Connect with us
Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih

Kimia

50 Manfaat dan Khasiat Kapur Sirih untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat Kapur Sirih – Kapur Sirih atau Enjet adalah sebuah bahan yang terbuat dari kulit kerang kapah yang telah diproses secara khusus sehingga siap pakai. Selain itu kapur sirih berasal dari endapan batu kapur atau gamping yang telah diolah secara khusus. Proses ini meliputi pembakaran dan perendaman dengan air. Manfaat kapur sirih untuk kesehatan diyakini bisa meningkatkan stamina. Selain itu, khasiat kapur sirih untuk kecantikan bisa meremajakan kulit.

Kapur Sirih, Manfaat kapur Sirih, Khasiat Kapur Sirih

Ada anggapan yang cukup membingungkan terkait nama kapur sirih. Beberapa orang menganggap bahan ini merujuk kepada material kapur belaka. Sedangkan beberapa orang lainnya menganggap sebagai istilah yang merujuk pada dua bahan, berupa kapur dan daun sirih. Namun ternyata semua itu kurang tepat, sebab bahan ini rupanya terbuat dari kulit kerang kapah.

Namun jika secara logis, sebenarnya yang disebut kapur sirih itu terdiri dari dua bahan, yakni kapur itu sendiri yang terbuat dari kulit kerang kapah dan daun sirih. Yang memang biasaya digunakan secara bersamaan untuk keperluan pengobatan herbal maupun aktivitas hobi tradisional para nenek zaman dulu, yakni “menginang”. Nginang adalah mengunyah bahan kapur dan sirih, buah pinang dan biasanya dicampur pula dengan tembakau dan sedikit cengkeh. Hobi ini bisa dibilang seperti merokok dalam versi dikunyah dan tidak dibakar.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Kapur Sirih :

Apa sajakah sebenarnya kandungan gizi dan nutrisinya? Mengapa disebut memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Ternyata karena bahan ini mengandung zat-zat yang baik untuk tubuh, seperti disebutkan di bawah ini:

• Kalsium
• Kadinen
• Samak
• Kavinol
• Karvakol

Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan :

1. Menghangatkan Tubuh

Pasti sering kita jumpai orang jaman dulu mengunyah sirih. Kapur sirih dapat digunakan untuk menghangatkan tubuh. Caranya adalah dengan di camour dengan daun sirih lalu di kunyah. Kapur ini memiliki sifat menghangatkan. Jangan gunakan setiap hari karena kapur bersifat panas.

2. Menambah Nafsu Makan

Manfaat kapur sirih untuk kesehatan yang selanjutnya adalah menambah nafsu makan. Mengunyah sirih dan kapur membuat kita mengeluarkan air liur banyak. Dan energi yang kita keluarkan juga cukup banyak sehingga nafsu makan kita akan mrningkat

3. Meningkatkan Stamina

Kapur sirih juga bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan stamina. Caranya adalah dengan mengunyahnya dengan selembar daun sirih dan sering juga dicampurkan dengan irisan pinang. Kunyah sampai puas. Stamina menjadi meningkat setelah mengunyah itu. Itulah mengapa orang jaman dulu tetap kuat walau sudah tidak muda lagi.

4. Menguatkan Gigi

Manfaat kapur sirih yang selanjutnya adalah menguatkan gigi. Dengan menyampurkan kapur sirih dan daun sirih gigi kita bisa menjadi kuat dan tidak mudah keropos. Cukup dengan mengunyahnya sampai puas. Orang-orang tua era 1900 an biasanya masih melakukan cara tradisional untuk menguatkan gigi.

5. Mengatasi Gangguan Psikis

Mengatasi gangguan psikis dapat dilakukan dengan menggunakan kapur sirih, caranya adalah dengan mengunyah kapur sirih yang di tambakan dengan daun sirih dan pinang. Mengunyah ini membuat sirkulasi darah kita lancar sehingga pikiran kita menjadi fresh. Dengan pikiran yang selalu fresh kita akan terhindar dari gangguan psikis.

Manfaat Kapur Sirih untuk Kesehatan Lainnya :

6. Memperbaiki sistem imun
7. Meningkatkan kekebalan tubuh
8. Melawan penyakit
9. Mencegah infeksi
10. Meringankan peradangan
11. Mengatasi pusing
12. Memperbaiki suasana hati
13. Membuat mood selalu baik
14. Menenangkan pikiran
15. Melegakan tenggorokan
16. Melancarkan peredaran darah
17. Memompa jantung
18. Memperbaiki metabolisme tubuh
19. Membantu penyerapan gizi
20. Mencegah gangguan rahang

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Garam untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Cara Memanfaatkan Kapur Sirih untuk Kesehatan :

Biasanya untuk kesehatan ramuan ini dipakai sebagai bahan campuran saja membuat obat herbal. Caranya amat mudah, tinggal pakai beberapa lembar daun sirih, dicampur sedikit kapur enjet. Penggunaannya kebanyakan secara oral dengan cara dikunyah, namun ampasnya dibuang kembali, tidak ditelan.
Manfaat Kapur Sirih untuk Kecantikan :

1. Mencegah Gigi Ompong

Gigi ompong di usia muda selain mengganggu kesehatan juga mengganggu penampilan kita. Saat tersenyum terlihat gigi ompong itu menurunkan kepercayaam diri. Untuk mencegah gigi ompong kita dapat memanfaatkan kapur enjet. Caranya adalah dengan dicampurkan dengan daun sirih dan pinang.

2. Melembabkan Bibir

Kapur sirih juga memiliki fungsi untuk melembabkan bibir. Caranya adalah dengan mengunyahnya dengan daun sirih. Selain di campur dengan daun sirih, campur juga dengan pinang lalu kunyah semua bahan itu sama halnya memakan permen karet. Produksi air liur kita akan bertambah banyak sehingga bibir kita menjadi lembab.

3. Mengatasi Bau Badan

Manfaat kapur sirih untuk kecantikan yang selanjutnya adalah mengatasi bau badan. Caranya adalah menggosokan kapur sirih ke ketiak sehabis mandi. Bisa dikatakan bahwa kapur sirih ini pengganti deodorant. Bagi yang keringatnya bau, silahkan untuk mencoba cara yang satu ini.

4. Membuat Awet Muda

Mengunyah kapur yang dikombinasikan dengan daun sirih serta pinang muda dapat membuat kita awet muda. Otot wajah kita menjadi kencang saat kita rajin mengunyah, dengan begitu kita akan terhindar dari masalah penuaan dini atau dengan kata lain kita menjadi awet muda.

5. Mengencangkan Kulit

Kulit yang kencang adalah idaman semua orang. Cara untuk membuat kulit kita kencang adalah dengan melakukan aktivitas yang membuat wajah kita bergerak. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengunyah kapur sirih. Mungkin kita sering menjumpai orang tua melakukan hal semacam itu, mengunyah kapur yang dikombinasikan dengan daun sirih

Manfaat Kapur Sirih untuk Kecantikan Lainnya :

6. Memperindah bola mata
7. Mencegah mata merah
8. Menghilangkan urat mata yang nampak
9. Membuat wajah fresh
10. Mengencangkan wajah
11. Memudarkan bekas jerawat
12. Menghilangkan bekas jerawat
13. Memudarkan bekas luka parut
14. Menghilangkan bekas luka operasi
15. Mencegah penimbunan lemak
16. Mengatasi selulit
17. Mencerahkan kulit wajah
18. Mengangkat kulit mati
19. Mengencangkan otot
20. Membuat badan seksi

Cara Memanfaatkan Kapur Sirih untuk Kecantikan :

Untuk menggunakan sangatlah mudah. Tinggal memakai daun sirih muda yang sudah dicuci bersih. Kemudian gunakan kapur atau yang dalam bahasa Jawa disebut enjet. Taroh sebutir jagung kapurnya ke atas selembar daun sirihnya. Kemudian biasanya ditambah sedikit potongan pinang muda dan tembakau. Kemudian dikunyah. Jangan ragu menggunakannya karena kapur ini aman, terbuat dari bahan alami berupa kulit kerang kapah.

Efek Samping Kapur Sirih :

Di bawah ini adalah beberapa efek samping yang terjadi bilamana menggunakan kapur sirih untuk menginang atau yang lainnya. Dampak berupa kecanduan menjadi yang paling banyak ditemui. Selain itu, kerusakan organ dalam juga perlu diwaspadai karena kapur yang digunakan itu kan sifatnya panas dan korosif.

1. Kecanduan
2. Halitosis
3. Kanker
4. Mual
5. Diare
6. Bibir dan lidah terbakar
7. Kerusakan organ dalam

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Baking Soda untuk Kesehatan, Kecantikan Serta Efek Samping

Manfaat kapur sirih memang banyak, namun efek sampingnya wajib diwaspadai. Penggunaan pada jangka pendek tidak beresiko, namun kalau sudah jangka panjang dan sehari-hari dipakai, tentu saja akhirnya justru berbahaya untuk tubuh. Untuk itu, jika memang tidak benar-benar dibutuhkan untuk bahan campuran obat herbal misalnya, maka jangan gunakan ramuan ini. Hanya saja perlu diingat bahwa ternyata bahan ini terbuatnya dari kulit kerang kapah, bukannya dari kapur batu gamping.

Continue Reading

Lainnya dari Kimia

Terbaru

Daging Sapi, Manfaat Daging Sapi, Khasiat Daging Sapi
Daging Kuda, Manfaat Daging Kuda, Khasiat Daging Kuda
Ikan Cakalang, Manfaat Ikan Cakalang, Khasiat Ikan Cakalang
Mandi Susu, Manfaat Mandi Susu Khasiat Mandi Susu
Daging Katak, Manfaat Daging Katak, Khasiat Daging Katak
Telur Ikan, Manfaat Telur Ikan, Khasiat Telur Ikan
Kulit Buaya, Manfaat Kulit Buaya, Khasiat Kulit Buaya
Daging Buaya, Manfaat Daging Buaya, Khasiat Daging Buaya
Daging Bulus, Manfaat Daging Bulus, Khasiat Daging Bulus
Thaharah, Manfaat Thaharah, Khasiat Thaharah
Daging Belibis, Manfaat Daging Belibis, Khasiat Daging Belibis
Omega 9, Manfaat Omega 9, Khasiat Omega 9
Kulit Sapi, Manfaat Kulit Sapi, Khasiat Kulit Sapi , Jaket Kulit Sapi , Kulit Sapi Basah, Kulit Sapi Kering
kulit kambing, Jaket kulit kambing, Kaligrafi kulit kambing, manfaat kulit kambing, Khasiat kulit kambing, Motif Macan kulit kambing
Ikan Hiu, Manfaat Ikan Hiu, Khasiat Ikan Hiu
Tidur Siang, Manfaat Tidur Siang, Khasiat Tidur Siang
Desloratadine, Manfaat Desloratadine, Kegunaan Desloratadine, Khasiat Desloratadine
Lemak, Manfaat Lemak, Khasiat Lemak
Omega 3, Manfaat Omega 3, Khasiat Omega 3
Omega 6, Manfaat Omega 6, Khasiat Omega 6, Kandungan Omega 6
To Top