Connect with us

64 Manfaat Air Mawar untuk Pengobatan, Wajah, Kulit, Rambut dan Bibir

Kosmetik

64 Manfaat Air Mawar untuk Pengobatan, Wajah, Kulit, Rambut dan Bibir

Manfaat Air Mawar – Air mawar atau juga bisa disebut dengan istilah rose water mungkin bukan menjadi salah satu produk yang populer. Padahal, rose water sudah dimanfaatkan sejak lama sebagai ramuan tradisional berupa produk minuman atau makanan serta produk kecantikan. Rose water dibuat dengan teknik penyulingan kelopak bunga mawar. Teknik penyulingan ini dapat menghasilkan cairan serta minyak aromatik.

Air Mawar, Manfaat Air Mawar, Khasiat Air Mawar

Air mawar sering diaplikasikan untuk perawatan kecantikan dan juga kesehatan. Rose water  ini memiliki banyak khasiat yang membuat banyak orang tertarik untuk mencobanya. Kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya memang berkhasiat bukan hanya untuk kecantikan namun untuk kesehatan. Air mawar juga memiliki kandungan antibakteri dan antiseptik yang dapat menjaga kulit dari iritasi. Sifat anti inflamasi dari seduhan mahkota bunga mawar ini mampu membuat wajah yang semula nampak kemerahan menjadi reda.

Kandungan Gizi dan Nutrisi Air Mawar :

  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Vitamin K
  • Zat tanin
  • Geraniol
  • Nerol
  • Pectin
  • Flavonoid
  • Asam geranik
  • Polifenol karotenoid
  • Eugenol
  • Farnesol
  • Stearopten

Manfaat Air Mawar untuk Pengobatan Penyakit

1. Membantu meredakan sakit tenggorokan

Saat mengalami sakit tenggorokan, anda dapat memanfaatkan seduhan kelopak bunga mawar sebagai teh herbal. Seduhan air mawar ini dapat membantu mempercepat proses penyembuhan. Meskipun belum terdapat riset ilmiah yang membuktikan khasiat air mawar ini, namun rose water yang memiliki sifat anti peradangan diyakini mampu menyembuhkan gejala sakit tenggorokan. Anda dapat berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum memanfaatkan rose water untuk penyembuhan sakit anda.

2. Menghilangkan stres dan menyehatkan otak

Menghirup aroma dari bunga mawar mampu mengubah mood yang buruk menjadi lebih baik. Beragam riset menyatakan bahwa rose water memiliki sifat menenangkan dengan kandungan anti kecemasan dan anti depresan yang ada di dalamnya. Aroma bunga mawar yang sangat harum tersebut mampu memicu rasa kantuk dan memberikan efek relaksasi untuk membuat pikiran menjadi lebih tenang.

Loading...

3. Mengatasi kram akibat menstruasi

Manfaat rose water juga bisa diambil khususnya bagi para wanita yang mengalami haid. Dengan meminum air bunga mawar diyakini mampu mengatasi rasa kram yang biasanya terjadi saat datang bulan. Anda dapat melewati masa haid dengan nyaman dan lebih tenang tanpa rasa sakit.

Manfaat Air Mawar untuk Pengobatan Penyakit Lainnya

4. Untuk menyehatkan organ pencernaan

5. Membersihkan racun yang terdapat di dalam tubuh

6. Mendinginkan tubuh

7. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

8. Sebagai sumber antioksidan

9. Membantu membersihkan saluran kemih

10. Menghilangkan bau mulut tidak sedap

11. Mengatasi masalah gusi berdarah

12. Mengatasi gusi bengkak

13. Menurunkan tekanan darah

14. Membantu meredakan sakit Kepala

Manfaat Air Mawar untuk Wajah

1. Sebagai toner wajah alami

Manfaat air mawar  sebagai toner wajah alami ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga para ladies. Seduhan mahkota bunga mawar ini memang sering dimanfaatkan sebagai pembersih wajah yang mampu memberikan efek sejuk dan menyegarkan pada wajah. Cara menggunakan perasan air mawar ini pun juga cukup simple dengan menuangkannya pada kapas dan menepuk-nepuk pada bagian kulit wajah. Biasanya treatment ini dilakukan sebelum tidur agar kulit menjadi bersih dan dapat beregenerasi dengan baik.

2. Mencegah munculnya masalah jerawat

Kandungan antiseptik yang terdapat di dalam air perasan bunga mawar ini bermanfaat untuk menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan munculnya jerawat. Jika kita menggunakan rose water  secara rutin pagi dan malam maka kulit akan menjadi bersih dan bakteri penyebab jerawat pun tidak akan berani mengganggu wajah cantik kita.

3. Mencerahkan wajah

Air mawar mengandung vitamin A dan juga vitamin E yang mampu membantu eksfoliasi pada kulit wajah. Rose water juga memiliki sifat antioksidan yang bermanfaat untuk memperkuat sel-sel kulit serta membantu mempercepat proses regenerasi kulit.

Manfaat Air Mawar untuk Wajah Lainnya :

4. Mencegah resiko penuaan dini

5. Memberikan efek relaksasi

6. Meredakan peradangan kulit

7. Menyempurnakan riasan

8. Membuat mata menjadi lebih cerah

9. Pembersih riasan

Manfaat Air Mawar untuk Kulit :

1. Menyegarkan kulit

Air mawar yang diaplikasikan pada kulit kepala akan memberikan efek menyegarkan. Kandungan nutrisi dalam mahkota bunga mawar sangat bagus untuk segala jenis kulit. Dengan kandungan tersebut, kulit juga dapat menjadi lembut, segar bahkan kulit yang kemerahan pun dapat menghilang secara bertahap dengan pemakaian rutin.

2. Membantu mengurangi garis-garis yang ada pada kulit akibat celana dalam

Pada bagian kulit tertentu misalnya lipatan kaki maupun organ kewanitaan biasanya terdapat bekas akibat penggunaan celana dalam. Hal ini tentunya akan sangat mengganggu karena bekasnya nampak sangat merah dan mencolok. Dengan mengkompres kulit menggunakan air mawar maka kulit dapat menjadi segar dan bekas pun berangsur hilang.

3. Meredakan iritasi kulit

Khasiat air mawar untuk kesehatan dan pengobatan selanjutnya adalah untuk meredakan iritasi kulit. Di dalam rose water terdapat sifat anti inflamasi yang bermanfaat untuk mengatasi masalah yang terjadi pada kulit sensitif misalnya seperti dermatitis atopik maupun iritasi.

Manfaat Air Mawar untuk Kulit Lainnya :

4. Membantu membersihkan kulit

5. Menghidrasi kulit

6. Baik untuk kulit kering

7. Perawatan penyakit kulit

8. Sebagai relaksasi

Manfaat Air Mawar untuk Rambut

1. Menyehatkan rambut

Kandungan nutrisi dalam seduhan mahkota bunga mawar juga bermanfaat untuk merawat kesehatan rambut. Hal ini karena air seduhan mawar tersebut mengandung antiseptik yang bagus untuk mencegah iritasi yang mungkin terjadi pada bagian kulit kepala.

2. Mengatasi masalah ketombe

Air mawar juga bermanfaat untuk membantu mengurangi masalah ketombe yang ada di kulit kepala. Penggunaan rose water ini secara rutin dapat menghilangkan ketombe dan mencegahnya datang kembali.

3. Memanjangkan rambut

Bukan hanya untuk mempercantik wajah dan menyehatkan tubuh, air mawar juga berkhasiat untuk menjadikan rambut semakin panjang. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya mampu mempercepat proses pertumbuhan rambut sekaligus memperkuat bagian akar rambut.

Manfaat Air Mawar untuk Bibir

Menurut salah seorang penulis ilmiah dan juga seorang ahli bernama Dr. Beth Ann Ditkoff M.D, mengungkapkan bahwasanya warna bibir merah pada manusia terjadi akibat pembuluh kapiler yang mengalirkan darah dari bagian jantung menuju kulit bibir yang transparan dan tipis. Warna merah yang berasal dari aliran darah tersebut akan menjadikan bibir nampak merah dan cerah.

Beliau juga menuturkan bahwa air mawar bisa dimanfaatkan sebagai alternatif untuk mengatasi masalah warna kulit bibir yang hitam. Hal ini karena air bunga mawar mengandung sifat anti inflamasi dan senyawa antioksidan yang mampu mempercepat proses regenerasi sel kulit mati. Dengan demikian, warna kulit bibir akan nampak lebih cerah dan segar.

Efek samping Air Mawar :

  • Reaksi alergi
  • Iritasi
  • Timbul rasa perih
  • Gatal
  • Kulit memerah
  • Bengkak
  • Bentol

Baca Juga: Manfaat Bio Spray untuk Kesehatan, Wajah, Mata, Rambut dan Payudara

Meskipun bukan merupakan produk yang populer dan harganya sangat terjangkau, air mawar memiliki begitu banyak khasiat bagi kehidupan manusia. Bukan hanya bermanfaat untuk pengobatan penyakit, air mawar juga berkhasiat untuk mempercantik wajah dan juga menyehatkan rambut.

Disamping banyaknya manfaat yang bisa diambil dari air mawar, kita tidak boleh lengah dengan resiko efek samping yang mungkin terjadi. Ada baiknya sebelum menggunakan air mawar ini anda berkonsultasi apda dokter terlebih dahulu dan menggunakannya dengan takaran yang sesuai dosisnya.

Loading...
Continue Reading
Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lainnya dari Kosmetik

Terbaru

Manfaat Kencur
Air Putih, Manfaat Air Putih
Manfaat Hewan
Manfaat Facial Wajah,
Manfaat Air Mani Pria
Manfaat Olahraga
Manfaat HaKI, Manfaat Hak Atas Kekayaan Inteltual
Manfaat Ubi Ungu
Sholat Subuh, Manfaat Sholat Subuh
Manfaat Minum Air Kelapa, Khasiat Manfaat Minum Air Kelapa
Air, Manfaat Air, Khasiat Air
Manfaat Minyak Kutus Kutus
Manfaat Cahaya Matahari
Air teh, manfaat air teh
Daging Kelapa Muda, manfaat Daging Kelapa Muda
Air Mani Wanita, Manfaat Air Mani Wanita
Kacang Tanah, manfaat Kacang Tanah
Minum Jahe, Manfaat Minum Jahe
Ukhuwah Islamiyah, Manfaat Ukhuwah Islamiyah
Minum Teh, Manfaat Minum Teh, Khasiat Minum Teh
To Top