Connect with us

33 Manfaat dan Khasiat Nikel untuk Kehidupan Sehari-Hari Serta Efek Samping

Kimia

33 Manfaat dan Khasiat Nikel untuk Kehidupan Sehari-Hari Serta Efek Samping

Nikel adalah salah satu elemen utama dari inti bumi yang pertama kali ditemukan dan diisolasi oleh kimiawan Swedia yaitu Axel Cronsteft di tahun 1751. Nikel juga bisa ditemukan dalam kerak bumi yang merupakan unsur ke dua puluh dua paling melimpah. Unsur kimia ini mempunyai 5 isotop stabil sehingga secara alami termasuk nikel-58, 60, 61, dan 64 dengan jumlah isotop yang paling banyak adalah nikel-58. Dibalik itu semua ternyata banyak sekali manfaat nikel.

Nikel, Logam Nikel, Unsur Kimia Nikel, Manfaat Nikel, Khasiat Nikel, Bijih Nikel, Serbuk Nikel

Di Jerman, nikel biasa disebut ‘kupfernickel’ yang berarti ‘tembaga setan’. Alasannya, penambang di sana memberi nama ini karena mereka berpikir bahwa bijih nikel ini mengandung tembaga, dan mereka tidak. Bisa mengekstrak tembaga dari bijih tersebut. Kemudian mereka juga yang menyalahkan iblis sebab tidak bisa mengekstrak bijih ini.

Karakteristik dan Sifat Nikel :

Simbol: Ni
Nomor atom:28
Berat atom:58,6934
Klasifikasi: Logam Transisi
Fase pada Suhu Kamar: Padat
Berat jenis: 8,9gram per cm3
Titik leleh: 1455 ° C, 2651 ° F
Titik didih: 2913 ° C, 5275 ° F

Pada kondisi standar, nikel ialah logam dengan warna putih keperakan yang cukup keras, namun gampang dibentuk. Nikel ialah satu dari beberapa elemen magnetik pada suhu kamar, dan nikel bisa dipoles agar mengkilap dan tahap terhadap korosi. Hal ini menjadikan nikel layak sebagai konduktor listrik dan panas.

Loading...

Asal Nikel :

Nikel biasanya ditambang demi keperluan industri, dan mereka yang mencari nikel bisa menemukannya dalam bijih seperti garnierite, pentlandit dan limonit. Untuk saat ini, produsen nikel paling besar adalah Kanada, Rusia dan Australia.

Nikel juga dapat ditemukan dalam meteroit di mana ia biasa ditemukan pada sesuatu yang berhubungan dengan besi. Dopait nikel tersebar di Kanada diperkirakan berasal dari metetoit raksasa yang pernah jatuh ke bumi pada ribuan tahun lalu.

Proses Pembentukan Nikel :

1. Nikel Sulfat

Nikel di Kanada yang kompleks dan unik di sana, terbentuk ketika bumi ditabrak komet pada 1.850 juta tahun yang lalu. Sehingga, bagian yang terdekat dari ketak bumi terkena dampak dari kejadian tersebut, kemudian meleleh membentuk lapisan magma besar di bawah kawah yang dihasilkan dari benturan komet tadi. Cairan ‘Sulfida Nikel Bering’ kemudian terkumpul sepanjang dasar lapisan pangkal dan mengkristal di tempat tersebut.

2. Nikel Laterit

Deposit Laterit atau Nikel Laterut adalah penyumbang 60% dari Sumber daya nikel di dunia. Nikel ini terbentuk di lingkungan yang hangat dan lembap, subtropis atau tropis saat batuan beku dalam jumlah rendah silika dan magnesium dalam jumlah tinggi dihancurkan oleh pelapukan kimia. Pelapukan ini akan menghasilkan komponen Batu asli, dab menciptakan deposit sisa seperti unsur nikel.

Manfaat Nikel Untuk Kehidupan Sehari-Hari :

Manfaat nikel dalam kehidupan cukup dominan bagi manusia, telah ada berbagai industri yang menggunakan nikel sebagai bahan dasar. Berikut adalah beberapa manfaat dari penggunaan unsur nikel sehari-hari:

1. Bahan Campuran Stainless Steel

Besi biasa atau steel punya kecenderungan sangat mudah mengalami karat ketika mengalami proses oksidasi, seperti terkena udara atau air. Dengan menggunakan nikel sebagai campuran dan juga krom, maka akan tercipta jenis besi yang tahan terhadap karat, yaitu stainless steel. Stainless steel ini adalah jenis besi anti karat dan sudah populer dalam berbagai industri penyedia barang. Berikut adalah benda hasil produksi stainless steel yang sudah akrab dengan kehidupan kita:

1. Penggunaan peralatan makan seperti sendok, garpu dan sumpit
2. Pada pembuatan knalpot mobil dan motor
3. Pada Rantau jam tangan
4. Besi pada konstruksi bangunan dan pada peralatan sanitasi seperti shower ataupun keran.

2. Campuran Besi Baja

Pada beberapa jenis besi baja, telah melibatkan nikel dalam campurannya. Seperti besi baja yang dicampuri oleh nikel akan memiliki kekuatan yang lebih baik ketimbang besi baja yang dicampuri aluminium. Keunggulan lainnya adalah, besi baja yang dicampur nikel akan memiliki ketahanan terhadap karat lebih baik dibandingkan besi baja murni, meski tidak sebaik stainless steel. Berikut adalah beberapa mengaplikasikan besi baja dalam kehidupan:

1. Sebagai material pembuatan konstruksi jembatan, gedung, atau jalan layang.
2. Besi baja sebagai rel kereta.

3. Nikel Untuk Otomotif dan Variasinya

Jika Anda seorang pegiat dan hobi dalam dunia otomotif, pasti Anda suah akrab dengan nikel sebagai pemanis kendaraan. Nikel dan krom dapat menjadi bahan lapisan tanah pada part-part otomotif demi mendapatkan tampilan yang menarik.

Selain dapat mencegah karat, juga dapat menjaga kualitas part agar tidak mudah rusak. Berikut beberapa part otomotif yang diberi campuran krom dan nikel:

1. Velg
2. Bumper
3. Knalpot
4. Rangka
5. Pijakan kaki, handle rem dan spion.

4. Bahan Baterai Isi Ulang

Manfaat nikel yang lain adalah untuk bahan dasar baterai yang bisa diisi ulang atau bisa disebut rechargeable battery. Baterai yang memiliki bahan dasar nikel ini merupakan baterai aki ataupun baterai kecil yang biasa kita gunakan.

5. Untuk Pembuatan Koin

Dalam suatu Negera, biasanya akan ada 2 jenis mata uang, yaitu kertas dan koin. Maya uang dengan bantu koin pada dasarnya dibuat dengan menggunakan bahan pokok yang dicampur dengan unsur nikel. Hal inilah yang membuat uang koin biasa dikenal dengan istilah logam dan punya daya tahan kuat terhadap karat serta bertekstur mengkilap.

Manfaat Nikel Untuk Kehidupan Lainnya :

6. Sebagai Bahan Baku Pembuatan Monel
7. Sebagai Campuran Pembuatan Kawat
8. Sebagai Lapisan Senjata
9. Membantu Metode Penyolderan (Plating)
10. Sebagai Katalis.
11. Sering Digunakan Dalam Industri Keramik
12. Bahan Pembuatan Magnet Elnico

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Timah untuk Kesehatan, Industri, Kehidupan Sehari-Hari Serta Efek Samping

Efek Samping dan Dampak Buruk Nikel :

Efek Samping dan Dampak Buruk Nikel

Meski punya banyak manfaat, nikel juga tidak lepas dari pengaruh buruk yang justru bisa memperburuk lingkungan dan kesehatan manusia. Hal ini bisa terjadi dengan catatan jika tubuh terlalu banyak terkontaminasi oleh nikel.

Dampak Untuk Kesehatan :

Dalam jumlah kecil, nikel adalah unsur yang sangat penting, namun ketika dalam konsentrasi tinggi akan membahayakan keselamatan manusia. Paparan nikel yang terlalu besar akan menyebabkan hak berikut:

1. Lebih berisiko tinggi mengalami kanker paru-paru, kanker laring, kanker hidung dan kanker prostat.
2. Sebabkan sakit kepala dan pusing setelah terpapar gas nikel.
3. Berisiko bayi lahir cacat
4. Risiko emboli paru
5. Mengalami asma bahkan bronkitis kronis
6. Akibatkan kegagalan pernapasan
7. Berisiko alergi seperti ruam kulit.
8. Berisiko alami gangguan jantung
9. Merupakan iritan, dan dapat sebabkan pneumonitis
10. Paparan dari nikel bisa memicu dermatitis.

Senyawa nikel terdapat dal lingkungan tingkat rendah, bahkan berbagai bahan pangan secara alami mengandung nikel dalam jumlah kecil. Yang mengandung tinggi nikel adalah lemak dan cokelat.

Asupan nikel akan meningkat ketika seseorang makan sayuran dari tanah yang sudah dikontaminasi oleh nikel. Karena tanaman dapat mengakumulasi nikel, sehingga jika tanaman tersebut dikonsumsi oleh manusia, maka nikel juga akan berpindah ke tubuh manusia. Nikel juga ditemukan dalam detergen dan dalam rokok.

Dampak Untuk Lingkungan :

Nikel dilepaskan kw udara oleh pembangkit listrik dan serta pembakaran sampah. Kemudian akan mengendap di tanah dan terserap air hujan.

Nikel akan berakhir di permukaan air dan menjadi limbah sungai. Konsentrasi nikel yang tinggi di permukaan air akan menurunkan populasi alga, bahkan mikroorganisme berpotensi mengalami penurunan pertumbuhan. Pada hewan, paparan nikel berlebih akan sebabkan risiko kanker.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Kimia

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top