Connect with us

46 Manfaat dan Khasiat Tembaga untuk Kesehatan, Industri, Kehidupan Sehari-Hari Serta Efek Samping

Kimia

46 Manfaat dan Khasiat Tembaga untuk Kesehatan, Industri, Kehidupan Sehari-Hari Serta Efek Samping

Tembaga merupakan jenis logam yang memiliki lambang Cu (dalam bahasa latin Cuprum) dengan nomor atom 29. Unsur kimia yang merupakan konduktor panas dan listrik yang baik ini memiliki tingkat korosi yang sangat cepat. Tembaga asli memiliki warna merah jingga metalik dengan sifatnya yang halus dan lunak. Dalam tabel periodik, unsur ini masuk dalam golongan 11 blok –d , periode ke 4.

Tembaga, Manfaat Tembaga, Khasiat Tembaga, Logam Tembaga, Bijih Tembaga

Unsur yang masuk dalam kategori logam transisi ini merupakan logam yang paling berpengaruh dalam sejarah manusia dimana unsur ini telah ditambang dan digunakan sejak 10.000 tahun lalu dan berperan besar pada zaman perunggu (1000-3000 SM) dengan bukti ditemukannya kalung tembaga di Irak pada masa 9.500 sebelum masehi. Logam dengan fase solid ini berfungsi sebagai agen anti bakteri dan jamur.

Detail Tembaga :

Logam dengan tingkat kepadatan mencapai 8.94 g.cm3 ini memiliki nomor atom 29 dengan bobot atom standar (Ar) mencapai kurang lebih 63.546. Skala Pauling Elektronegativitas unsur logam ini berkisar 1.90 dengan titik lebur 1357.77 K dan titik didih 2835 K. Unsur yang memiliki manfaat besar bagi kelangsungan hidup manusia dan tanaman ini juga dapat bersifat racun apabila jumlahnya berlebihan.

Nomor atom 29 yang dimilik unsur merupakan jenis isotop dimana 63Cu dan 65Cu merupakan isotop stabil dengan senyawa yang paling banyak ditemukan di alam adalah jenis 63Cu yang mencapai 69%. Unsur ini juga dapat membentuk banyak macam senyawa, biasanya dengan bilangan oksidasi +1 dan +2 dengan konfigurasi (Ar) 3d10 4s1. Bumi diperkirakan masih memiliki cadangan besar tembaga (sekitar 1014 ton).

Loading...

Sifat Tembaga :

1. Mempuanyai sifat korosi yang tinggi

Tembaga merupakan salah satu unsur dengan sifat korosi paling cepat di bawah besi. Sifat korosi maksudnya adalah kemerosotan atau kerusakan sifat logam karena proses elektromkimia yang menjadikan kinerjanya melambat. Sifat inilah yang membuat unsur logam ini tergolong logam lemah karena korosi logam dapat melepaskan elektron ke permukaan dan dapat mereduksi ion hidrogen.

2. Konduktivitas listrik yang baik

Unsur-unsur dalam golongan 11 dalam tabel periodik seperti tembaga, perak dan emas memiliki sifat yang sama yaitu mempunyai satu electron orbital –s pada kulit atom yang membuat sifat unsur-unsur tersebut memiliki tingkat konduktivitas yang baik mencapai 59,6×106 S/m. Dengan tingkat konduktivitas yang baik menjadikan unsur ini sebagai bahan utama pembuatan kabel listrik.

3. Tidak bereaksi dengan air

Logam yang memiliki arah magnet diamagnetik ini tidak bereaksi dengan air, namun dapat bereaksi perlahan dengan oksigen dari udara yang membentuk lapisan coklat hitam tembaga oksida. Lapisan inilah yang nantinya dapat menghentikan korosi berlanjut.

4. Bersifat radioaktif

Sifat unsur logam ini selanjutnya yaitu radioaktif. Dua dari jenis isotop dalam tembaga yaitu 63Cu dan 65Cu bersifat radioaktif dengan tingkat yang paling stabil adalah jenis 67Cu.

5. Karakeristik unik

Meskipun tergolong memiliki konduktivitas listrik yang baik, unsur yang masuk dalam golongan tansisi ini merupakan tergolong dalam logam lemah yang masih harus dicampur logam lain. Logam murni memiliki warna kuning kemerahan dan bentuk berupa lembaran-lembaran tipis yang relatif lunak sehingga mudah dibentuk.

Manfaat Tembaga untuk Kesehatan :

1. Memperlancar produksi sel darah merah

Tembaga banyak ditemukan dalam bahan makanan seperti daging merah, kerang, jeroan, ikan yang berfungsi untuk memproduksi sel darah merah. Karena kandungan unsur ini yang cukup banyak dalam menu makanan tersebut, unsur logam tersebut mampu memperlancar produksi sel darah merah dalam tubuh. Namun konsumsi berlebihan justru dapat menghambat produksi sel darah merah itu sendiri.

2. Sebagai antioksidan

Logam ini menjadi unsur yang penting dalam menangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga perannya yang berfungsi sebagai antioksidan kuat. Unsur logam ini terdapat banyak dalam sayuran hijau, kentang, kacang mete, gandum, beras, jamur shitake yang merupakan komponen-komponen utama penghasil antioksidan dalam tubuh.

3. Menguatkan dan memadatkan tulang

Unsur logam yang padat ini banyak terdapat dalam makanan yang mengandung banyak vitamin D seperti susu sapi, susu kambing, kacang kedelai, keju dan lain-lain yang terbukti membantu tulang tetap padat dan kuat serta membantu pertumbuhan tulang pada anak-anak dan membantu pengeroposan tulang pada usia dini.

4. Mengatur jumlah kolesterol

Kolagen-kolagen yang terdapat dalam unsur logam ini terbukti mengatur jumlah kolesterol dalam tubuh. Kelebihan kolesterol dalam tubuh dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan mengganggu sistem regulasi. Konsumsi makanan kaya serat seperti sayuran hijau dan kacang-kacangan yang terbukti mengandung banyak unsur ini dapat mengendalikan jumlah kolesterol.

5. Sebagai alat terapi kanker

Selain untuk keperluan gambar x-ray dalam dunia medis, Senyawa 64Cu yang dibantu Chelate juga dapat digunakan untuk terapi radiasi kanker. Selain itu, bahan makanan seperti sayuran hijau, kacang-kacangan, dan susu yang mengandung banyak tembaga dan berfungsi sebagai antioksidan juga mampu menangkal radikal jahat penyebab kanker.

Manfaat Tembaga untuk Kesehatan Lainnya :

6. Mengatur jumlah glukosa dalam tubuh
7. Sebagai agen radiokontras
8. Menjaga sistem imun
9. Membantu mengobati penyakit kulit
10. Menyerap zat besi dengan cepat
11. Memperlancar sistem pernafasan
12. Membantu mengobati anemia (kekurangan sel darah merah)
13. Memperlancar sistem kerja saraf
14. Membangun metabolisme tubuh
15. Membantu mengobati penyakit tulang
16. Mampu mengobati gangguan saraf
17. Memproduksi vitamin untuk bayi, anak-anak dan ibu hamil
18. Mampu menjaga dan juga mengatur pigmen
19. Mengobati gangguan saraf
20. Sebagai komponen utama dalam tubuh selain air, zat besi, lemak, karbohidrat dan mineral
21. Mampu mengurangi resiko stroke

Manfaat Tembaga Bidang Industri :

1. Pembuatan uang logam

Sebagaimana eksistensi logam pada zaman perunggu sekitar 1000-3000 sebelum masehi, masyarakat pra sejarah tersebut telah mengenal logam sebagai alat tukar menukar. Kini eksistensi uang logam pun masih menjadi alat tukar yang sah dan tembaga inilah yang menjadi bahan utama pembuatan uang logam di seluruh dunia.

2. Sebagai bahan pembuat perhiasan

Salah satu unsur kimia ini merupakan salah satu campuran utama pembuatan emas dan perak, sehingga kebutuhan tembaga di pasar dunia menjadi kebutuhan primer. Indonesia menjadi salah satu negara eksportir bahan kimia dalam bentuk logam ini.

3. Sebagai bahan pembuatan sutra

Selain bermanfaat dalam pembuatan campuran untuk emas dan perak, unsur ini juga sebagai bahan sutra. Meskipun terkenal dengan harganya yang mahal, nyatanya kain sutra tidak mengandung 100% serat yang dihasilkan ulat sutra. Industri kain biasa memadukan sutra asli dengan sutra buatan yang terbuat dari senyawa tembaga yang dicampurkan dengan senyawa NH4OH untuk membuat larutan sutra buatan tersebut.

4. Memisahkan minyak dari belerang dan zat lain

Tembaga dapat memisahkan minyak alam yang masih tercampur dengan kandungan belerang dan zat lain melalui senyawa CuCl2 yang membantu proses pemisahan sehingga minyak dapat steril dan digunakan untuk keperluan industri.

5. Sebagai komponen utama kabel listrik jalanan

Karena sifat tembaga yang cepat menghantarkan listrik dengan baik, tembaga dijadikan komponen utama dalam pembuatan kabel listrik, yang tidak hanya digunakan di rumah tangga, namun juga di tiang-tiang listrik besar di sepanjang jalan. Selain karena konduktivitasnya yang baik, tembaga juga dapat menyusut ketika suhu dingin dan memuai ketika suhu panas sehingga aman diletakkan ditempat umum.

Manfaat Tembaga Bidang Industri Lainnya :

6. Sebagai bahan pewarna
7. Sebagai bahan pembuat peralatan rumah tangga
8. Tembaga perunggu sebagai pembuatan senjata
9. Komponen utama perlengkapan HP, laptop dan computer
10. Sebagai campuran utama kuningan

Manfaat Tembaga untuk Kehidupan Sehari-Hari :

1. Sebagai obat pembunuh serangga dan hama

Unsur tembaga dalam obat atau nutrisi tanaman yang terbukti efektif membunuh serangga dan hama penyebab tanaman kerdil, busuk dan berbuah kecil. Obat atau nutrisi tanaman yang mengandung senyawa tembaga dengan kode CuSO4 yang dicampur dengan senyawa Ca(OH)2 ini mampun membunuh serangga dan hama penyebab gagal panen.

2. Sebagai penghantar panas

Sifatnya yang merupakan konduktor dan penghantar listrik yang baik menjadikan tembaga ini sebagai unsur penghantar panas dalam lampu. Tidak heran bahwa lampu yang dibiarkan terus menyala selama berhari-hari dapat meledak dengan sendirinya karena tingat panas maksimal yang dihasilkan tembaga dapat memecahkan kaca bohlam.

3. Sebagai penghantar listrik yang baik

Tembaga kuning merupakan komponen utama kabel listrik dalam setiap kegiatan rumah tangga hingga industri. Tidak ada satu pun rumah yang tidak memiliki kabel listrik yang mengandung tembaga. Tembaga dengan konduktivitas yang baik dan Skala Pauling Elektronegativitas yang mencapai 1.90 mampu menghantarkan listrik dengan cepat.

4. Sebagai pembunuh ganggang dalam air

Air yang menghijau akibat pertumbuhan ganggang dalam kolam ikan tentu dapat mengganggu pemandangan. Obat dengan campuran logam terbukti mampu membunuh ganggang dalam air. Pemakainnya tidak langsung dicampurkan dengan air kolam, melainkan seluruh ekosistem di dalamnya dipindahkan ke dalam wadah besar, lalu kolam disikat dengan campuran logam tersebut.

5. Sebagai bahan lapisan furniture rumah tangga

Logam yang satu ini ternyata banyak digunakan sebagai lapisan furniture rumah tangga seperti lemari, meja, kursi, pintu, barang-barang yang terbuat dari plastic dan besi. Hal ini didukung karena sifatnya yang dapat mencegah karat, jamur, dan juga bakteri sehingga benda-benda tersebut menjadi lebih kuat dan awet.

Manfaat Tembaga untuk Kehidupan Sehari-Hari Lainnya :

6. Logam tembaga sebagai racun tikus dan kecoa
7. Sebagai bahan aksesoris dan dekor rumah tangga
8. Sebagai bahan konstruksi atap atau langit-langit rumah

Efek Samping Tembaga :

Efek Samping Tembaga

Meskipun kandungan tembaga dalam makanan seperti sayuran hijau, daging merah, kacang mete, kacang kedelai, beras, gandum, susu, jeroan, keju hingga coklat terbukti mampu menjaga tubuh dari kekurangan darah merah, gangguan sistem pernafasan hingga kanker, dokter menyarankan untuk mengkonsumsi dan berinteraksi dengan tembaga dalam jumlah wajar. Berikut beberapa efek sampingnya :

1. Memperparah anemia (kekurangan darah merah)
2. Memperburuk sistem pencernaan
3. Dadapat menyebabkan seseorang terkena diare akut
4. Dapat mengakibatkan gangguan ginjal
5. Merusak jaringan lunak dalam tubuh
6. Dapat merusak lambung
7. Mempercepat pengeroposan tulang

Eksistensi tembaga dalam kehidupan manusia terbukti tidak hanya sebagai bahan alat tukar menukar yang sah selama peradaban manusia sejak zaman perunggu hingga sekarang, tidak hanya digunakan sebagai komponen industri logam dan obat-obatan keras, namun juga berfungsi dalam menjaga kesehatan tubuh apabila dikonsumsi dalam jumlah wajar.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Belerang Dalam Semua Bidang Serta Efek Samping

Tembaga yang terdapat dalam makanan yang telah disebutkan di atas memang baik, namun konsumsi secara berlebihan justru dapat memperburuk penyakit dalam tubuh. Selain dalam makanan, tembaga juga banyak ditemukan dalam buah-buahan seperti anggur, lemon, apel, papaya, kelapa, kismis dan alpukat yang turut membantu menyeimbangkan kadar serat dan vitamin dalam tubuh.

Advertisements

Loading...
Continue Reading
1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Kimia

Advertisements

Terbaru

Minyak Kutus Kutus, Manfaat Minyak Kutus Kutus, Kegunaan Minyak Kutus Kutus, Kelebihan Minyak Kutus Kutus, Khasiat Minyak Kutus Kutus, Efek Samping Minyak Kutus Kutus
MPASI, manfaat MPASI, Khasiat MPASI
Sholat Istiharah, Manfaat Sholat Istiharah, Khasiat Sholat Istiharah
Gluta Pabacea, Manfaat Gluta Pabacea, Khasiat Gluta Pabacea
Sistem-Informasi-Geografis, Manfaat Sistem-Informasi-Geografis
Cara Menghilangkan Kutu Rambut, Kutu Rambut, Kutu, Masalah Rambut
Cara Menghilangkan Kantung Mata, Kantung Mata, Mata, Masalah Kantung Mata, Penyebab Timbulnya Kantung Mata
Menghilangkan Komedo, Cara Menghilangkan Komedo, Komedo, Mengurangi Komedo
Puasa Syawal, Manfaat Puasa Syawal, Khasiat Puasa Syawal, Tata Cara Puasa Syawal, Cara Melakukan Puasa Syawal
Cara Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit, Memutihkan Kulit Tangan, Memutihkan Kulit Wajah, Memutihkan Kulit Kaki
Setrika Wajah, Manfaat Setrika Wajah, Khasiat Setrika Wajah, Cara Setrika Wajah, Gambar Setrika Wajah, Tuorial Setrika Wajah
Wudhu, Manfaat Wudhu, Khasiat Wudhu, Keutamaan Wudhu, Thaharah
Suntik Vitamin C, Manfaat Suntik Vitamin C, Khasiat Suntik Vitamin C
Keanekaragaman Hayati
Garnier Sakura White, Manfaat Garnier Sakura White, Pelembab Kulit, Manfaat Garnier Sakura White, Khasiat Garnier Sakura White, Kegunaan Garnier Sakura White, Kelebihan Garnier Sakura White
Silaturahmi, Manfaat Silaturahmi Khasiat Silaturahmi, Hikmah Silaturahmi, Pahala Silaturahmi
Puasa Tasu'a, Manfaat Puasa Tasu'a, Khasiat Puasa Tasu'a
Nu Amoorea, Manfaat Nu Amoorea, Sabun Anoorea, Sabun Nu Amoorea, Sabun Kecantikan
Nano Spray, Manfaat Nano Spray, Khasiat Nano Spray
Advertisements
To Top