Connect with us
Timah, Timah Putih, Timah Hitam, Manfaat Timah, Khasiat Timah

Kimia

46 Manfaat dan Khasiat Timah untuk Kesehatan, Industri, Kehidupan Sehari-Hari Serta Efek Samping

Timah merupakan elemen ke-49 yang melimpah di bumi dengan jumlah isotop stabil paling banyak dalam tabel periodik mencapai 10. Unsur kimia yang memiliki simbol sn (dalam bahasa latin dibaca stannum) ini termasuk logam miskin atau logam transisi keperakan. Unsur yang juga menunjukkan kemiripan kimia dengan Germanium dan Timbal ini diperoleh terutama dari mineral kasiterit yang terbentuk sebagai oksida. Dibalik itu semua ternyata banyak sekali manfaat timah.

Timah, Timah Putih, Timah Hitam, Manfaat Timah, Khasiat Timah

Selain bijih kasiterit yang merupakan kandungan mineral utama dalam timah, terdapat juga mineral ikutannya seperti pirit, kuarsa, zirkon, ilmenit, galena, bismut, arsenik, stibnite, kalkoprit, xenotim, dan monasit. Terdapat pula sebagian kecil bijih timah yang dihasilkan dari stanit, silindrit, frankeit, kanfieldt, dan tealit.

Detail Timah :

Logam yang termasuk dalam golongan pasca transisi di kelompok 14 (golongan karbon), blok -p dalam tabel periodik ini memiliki nomor atom (z) 50 serta memiliki kemungkinan bilangan oksidasi +2 dan +4 yang sedikit lebih stabil. Unsur yang berada di periode ke-5 ini memiliki sifat yang lembut, lentur dapat ditempa (malleable), tidak mudah teroksidasi dalam udara terbuka sehingga tidak mudah berkarat.

Timah juga banyak ditemukan dalam alloy dan digunakan untuk melapisi logam lainnya untuk melindungi dari karat. Unsur dengan fase solid ini memiliki bobot atom standar sebesar (Ar) 118.710 dengan kepadatan 7,287 gr/cm3. Unsur yang memiliki titik didih hingga 2875 K ini mempunyai konfigurasi electron (Kr) 4d10 5s2 5p2. Unsur kimia ini juga memiliki warna putih yang akan berubah menjadi abu-abu jika suhunnya turun 13oC.

Sifat Timah :

1. Jenis logam lemah

Timah merupakan jenis logam lemah atau logam miskin sehingga lebih mudah dibentuk dan mudah pula mencair. Kekurangan inilah yang membuat barang olahan dari unsur ini biasanya dicampur menggunakan logam lain karena tidak dapat dijadikan logam murni selain juga karena sifatnya yang sangat lembut.

2. Lemah ketika bertemu air laut

Meskipun yang membuat unsur ini tampak istimewa ini adalah karena tidak mudah teroksidasi dalam udara terbuka sehingga tidak mudah berkarat, nyatanya timah tetap dapat mengalami korosi apabila bertemu dengan air laut murni atau air yang mengandung asam dan larutan alkali.

3. Daktilitas

Sifat daktilitas ini maksudnya adalah mudah dirubah bentuknya dalam suhu kamar. Hal ini dapat membuat timah menjadi logam yang keras namun tetap lentur dengan perubahan yang dapat terjadi pada suhu 54 derajat Fahrenheit.

4. Karakteristik unik

Unsur yang memiliki warna putih mengkilap dan mirip dengan logam perak ini tidak memiliki daya magnetik. Meskipun dikategorikan sebagai logam yang tahan korosi, lunak, awet, ringan, dan tidak mudah terbakar ini timah tetap lemah dengan air laut murni serta. Dan karena sifatnya yang tahan lama dan mudah dirawat, bijih timah bisa dihargai sangat mahal.

5. Konduktor listrik yang baik

Unsur dengan Skala Pauling elektronegativitas mencapai 1.96 dan resistivitas listrik 115 n Ω•m (suhu 0 °C) ini merupakan salah satu bahan konduktor listrik paling baik karena dapat dibentuk dengan mudah menggunakan bantuan solder dan pembentukan plat listrik.

Manfaat Timah untuk Kesehatan :

1. Sebagai komponen pasta gigi

Kandungan SnF2 yang di dalamnya terdapat unsur timah, menurut beberapa penelitian dapat berguna bagi komponen pembuatan pasta gigi. Meskipun tergolong bahan keras, kandungannya di dalam pasta gigi ini hanya sedikit sehingga aman digunakan.

2. Sebagai komponen gigi palsu

Amalgam merupakan salah satu komponen pembuatan gigi palsu yang terbuat dari timah dan perak yang membantu membuat warna gigi palsu putih dan mengkilap. Bahan timah ini digunakan karena membantu kenyamanan pemakai selain tahan korosi.

3. Sebagai bahan pembungkus obat-obatan

Dunia farmasi kini tidak perlu khawatir lagi dengan kualitas obat-obatan yang disimpan dengan jangka lama. Senyawa yang terdapat dalam timah terbukti mampu mengawetkan melalui kemasan obat-obatan tanpa mengurangi fungsi dari obat itu sendiri, sehingga obat tidak mudah rusak dan aman untuk dikonsumsi.

4. Membantu mempertahankan keputihan gigi

Hydrogen peroksida yang tercampur dalam senyawa SnF2 yang di dalamnya terjandung unsur timah terbukti mampu mempertahankan gigi agar tetap putih secara efektif. Hal ini dikarenakan unsur ini memiliki kemampuan dalam melawan flek jahat yang menyamarkan warna putih dengan corak kuning maupun coklat.

5. Memadatkan gigi

Senyawa seperti xenotim pada unsur ini yang berpadu dengan senyawa lain dalam pasta gigi seperti ekstrak daun sirih mampu memadatkan gigi dengan memperkuat kinerja email gigi yang mulai berkurang fungsinya seiring bertambahnya usia.

Manfaat Timah untuk Kesehatan Lainnya :

6. Sebagai bahan pembuatan mouthwash
7. Membantu memperkuat email gigi

Manfaat Timah Bidang Industri :

1. Sebagai produk alumunium foil

Produk yang terbuat dari unsur putih ini dapat mudah dibentuk dan tahan lama terhadap pembakaran sehingga cocok untuk membantu proses pengawetan dan memasak makanan dalam oven maupun microwave. Meskipun alumunium foil ini mengandung timah yang merupakan jenis logam, makanan tetap aman dan tidak mengurangi gizi apabila disimpan dalam kemasan tersebut.

2. Sebagai komponen logam ringan

Karena sifatnya yang mudah dibentuk dan mencair dengan cepat, timah lebih efektif digunakan sebagai komponen logam ringan seperti sisa produksi baja yang akan diolah menjadi campuran baja ringan atau komponen kendaraan. Jenis logam yang dari material baja terkadang tidak bisa diolah sendiri, kalaupun bisa, harganya akan sangat mahal. Untuk itu, dapat menjadi campuran yang efektif.

3. Sebagai penyambung logam dengan solder

Solder seringkali digunakan untuk menyambung beberapa lapisan perangkat yang membutuhkan kabel atau logam lain pada sirkuit khusus seperti industri listrik, otomotif dan elektronik dan timah merupakan komponen utama dalam menyambung lapisan-lapisan tersebut. Alasannya karena dapat membuat produk awet dan mudah dibentuk sesuai dengan desain pada lapisan sirkuit.

4. Sebagai sensor gas dalam industri keramik

Sensor gas dalam industri keramik berperan dalam mencegah beberapa kecelakaan dari adanya kesalahan produksi. Timah yang telah dibakar akan akan menghasilkan timah oksida sehingga bisa menimbulkan bau yang dapat terukur oleh perangkat sensor gas dalam indutri keramik tersebut yang nantinya bisa terbaca dan membuat proses produksi berjalan dengan lancar.

5. Sebagai pelapis kaleng

Bahan utama dalam proses pembuatan kaleng adalah logam baja sebagai produk pengemas dengan tingkat ketebalan dan berat khusus. Namun kelemahan yang dimiliki baja seperti dapat menghambat fungsi bahan pengemas (kaleng) membuatnya harus dilapisi unsur kimia ini agar kaleng menjadi ringan, tahan lama dan karat serta mampu melindungi produk dari perkembangan bakteri.

Manfaat Timah Bidang Industri Lainnya :

6. Timah putih sebagai bahan pembuatan grenjeng rokok
7. Timah hitam pekat sebagai bahan longsongan peluru
8. Sebagai lapisan produk baja
9. Sabagai magnet konduksi
10. Sebagai bahan kemasan
11. Sebagai bahan kombinasi perunggu
12. Sebagai bahan produksi baja
13. Sebagai komponen zirkonium
14. Sebagai komponen industri otomotif
15. Sebagai bahan utama produksi plat timah
16. Sebagai bahan produksi timah
17. Sebagai produksi timah murni
18. Sebagai produk plat elektro
19. Sebagai bahan industri gelas
20. Sebagai produk karet utama
21. Sebagai bahan pembuatan keramik
22. Sebagai bahan pembuatan casing HP
23. Sebagai bahan industri farmasi

Manfaat Timah untuk Kehidupan Sehari-Hari :

1. Sebagai pelindung pintu dan jendela

Pelapisan timah pada pintu dan jendela ini sangat berfungsi untuk melindungi pintu dan jendela dari kebakaran. Selain sifatnya yang tidak mudah terbakar, fungsinya dalam dua komponen utama dalam sebuah rumah ini juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan frame pada pintu dan jendela untuk mempercantik tampilan desain rumah. Sehingga tak heran banyak sekali produk pintu dan jendela yang menggunakan bahan timah ini.

2. Sebagai bahan hiasan untuk rumah

Fungsi lain dari unsur kimia ini dalam dekorasi dan desain ruangan adalah sebagai bahan untuk membuat handle, guci dengan warna putih yang mengkilap dan selain mempercantik juga dapat membuat desain tersebut tahan karat dan tidak mudah rusak.

3. Sebagai perangkat konstruksi rumah

Plat timah sebagai lembaran ringan yang dicampur dengan alumunium dan baja ringan dapat dibentuk menjadi atap dan saluran air pada atap rumah. Komponen lembaran-lembarah tersebut dapat membuat atap mengkilap, tahan panas dan aman untuk lingkungan.

4. Membantu mewujudkan kesejahteraan ekonomi

Karena kegunaannya yang berperan besar dalam perindustrian, logam ini mampu menghasilkan banyak keuntungan karena selain harganya yang murah juga sifatnya yang mudah dibentuk, tahan karat dan tahan api sehingga cocok untuk campuran logam lain yang harganya mahal. Semakin industri juga berarti semakin banyak tenaga kerja yang dapat terserap.

5. Sebagai bahan agrokimia yang cocok untuk berkebun

Bahan aktif dalam obat anti hama maupun obat penutrisi tumbuhan yang mengandung bijih timah dapat membantu proses pertumbuhan tanaman serta dapat membunuh hama. Sifat anti korosif yang terdapat dalamunsur kimia ini mampu membunuh bakteri dalam tanah penyebab akar membusuk dan hama pada daun. Namun, penggunaan bahan tersebut secara berlebihan juga dapat mencemari lingkungan.

Manfaat Timah untuk Kehidupan Sehari-Hari Lainnya :

6. Sebagai bahan anti karat pada engsel pintu atau jendela
7. Sebagai bahan pelindung kayu dari rayap
8. Sebagai bahan lapisan cat agar warna tetap cantik

Efek Samping Timah :

Efek Samping Timah

Unsur ini memang merupakan bahan utama pembuatan kaleng makanan dan aluminium foil sehingga pemakaian yang tidak berlebihan tidak berisiko apapun. Namun senyawa timah trialkil dan trialil dapat berbahaya bagi makhluk hidup dan lingkungan sekitar. Berikut beberapa efek samping yang ditimbulkan timah:

1. Menimbulkan keracunan
2. Gangguan pernafasan dan pencernaan
3. Sebagai penyebab sakit kepala
4. Dapat mengakibatkan penyakit kulit dan mata
5. Dapat menyebabkan kerusakan hati
6. Dapat menimbulkan penyakit kanker
7. Orang yang sering terpapar unsur ini akan mengalami depresi
8. Membuat tanah dan ekosistem beracun

Keberadaan logam dengan nama latin stannium ini terbukti memiliki manfaat besar bagi industri selain karena sifatnya yang lembut, lentur dapat ditempa (malleable), dan juga tidak mudah teroksidasi dalam udara terbuka sehingga benda yang terbuat dari bahan ini tidak mudah berkarat. Selain itu, unsur ini juga merupakan komponen yang murah dan awet jika dibandingkan dengan logam murni lainnya.

Baca Juga: Manfaat dan Khasiat Tembaga untuk Kesehatan, Industri, Kehidupan Sehari-Hari Serta Efek Samping

Selain untuk industri, unsur yang memiliki titik didih hingga 2875 K ini juga dapat bermanfaat untuk keperluan sehari-hari seperti untuk mendekorasi rumah agar nampak lebih cantik, mengawetkan makanan, serta kegunaannya guna menjaga kesehatan gigi berkat kandungan senyawa SnF2 meskipun penggunaan atau interaksi secara berlebihan dengan logam golongan lemah ini dapat menimbulkan efek berbahaya bagi tubuh.

Continue Reading

Lainnya dari Kimia

Terbaru

Masker Madu, Manfaat Masker Madu, Khasiat Masker Madu
Cream Temulawak, Manfaat Cream Temulawak, Khasiat Cream Temulawak
Gula Aren, Manfaat Gula Aren, Khasiat Gula Aren
Ampas Kopi, Manfaat Ampas Kopi, Khasiat Ampas Kopi
Masker Putih Telur, Manfaat Masker Putih Telur, Khasiat Masker Putih Telur
Ever E, Manfaat Ever E, Khasiat Ever E
Klorofil, Manfaat Klorofil, Khasiat Klorofil
Soman, Manfaat Soman, Khasiat Soman
Bawang Lanang, Manfaat Bawang Lanang, Khasiat Bawang Lanang
Kerjasama, Manfaat Kerjasama, Khasiat Kerjasama
BUncis, Manfaat Buncis, Khasiat Buncis
Pajak, Manfaat Pajak, Jenis Pajak
Intan, Manfaat Intan, Khasiat Intan, Permata
Milagros, Manfaat Milagros, Khasiat Milagros
Lari, Manfaat Lari, Khasiat Lari
Akar Manis, Manfaat Akar Manis, Khasiat Akar Manis
Akar Wangi, Manfaat Akar Wangi, Khasiat Akar Wangi, Tanaman Akar Wangi
Adem Ati, Manfaat Adem Ati, Khasiat Adem Ati
Buah Kesemek, Kesemek, Manfaat Kesemek, Efek Samping Kesemek, Tanaman Kesemek
Daun Wortel, Manfaat Daun Wortel, Khasiat Daun Wortel
To Top