklah senyawa netral. Terbentuknya sebuah garam yaitu hasil reaksi dari asam dan basa. Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur yang digunakan sebagai penyedap bahan masakan adalah suatu garam. Manfaat garam yang paling umum dikenal orang yaitu sebagai penyedap rasa aneka masakan.

Garam, Manfaat Garam, Khasiat Garam, Garam Dapur

Bahan bumbu yang pertama kali dipakai oleh nenek moyang kita. Sekarang, garam berpadu dengan aneka bahan bumbu lainnya sehingga rasanya sesuai selera lidah. Ternyata, setelah diteliti lebih dalam, manfaat dan khasiat garam tak hanya sebagai bumbu saja, tapi juga untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan. Mau tahu khasiatnya apa saja? Simak penjelasan lebih lengkap berikut ini.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Garam :

Kandungan Gizi dan Nutrisi Garam

Garam tersusun dari unsur Natrium (Na) dan Klorida (Cl). Kedua unsur tersebut masuk ke dalam kelompok mineral. Di alam, kedua senyawa tersebut bisa membuat ikatan dengan senyawa-senyawa lain. Namun, ikatannya sangat mudah lepas. Senyawa NaCl bisa berikatan dengan air, unsur yodium, magnesium, kalium, dll. Mineral berasa asin hasil ekstraksi dari alam inilah yang banyak memberikan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Garam Untuk Kesehatan :

1. Antibakteri

Garam adalah bahan desinfektan alami pertama yang dipakai oleh orang-orang kuno. Bahan bumbu ini akan mematikan berbagai macam mikroorganisme seperti bakteri penyebab penyakit kulit dan mulut. Mekanisme kerjanya, ion Natrium dan Klorida akan masuk ke dalam dinding sel bakteri. Di dalam sel, ion-ion ini akan merubah berbagai macam komponen sel sampai rusak.

2. Mengobati tenggorokan gatal

Tenggorokan gatal bisa disebabkan oleh infeksi atau terjadinya iritasi di dinding-dinding tenggorokan. Sebagai antibakteri, akan mematikan bakteri yang menginfeksi tenggorokan. Bila terjadi iritasi atau pelukaan, larutan garam akan melindungi bagian yang teriritasi tak sampai terjadi infeksi. Dengan demikian proses penyembuhannya lebih cepat.

3. Mengobati sariawan

Tergantung dari sumber penyebabnya, sariawan bisa dengan mudah disembuhkan. Sariawan yang disebabkan oleh jamur atau bakteri, cukup kumur-kumur dengan larutan garam. Tak beberapa lama, sariawan akan terasa adem dan tak berlanjut membengkak. Bila sariawan disebabkan oleh panas dalam, kumur-kumur larutan mineral ini berperan sebagai desinfektan alami untuk mencegah terjadinya infeksi.

4. Mencegah dehidrasi

Sifat unsur Natrium dan Klorida yaitu mengikat air sehingga orang akan minum cukup air untuk memenuhi kebutuhan tubuhnya. Bila kita kehausan, ini berarti alarm bahwa tubuh sedang kekurangan air. Yang berperan sebagai alarm yaitu kedua unsur mineral tersebut.

5. Menyeimbangkan metabolit tubuh

Ion-ion kation dari unsur Natrium dan ion-ion anion dari unru Klorida berperan sebagai penyeimbang proses metabolisme di dalam tubuh. Ini digunakan sebagai transfer energi sehingga orang bisa bertenaga. Bila orang kekurangan garam, orang akan cepat merasa lesu dan lemah.

Manfaat Garam Untuk Kesehatan Lainnya :

6. Membersihkan sistem pencernaan

7. Detoksifikasi

8. Memurnikan darah

9. Mempertahankan tekanan darah

10. Memperbaiki sistem syaraf

11. Sebagai penenang atau relaksasi

12. Melenyapkan rasa pegal-pegal di badan

13. Melenyapkan nyeri

14. Pengganti pasta gigi

15. Sebagai pengganti air untuk mandi

16. Antiseptik untuk membersihkan luka

17. Mencegah penyakit gondok

18. Menjaga kelenjar tiroid tetap sehat

19. Memperpanjang umur

20. Menaikkan tekanan darah

21. Membuat bugar tubuh

22. Mengatasi kram otot

23. Menjaga kesehatan jantung

24. Menjaga organ paru-paru

25. Menyehatkan organ hati

26. Menjaga kerja fungsi pankreas

27. Menjaga Kesehatan organ-organ pencernaan

28. Menjaga kesehatan organ mata

29. Berperan sebagai pemasok elektrolit ke tubuh

30. Mampu menrunkan kadar gula dalam darah

31. Mampu menurunkan kadar asam urat

32. Meningkatkan konsentrasi

33. Meredakan sakit kepala akut

34. Meredakan sakit gigi

35. Menyembuhkan gusi berdarah

37. Penawar rasa pedas

38. Meredakan ras terbakar di tenggorokan

39. Melenturkan otot

40. Meringankan rasa nyeri pada otot

41. Menambah vitalitas

42. Menambah stamina

43. Cepat meredakan rasa kesemutan

44. Menyembuhkan batuk

45. Mengobati cacingan

46. Membantu kesembuhan penyakit asthma

47. Membantu kesembuhan penyakit paru-paru basah

48. Membantu kesembuhan penyakit TBC

49. Mencegah perkembangan sel-sel kanker

Cara Memanfaatkan Garam Untuk Kesehatan :

Caranya sangat mudah, yaitu tinggal dilarutkan dengan air. Setelah larut, baru diaplikasikan sesuai keperluan pengobatan. Bila untuk menjaga kesehatan, setiap aneka masakan sudah mengandung garam yang cukup untuk kebutuhan harian kita. Untuk yang sakit diare, tambahkan dengan garam untuk mengganti ion-ion yang hilang karena banyaknya cairan yang keluar dari tubuh.

Larutan garam memiliki berat jenis yang ringan. Ini dibuktikan dengan mengapungnya orang ketika menceburkan diri ke Laut Mati di Israel dan perbatasan Yordania. Khasiat air seperti ini sangat bagus untuk kesehatan. Dengan meniru kondisi di Laut Mati, kita bisa membuatnya di rumah. Yaitu dengan melarutkan bahan bumbu berasa asin ini dengan konsentrasi yang pekat di bak mandi. Tubuh kita akan sedikit mengapung. Badan yang terkena air ini akan merasa lebih ringan dan segar. Setelah mandi dengan air garam, selanjutnya mandi dengan air bersih sampai badan tak terasa lengket.

Manfaat Garam Untuk Kecantikan :

1. Membersihkan wajah

Sebagai antiseptik alami, larutan garam akan membersihkan berbagai macam kotoran dan mengangkat sel-sel mati. Bahkan mematikan berbagai macam mikroorganisme seperti bakteri dan jamur. Kulit wajah bersih akan mencerahkan muka Anda.

2. Mencerahkan wajah

Dengan cara membasuh larutan garam ke muka Anda, wajah akan tercerahkan. Segala kotoran dan sel-sel mati bisa terangkat dan dibuang. Selain itu mematikan bakteri dan jamur yang menempel di kulit.

3. Mengurangi jerawat

Berkat manfaatnya yang sebagai antiseptik alami, akan menjaga jerawat dari infeksi. Selama jerawat masih tumbuh, proses peradangan terus berlangsung yang akan memberi peluang masuknya berbagai macam organisme ke bagian yang berjerawat. Itulah sebabnya kita butuh antiseptik sekaligus meredakan proses peradangan.

4. Menghilangkan jerawat

Jerawat yang terawat dan bebas dari infeksi akan lekas sembuh. Larutan mineral berasa asin ini akan membantu proses kesembuhan jerawat-jerawat yang membandel.

5. Menghilangkan komedo

Komedo ini secara alami bisa keluar dengan sendirinya. Hanya saja butuh waktu dan proses. Dengan mengusap-usap kulit wajah yang banyak terdapat komedoa akan membantu pengeluarannya.

Manfaat Garam Untuk Kecantikan Lainnya :

6. Mencegah kemunculan jerawat

7. Menghaluskan kulit

8. Memutihkan gigi

9. Mengatasi masalah kulit kering

10. Antibakteri

11. Menghilangkan bau badan

12. Menunda penuaan dini atau antiaging

13. Melenyapkan keriput-keriput di wajah

14. Melenyapkan kantung mata

15. Mengikis habis tumit kaki yang pecah-pecah

16. Membantu peremajaan kulit

17. Menghilangkan bau badan

18. Menghilangkan noda-noda hitam

Cara Memanfaatkan Garam Untuk Kecantikan :

Garam bisa dibuat sebagai luluran dengan cara dicampur dengan bahan-bahan organik lainnya. Di Laut Mati, Israel dan Yordania, lumpur bergaram diaplikasikan untuk luluran ke sekujur tubuh. Lumpur ini berfungsi membuang racun-racun dari dalam tubuh sekaligus mencerahkan kulit dan menyehatkan kulit. Di Indonesia, cara ini bisa diterapkan dengan bahan-bahan luluran yang biasa digunakan, misalnya lumpur ditambah dengan garam dengan komposisi yang tepat.

Larutan garam bisa juga ditambah dengan daun sirih untuk mengoptimalkan khasiatnya sebagai antiseptik sekaligus mengharumkan. Dengan menyeka larutan tersebut ke seluruh tubuh, badan akan terasa lebih segar dan berbau harum.

Akibat Kekurangan Garam :

Akibat kekurangan garam yang langsung terasa yaitu tubuh akan mengalami ketidakseimbangan dalam seluruh proses metabolisme tubuh. Kerja osmosis untuk keseimbangan kadar air dalam sel-sel akan terganggu. Tubuh akan merasakan dehidrasi yang hebat. Gejala kekurangan ion-ion natrium dan klorida yang sangat terasa yaitu kita mengalami dehidrasi dan diare. Tubuh akan terasa lemas, loyo, dan terasa pegal di sekujur tubuh. Kita akan merasakan selalu kehausan, padahal sudah minum banyak.

Efek Samping Garam :

Efek Samping Garam

Dibalik manfaat dan khasiatnya yang banyak itu, efek sampingnya juga ada. Biasanya ini disebabkan oleh konsumsi yang berlebihan dan dilkonsumsi rutin. Ion-ion natrium dan klorida mempercepat transfer energi dan metobolit lainnya. Terutama pada pembuluh darah sehingga jantung bekerja lebih keras. Akibatnya jantung memompa darah lebih kuat sehingga tekanan darah pun meningkat. Inilah yang menyebabkan banyak orang mengalami tekanan darah tinggi.

Efek samping lainnya, yaitu kulit mudah mengering bila terlalu berlebihan pemakaiannya. Jaringan lapisan kulit terluar mudah mati dan terkelupas. Oleh karena itu perlu kehatia-hatian dalam pemakaiannya.

Konsumsi bahan bumbu pemberi rasa asin ini yang berlebihan juga memicu penyakit jantung karena mempercepat denyut jantung. Ditambah pola menu makan yang kurang sehat dan pola gaya hidup yang tidak baik. Menu sehat terdiri atas komponen karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Sedangkan gaya hidup sehat yaitu berolahraga secara teratur, tidak merokok, tidak konsumsi minuman alkohol berlebihan, tidak konsumsi obat-obatan sejenis narkotika.

Orang itu sudah makan asam garam. Peribahasa tersebut artinya orang tersebut sudah kaya pengalaman. Demikian juga dengan manfaatnya yang sangat banyak. Tak melulu hanya sebagai pemberi rasa asin di masakan kita, tapi juga untuk kesehatan, pengobatan, dan kecantikan.

Continue Reading

Lainnya dari Kimia

Terbaru

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih
Tidur tanpa celana dalam, Manfaat Tidur tanpa celana dalam, Khasiat Tidur tanpa celana dalam
Plank, Manfaat Plank, Khasiat Plank
Angkak, Manfaat Angkak, Khasiat Angkak
Daun Cempaka Putih
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh, Khasiat Sholat Subuh
Baking Powder, Manfaat Baking Powder, Khasiat Baking Powder
ASI, Manfaat ASI, Khasiat ASI
Surat Al Iklas, Manfaat Surat Al Iklas, Khasiat Surat Al Iklas
Melia Biyang, Manfaat Melia Biyang, Khasiat Melia Biyang
BB Cream, Manfaat BB Cream, Khasiat BB Cream
Brotowali, Manfaat Brotowali, Khasiat Brotowali
Asmaul Husna, Manfaat Asmaul Husna, Khasiat Asmaul Husna
Bunga Melati, Manfaat Bunga Melati, Khasiat Bunga Melati
Daun Sisik Naga, Manfaat Daun Sisik Naga, Khasiat Daun Sisik Naga
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Daun Cakar Ayam, Manfaat Daun Cakar Ayam, Khasiat Daun Cakar Ayam
Klorofil K Link, Manfaat Klorofil K Link, Khasiat Klorofil K Link
Daun Keji Beling, Manfaat Daun Keji Beling, Khasiat Daun Keji Beling
To Top